Pengertian, Fungsi, Tahapan, dan Contoh Riset Pemasaran Terlengkap

Mengenal Apa Itu Riset Pemasaran

Riset pemasaran atau disebut juga marketing research dalam Manajemen sebuah usaha tentu bukan istilah asing, terutama apabila kita menggeluti bidang pemasaran. Namun bagi kita yang awam akan pemasaran atau tidak mendalami bidang ini, maka istilah marketing research bisa jadi masih asing. Berikut akah dijabarkan lebih dalam mengenai marketing research, mulai dari pengertian riset pemasaran, tujuan, metode dan contohnya.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

Riset pemasaran adalah suatu penelitian yang sistematis serta diawali dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi, pengelolaan informasi hingga interpretasi dari hasil penelitian. Pengertian menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Philip Kotler, marketing research ialah perencanaan, pengumpulan, analisis serta pelaporan yang telah disusun secara sistematis berdasarkan data atau aneka penemuan yang sesuai dengan situasi pemasaran tertentu.
  2. Menurut American Marketing Association, riset pemasaran ialah fungsi yang dapat menghubungkan antara konsumen dan publik dengan pemasar melalui adanya informasi dalam mengidentifikasi serta mendefinisi peluang maupun masalah pemasaran. Dari sini akan dilakukan penyempurnaan hingga evaluasi upaya pemasaran agar kinerja pemasaran bisa dipantau serta aneka masalah yang muncul dapat diatasi.
  3. Menurut Robby Susatyo, pengertian dari marketing research menurut makalah riset pemasaran ialah pengidentifikasian secara lebih objektif serta sistematis yang berlanjut pada pengumpulan, analisis hingga perangkaian data yang tujuannya ialah memperbaiki proses pengambilan keputusan. Hal ini masih erat kaitannya degnan solusi permasalahan serta penentuan aneka peluang di dalam proses pemasaran tersebut.

 

Baca Juga : Pengertian Riset Pasar : Jenis-Jenis dan Contoh Riset Pasar

Tujuan Riset Pemasaran

Dengan dilakukannya riset pemasaran memiliki tujuan. Tujuannya sendiri yaitu agar dapat diketahui dan dilakukan analisa akan berbagai hal yang dibutuhkan pasar atau masyarakat serta agar dapat diketahui pesaing bisnis yang muncul. Melalui marketing research, akan dapat diketahui aneka jenis produk maupun jasa yang ditawarkan, di mana produk maupun jasa tersebut dibutuhkan serta kualitas seperti apa yang dibutuhkan konsumen dari produk serta jasa tersebut.

Manfaat riset pemasaran lainnya adalah agar perusahaan tahu seberapa besar permintaan serta potensi dari permintaan atas produk atau jasa tertentu, kapan permintaan memuncak serta kapan permintaan mulai turun. Dilakukannya marketing research akan dapat menjamin perusahaan tidak kesulitan dalam merencanakan strategi bisnisnya agar bisa didapat keuntungan optimal.

Jenis Riset Pemasaran

Menurut jurnal riset pemasaran, terdapat beberapa jenis marketing research yang umum ditemukan serta dipraktekkan di tengah masyarakat. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Pertama adalah Riset Primer. Riset ini dijalankan melalui penampungan informasi maupun daya yang berasal dari hasil penjualan terkini ataupun yang tengah dijalankan sekarang.
  2. Kedua ada Riset Sekunder. Riset ini berfungsi dalam menganalisa data yang sudah dirilis. Melalui Riset Sekunder, kita akan dapat menemukan pesaing yang bisa membangun tolak ukur guna mengidentifikasi sasaran.

Metode Riset Pemasaran

Pertanyaan tentang riset pemasaran yang sering ditanyakan ialah metode apa yang digunakan dalam prosesnya. Terdapat setidaknya tiga metode atau cara pelaku bisnis ketika merencanaan marketing research. Berikut adalah ketiga metode tersebut.

  1. Pertama adalah melalui kuesioner. Metode ini dijalankan melalui penyebaran daftar pertanyaan terkait data yang dibutuhkan untuk jenis usaha tertentu yang dipilih. Metode ini membutuhkan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial guna menjawab kuesioner tersebut. Yakinkan responden agar dapat diajak bekerjasama dan mengisi jawaban secara jujur.
  2. Kedua adalah melalui riset grup. Metode ini dijalankan dengan membentuk kelompok yang berasal dari populasi utama pasar potensial. Tugas mereka ialah menyampaikan segala sesuatu yang mereka butuhkan, mencoba produk maupun jasa yang ditawarkan serta memberikan opini terkait kelebihan maupun kekurangan produk.
  3. Ketiga ada survey. Tahapan riset pemasaran melalui metode ini akan dilakukan dengan memberi pertanyaan sederhana terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Metode ini bersifat acak serta biasanya dilakukan secara sukarela. Upayakan pertanyaan yang diajukan tidak mengganggu responden.

Fungsi Riset Pemasaran

Marketing research juga memiliki beberapa fungsi tersendiri. Berikut adalah beberapa fungsi riset pemasaran yang bisa kita dapatkan.

  1. Pertama ada fungsi deskriptif. Fungsi ini akan dikumpulkan serta disajikan melalui pernyataan terkait fakta.
  2. Kedua ada fungsi diagnostik. Fungsi ini ialah pembahasan terkait data maupun tindakan.
  3. Ketiga ada fungsi prediktif. Fungsi ini ialah spesifikasi terkait bagaimana pemakaian riset deskriptif serta diagnostik dalam memprediksi hasil dari keputusan pemasaran yang terencana.

Objek Riset Pemasaran

Materi riset pemasaran selanjutnya adalah objek dari research merkating itu sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama adalah produk, yaitu hal paling penting dalam bidang pemasaran. Jika tidak ada produk maupun jasa maka tidak ada sesuatu yang dapat dipasarkan.
  2. Kedua adalah harga. Tujuan dari diadakannya marketing research sudah pasti agar bisa diketahui kesesuaian antara produk serta harga yang dihasilkan.
  3. Ketiga ada promosi. Riset promosi akan dijalankan dalam mengukur tingkat keberhasilan promosi akan keberhasilan produk.
  4. Keempat adalah distribusi. Riset distribusi akan dijalankan guna melihat apakah suatu perjalanan distribusi berjalan secara baik dan sesuai keinginan atau tidak.

Langkah-langkah Riset Pemasaran

Proses riset pemasaran akan melalui serangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara sistematis dan terpadu. Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam serangkaian proses marketing research.

  1. Pertama adalah identifikasi masalah. Pihak perusahaan akan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah apa yang muncul dalam bidang pemasaran sehingga dibutuhkan riset lebih lanjut.
  2. Setelah masalah teridentifikasi, langkah berikutnya adalah perumusan kerangka teori. Di sini, langkah-langkah penyelesaian masalah melalui riset akan dirumuskan lebih lanjut.
  3. Ketiga adalah formulasi desain riset. Riset yang hendak dijalankan makin dimatangkan dalam tahapan ini agar bisa dijalankan dengan baik dan hasilnya optimal.
  4. Keempat ialah aktivitas lapangan termasuk pengumpulan data. Petugas riset akan terjun ke lapangan dan melakukan aktivitas pengumpulan data sesuai metode yang telah dirumuskan sebelumnya.
  5. Kelima, dilakukan persiapan serta analisis data. Data hasil riset di lapangan akan diolah dalam tahapan ini agar bisa disajikan dengan rapi.
  6. Terakhir, akan dibuat laporan marketing research serta presentasi hasil dari penelitian atau riset yang dijalankan. Dari keseluruhan tahapan di atas, diharapkan akan didapat hasil yang optimal terkait langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya berdasarkan hasil riset untuk kemajuan perusahaan ke depannya.

Contoh Riset Pemasaran

Adapun contoh riset pemasaran sangat banyak ditemukan dan hampir pasti akan dilakukan oleh tiap pelaku usaha. Contoh sederhana adalah apabila kita hendak berjualan pulsa, maka kita lakukan survey terlebih dahulu berapa harga pulsa di pasaran. Tujuannya agar kita bisa menetapkan harga sesuai standar pasar, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Contoh riset pemasaran produk minuman juga tidak jauh berbeda. Misalnya kita hendak menjual es, maka kita lakukan survey es apa yang diminati masyarakat, lokasi berjualan yang strategis serta harga yang bisa terjangkau oleh sasaran konsumen. Demikian uraian terkait marketing research mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, langkah-langkah hingga contohnya.

Incoming search terms:

  • contoh riset pemasaran produk
  • fungsi riset pemasaran
  • contoh riset pemasaran dan riset pasar
  • pengertian riset pemasaran
  • pengertian memformulasikan hasil marketing research
  • materi riset pemasaran
  • macam-macam kegiatan riset pemasaran secara sistematis beserta contohnya
  • contoh jurnal riset pemasaran
  • contoh hasik riset penelitian
  • apakah yang dimaksud memformulasikan riset pasar

2 thoughts on “Pengertian, Fungsi, Tahapan, dan Contoh Riset Pemasaran Terlengkap

Leave a Comment