√ 6 Contoh Slip Gaji Karyawan, Guru, Dosen, PNS (Siap Download)

Slip gaji tentulah jadi dokumen yang rutin diterima karyawan tiap menerima uang gajian mereka. Bahkan, tidak jarang slip gaji ini akan ditunggu-tunggu kedatangannya karena bersamaan dengan cairnya uang gaji atas kerja keras selama sebulan di tempat kerja.

Bagi seorang karyawan slip gaji merupakan hal yang sangat penting begitupula bagi perusahaan pemberi gaji. Dokumen yang satu ini menjadi salah satu bukti kredibilitas terhadap karyawan baik dalam bentuk fisik maupun slip gaji online.

Setiap perusahaan atau instansi pastilah memiliki format slip gaji yang berbeda-beda. Komponen yang dimasukkan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan itu sendiri. Namun secara keseluruhan format slip gaji yang satu dengan yang lain memiliki beberapa kesamaan. Hal ini nantinya dapat dilihat dari berbagai contoh slip gaji karyawan yang akan dibahas pada artikel ini.

Bagi anda yang memiliki usaha sekalipun dan menginginkan kredibilitas khususnya di mata karyawan anda pastilah memerlukan slip gaji pada setiap pemberian upah kerja karyawan. Selain lebih menghormati karyawan juga dapat sebagai dokumen resmi dalam pengaturan administrasi yang baik.

Namun, apa sebenarnya pengertian dari dokumen ini dan manfaatnya bagi karyawan serta perusahaan? Selain itu, bagian-bagian apa saja yang ada di dalamnya dan apakah boleh jika sebuah perusahaan tidak memberikan dokumen ini?

Jurnal Manajemen akan membahas mengenai topik slip gaji karyawan beserta contohnya secara lengkap pada pembahasan di bawah ini :

 

Pengertian Slip Gaji

Slip gaji adalah bukti resmi atau otentik sebagai penerima gaji yang didapat dari pemberi kerja bagi pegawai. Dokumen ini akan terdiri dari beberapa bagian tertentu yang terperinci. Di antaranya adalah gaji bersih, gaji pokok, penambah gaji, aneka potongan dan juga pinjaman apabila ada.

Pada umumnya slip gaji karyawan swasta maupun pegawai pemerintahan diberikan bersamaan dengan penerimaan gaji/upah. Periode umum penerimaan gaji di Indonesia biasanya setiap satu bulan sekali pada akhir bulan (tanggal 25) atau awal bulan (tanggal 1).

Nominal gaji yang tertera pada slip gaji tentunya berbeda pada setiap jabatan. Begitupula jumlah tunjangan yang diterima. Bahkan pada jabatan yang sama jika terdapat pinjaman dan potongan lainnya tentu saja akan berbeda nominal

Dari penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan terkait definisi slip gaji. Slip gaji adalah dokumen sebagai tanda bukti berupa selembar kertas yang berisi rincian nominal gaji/upah yang diterima karyawan dalam satu periode tertentu.

 

Tujuan atau Manfaat Slip Gaji

Slip gaji akan memiliki manfaat tersendiri baik bagi perusahaan maupun karyawan. Berikut adalah manfaat yang bisa didapat oleh perusahaan:

  1. Sebagai bukti resmi bahwa perusahaan tersebut sudah menunaikan kewajibannya pada karyawan yang bersangkutan dalam membayar sejumlah nominal tertentu yang memang menjadi hak para karyawan
  2. Sebagai dokumentasi serta pencatatan pengeluaran upah atau gaji sebagai bagian dari pengeluaran dana perusahaan

Sementara manfaat slip gaji untuk para karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Bukti kejelasan dari proses penggajian pegawai
  2. Bukti sah dalam memberi informasi terkait potongan pajak serta penyetoran pajak penghasilan
  3. Rujukan untuk penyelenggara pembiayaan maupun pinjaman kredit sebagai dasar permohonan

Peraturan Mengenai Slip Gaji

Bagaimana jika selama bekerja, kita tidak pernah menerima slip gaji?

Apakah hal ini diperbolehan?

Dulu memang tidak ada ketentuan dalam Undang-Undang yang secara khusus mengatur kewajiban terkait pemberian slip gaji ini dari perusahaan pada karyawan. Apalagi jika merujuk pada Undang-Undang No.13 Tahun 2013 tentang ketenagakerjaan. Pada Undang-Undag tersebut dikatakan tidak ada ketentuan yang mengharuskan perusahaan memberi slip gaji pada karyawan.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan jaman maka munculah peraturan yang khusus yang mengatur mengenai pemberian slip gaji karyawan.

Hal ini tertuang dalam Perataturan Pemerintah Republik Indonesia No.78 Th 2005 terkait Pengupahan, disebutkan bahwa wajib bagi tiap pengusaha guna memberi bukti pembayaran upah di mana di dalamnya terdapat rincian upah yang diterima saat upah dibayarkan.

Jika mengacu pada PP tersebut, maka perusahaan harus mematuhinya dan memberikan slip gaji pada para karyawan yang bekerja.

Bahkan, slip gaji harus diberikan pada karyawan tanpa diminta terlebih dulu.

Peraturan ini bertujuan agar tidak ada beda presepsi mengenai jumlah gaji dan rinciannya antara perusahaan dan karyawan. Dokumen yang satu ini juga sebagai bukti autentik bahwa hak karyawan telah diberikan oleh perusahaan.

Sehingga sudah seharusnya perusahaan memberikan slip gaji kepada karyawannya baik dalam bentuk fisik maupun slip gaji online.

 

Isi Slip Gaji

Dalam tiap format slip gaji akan terdiri dari bagian-bagian tertentu yang masing-masing memuat informasi terkait upah yang diterima. Berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait bagian-bagian yang akan kita temukan dalam selembar slip gaji.

1. Informasi Umum

Informasi umum dalam tiap contoh slip gaji karyawan ini termasuk nama perusahaan, alamat kantor hingga nomor telepon perusahaan. Terdapat pula informasi terkait departemen tempat kita berada di dalam perusahaan tersebut. Informasi umum ini biasanya terdapat di bagian kop atau paling atas dari slip gaji.

2. Periode Gaji

Informasi berikutnya ialah periode gaji yang termasuk sangat penting karena akan selalu berubah sesuai periode gaji yang diberikan. Tiap perusahaan sendiri akan memiliki tanggal gajian berbeda-beda sehingga periode gaji di slip ini juga akan berbeda-beda.

3. Data Pribadi Karyawan

Bagian dari contoh slip gaji karyawan ini berisi informasi data pribadi dari masing-masing karyawan yang menerima gaji. Termasuk di antaranya adalah nama, nomor KTP, Nomor Induk Kepegawaian dan alamat. Bagian ini sekaligus akan membedakan antara slip pegawai satu dengan pegawai lainnya.

4. Informasi Pajak

Informasi satu ini akan memperlihatkan pada kita keseluruhan pajak umum yang dibayarkan serta secara otomatis dipotong dari pajak bulanan. Selain itu, besaran pajak juga telah didaftarkan langsung ke kantor pajak.

5. Nominal Penghasilan

Slip gaji tentu akan turut menyertakan besaran nominal penghasilan dari tiap karyawan. Semua penghasila yang diberikan haruslah ditulis secara rinci. Nominal penghasilan ini biasanya terdiri dari gaji pokok yang diberikan tiap bulan dalam nominal tetap, bonus yang kadang diberikan dan kadang juga tidak dalam nominal yang tidak tetap, hingga penghargaan pada karyawan atas pencapaiannya. Baik bonus serta penghargaan ini harus dicantumkan terpisah dari gaji pokok karena tidak termasuk dalam gaji pokok.

6. Potongan Gaji

Perusahaan haruslah mencantumkan besaran potongan gaji yang dibebankan pada karyawan. Tujuannya adalah memberi informasi lengkap serta terperinci terkait gaji yang diberikan tiap bulannya. 

7. Gaji Bersih

Bagian ini berisi gaji bersih keseluruhan yang diberikan pihak perusahaan pada karyawannya. Apabila pihak perusahaan memiliki rincian lain yang belum disebutkan seperti pembayaran asuransi kesehatan atau lain-lain, maka harus dicantumkan pada kategori yang lain.

 

Komponen Slip Gaji

Seperti pembahasan mengenai isi dari slip gaji terdapat komponen utama yang harus dicantumkan. Komponen utama yang wajib ada pada slip gaji yaitu gaji pokok, tunjangan, dan potongan. Hal ini diatur di dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2013 mengenai ketenagakerjaan. Pada Undang-Undang tersebut dikatakan paling tidak karyawan menerima 75% dari keseluruhan gaji pokok dan tunjangan tetap.

Secara terperinci, komponen utama yang ada pada slip gaji adalah sebagai berikut :

  • Gaji Pokok

Komponen gaji pokok adalah nominal upah yang diterima dan sudah ditentukan perusahaan serta telah disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang diemban setiap karyawan. Penentuan jumlah gaji pokok ini akan berubah mengikuti jenjang karir yang ada pada suatu perusahaan. Semakin tinggi tanggung jawab dan lama mengabdi pada perusahaan tentunya semakin tinggi gaji pokok yang diterima oleh karyawan.

  • Tunjangan

Hampir sama dengan gaji pokok. Tunjangan sendiri merupakan tambahan upah yang diterima karyawan sesuai dengan fasilitas yang diberikan perusahaan. Komponen tunjangan ini juga menyesuaikan terhadap posisi yang dimiliki setiap karyawan. Sebagai contoh tunjangan yang sering dijumpai adalah tunjangan jabatan, tunjangan makan, tunjangan anak-istri, tunjangan transportasi, dan lain sebagainya. Sifat tunjangan jika dilihat dari narasi yang diberikan lebih ke arah sosial dalam bentuk intensif. Hingga saat ini tunjangan karyawan di bagi menjadi dua yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

  • Potongan

Selain dana yang diterima oleh karyawan maka terdapat dana yang dipotong untuk membiayai kewajiban karyawan. Potongan dana ini biasanya dialokasikan untuk beberapa hal. Contoh potongan dana pada slip gaji karyawan seperti potongan asuransi (BPJS) baik premi ataupun keanggotaan, potongan pensiun, potongan pajak penghasilan, potongan pinjaman, dan lain sebagainya.

 

 Contoh Slip Gaji Karyawan

Nah ini mungkin merupakan bagian yang paling ditunggu-tunggu. Seperti apa see bentuk dari slip gaji karyawan itu ? Kali ini Jurnal Manajemen akan memberikan contoh slip gaji karyawan secara lengkap yang diperoleh dari berbagai sumber. Daftar contoh slip gaji di bawah ini diharapkan dapat menjadi insipirasi dan standar bagi perusahaan yang sedang atau akan menyusun format slip gaji.

Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

Bagi anda yang baru pertama kali membuat slip untuk gaji karyawan maka berikut adalah referensi yang sangat sederhana. Contoh di bawah ini sangat mudah dibuat dan dipahami baik bagi pemilik usaha maupun karyawan.

"<yoastmark

"<yoastmark

PT. SR12 Skincare Aman

SLIP GAJI

Gaji Pokok:Rp 2.000.000
Tunjangan Jabatan:Rp 300.000
Lembur:Rp 100.000
Bonus:Rp 250.000
Potongan Pinjaman (-):Rp 500.000
Jumlah:Rp 2.150.000
Catatan Dari HRD
………………………………………………………………….
………………………………………………………………….
HRD Dept
Paraf & Stempel Perusahaan

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta/Wiraswasta

Jika anda memiliki usaha sendiri dan ingin memulai memberikan slip sebagai tanda terima gaji bagi karyawan anda. Maka contoh yang satu ini mungkin sesuai bagi anda :

contoh slip gaji karyawan swasta 2
contoh slip gaji karyawan swasta 2
contoh slip gaji karyawan swasta
contoh slip gaji karyawan swasta
Nama Perusahaan:DeJaVuNIK:2160662
Tanggal Periode:01/12/18Nama Karyawan:Zain
Departemen:MarketingJabatan:Supervisor
Penerimaan (+)   Potongan (-)
Gaji Pokok=Rp 2.000.000Pajak 5%=Rp 100.000
Tunjangan Kehadiran=Rp 100.000BPJS=Rp 75.000
Tunjangan Makan=Rp 150.000
Tunjangan Transportasi=Rp 200.000
Uang Lembur=Rp 150.000
Bonus=Rp 250.000
Uang Servis=Rp 150.000
Total Penerimaan Rp 3.000.000  Total Potongan Rp 175.000
Gaji yang DIterima=Rp 2.825.000Tanggal Cetak:01/12/18
Diserahkan OlehDiterima Oleh
Asma NadiaOki Setiana Dewi

Contoh Slip Gaji Guru

Untuk beberapa kalangan yang berprofesi sebagai guru maka dapat menggunakan contoh slip gaji sebagai berikut :

contoh slip gaji guru
contoh slip gaji guru
LOGO SEKOLAHAlamat Lengkap Sekolah/Visi Misi Sekolah
Nama Guru:FauzanBulan:Desember
Jabatan:Wali KelasCabang:KP
Gaji Utama
1.    Gaji Tetap:Rp 2.000.000
2.    KBM:Rp 100.000
Total Gaji Utama:Rp 2.100.000
TambahanPotongan
1.    Progresif:Rp 150.0001.    Terlambat:Rp 50.000
2.    KBM Khusus:Rp 50.0002.    Izin Tidak Masuk:Rp 75.000
3.    Koreksi:Rp 100.000
4.    Lembur:Rp 150.000
5.    Pembina Ekskul:Rp 50.000
Total GajiRp 2.600.000Total TransferRp 2.475.000
Yogyakarta, 1 Desember 2018
Bagian Keuangan,
TTD & Cap
Paryoto

Contoh Slip Gaji Dosen PTN/PTS

Hampir serupa dengan contoh yang diberikan pada kategori guru. Maka contoh slip gaji dosen Peguruan Tinggi Neger ataupun Swasta adalah sebagai berikut :

contoh slip gaji dosen
contoh slip gaji dosen
LOGO UNIVERSITASAlamat Lengkap Universitas
  
SLIP GAJI DESEMBER 2018
Nama:Yusuf Enril FathurrohmanNIP/NIK:087766189
Gaji:Potongan:
Gaji/Honor:Rp 3.000.000Koperasi:Rp 500.000
Tunj. Istri:Rp 200.000BANK:
Tunj. Anak:Rp 100.000Dansos:
Tunj. Makan:Rp 700.000Zakat:Rp 150.000
TPP:Rp 200.000Pph Pasal 21:Rp 150.000
Fungsional:Rp 300.000DPLK:Rp 300.000
Tunj. Pimpinan:Rp 500.000Dana Pensiun:Rp 200.000
Honor KJM:UJKS:
PA:Rp 200.000Absen:
Lain-Lain:
Jumlah:Rp 5.200.000JumlahRp 1.300.000
Jumlah Diterima:Rp 3.900.000
 
 Magelang, 1 Desember 2018
 Kabiro Adm. Keuangan
 
 TTD
 
 Budiono

 Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan

Untuk setiap perusahaan perlu diketahui mereka memiliki format tersendiri dalam pembuatan slip gaji. Pada intinya tetap sama yaitu terdapat perincian jumlah gaji dan pendapatan lainnya, pemotongan, dan gaji diterima. Pada istilah perusahaan gaji diterima biasa disebut dengan take home pay.

contoh slip gaji perusahaan
contoh slip gaji perusahaan

Contoh Slip Gaji Karyawan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Sama halnya dengan format pada perusahaan. Pada pegawai pemerintahan atau Pegawai Negeri Sipil juga diberikan slip pemberian gaji dengan rincian yang kurang lebih sama.

contoh slip gaji pns
contoh slip gaji pns
contoh slip gaji pns 2
contoh slip gaji pns 2

Download Slip Gaji

Bagi anda yang menginginkan format slip Gaji karyawan sesuai dengan contoh yang disebutkan sebelumnya kami menyediakan format sederhana yang terbagi dalam bentuk word dan juga Jpeg. Jika anda berminat maka dapat download link di bawah ini :

Contoh Slip Gaji Karyawan.Doc

Contoh Slip Gaji Karyawan.excel

Cara Mudah Membuat Slip Gaji Secara Online

Bagi anda yang menginginkan kemudahan dalam membuat slip gaji tentu saja tidak perlu khawatir. Saat ini sudah ada pembuatan slip gaji secara online. Slip gaji online ini disusun menggunakan software atau aplikasi khusus. Sebagai contoh yaitu pada aplikasi slip gaji online (di online pajak) dan employee salary software.

Terdapat dua cara dalam membuat slip gaji online ini. Pertama yaitu anda harus menginstall terlebih dahulu ke dalam komputer anda. Kedua, yaitu melakukannya langsung secara online. Tentu saja kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cara pertama memiliki kelebihan yaitu pada kestabilan dalam proses pembuatan slip gaji setelah dilakukan input data. Namun kelemahannya adalah kebanyakan aplikasi ini adalah aplikasi berbayar dimana harus meluangkan dana yang tidak sedikit untuk memperolehnya. Resiko lainnya yaitu data yang hilang dan memakan waktu dalam upgrade database sesuai dengan peraturan pemerintah.

Pada cara kedua bisa dibilang cukup sederhana. Hal ini dikarenakan dapat langsung dilakukan secara online. Kelebihannya adalah praktis dan dapat diakses secara gratis. Fitur yang disediakan juga lebih update dan disesuaikan dengan peraturan terbaru tentang slip gaji. Selain itu data tidak mudah hilang karena tersimpan dan terintegrasi di dalam cloudflare. Namun tentu saja cara ini juga memiliki kelemahan. Karena aksesnya terbilang murah bahkan gratis maka fitur yang disediakan juga sangat jauh berbeda dan lebih sederhana dibandingkan dengan aplikasi berbayar. Sehingga jika anda hanya menginginkan slip gaji online yang sederhana maka cara ini tidak ada masalah.

Slip Gaji Untuk Berbagai Kegunaan

Contoh slip gaji sederhana ternyata memiliki kegunaan yang cukup beragam. Mulai dari mengetahui cicilan aneka barang hingga sebagai salah satu dokumen dalam melamar pekerjaan. Apa saja kegunaan lain dari slip gaji yang masih jarang diketahui? Ayo simak satu per satu.

  1. Mengetahui Rincian Gaji

Kegunaan yang satu ini tentu sudah jelas, di mana slip gaji memang dimaksudkan agar kita tahu rincian gaji yang didapat dari perusahaan hingga potongan-potongan yang menyertainya. Kita juga bisa melihat potongan pendapatan yang diakibatkan pelanggaran saat bekerja, seperti keterlambatan ataupun ketidakhadiran.

  1. Cicilan Kendaraan

Daerah-daerah yang sulit dijangkau biasanya akan sulit dalam memiliki kendaraan sendiri. Apabila ingin mencicil kendaraan sendiri secara mudah, bisa digunakan slip gaji. Beberapa showroom memberi syarat slip gaji pada para calon pembeli yang berminat.

  1. Cicilan Alat Elektronik

Slip gaji akan bisa memberi keuntungan apabila kita hendak mengajukan cicilan khusus alat-alat elektronik. Perusahaan yang menyediakan kredit akan turut mempertimbangkan kemampuan kita dalam membayar cicilan tiap bulan berdasar informasi dari slip gaji. Contoh slip gaji karyawan swasta juga akan mempengaruhi lamanya jangka waktu cicilan bisa diambil.

  1. Kredit Tanpa Agunan

Slip gaji seringkali jadi syarat dalam mengambil kredit tanpa jaminan atau agunan. Kredit ini bisa diambil untuk ragam kebutuhan seperti kesehatan, pendidikan, pernikahan, renovasi rumah dan lain-lain. Salah satu syarat bank dalam mengklasifikasikan data calon peminjam ialah perincian dalam slip gaji.

  1. Cicilan Rumah

Saat membeli rumah, gunakan rincian gaji sebagai salah satu pertimbangan pihak bank dalam menerima atau menolak pengajuan KPR. Apabila penghasilan seimbang dengan pengajuan cicilan, maka besar kemungkinan pengajuan KPR akan diterima.

  1. Melamar Pekerjaan

Slip gaji dapat pula digunakan saat melamar pekerjaan. Cantumkan rincian penghasilan dalam surat lamaran kerja sehingga calon perusahaan bisa melihat besaran penghasilan yang kita inginkan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari cara buat slip gaji. Penggunaan slip gaji dapat beragam sesuai dengan kebutuhan setiap individu.

Untuk langkah-langkah cara membuat slip gaji sendiri biasanya akan dilakukan oleh pihak perusahaan dan bukan tanggungjawab karyawan. Karyawan hanya akan menerimanya bersamaan dengan uang gaji tiap bulan.

Namun dengan pengetahuan di atas setidaknya anda bisa mengoreksi format yang sudah tertera dengan slip yang anda miliki. Apakah sesuai dengan standard penulisan/format atau berbeda.

Sumber Gambar

Pinterest, jojopayroll.com, moondoggiesmusic.com, gopena.com, antarapost.com, elnandar.com

Incoming search terms:

  • contoh slip gaji
  • gaji dapartemen perniagaan
  • slip gaji karyawan 2018
  • slip gaji
  • contoh stempel slip gaji
  • contoh slip gaji sido muncul
  • contoh slip gaji pns area banda aceh
  • contoh slip gaji perusahaan
  • contoh slip gaji pendeta
  • contoh slip gaji area banda aceh