14 Umpan Ikan Gabus Paling Jitu (Alami, Tiruan, dan Buatan)

6 min read

Umpan Ikan Gabus

Sensasi memancing ikan gabus memang terasa luar biasa disebabkan karena ikan air tawar bersifat predator ini memiliki tarikan yang begitu kuat dan mantap. Oleh sebab itu banyak orang yang gemar memancing tertarik mencari referensi terbaik terkait dengan umpan ikan gabus yang bisa digunakan, mulai dari Umpan Untuk Ikan Gabus yang berasal dari alam liar, umpan tiruan hingga umpan buatan.

Berikut pembahasan Jurnal Manajemen mengenai umpan ikan gabus dari berbagai jenis :

Artikel Terkait
Makanan Ikan Gabus
Harga Ikan Gabus
Budidaya Ikan Gabus

Umpan Ikan Gabus Liar

1. Katak

Umpan Katak Ikan Gabus
Umpan Katak | sumber : mancingikanterbesar.blogspot.com

Katak bisa dijadikan sebagai umpan ikan gabus paling jitu khususnya jika digunakan saat mancing di malam hari. Jika Anda hidup di pedesaan, tentu mendapatkan katak kecil sangat mudah, sebab hewan amfibi ini banyak berkembang biak di sawah dan sungai. Menarik perhatian ikan gabus untuk melahap katak kecil yang Anda jadikan sebagai umpan juga tergolong mudah, Anda tinggal mengkaitkan saja ekor katak yang masih hidup pada mata kail.

2. Cacing Tanah

umpan lele cacing tanah
umpan cacing tanah

Umpan ikan gabus berikutnya yang bisa Anda coba gunakan adalah cacing tanah. Ciri khas cacing tanah yang mengeluarkan aroma bau amis menyengat membuat ikan gabus semakin tertarik untuk melahap umpan yang Anda pasang itu. Keunggulan lain jika menggunakan cacing tanah sebagai umpan adalah Anda bisa mendapatkan lebih banyak ikan, bukan hanya ikan gabus saja.

Cara menggunakan cacing sebagai umpan juga sangat mudah, selain Anda bisa mencarinya sendiri Anda juga dapat membelinya. Setelah cacing tanah sudah ada di tangan, maka Anda tinggal mengkaitkan cacing ke kail, pemasangan umpan cacing tanah dimulai dari bagian perut bawah hingga atas.

3. Belalang

Umpan Belalang Ikan Gabus
Umpan Belalang Ikan Gabus | sumber : beritagar.id

Belalang juga cukup jitu untuk dijadikan sebagai umpan memancing ikan gabus. Biasanya ikan gabus akan merasa terganggu dengan suara gemericik air yang dihasilkan dari gerakan belalang, sehingga ikan gabus yang terganggu akan tertarik untuk langsung menyambarnya. Untuk menggunakan belalang sebagai umpan juga mudah, Anda hanya perlu mengkaitkan belalang dari ekor hingga badan ke mata kail.

4. Jangkrik

Umpan jangkrik
Umpan jangkrik | sumber : abahtani.com

Hampir sama seperti belalang, suara yang dihasilkan oleh gerakan jangkrik juga membuat ikan gabus terganggu dan berkeinginan untuk langsung menyambar umpan jangkrik yang terikat di kail pancing. Cara penggunaan jangkrik untuk umpan sama dengan cara penggunaan belalang, Anda hanya perlu mengaitkan ekor jangkrik hingga badannya ke mata kail.

6. Ulat Pada Daun Pisang

Umpan ulat daun
Umpan ulat daun | sumber : pertanianku.com

Selain cacing, hewan melata lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai umpan pemancing ikan gabus adalah ulat daun. Biasanya, jenis ulat daun yang digunakan adalah ulat daun yang ada di atas daun pisang. Menggunakan ulat daun untuk umpan juga cukup mudah, kaitkan saja ulat daun dari belakang ekornya ke mata kail.

7. Ikan Wader Kecil

Umpan wader
Umpan wader | sumber : abahtani.com

Jenis ikan wader juga banyak digunakan sebagai umpan yang ampuh untuk menangkap ikan gabus. Ikan berukuran kecil ini banyak berkembang biak di sungai, sama seperti katak, sebaiknya Anda menggunakan ikan wader yang masih hidup saat akan memancing ikan gabus.

Gerakan berenang ikan wader bisa menarik perhatian ikan gabus untuk menyambarnya. Cara penggunaan ikan wader untuk dijadikan sebagai umpan juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengkaitkan ikan wader mulai dari bagian punggungnya ke mata kail.

Umpan Ikan Gabus Tiruan

Selain umpan ikan gabus yang berasal dari alam liar, Anda juga dapat menggunakan umpan tiruan. Meskipun tiruan, bentuknya dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk hewan dan dibuat dengan warna yang mencolok sehingga mudah menarik perhatian ikan gabus yang menjadi target Anda. Ada beberapa jenis umpan ikan gabus tiruan yang bisa Anda gunakan, diantaranya seperti berikut ini:

1. Popper

umpan popper
gambar umpan popper | sumber : shopee.co.id

Umpan tiruan untuk memancing ikan gabus ini biasanya dibuat dengan ukuran antara 5 hingga 7 cm. Jenis umpan ini termasuk efektif menarik perhatian ikan bagus, sebab biasanya ikan gabus akan mengira bahwa popper adalah ikan yang akan mengganggu daerah teritorinya atau mengganggu anak-anaknya. Oleh sebab itu, biasanya ikan gabus akan langsung menyambar umpan tiruan ini.

Selain dalam bentuk ikan, popper biasanya berbentuk seperti serangga. Umpan tiruan ini cukup jitu jika digunakan memancing ikan gabus yang berkembang biak di area perairan terbuka ataupun di perairan dangkal.

2. Pensil

umpan pensil
umpan pensil | sumber : sahabatmancing.com

Pensil adalah sebutan untuk umpan tiruan yang bentuknya didesain menyerupai ikan yang sedang terluka. Hal tersebut akan membuat umpan tiruan ini berenang dengan cara zig zag di atas air. Hampir sama seperti popper, umpan tiruan ini juga cukup ampuh untuk digunakan memancing ikan gabus yang ada di daerah perairan dengan banyak batang pohon dan juga di perairan dangkal.

3. Torpedo

umpan torpedo
umpan torpedo | sumber : bukalapak.com

Umpan tiruan yang satu ini dilengkapi dengan kipas yang diletakkan di bagian belakang umpan,   sehingga akan mengganggu ketenangan ikan karena kipas yang berputar itu menimbulkan keributan di dalam air. Saat ikan gabus merasa terganggu, maka ikan gabus akan keluar untuk menyerang dengan cara menyambar umpan tiruan tersebut.

4. Katak Sintetis

umpan katak sintetis
umpan katak sintetis | sumber : bukalapak.com

Agak berbeda dengan umpan tiruan untuk memancing ikan gabus lainnya, umpan yang dibuat dalam bentuk katak ini terdiri dari dua jenis di pasaran, yaitu katak yang terbuat dari bahan karet lembut dan katak karet yang memiliki rongga sehingga bisa mengapung di atas air. Kedua jenis umpan tiruan tersebut dilengkapi dengan pengaman hook sehingga efektif jika digunakan di rawa.

Katak sintetis yang terbuat dari bahan karet efektif untuk memancing ikan gabus di bagian permukaan, tengah ataupun dasar air, sedangkan katak karet berongga hanya efektif untuk memancing ikan gabus di permukaan air. Anda juga bisa membuat umpan tiruan katak sendiri yang langkah-langkah pembuatannya seperti berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja menyiapkan alat yang dibutuhkan, diantaranya seperti cutter, kertas amplas, tang jepit, bor, paku, solder dan selotip sedangkan untuk bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari lem epoxy, bandul pancing kecil, timah solder, kawat stainless steel dan kayu/karet/gabus sebagai bahan baku membuat umpan tiruan ini
  • Setelah semua alat dan bahan siap, kini saatnya Anda menyerut atau membentuk bahan baku yang akan Anda gunakan, lalu amplas hingga halus
  • Selanjutnya, hias dengan plastik dan cat hingga menyerupai katak
  • Kemudian bor bagian depan dan pasang kawat stainless steel dan paku
  • Lalu, sambungkan timah solder dengan kawat yang telah terpasang di bagian mulut umpan tiruan
  • Langkah terakhir adalah memasang mata pancing dan umpan tiruan berbentuk katak sudah bisa Anda gunakan

5. Minnow

umpan minnow
umpan minnow | sumber : youtube.com

Jenis umpan tiruan ini terbilang cukup mudah menyangkut. Oleh sebab itu jika Anda menggunakan Minnow sebagai umpan, maka sebaiknya gunakan di perairan yang tidak terlalu banyak batang pohon ataupun tanaman air, atau jika Anda memang sudah mengenal lokasi dari tempat Anda memancing tersebut. Untuk mengurangi resiko umpan menyangkut sebaiknya gunakan umpan dengan dive 0,5 – 1 m saja.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Umpan Ikan Nila Umpan Ikan Lele
Umpan Ikan Patin Umpan Ikan Gurame
Umpan Ikan Bawal Umpan Ikan Bandeng

Umpan Ikan Gabus Buatan

Selain umpan yang diambil dari alam liar dan umpan tiruan, ada satu lagi jenis umpan ikan gabus paling ampuh yang bisa Anda coba, yaitu umpan yang terbuat dari beberapa bahan yang kemudian diracik menjadi satu dan saat digunakan ampuh menarik perhatian ikan gabus untuk menyambar umpan buatan tersebut.

Cara membuat umpan ikan gabus ini juga termasuk cukup mudah, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Bahan-bahan tersebut juga cukup mudah Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Nah, berikut ini ada 3 resep racikan umpan buatan yang efektif untuk memancing ikan gabus.

1. Racikan Umpan Buatan Untuk Memancing Ikan Gabus

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, terdiri dari tepung udang, tepung ikan, telur ayam kampung yang sudah direbus, madu, bawang putih, pelet jenis PF 100 dan air secukupnya
  • Setelah semua bahan sudah siap, campurkan semua bahan menjadi satu dengan bantuan air secukupnya agar semua bahan tercampur secara merata.
  • Pastikan adonan yang Anda buat itu tidak terlalu encer sehingga masih bisa dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil
  • Aduk terus hingga adonan jadi kalis dan kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil yang bisa disangkutkan ke mata kail

2. Racikan Umpan Buatan Untuk Memancing Ikan Gabus

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan terdiri dari air putih atau bisa juga menggunakan susu putih, daging ayam atau daging ikan, tepung udang, pelet, telor ayam/telor bebek, essen (jika ada)
  • Setelah semua bahan sudah tersedia, maka lanjutkan dengan mengambil mangkok, dan masukkan semua bahan yang telah Anda siapkan tadi ke dalam mangkok
  • Kecuali daging ayam, campurkan semua bahan dan aduk hingga rata
  • Setelah semua bahan telah tercampur dengan rata lanjutkan dengan memasukkan daging ayam ke dalam mangkok berisi adonan tersebut. Jangan lupa untuk melembutkan daging ayam terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mangkok adonan.
  • Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata dan pastikan sudah lembut
  • Setelah itu masukkan 5 tetes essence agar adonan mengental. Fungsi dari essence pada dasarnya adalah untuk bahan pengental sehingga nantinya racikan umpan yang Anda buat tersebut dapat lebih mudah untuk dikaitkan ke mata kail.

3. Resep Umpan Buatan Untuk Memancing Ikan Gabus

  • Sama seperti kedua resep racikan umpan buatan untuk memancing ikan gabus di atas. Pertama anda terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Untuk resep racikan umpan buatan ini Anda membutuhkan tepung ikan, ikan sarden, pelet jenis Pf 100, bawang putih, biskuit regal, dan air secukupnya
  • Selanjutnya, tumbuk semua bahan dan pastikan bahan-bahannya telah lembut
  • Lanjutkan dengan mengaduk semua bahan hingga menjadi adonan yang lembut. Akan tetapi jangan terlalu encer dan gunakan air secukupnya saja untuk memudahkan Anda mencampur semua bahan hingga menjadi adonan.
  • Setelah itu Anda bisa membentuk adonan umpan sesuai dengan kebutuhan Anda saat memancing ikan gabus.

Membuat sendiri umpan untuk memancing ikan gabus setidaknya akan bisa lebih menghemat pengeluaran Anda. Jadi sebaiknya Anda membuat sendiri saja racikan umpan ikan gabus. Apalagi jika Anda kesulitan mencari umpan yang berasal dari alam liar atau tidak ingin membeli umpan tiruan. Hal ini dikarenakan harganya di pasaran agak sedikit menguras kantong.