Cara Registrasi Telkomsel Baru (Simpati, Kartu As Dan Loop)

5 min read

cara registrasi telkomsel

Sejak akhir tahun 2017 pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan semua pengguna kartu prabayar, baik pengguna lama maupun pengguna baru, untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar dengan validasi nomor KTP dan Kartu Keluarga yang sah. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Aturan ini diberlakukan dalam rangka untuk meningkatkan perlindungan hak pelanggan jasa telekomunikasi, seperti mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan, mencegah  tindak penipuan ataupun SMS spam.

Mengingat pentingnya registrasi kartu prabayar maka Jurnal Manajemen akan membagi informasi mengenai cara registrasi khususnya registrasi Telkomsel. Informasi selengkapnya simak pembahasan berikut ini :

Hal Penting dalam Registrasi Kartu Prabayar

Beberapa poin penting pelaksanaan registrasi pelanggan kartu prabayar tersebut adalah sebagai berikut :

  • Ketentuan ini berlaku mulai tanggal 31 Oktober 2017.
  • Calon pengguna dan pengguna lama kartu prabayar harus melakukan validasi data dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) sesuai yang terekam dalam database Ditjen Dukcapil.
  • Registrasi dapat dilakukan secara langsung oleh calon pengguna yang membeli kartu perdana, serta registrasi ulang bagi pengguna lama.
  • Jika pengguna tidak melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan ini maka calon pengguna tidak bisa mengaktifkan kartu perdana dan untuk nomor pengguna lama akan dilakukan pemblokiran secara bertahap.
  • Terkait informasi registrasi ini pengguna kartu prabayar dapat menghubungi layanan pelanggan masing-masing operator jasa telekomunikasi, sedangkan informasi tentang data kependudukan bisa menghubungi Ditjen Dukcapil.
  • Jumlah nomor yang dapat diregistrasi oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat diregistrasi oleh pelanggan yang bersangkutan (self registration) maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK pada setiap penyelenggara jasa telekomunikasi.

Proses registrasi pelanggan kartu prabayar tersebut  meliputi beberapa proses, yaitu verifikasi data oleh petugas operator telekomunikasi, validasi ke database Ditjen Dukcapil dan aktivasi nomor pelanggan. 

Selanjutnya operator jasa telekomunikasi akan tetap berusaha agar pendaftaran untuk SIM Card baru selalu menggunakan Nomor Induk Kependudukan (nomor KTP) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) yang valid. Diharapkan dengan kerjasama pelaku industri telekomunikasi dengan pemerintah melalui program tersebut, akan saling melengkapi dan memperbarui data-data yang ada di Ditjen Dukcapil, sehingga dengan adanya identitas pengguna kartu yang valid dan akurat, ke depannya dapat menjadi prasyarat untuk transaksi digital yang aman.

Artikel Terkait Artikel Terkait
5 Cara Cek Nomor Telkomsel Cara Tukar Poin Telkomsel
Cara Transfer Pulsa Telkomsel Cara Setting APN Telkomsel 4G/3G

Tujuan Registrasi Telkomsel

Telkomsel sebagai salah satu operator jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia juga mendukung program Registrasi Pelanggan Prabayar tersebut. Adapun tujuan dan manfaat program registrasi kartu prabayar pelanggan ini adalah sebagai berikut :

  • Untuk melindungi masyarakat pengguna jasa layanan telekomunikasi terhadap tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga masyarakat/pelanggan juga semakin nyaman dalam menggunakan jasa layanan telekomunikasi. Tindak kejahatan dan penyalahgunaan bisa berupa penipuan, melakukan spamming, kejahatan siber, terorisme, dan sebagainya.
  • Untuk memberikan kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan layanan telekomunikasi, misalnya transaksi online dan non tunai.
  • Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk mewujudkan keuangan inklusif atau penyaluran dana dan bantuan pemerintah serta hal-lain positif lainnya.

Syarat Registrasi Kartu Prabayar

Sedangkan persyaratan yang harus disiapkan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu prabayar adalah sebagai berikut :

Bagi WNI (Warga Negara Indonesia) :

  • e-KTP
  • Kartu Keluarga (KK)

Bagi WNA (Warga Negara Asing) :

  • Paspor
  • KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
  • KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

Sanksi Jika Tidak Registrasi Kartu

Dampak dan sanksi jika pelanggan tidak melakukan registrasi :

  • Untuk calon pelanggan, kartu tidak dapat aktif.
  • Untuk pelanggan lama, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap bagi yang belum melakukan registrasi sampai batas waktu yang ditentukan, meliputi layanan panggilan / SMS keluar, layanan panggilan / SMS masuk, layanan internet, hingga pemblokiran total nomor tersebut.

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Telkomsel ?

Telkomsel mengimbau kepada semua pelanggannya untuk melakukan registrasi kartu prabayar sesuai dengan ketentuan dan juga mengharapkan semua pihak untuk mendukung program ini karena dalam jangka panjang akan menjadikan industri telekomunikasi lebih sehat yang akan menguntungkan pelanggan, pelaku industri dan masyarakat luas.

Telkomsel juga telah mengerahkan berbagai upaya untuk memudahkan pelanggan melakukan registrasi kartu prabayar sehingga semakin banyak pelanggan yang sukses dalam melakukan registrasi, antara lain dengan penyediaan berbagai kanal registrasi, baik secara konvensional maupun digital, serta memberikan bonus bagi pelanggan yang melakukan registrasi berupa paket data internet, paket telepon dan SMS.

Registrasi kartu Telkomsel ini sangat bermanfaat dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan pelanggan agar terhindar dari tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara registrasi kartu Telkomsel, baik kartu Simpati, Kartu As maupun Loop dapat dilakukan sendiri dengan mudah, yang penting Anda siapkan Kartu Keluarga, dimana tercantum nomor KTP (NIK) dan nomor KK. Ada yang bertanya bisakah Cara Registrasi Telkomsel tanpa KK ? Nampaknya tanpa nomor KK tidak bisa melakukan registrasi kartu prabayar, karena validasi tetap berdasarkan nomor KTP dan nomor KK.

Telkomsel menyediakan berbagai layanan untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan registrasi, antara lain melalui SMS, panggilan ke *444#, Call Center 188, website www.telkomsel.com, akses asisten virtual Telkomsel (LINE, FB Messenger, Telegram), mesin layanan mandiri MyGraPARI, aplikasi MyTelkomsel, serta pusat pelayanan pelanggan GraPARI

1. Cara Registrasi Telkomsel Lewat SMS

Untuk pelanggan baru Telkomsel

Cara registrasi Telkomsel baru adalah sebagai berikut :

Ketik SMS :  REG<spasi>NIK#Nomor KK# kirim ke 4444

  • Buka menu Pesan pada ponsel Anda
  • Masukkan penerima dengan nomor 4444
  • Ketik isi SMS dengan format REG<spasi>NIK#Nomor KK#
  • Contoh registrasi baru: REG 1234567890123456#330228888888#
  • Tekan tombol kirim / send

Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan SMS balasan. Kartu SIM seluler bisa langsung Anda gunakan jika Anda sudah mendapatkan notifikasi SMS balasan yang menyatakan bahwa proses registrasi kartu Anda sudah berhasil.

cara registrasi telkomsel pelanggan baru
cara registrasi telkomsel pelanggan baru

Untuk pelanggan lama Telkomsel

Hanya berbeda format SMS nya yaitu ULANG <spasi>NIK#Nomor KK# kirim ke 4444

cara registrasi telkomsel pelanggan lama
cara registrasi telkomsel pelanggan lama

2. Cara Registrasi Telkomsel Lewat Telepon Kode Dial

Cara registrasi Telkomsel berikutnya adalah melalui panggilan kode dial *444#.

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Lakukan panggilan ke *444# dengan cara ketik *444# lalu tekan Panggil / Call / OK. Maka akan muncul dialog box dengan beberapa menu.
  • Pada dialog box tersebut langsung balas dengan ketik angka 1 yang menunjukkan menu Registrasi.
  • Setelah itu akan muncul dialog box lagi yang berisi perintah untuk memasukkan nomor Induk Kependudukan (nomor e-KTP). Ketik nomor e-KTP Anda yang valid lalu kirim / send.
  • Selanjutnya ketik nomor Kartu Keluarga Anda, lalu kirim / send.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda akan mendapat SMS konfirmasi dari Telkomsel yang menunjukkan bahwa proses registrasi kartu Anda sudah berhasil.
cara registrasi telkomsel lewat telepon
cara registrasi telkomsel lewat telepon

3. Cara Registrasi Telkomsel Melalui Situs Web

Cara registrasi Telkomsel dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Telkomsel di tautan berikut :

https://mobi.telkomsel.com/ulang

Isi formulir registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Isi nomor HP, nomor e-KTP, dan nomor KK, kemudian klik “Dapatkan Password”
  • Beberapa saat kemudian sistem Telkomsel akan mengirimkan password ke nomor Telkomsel Anda. Masukan password yang Anda dapatkan ke dalam formulir isian tadi lalu klik “Kirim”.
  • Proses registrasi memerlukan validasi yang berlangsung maksimal 1×24 jam atau lebih cepat.
cara registrasi telkomsel lewat website
cara registrasi telkomsel lewat website

4. Cara Registrasi Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Berikut ini cara registrasi kartu prabayar Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel :

  • Login ke aplikasi My Telkomsel dengan nomor Telkomsel Anda. Jika belum punya bisa Anda download melalui Google Play Store maupun App Store dari smartphone Anda.
  • Setelah berhasil login maka di dashboard MyTelkomsel klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian klik menu Akun
  • Dari menu Akun tersebut pilih menu Registrasi Prabayar
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke isian formulir.
  • Isi semua yang diminta secara lengkap, dapatkan password dan klik verifikasi.

Jika data-data yang Anda masukkan benar dan valid, maka proses registrasi akan cepat berhasil.

registrasi telkomsel via aplikasi
registrasi telkomsel via aplikasi
Artikel Terkait Artikel Terkait

Paket Internet Telkomsel 4G/3G

Cara Cek Kuota Telkomsel 

Cara Daftar Paket Telkomsel Murah

Cara Beli Paket Internet Telkomsel Murah

Cara cek registrasi Telkomsel

Setelah melakukan registrasi kartu Telkomsel, mungkin Anda sempat bertanya, apakah registrasi  kartu prabayar yang telah Anda lakukan sukses atau gagal.  Hal ini untuk menghindari kartu prabayar Anda terblokir karena belum registrasi ulang dengan nomor KTP dan KK.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan registrasi kartu Telkomsel berhasil atau gagal misalnya karena salah memasukkan nomor KTP / KK, nomor KK berubah karena pindah alamat, atau NIK / KK diblokir Dukcapil karena data ganda.

Cara cek registrasi Telkomsel apakah berhasil atau tidak salah satunya dapat dilakukan melalui panggilan kode dial ke *444#.

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Ketik *444# lalu tekan Panggil / Call / OK.
  • Langsung balas dengan ketik angka 1 yang menunjukkan menu Cek Status Registrasi.
  • Setelah itu akan muncul dialog box lagi yang berisi perintah untuk memasukkan nomor Induk Kependudukan (nomor e-KTP). Ketik nomor e-KTP Anda yang valid lalu kirim / send.
  • Selanjutnya ketik nomor Kartu Keluarga Anda, lalu kirim / send.
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda akan mendapat SMS konfirmasi dari Telkomsel yang menunjukkan apakah proses registrasi kartu Telkomsel Anda sudah berhasil atau belum.

Demikian pembahasan mengenai cara registrasi kartu Telkomsel, baik Simpati, Kartu As maupun Loop. Dengan mengetahui cara-cara registrasi kartu prabayar Telkomsel ini semoga menghindari terjadinya pemblokiran kartu prabayar Anda.