Pangsa Pasar : Pengertian, Cara Menghitung & Strategi Meningkatkannya

5 min read

pangsa pasar

Apa Yang Dimaksud Pangsa Pasar ?

Istilah pangsa pasar atau market share sering kita dengar dalam dunia bisnis, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan pemasaran. Dalam strategi pemasaran ada upaya untuk meningkatkan pangsa pasar yang semakin besar dibandingkan dengan kompetitor.

Memahami arti pangsa pasar sangat penting untuk membantu dalam keberhasilan suatu bisnis, meskipun masih sedikit yang mengerti apa itu pangsa pasar. Dengan data pangsa pasar, sebuah perusahaan dapat menghitung ukuran pasar dan nilai potensial yang dimiliki pasar untuk bisnisnya sehingga dapat membuat rencana bisnis yang layak. Pangsa pasar memberi gambaran tentang cara untuk membandingkan kemajuan perusahaan dengan kompetitornya dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan mengupas tuntas mengenai Pangsa Pasar. Pembahasan meliputi pengertian pangsa pasar, Cara menghitung, dan cara meningkatkan pangsa pasar perusahaan.

Jadi apa itu pangsa pasar (market share) ?

Pengertian Pangsa Pasar adalah proporsi total penjualan barang atau jasa suatu perusahaan dari berbagai  sumber dibandingkan dengan total penjualan barang atau jasa pada industri tertentu selama periode waktu tertentu. Pangsa pasar biasanya dinyatakan dalam persentase.

Definisi lain pangsa pasar adalah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jualnya, yang mencerminkan golongan konsumen tertentu menurut ciri khasnya (market segment), seperti tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Pangsa pasar dihitung berdasarkan total penjualan barang atau jasa perusahaan selama periode tertentu dan membaginya dengan total penjualan barang atau jasa dalam industri tersebut selama periode yang sama.

Sebagai contoh pangsa pasar, jika total penjualan sabun mandi yang dibeli seluruh konsumen di Indonesia dalam satu tahun ada 100, dan 30 di antaranya berasal dari satu perusahaan, maka perusahaan tersebut mempunyai pangsa pasar sabun mandi sebesar  30%.

Memperoleh Pangsa Pasar Besar = Keberhasilan Bisnis

Memiliki persentase pangsa pasar yang besar merupakan indikator kuat keberhasilan suatu bisnis, terutama jika pangsa tersebut meningkat seiring waktu. Jika sebuah perusahaan bisa tumbuh secara efisien dan terus meningkatkan pangsa pasarnya, maka kompetitor akan sulit untuk menyainginya. Meningkatnya pangsa pasar akan meningkatkan reputasi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya, meningkatkan penjualan, basis pelanggan meningkat, dan akhirnya laba perusahaan meningkat dari waktu ke waktu.

Sebagian besar program pemasaran didasarkan setidaknya untuk mencapai sasaran pangsa pasar strategis, sesuai dengan target persentase penjualan yang ingin dicapai selama periode tertentu.

Mengapa memahami definisi pangsa pasar dan bagaimana meningkatkan pangsa pasar itu penting? Karena dengan mengetahui pangsa pasar maka dapat membantu perusahaan memahami kekuatan kompetitifnya dibandingkan dengan perusahaan lain di pasar.

Dan dengan memahami tentang kekuatan dan kelemahan pangsa pasar maka dapat menilai dampak perubahan produk,  perubahan harga, perubahan layanan, promosi pemasaran, dan perubahan saluran distribusi pada pangsa pasar tersebut.

Setelah memahami apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar, maka perusahaan dapat memfokuskan pada upaya untuk pertumbuhan bisnisnya.

Teori Pangsa Pasar (Market Share)

Ada beberapa pembahasan tentang teori pangsa pasar. Saat ini pun sudah banyak ditemui materi dan  makalah pangsa pasar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang arti pentingnya pangsa pasar. Beberapa pengertian pangsa pasar menurut para ahli, antara lain :

Philip Kotler (2006)

Pangsa pasar atau market share adalah besarnya bagian penjualan yang dimiliki kompetitor di pasar yang relevan.

Baroes (2009)

Pangsa pasar adalah besarnya bagian pasar yang bisa dikuasai oleh suatu perusahaan yang perhitungannya dinyatakan dalam bentuk persentase. Ini berarti  penguasaan suatu produk pada pasar atau besarnya permintaan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan dibandingkan dengan jumlah permintaan produk tersebut di pasar.

Griffith & Reenen (1999)

Mendefinisikan market share sebagai “the company’s sales divided by total industry sales,” artinya market share adalah rasio total penjualan perusahaan jika dibandingkan dengan total penjualan pada industri yang sejenis.

Ketentuan Pasal 1 angka 13 UU Nomor 5 Tahun 1999

Pengertian pangsa pasar adalah persentase nilai jual atau beli suatu barang / jasa yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar yang bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

Business dictionary

Pangsa pasar adalah persentase dari total volume penjualan di pasar yang dikuasai oleh merek, produk, atau perusahaan.

pangsa pasar adalah
pangsa pasar adalah

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Memahami pasar dan persaingan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan mana pun. Informasi tersebut sangat penting yang memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan lebih baik.

Pangsa pasar bisa memberi tahu berapa banyak porsi yang ada untuk diambil. Jika pasar belum terlalu jenuh, maka perusahaan memiliki peluang untuk meraih pangsa pasar dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin dalam suatu industri tertentu. Mendapatkan informasi pangsa pasar mungkin sulit jika tidak ada banyak informasi publik yang tersedia, terutama jika ada banyak perusahaan dalam suatu industri di pasar, sehingga diperlukan riset pasar yang cukup mendalam.

Meskipun pangsa pasar tidak memberikan angka pasti bagi perusahaan mengenai profitabilitasnya, tetapi bisa memberikan wawasan utama tentang pendapatan, pertumbuhan, dan laba bersih perusahaan.  Semakin besar perusahaan, semakin baik pelayanannya dengan biaya yang lebih efisien. Artinya, semakin besar perusahaan, semakin ekonomis perusahaan itu dapat menyediakan produk atau layanan kepada setiap pelanggan.

Cara paling mudah untuk menghitung pangsa pasar adalah dengan membandingkan jumlah total penjualan untuk suatu perusahaan dan kemudian membagi jumlah itu dengan total penjualan untuk industri tersebut.

Berikut ini adalah cara menghitung pangsa pasar suatu perusahaan :

  1. Tentukan Pasar

Tentukan pasar perusahaan sebelum dapat menentukan bagiannya, yang mencakup area geografis, jenis produk yang dijual dan demografi pelanggan yang dilayani. Semakin spesifik pasar, semakin menunjukkan daya saing pada pangsa pasar perusahaan tersebut.

  1. Tentukan Periodenya

Tentukan periode penjualannya sehingga perbandingan yang akan dilakukan lebih valid. Penentuan periode penjualan bisa kuartal, satu tahun, atau beberapa tahun.

  1. Pilih Metode Pengukurannya

Metode menghitung pangsa pasar bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan menghitung berdasarkan jumlah unit yang dijual oleh perusahaan (total sales) sebagai persentase dari total unit yang dijual oleh perusahaan lain di industri tersebut. Cara kedua dalam menghitung pangsa pasar adalah dengan membandingkan pendapatan perusahaan (total revenue) dengan total pendapatan pada industri tersebut.

  1. Hitung Penjualan Perusahaan

Pada perhitungan penjualan perusahaan sesuai dengan metode yang telah ditetapkan, yaitu berdasarkan pendapatan total (total revenue) atau penjualan total (total sales) selama periode tertentu.

  1. Hitung Total Penjualan Di Pasar (Total Market Sales)

Angka total penjualan di pasar atau ukuran pasar menunjukkan seberapa besar penjualan dari seluruh perusahaan pada industri tersebut. Banyak informasi yang diperlukan untuk menghitung total penjualan di pasar. Informasi tersebut dapat ditemukan melalui laporan publik dari Asosiasi Perdagangan Industri yang terkait.

Atau dapat juga ditemukan secara online melalui sumber-sumber penelitian sekunder seperti situs riset pasar, statistik pemerintah, dan berita. Penelitian secara langsung di lapangan juga dapat membantu. Intinya carilah data total penjualan di pasar dari berbagai sumber yang kredibel, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan Data yang paling akurat.

  1. Hitung Pangsa Pasar

Rumus pangsa pasar adalah hasil pembagian total penjualan perusahaan dengan total penjualan pada industri tersebut dalam periode yang sudah ditetapkan merupakan pangsa pasar dari perusahaan.

Misalnya total penjualan produk tertentu dari suatu perusahaan adalah Rp 15 juta. Sedangkan total penjualan semua produk tersebut dari semua perusahaan adalah Rp 100 juta. Maka pangsa pasar perusahaan tersebut adalah Rp 15 juta / Rp 100 juta, atau sebesar 15 %.

Pangsa pasar merupakan indikator keberhasilan suatu perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan analisis pangsa pasar maka dapat diketahui kekuatan dan kelemahan pangsa pasar. Pangsa pasar juga dapat digunakan untuk membandingkan perusahaan serupa dalam industri keseluruhan yang sama.  Dengan menggunakan analisis pangsa pasar selama beberapa periode juga bisa untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan terhadap para pesaingnya dan apakah perusahaan mengalami pertumbuhan.

Perusahaan yang bisa meningkatkan pangsa pasarnya untuk beberapa periode secara berturut-turut, maka bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut telah mampu membuat dan memasarkan produk yang diminati pasarnya.

Untuk secara efektif meningkatkan pangsa pasarnya, perusahaan harus memiliki gambaran estimasi pangsa pasar yang akurat tentang seberapa besar pasar dari produknya dan berapa pangsa pasarnya. Mengenali dan mempelajari pesaing terdekat atau yang paling sukses untuk mengetahui bagaimana perusahaan akan mendapatkan pangsa pasar. Semakin baik perusahaan memahami pesaingnya, semakin mudah untuk mengambil pelanggan dari mereka.

Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan sebuah perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar, antara lain :

  1. Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Kita harus mengenal pelanggan kita dan memenuhi keinginan serta kebutuhan pelanggan. Termasuk di dalamnya mengetahui apa yang mereka beli, mengapa mereka membeli, bagaimana mereka membeli, kapan mereka membeli produk kita. Semakin kita mengenal pelanggan semakin kita tahu potensi pada pelanggan itu untuk menjadi mitra perusahaan. Ketika kita berhasil menjadikan pelanggan sebagai mitra, maka mereka akan selalu ingat dan mencari produk kita. 

Kombinasi kebijakan strategi harga yang kompetitif, didukung dengan promosi dan pelayanan yang baik akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan agar tidak beralih ke produk merek lain.

  1. Menambah Produk Baru

Untuk itu perlu dilakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar serta berapa jumlahnya. Dengan mengetahui produk yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, maka kita bisa menambah produk baru untuk memenuhi permintaan sekaligus dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian maka pangsa pasar proyek produk baru kita bisa meningkat

  1. Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk Kepada Pelanggan Yang Sudah Ada

Diperlukan sebuah analisis segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang membeli paling banyak. Kita harus bisa meningkatkan penjualan pada pelanggan lama serta fokus pada strategi pemasaran di segmen ini.

  1. Menargetkan Pasar dan Pelanggan Baru

Dalam rangka meningkatkan penjualan, perusahaan harus meluaskan pasar dan menambah pelanggan baru. Lakukan riset pasar untuk menentukan wilayah yang akan menjadi target pasar baru.

Untuk mendukung strategi ini perusahaan harus menambah atau memperluas jalur distribusi dengan sistem pendistribusian barang yang lebih efektif dan efisien agar lebih mudah menjangkau seluruh segmen pelanggan dengan cepat dan tepat waktu dan selalu ready stock di pasar.

  1. Memanfaatkan Teknologi dan Sistem Pemasaran Online

Banyak perusahaan yang bisa meningkatkan penjualannya karena menggabungkan kombinasi pemasaran offline dan online. Memanfaatkan teknologi dan sistem pemasaran online merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan tanpa batasan ruang dan waktu.  Selain itu, dengan strategi marketing online yang tepat kita bisa memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan baru.

  1. Mengambil Alih Bisnis Lain

Strategi untuk meningkatkan pangsa pasar yang satu ini bisa kita lakukan saat bisnis utama kita sudah eksis, karena membutuhkan modal besar. Facebook menggunakan strategi ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengurangi pesaingnya dengan mengakuisisi Instagram dan WhatsApp.

Demikian pembahasan tentang Pangsa Pasar (Market Share), Pengertian, Cara Menghitung Dan Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *