25+ Prospek Kerja Agribisnis dan Perkiraan Gaji yang Perlu Diketahui

7 min read

Prospek kerja agribisnis menjanjikan

Assalamualaikum…Hallo kawand2 semuanya ^0^

Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan membahas secara lengkap hingga tuntas mengenai prospek kerja agribisnis. Ya “Agribisnis” salah satu program studi di Fakultas Pertanian ini banyak diminati karena ada kata “bisnis” disana. Namun banyak juga yang menyangsikan karena kata”agri atau pertaniannya”. Banyak yang mengira bahwa kuliah di Fakultas Pertanian pasti nanti kerjaannya di sawah dan kotor.

Apakah betul demikian ?

Singkat cerita, kuliah di Agribisnis sama sekali tidak seperti yang dibayangkan oleh orang awam. Peluang kerja agribisnis sangatlah luas bahkan secara spesifik justru dapat menjadi ladang uang disana. Menjadi alumni agribisnis bahkan anda dapat memilih kesempatan berkarir yang lebih luas baik menjadi orang kantoran, pengusaha, peneliti, pendidik ataupun profesi lainnya. Bahkan karir seorang alumni agribisnis dapat menjawab tuntutan jaman saat ini.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas secara spesifik mengenai jurusan agribisnis dan prospek kerja agribisnis yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Tentu saja tidak afdol jika anda belum mengetahui mengenai gambaran jurusan agribisnis itu sendiri. Maka artikel ini akan membahas jurusan agribisnis dan peluang kerja agribisnis secara sistematis.

 

Baca Juga : 10 Pertanyaan Interview yang Sering Muncul dan Cara Menjawabnya

 

Apa itu Agribisnis ?

Sebelum mengetahui mengenai prospek kerja agribisnis, yang perlu anda ketahui adalah mengenai jurusan agribisnis itu sendiri. Agribisnis berawal dari 2 kata yaitu Agriculture atau Pertanian dan juga Bisnis. Dari 2 kata ini dapat disimpulkan secara sederhana bahwa pengertian agribisnis adalah usaha berbasis pertanian dari sektor hulu hingga hilir. Maksud dari hulu adalah bisnis dalam penyediaan bahan baku, sarana produksi seperti benih, pupuk, obat pertanian dll. Sedangkan hilir bisa mencakup pascapanen, olahan pertanian hingga sales di tingkat konsumen.

Tidak hanya itu meski agri yang dimaksud adalah pertanian namun pada konsep agribisnis dapat lebih luas. Agriculture atau pertanian dalam arti luas bisa juga perikanan, peternakan, perkebunan, tanaman hortikultura, dan agroindustri.

Agribisnis juga merupakan cara pandang modern dalam melihat pertanian. Tidak hanya sekedar agriculture atau pertanian sebagai budaya saja. Akan tetapi bagaimana pertanian juga dapat bernilai ekonomis bahkan hingga tingkat bisnis. Cara pandang ini mulai memasukkan aspek komersial ke dalam pertanian sehingga aktivitas yang dilakukan memang diorientasikan ke laba.

Tidak disangkal bahwa potensi pertanian Indonesia sangat besar namun belum bisa dimanfaatkan dengan optimal. Hanya segelintir orang saja yang mampu memanfaatkannya.

Sebagai contoh dalam skala besar pelaku agribisnis adalah Sinar Mas, Nestle, Syngenta, Dua Kelinci, Kacang Garuda, dan masih banyak lainnya. Adapun untuk tingkat pebisnis bisa dibilang seperti Bob Sadino pemilik KemChick, dan Gun Soetopo pemilik Sabila Farm. Perlu diingat dan diketahui bahwa mayoritas orang terkaya di Indonesia berasal dari lingkungan Agribisnis.

Cara pandang inilah cikal bakal dari jurusan agribisnis untuk mencetak pada agripreneur-agripreneur muda dan juga para orang-orang yang paham akan potensi besar bangsa Indonesia.

prospek kerja agribisnis
prospek kerja agribisnis

Ruang Lingkup Agribisnis

Meski berada di Fakultas Pertanian, jurusan agribisnis memang sedikit berbeda. Fokus jurusan agribisnis berada pada cakupan sosial ekonomi pertanian. Hal yang berkaitan dengan sosial seperti komunikasi dan sosiologi serta yang berkaitan dengan ekonomi seperti manajemen dan berbagai teori ekonomi juga akan dipelajari. Pada intinya bagaimana mahasiswa dapat menganalisis secara tajam mengenai dunia pertanian secara luas. Tidak heran banyak yang beranggapan bahwa jurusan agribisnis ini hampir mirip dengan jurusan di fakultas ekonomi dan bisnis. Namun bedanya jurusan agribisnis sudah fokus dalam membahas issue-issue di dunia pertanian. Inilah yang menjadi spesialisasinya.

Selain ruang lingkup di atas juga akan dibekali dengan ketrampilan-ketrampilan dasar dalam budidaya dan pemuliaan tanaman. Kemudian dibekali pula dengan metode-metode pemasaran terkini.

Cakupan agribisnis seperti pembahasan di atas dapat dilihat dari mata kuliah agribisnis yang akan ditemui mahasiswa di bangku perkuliahan. Diantaranya :

Pengantar Manajemen Pengantar Ilmu Pertanian Komunikasi Pertanian
Manajemen Financial Pengantar Ilmu Ekonomi Komunikasi Bisnis
Manajemen Agribisnis Ekonomi Mikro Kewirausahaan On-Farm
Manajemen Pemasaran Ekonomi Makro Kewirausahaan Off-Farm
Perdagangan Internasional Ekonomi Regional Sosiologi Pertanian
Rekayasa Agroindustri Statistika Budidaya Tanaman
Ekonometrika Perencanaan Wilayah
Studi Kelayakan Bisnis Teknologi Informasi dan Multimedia
Akuntansi Agribisnis
Rancangan Usaha Agribisnis

Daftar mata kuliah di atas tidak semua sama di setiap universitas baik negeri maupun swasta. Akan tetapi secara garis besar memiliki kesamaan. Selain matakuliah utama dari agribisnis juga dilengkapi dengan mata kuliah penunjang seperti budidaya tanaman dan sejenisnya, TI & Multimedia, Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlunya anda melihat kurikulum pada jurusan agribisnis di universitas yang anda tuju.

Daftar mata kuliah di atas memang dipersiapkan untuk membentuk mahasiswa dalam menjemput prospek kerja agribisnis yang akan dibahas nantinya.

Kompetensi Alumni Agribisnis

Pada setiap universitas terdapat kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh calon alumninya termasuk pada jurusan agribisnis ini. Tujuannya adalah agar alumni memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghadapi keadaan pasca kampus.

Secara garis besar kompetensi yang harus dimiliki oleh alumni agribisnis adalah :

  • Mampu mengidentifikasi masalah dan melakukan analisis untuk menyelesaikan permasalahan di bidang agribisnis khususnya pada agribisnis tropika.
  • Ahli dalam membaca peluang dalam mengembangkan usaha agribisnis tropika.
  • Mampu menjalankan usaha agribisnis secara profesional.
  • Dapat memanfatkan teknologi dalam pengembangan usaha agribisnis.
  • Memiliki softskill sebagai penunjang dalam dunia profesional.

Seperti yang sudah dipahami sebelumnya, karakteristik pada setiap universitas berbeda-beda. Tentunya terdapat ciri khas khusus pada setiap instansi.

 

 

Baca Juga : Agribisnis : Pengertian, Ruang Lingkup dan Prospeknya

 

Gelar Alumni Pertanian

Jurusan ataupun program studi agribisnis merupakan jurusan di bawah Fakultas Pertanian. Sehingga lulusan dari jurusan agribisnis adalah “Sarjana Pertanian” atau S.P.

Prospek Kerja Agribisnis

Masuk pada pokok pembahasan kita yaitu mengenai prospek kerja jurusan agribisnis atau peluang kerja agribisnis. Banyak sekali orang awam yang belum mengetahui apa saja peluang kerja seorang alumni agribisnis fakultas pertanian. Secara singkatnya dapat dilihat pada tabel yang kemudian nanti dijelaskan secara mendetail pada keterangan di bawahnya.

Perusahaan Pemerintahan Pendidikan Pengusaha Peneliti Lain-Lain
BUMN/PTPN Kementerian Pertanian Guru SMK Pertanian Hortikultura LIPI Perbankan
Swasta Kemeterian Koperasi Dosen Perkebunan Instansi Asing Konsultan
Dinas Pertanian Makanan Olahan LSM
Dinas Kehutanan & Lingkungan Hidup Sarana Produksi Pertanian Penulis
Dinas Peternakan dan Perikanan Kosmetik
BAPPEDA Herbal
BPS
BULOG
PNS lainnya yang tidak harus linier
  1. Perusahaan

Sebagai seorang freshgraduate dari jurusan agribisnis pasti banyak yang mengincar prospek kerja agribisnis sebagai bagian dari perusahaan besar. Pilihan ini sangat terbuka lebar karena peluang di perusahaan sendiri terdapat 2 pilihan yaitu di perusahaan milik pemerintah atau BUMN atau milik swasta.

perusahaan agribisnis
perusahaan agribisnis

a. BUMN/PTPN

Badan Usaha Milik Negara yang fokus pada bagian pertanian atau lebih tepatnya perkebunan adalah PT Perkebunan Nusantara (PTPN). PTPN ini banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia khususnya Pulau Jawa dan Sumatra. Tentunya sebagai perusahaan milik negara bekerja di PTPN ini menawarkan gaji yang tinggi. Belum ditambah dengan bagi hasil tahunan yang nanti akan diterima. Menjadi suatu kebanggan bisa menjadi suatu bagian dari PT Perkebunan Nusantara ini dimana terdapat spesifikasi khusus bagi lulusan Fakultas Pertanian terlebih Agribisnis.

b. Swasta

Prospek kerja agribisnis di perusahaan swasta juga tidak main-main. Di Indonesia sendiri perusahaan swasta baik milik Asing ataupun milik orang Indonesia yang bergerak di bidang Agribisnis sangat banyak. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan tersebut pastilah memerlukan tenaga ahli khususnya pada bagian analisis di bidang agribisnis. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis seperti Sinar Mas, Nestle, Coca-Cola, Great Giant Pinneapple, Bakrie Sumatra Plantation, Indofood, Tiga Pilar Sejahtera, dan masih banyak lainnya.

Tentu saja salary bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut tidak main-main. Sebagai contoh saja bekerja sebagai Technical Sales di perusahan peternakan di area Jawa saja sudah bisa lebih dari Rp 10 juta. Tentu saja tergantung posisi dan tanggung jawab yang diemban. Itupun belum termasuk previlage yang diperoleh seperti pelatihan ke luar negeri, fasilitas kerja, tunjangan, asuransi, dan lain sebagainya.

  1. Pemerintahan

Selain memiliki prospek kerja di perusahaan, peluang kerja agribisnis juga menawarkan kesempatan di instansi pemerintahan. Bekerja di instansi pemerintahan tentunya juga sangat luas. Tergantung kesempatan yang ditawarkan apakah alumni agribisnis memilih bekerja di Pusat ataupun daerah.

pemerintahan
pemerintahan

a. Pusat

Peluang kerja agribisnis di tingkat pusat seperti Kementerian Pertanian atau Kementerian Koperasi dan UKM. Bekerja di pusat menjadi idaman bagi banyak orang. Hal tersebut karena bekerja di tingkat pusat memiliki banyak kelebihan khususnya di bagian relasi dan juga secara financial. Tentunya bekerja di tingkat Kementerian Pertanian khususnya mensyaratkan calon pegawainya berasal dari jurusan yang linier yaitu Fakultas Pertanian. Terlebih Agribisnis jika yang diperlukan adalah analis sosial ekonomi pertanian. Begitu juga dengan kementerian koperasi dan UKM.

b. Daearah

Tidak semua alumni ingin bekerja di tingkat pusat. Tidak sedikit yang lebih memilih bekerja di daerah. Jika demikian maka tawarannya akan lebih banyak lagi. Alumni Agribisnis dapat bekerja di dinas di bawah kementerian pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM atau yang terkait. Diantaranya adalah dinas pertanian, dinas peternaakan dan perikanan, dinas koperasi, dinas kehutanan dan lingkungan hidup, BPS, BAPPEDA, BULOG, dan instansi pemerintah lainnya yang tidak harus linier.

  1. Pendidikan

Prospek kerja agribisnis selanjutnya adalah di bidang pendidikan. Pada bidang pendidikan ini, alumni agribisnis juga diberikan 2 pilihan yaitu sebagai guru atau dosen.

dosen agribisnis
dosen agribisnis

a. Guru SMK Pertanian

Tahukah anda kalau SMK itu tidak melulu masalah otomotif, listrik, tataboga, dan tata busana saja. Ternyata pemerintah Indonesia sudah membangun dan mengembangkan SMK pertanian sejak lama dan banyak diantaranya menjadi percontohan. Hal ini dikarenakan banyak lulusannya yang sukses menjadi praktisi di dunia usaha. Lebih jauh lagi bahkan pemerintah Indonesia sudah banyak melakukan kerjasama dengan negara lain untuk mengembangkan SMK Pertanian. Nah bagi seorang lulusan agribisnis tentu saja berkarir sebagai pendidik atau guru di SMK Pertanian sangatlah terbuka lebar. Ditambah saat ini terdapat previlage sertifikasi guru yang membuat orang berlomba-lomba menjadi tenaga pengajar.

b. Dosen

Selain menjadi tenaga pengajar ataupun guru di tingkat SMK, pilihan kesempatan karir bagi alumni agribisnis adalah berprofesi sebagai dosen. Terang saja bahwa saat ini hampir semua universitas baik negeri maupun swasta yang menawarkan program studi agribisnis dikarenakan minatnya yang semakin tinggi. Tentu saja ini menjadi kesempatan emas bagi alumni agribisnis. Tidak kalah dari guru, dosen juga memiliki previlage tersendiri yaitu terdapat sertifikasi dosen yang setara dengan 1 kali gaji. Ditambah dengan berbagai tunjangan dan koneksi yang akan diperoleh. Tentunya ini menjadi daya tarik yang sangat besar sebagai peluang kerja agribisnis.

Bagi alumni yang ingin mengambil peluang kerja sebagai dosen agribisnis tentunya terdapat syarat tambahan. Saat ini pemerintah Indonesia menetapkan bahwa syarat menjadi dosen tidak hanya memiliki jenjang pendidikan Sarjana akan tetapi harus menempuh pendidikan Master selama kurang lebih 2 tahun. Akan tetapi jangan khawatir. Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah maupun instansi lainnya bagi pemuda-pemudi yang ingin melanjutkan sekolahnya bahkan hingga jenjang S3 atau doktoral. Belum banyak yang memanfaatkan secara optimal. Sehingga profesi sebagai dosen menjadi prospek kerja agribisnis yang sangat menjanjikan.

  1. Pengusaha

Banyak orang yang melirik agribisnis karena menginginkan prospek agribisnis sebagai pengusaha atau entrepreneur di bidang pertanian. Seperti namanya Agri-Bisnis tentunya yang diharapkan adalah mampu menciptakan bisnis di bidang pertanian. Banyak sekali peluang usaha yang dapat dimulai di bidang pertanian mulai dari hulu hingga hilir.

pengusaha agribisnis
pengusaha agribisnis

Pertama, alumni agribisnis dengan bekal yang dimilikinya tentu saja dapat memulai bisnis di bidang pascapanen hasil pertanian. Pemain di bisnis ini rata-rata adalah pedagang/tengkulak sedangkan petani kalah posisi tawar dengan pedagang. Ambil saja lulusan agribisnis dapat memangkas rantai pasok dan langsung berhubungan dengan petani. Mengubah sudut pandang agri-culture menjadi agribisnis. Hasilnya pastilah lebih menjanjikan. Sebut saja Bob Sadino, aplikasi Tanihub dan lain sebagainya yang sukses mengawali di sektor raw materialnya.

Ada lagi bisnis pada makanan olahan seperti tela-tela, popcorn, singkong keju, dan lain-lain yang merupakan makanan olahan pertanian. Bayangkan saja jika bahan uutamanya bisa akses langsung dari pertani maka marjin yang diperoleh sudah sangat besar.

Selain itu masih banyak bisnis lainnya seperti budidaya tanaman hortikultura yang hampir setiap hari diperlukan oleh rumah tangga, kosmetik, jual beli sarana pertanian dengan omset ratusan juta, peternakan serta masih banyak lainnya. Dengan kemampuan spesifik analisis sebagai alumni agribisnis tentu saja akan memudahkan dalam melihat dan menganalisis peluang usaha yang ada. Tentu saja semakin spesifik bidang keahlian akan semakin sedikit pesaing yang berkecimpung di dalamnya.

  1. Peneliti

peneliti
peneliti agribisnis

Banyak yang tidak tahu bahwa meski agribisnis fokus terhadap sosial ekonomi pertanian namun tetap bisa menjadi seorang peneliti loh. Tentu saja peneliti di bidang sosial dan ekonomi pertanian. Terdapat badan khusus bagi peneliti milik Pemerintah Indonesia yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Selain itu masih banyak lagi lembaga penelitian baik milik pemerintah maupun kerjasama dengan asing yang memerlukan peneliti-peneliti handal. Peneliti bekerja by project. Semakin besar cakupan yang diteliti maka semakin besar Hibah yang akan diperoleh oleh peneliti tersebut. Hal inilah yang membuat peneliti menjadi prospek kerja agribisnis yang patut diperhitungkan.

  1. Lain-Lain

Tidak hanya list prospek kerja agribisnis yang telah disebutkan di atas. Akan tetapi masih banyak peluang kerja yang ditawarkan bagi alumni agribisnis. Tidak hanya yang linier dengan jurusannya namun kemampuan yang diharapkan dari kompetensi lulusan agribisnis banyak diinginkan perusahaan. Sebagai contoh banyak sekali lulusan agribisnis yang bekerja di perbankan. Kenapa ? karena lulusan agribisnis dianggap memiliki kemampuan analisis yang baik.

Selain itu alumni agribisnis juga dapat bekerja sebagai konsultan baik konsultan untuk bisnis skala kecil maupun perusahaan. Bagi anda yang belum tahu, konsultan yang terpercaya bisa digaji berdasarkan persenan dari omzet/laba perusahaan. Tentunya sesuai dengan kontrak yang telah disepakati.

Adapun kesempatan kerja lainnya yaitu bisa berkarya melalui Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang agribisnis atau pertanian. LSM yang kredible dapat memperoleh dana bantuan yang jumlahnya besar untuk menjalankan program-programnya.

Demikian prospek kerja agribisnis 5 tahun kedepan bahkan untuk jangka panjang. Semakin berkembang jaman maka semakin banyak bermunculan peluang-peluang usaha ataupun kerja bagi alumni agribisnis.