Penjelasan Lengkap UKM dan UMKM Beserta Kriteria dan Contoh

7 min read

UMKM

Pengetahuan Seputar UMKM

Dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara tersebut diantaranya adalah dengan bekerja di kantor, bertani, menjual jasa, dan bisa juga dengan membuka usaha. Usaha sendiri memiliki berbagai macam kriteria tergantung pada besar kecilnya usaha tersebut. Salah satu yang sering ditemui di masyarakat umum adalah pelaku ekonomi usaha dalam skala kecil menengah atau UMKM.

Usaha UMKM secara umum merupakan suatu usaha miliki suatu badan usaha ataupun individu yang produktif, dan memenuhi syarat dan ketentuan sebagai usaha kategori mikro. Biasanya pengkategorian suatu usaha dikatakan mikro atau makro dillihat dari besar omzet dan juga kekayaan bersih dari si pengusaha itu sendiri.

Berdasarkan pada UU no. 20 tahun 2008, usaha mikro kecil menengah meliputi atau dikategorikan lagi menjadi tiga. Ketiga kategori tersebut adalah usaha mikro, kecil dan usaha menengah. Pengkategorian menjadi usaha mikro, kecil dan mengah tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam identifikasi suatu usaha sehingga aturan dan regulasi menjadi lebih jelas dan teratur.

Pada artikel kali ini Jurnal Manajemen akan membahas mengenai UMKM secara menyeluruh. Diharapkan dari informasi yang kami berikan akan memberikan wawasan dan pencerahan kepada pembaca semuanya. Berikut ulasannya :

Pengertian Usaha Kecil, Usaha Mikro, dan Usaha Menengah

  1. Usaha kategori kecil merupakan suatu usaha ekonomi yang produktif dan mandiri yang merupakan miliki perorangan ataupun milik suatu badan usaha yang bukan merupakan cabang atau turunan dari suatu perusahaan yang dikuasai, dimiliki, atau terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung dari usaha yang besar, dan telah memenuhi kriteria usaha skala kecil seperti di dalam undang-undang yang ada.
  2. Pada usaha mikro secara umum merupakan suatu usaha ekonomi yang produktif, yang merupakan dimiliki secara perorangan ataupun dalam bentuk badan usaha yang telah memenuhi segala kriteria suatu usaha dikatakan usaha mikro, sesuai dengan undang-undang yang mengatur tentang hal-hal yang berkaitan dengan usaha.
  3. Usaha menengah merupakan suatu usaha ekonomi yang produktif dan mandiri yang digerakkan dan dijalankan oleh individu ataupun suatu lembaga dan badan usaha, yang tidak memiliki keterkaitan langsung dengan suatu perusahaan baik dikuasai, dimiliki, ataupun sebagai cabangnya, dan tidak menjadi bagian secara langsung atau tidak langsung dengan usaha besar dengan kekayaan bersih dan omzet tahunan sama dengan hal yang telah diatur dalam undang-undang.

Pengertian UMKM Menurut Para Ahli

Kwartono

kwartono mengatakan usaha ini merupakan suatu Kegiatan Ekonomi yang dilakukan rakyat yang memiliki kekayaan nett nya sebesar 200 juta rupiah, dimana bangunan dan tanah usahanya tidak masuk hitungan atau juga suatu individu atau badan usaha yang punya omzet tahunan maksimal sebesar 1 miliar rupiah dan merupakan milik warga indonesia.

Rudjito

Menurut Rudjito pengertian usaha mikro kecil menengah adalah suatu usaha yang memiliki peran yang penting di dalam pergerakan ekonomi di Indonesia baik dari segi jumlah usaha dan juga dari segi lapangan kerja yang muncul dan tercipta dari usaha ini.

Ina Primiana

 Ina Primiana mengatakan bahwa usaha ini merupakan suatu pengembangan dari empat kegiatan ekonomi primer yang menjadi penggerak dari pembangunan negara Indonesia. Keempat kegiatan tersebut adalah Agribisnis, Industri manufaktur, sumber daya manusia, dan juga bisnis kelautan. Menurut Ina keempat hal itu lah yang menjadi aktor utama yang dapat menggerakan roda ekonomi Indonesia.

Ina Primiana juga berpendapat bahwa usaha ini merupakan pengembangan wilayah unggulan untuk meningkatkan kecepatan pemulihan ekonomi guna memberi wadah program utama dan pengembangan bermacam potensi dan sektor.  

Pengertian UKM

pengertian umkm
pengertian umkm | source : surakarta.go.id

Usaha kategori kecil menengah merupakan termasuk usaha yang berkriteria kecil dan menengah dan memiliki skala kecil. Akan tetapi, usaha ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena dengan berkembang dan menjamurnya usaha ini dapat menggerakan roda perekonomian di Indonesia. Dengan begitu kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia juga akan meningkat.

Di Indonesia sendiri usaha ini cukup banyak dilakukan dan ditekuni oleh banyak orang. Hal ltu tentu karena minat dan permintaan kelas menengah ke bawah yang besar di Indonesia yang membuat usaha ini menjamur. Bagi anda yang baru ingin memulai usaha atau bisnis UKM, tentu tidak membutuhkan banyak modal yang harus dikeluarkan.

Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha seperti ini adalah tentang keuletan dan juga menjaga kepuasan pelanggan atau konsumen. Dengan kualitas produk dan usaha keras tentu akan membuat usaha ini dapat terus bertahan dan berkembang ke tahap yang selanjutnya. Semakin berkembangnya suatu usaha juga dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar sehingga dapat membuka lapangan usaha bagi orang lain.

Kriteria Usaha Mikro Kecil Menengah dan Besar

Dalam mengenali suatu usaha diperlukan beberapa kriteria yang menentukan usaha tersebut masuk dalam kategori apa. Hal tersebut tentu untuk mempermudah dalam melakukan pengawasan dan juga dalam pembentukan regulasi yang mengaturnya. Berikut ini adalah kriteria suatu usah dapat dikatakan dalam kategori mikro, kecil, menengah ataupun besar berdasarkan UU no 20 tahun 2008.

  1. Mikro

Suatu usaha dapat dikatakan atau masuk dalam kelompok mikro menurut UU no 20 tahun 2008 adalah apabila usaha tersebut memiliki kekayaan bersih maksimal sebesar 50 juta dimana itu tidak termasuk bangunan dan tanah miliknya serta usaha tersebut memiliki omzet atau pendapatan dalam setahunnya maksimal sebesar 300 juta rupiah.

  1. Kecil

Suatu usaha dikatakan masuk ke dalam kategori kecil menurut UU no 20 tahun 2008 jika usaha tersebut memiliki kekayaan bersih mulai dari 50 juta sampai dengan maksimal 500 juta rupiah tidak termasuk dengan bangunan dan tanah serta usaha tersebut memiliki pendapatan pertahunnya sebesar 300 juta sampai dengan 2,5 miliar rupiah.

  1. Menengah

Suatu usaha disebut masuk dalam kategori menengah apabila usaha tersebut memiliki aset atau kekayaan yang bersih bernilai di atas 500 juta rupiah sampai dengan paling banyak 10 miliar tidak termasuk dengan bangunan dan tanah serta usaha ini memiliki omzet pendapat setiap tahunnya bernilai lebih dari 2,5 miliar dan maksimum bernilai 50 miliar rupiah.

  1. Besar

Usaha dengan kategori ini merupakan usaha yang memiliki kekayaan bersih atau aset dan juga pendapatan pertahunnya lebih dari nilai maksimum pada kriteria usaha menengah.

Jenis Usaha UMKM

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Hal tersebut tentu menjadi salah satu peluang dan potensi dalam dunia bisnis mikro kecil dan menengah. Dengan segala keragaman suku daerah, kekayaan alam, dan beberapa faktor lainnya membuka beberapa peluang usaha dalam beberapa bidang. Beberapa jenis bidang yang berpotensi tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Fashion

umkm fashion
umkm fashion | source : cermati.com

Usaha kriteria kecil menengah pertama adalah bidang fashion. Bisnis pada bidang fashion ini memiliki keunggulan yaitu karena fashion atau sandang merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Terlebih lagi dengan banyaknya acara-acara besar baik hari-hari besar keagamaan maupun acara perayaan di Indonesia tentu membuat bisnis ini laris manis dan memberikan keuntungan yang besar.

Bisnis pada bidang ini bisa juga Anda lakukan tanpa memiliki skill dan juga modal untuk membuka toko ataupun butik. Anda bisa menjadi reseller dari produk-produk fashion ataupun dropship dari suatu brand tertentu yang sudah populer. Sembari Anda menjalankan bisnis reseller, Anda bisa sambil belajar dan mengasah skill dalam bidang fashion yang lain.

  1. Kuliner

umkm makanan
umkm makanan | source : tribunnews.com

Bisnis yang berikut ini mungkin merupakan bisnis yang paling populer dan dapat ditemukan di belahan dunia manapun. Bisnis tersebut adalah bisnis dalam bidang kuliner. Berbicara tentang kuliner tentu tidak akan ada habisnya. Wilayah Indonesia yang luas dan suku yang berbeda-beda tentu menambah jumlah variasi kuliner yang ada di Indonesia yang tentunya membuat bisnis ini tidak akan pernah sepi.

Di Indonesia sendiri kini mulai bermunculan variasi dan kreasi makanan baru yang sering kali menjadi hal yang viral di masyarakat. Dari mulai munculnya tahu bulat hingga es kepal milo, hingga kini inovasi dan kreasi kuliner masih terus bermunculan. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar untuk memulai bisnis kuliner ini.

Hal yang harus diperhatikan dalam bisnis bidang kuliner ini adalah kualitas dari produk kuliner yang disajikan. Apabila produk kuliner tersebut memiliki kualitas yang bagus dari segi rasa dan juga harga tentu akan dapat bertahan lama dan sukses. Namun bagi Anda yang baru ingin memulai bisa dengan belajar ataupun melakukan eksperimen dari makanan atau minuman yang telah ada untuk menciptakan kreasi kuliner baru.

  1. Pendidikan

umkm pendidikan
umkm pendidikan | source : nusantaranews.co

Bisnis di bidang pendidikan juga memiliki peluang bisnis yang cukup bagus. Hal ini disebabkan dengan banyaknya orang yang sekolah baik itu TK sampai kuliah.  Sering kali para pelajar tersebut kurang paham tentang materi pelajaran jika hanya belajar di kelas. Hal ini memicu peluang bisnis untuk membuka bimbingan belajar baik yang secara besar ataupun yang bersifat les privat.

Selain itu, adanya musim UN ataupun SNMPTN menjadi ladang profit bagi penyedia jasa bimbingan belajar dan juga les privat. Keunggulan dari bisnis ini salah satunya adalah tidak diperlukannya banyak modal untuk memulainya apalagi untuk les privat. Cukup berbekal dengan ilmu dan kemampuan mengajar yang baik, bisnis ini sudah dapat dijalankan.

  1. Travel

umkm travel
umkm travel | source : maxmanroe.com

Indonesia terkenal akan keindahan pesona alam yang dimilikinya. Berbagai macam tempat wisata dari mulai pantai hingga pegunungan tersebar dari sabang sampai dengan merauke. Hal ini tentu memunculkan potensi bisnis yang sangat besar di bidang pariwisatanya. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan membuka bisnis tour dan travel.

Berkembang dan menjamurnya bisnis tour dan travel ini tentu sejalan juga dengan misi pemerintah Indonesia dalam mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia terutama di daerah yang masih kurang diketahui oleh banyak orang. Selain itu bisnis ini juga tentu melibatkan bukan satu atau dua orang saja tetapi biasanya bisnis tour diikuti oleh rombongan baik itu sekolah, instansi, ataupun dari organisasi.

  1. Agribisnis

 

umkm agribisnis
umkm agribisnis | source : merdeka.com

Bisnis yang satu ini mungkin masih terdengar kurang populer bagi sebagian orang di Indonesia terutama bagi anak muda. Akan tetapi sebenarnya agribisnis memiliki potensi berkembang yang besar di Indonesia. Agribisnis sendiri merupakan bisnis yang bergerak dalam hal peternakan dan juga pertanian. Dengan kultur bertani dan juga beternak di Indonesia yang kuat tentu bisnis ini tidak sulit untuk ditekuni.

Selain hal tersebut kebutuhan ratusan juta rakyat Indonesia dalam hal produk pertanian dan juga peternakan tentu membuat agribisnis memiliki prospek yang sangat bagus. Beberapa contoh UKM dan UMKM agribisnis yang isa dilakukan dengan mudah adalah dengan melakukan budidaya sayur organik ataupun rempah yang bisa dilakukan di halaman sendiri. Sementara di peternakan bisnis ternak sapi, kambing, dan ayam masih jadi primadona.

 

Baca Juga : 25 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan Modal Kecil

 

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia yang Tembus Pasar Global

Menekuni dunia UMKM tentu dapat membawa Anda kepada kesuksesan dan kemakmuran. Namun, jika Anda terus fokus dan terus berinovasi dalam usaha ini bukan tidak mungkin produk usaha Anda dapat menembus pasar internasional. Tentu hal itu sangat membanggakan bagi Anda dan keluarga serta juga membanggakan negara Indonesia di mata dunia.

Hal tersebut tentu bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai oleh anda yang serius berkecimpung di dunia usaha ini. Dengan semangat berinovasi dan berkreatifitas serta diimbangi dengan doa kepada sang pencipta tentu hal itu dapat terwujud. Sudah banyak contoh jenis usaha dari Indonesia yang berhasil menembus pasar global.

Salah satu usaha yang berhasil menembus pasar global tersebut adalah usaha dagang bandar mina. Usaha ini merupakan usaha yang bergerak ekspor di bidang perikanan terutama pada komoditi ikan kerapu dan bebek. Pdaa usaha yang satu ini merupakan usaha yang berasal dari provinsi bali tepatnya pada daerah bali utara.

Usaha ini sudah berhasil mengekspor produk mereka ke berbagai negara di dunia, diantaranya adalah Hongkon, jepang, China, Thailand, Korea, dan hingga ke Amerika serikat. Kondisi ikan yang diekspor ini ada yang berupa kemasan dan juga dalam kondisi segar. Jika dalam kemasan ikan yang dikirim biasanya telah dalam kondisi dibekukan ataupun dikeringkan. Dengan adanya usaha ikan kerapu ini selain memberikan keuntungan bagi si pengusaha, juga dapat membuka lapangan kerja bagi lingkungannya.

Izin Usaha UMKM (IUMK)

Dalam memulai usaha baik skala besar atau kecil.salah satu hal yang paling penting adalah dengan memiliki izin untuk mendirikan usaha. Dengan memiliki izin usaha tentu akan membuat usaha yang dilakukan akan terhindar dari masalah-masalah ke depannya. Tentu izin dalam hal ini haruslah izin yang bersifat legal.

Pada kenyataannya, masih banyak pelaku usaha yang masih belum begitu tahu tentang IUMK. Hal tersebut biasanya karena para pengusaha kecil masih bingung dalam mengurus izin tersebut. Padahal sekarang mengurus izin IUMK dapat dilakukan dengan cepat dan juga mudah. Waktu yang dibutuhkan juga sangatlah singkat dalam pengerjaannya tergantung dengan kelengkapan berkas.

Sebelum mengurus IUMK terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebagai syarat membuat IUMK. Hal tersebut adalah surat pengantar RT lokasi usaha, KK, KTP, Pas foto terbaru berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dan kemudian melakukan pengisian formulir IUMK. Selanjutnya syarat tersebut akan dilakukan pengecekan oleh camat atau lurah yang mendapat mandat dari bupati atau wallikota. Jika syarat sudah lengkap izin UMKM usaha sudah dapat diperoleh.

Apabila penjelasan mengenai IUMK diatas dirasa belum lengkap atau kurang lengkap, Anda dapat mencari tahu di internet dengan mendownload berbagai makalah usaha mikro kecil menengah atau juga Anda dapat membaca buku tentang usaha ini di perpustakaan terdekat yang ada di daerah Anda sehingga tidak ada alasan lagi untuk Anda pengusaha kecil untuk tidak mengurus IUMK Anda.