Macam Macam Metode Pembelajaran PAUD yang Menarik

3 min read

Metode Pembelajaran PAUD

Saat ini lembaga pendidikan berupa PAUD semakin berkembang pesat. Oleh karenanya kelengkapan Manajemen Pendidikan harus terus dikembangkan untuk tetap bersaing dan memberikan yang terbaik bagi anak didiknya. Salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam manajemen pendidikan PAUD adalah Metode Pembelajarannya. Metode pembelajaran PAUD memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan sekolah dasar dan tingkatan yang lebih tinggi. Hal ini karena audience yang memiliki karakteristik yang unik yaitu anak-anak usia BALITA.

Pentingnya memahami Metode Pembelajaran PAUD atau metode pembelajaran anak usia dini ini sudah seharusnya diketahui oleh para pendidik dan juga orangtua yang akan menyekolahkan anaknya di PAUD.

Oleh karena itu pembahasan Jurnal Manajemen kali ini akan fokus pada metode pembelajaran khususnya metode pembelajaran PAUD. Penjelasan selengkapnya dapat disimak di bawah ini :

Pengertian Metode Pembelajaran 

Pengertian metode pembelajaran secara umum merupakan cara yang dilakukan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun pada bentuk kegiatan secara praktis dan nyata agar bisa mencapai tujuan pembelajaran. Cara ini digunakan oleh pendidik supaya bisa mengoptimalkan proses belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Mengajar secara efektif bergantung pada penggunaan metode dan pemilihan metode belajar. Dengan menggunakan metode pembelajaran pdf maka proses belajar akan lebih menyenangkan dan tidak menimbulkan kebosanan bagi para siswa. Sebab itu para pendidik ketika hendak memilih metode pembelajaran, maka diharuskan untuk memperhatikan dari segi karakteristik para siswanya.

Pengertian metode pembelajaran dari berbagai ahli yaitu:

Hasbi Ashyidiqih

Metode pembelajaran merupakan seperangkat cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu pada proses pembelajaran.

Abdurrahman Ginting

Metode pembelajaran merupakan pola atau cara khas yang memiliki manfaat untuk prinsip dasar pendidikan pada berbagai sumber daya maupun teknik agar terjadi proses pembelajaran diri pada siswa.

Ahmadi

Metode pembelajaran merupakan ilmu pengetahuan mengenai cara mengajar yang digunakan oleh pendidik.

Nana Sujana

Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan pengajar untuk mengadakan hubungan antara siswa ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Sobry Sutikno

Metode pembelajaran merupakan cara menyajikan materi pelajaran yang telah diberikan pada murid supaya proses belajar mengajar sesuai yang diharapkan.

Dahlan

Metode pembelajaran merupakan rencana yang digunakan sebagai penyusun kurikulum, sebagai pengatur materi pengajaran dan sebagai petunjuk bagi pengajar ketika berada dalam kelas untuk mengatur pengajaran yang diberikan kepada siswa. untuk setiap model pengajaran yang dipilih harus disesuaikan dengan berbagai realitas sesuai kondisi kelas dengan berbagai macam pandangan hidup yang mampu menghasilkan kerja sama antara murid dan guru.

Amin Suyitno

Metode pembelajaran merupakan suatu langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan tujuan untuk kompetensi dari hasil belajar sesuai harapan agar lebih cepat dicapai. sehingga menjadikan pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien.

Supriyono

Metode pembelajaran merupakan suatu pola atau rencana yang telah mengorganisasi pembelajaran yang ada di dalam kelas dengan cara menunjukkan langkah-langkah penggunaan materi pembelajaran.

Syaiful Sagala

Menurut pandangan Syaiful Sagala, metode pembelajaran merupakan kerangka konseptual yang telah menggambarkan prosedur sistematis pada pengorganisasian pengalaman belajar bagi peserta didik agar dapat mencapai tujuan belajar dan memiliki fungsi sebagai pedoman untuk melaksanakan dan merencanakan aktivitas belajar mengajar.

Slavin

Metode pembelajaran menurut Slavin yaitu suatu acuan terhadap pendekatan pembelajaran untuk memenuhi tujuan, lingkungan, sintaks, maupun sistem pengolahannya.

Triyanto

Metode pembelajaran menurut Triyanto yaitu pendekatan secara menyeluruh dan luas yang dapat diklasifikasikan berdasarkan pada tujuan pembelajaran, pola urutannya, serta sifat dari lingkungan belajarnya.

Metode Pembelajaran PAUD

Dari berbagai metode pembelajaran yang telah kita ketahui maka dapat dipahamu bahwa setiap metode tidaklah sama. Sebagai contoh seperti metode pembelajaran paud yang tidak sama dengan metode belajar sekolah dasar.

Untuk mengetahui apa saja metode metode pembelajaran untuk Paud maka Anda dapat menyimak pada ulasan berikut:

1. Metode Bermain

Anak yang masih duduk di bangku PAUD, memang tidak dipungkiri lebih tertarik untuk bermain. Dengan demikian para guru atau pendidik harus dapat menerapkan metode pembelajaran matematika melalui permainan di dalam kelas. Sedangkan metode bermain yang dilakukan harus sesuai pada tingkat perkembangan anak di usia dini yang memang masih suka bermain.

Metode bermain dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

Manfaat Motorik

memiliki hubungan pada perkembangan kemampuan fisik seseorang. Anak akan semakin meningkat jika memiliki kemampuan fisik yang terus terlatih. Jenis permainan yang menggunakan kegiatan fisik maka akan mengembangkan kemampuan otot bagi anak. Selain itu anak juga memiliki kemampuan yang luas dalam bergerak maupun mengerjakan sesuatu hal.

Manfaat Kognitif

Siswa akan memiliki kemampuan berpikir, nalar dan pengetahuan terhadap permasalahan, melalui belajar sambil bermain, maka anak bisa mengembangkan kemampuan kognitif nya. Untuk anak yang masih berusia dini dapat mempunyai imajinasi yang luar biasa. Hal ini bisa Anda lihat dari cara anak berbicara sendiri ketika sedang bermain.

Manfaat Afeksi

Manfaat  afeksi memiliki hubungan pada perkembangan psikologi anak. Misalnya seperti karakter, insting, Naluri, sifat dan kepribadian anak.

Manfaat Keseimbangan

Ketika anak sedang bermain maka anak akan menemukan dua hal yaitu hal positif dan negatif. Cara ini akan menuntun anak untuk mengetahui hal yang baik maupun yang tidak baik. Keseimbangan ini akan sangat bermanfaat bagi anak untuk mempelajari hal positif dan negatif.

2. Metode Bercerita

Anak sangat menyukai metode bercerita yang dilakukan guru secara lisan baik itu berupa informasi maupun berupa dongeng yang mempunyai tujuan sebagai penghibur. Menggunakan metode bercerita dapat menggunakan alat bantu atau media maupun tanpa menggunakan alat apapun. Metode pembelajaran bahasa inggris juga dapat dilakukan untuk mengasah kemampuan anak dalam menguasai bahasa inggris.         

Metode bercerita memiliki manfaat seperti:

  • Melatih daya serap dan daya tangkap anak.
  • Mengembangkan daya pikir anak.
  • Mengembangkan daya imajinasi anak.
  • Meningkatkan konsentrasi anak.
  • Menciptakan situasi menyenangkan di dalam kelas.
  • Meningkatkan hubungan antara guru dan anak.
  • Meningkatkan perkembangan bahasa, karena metode ini dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran bahasa indonesia.

3. Metode Kerja Kelompok Besar

Metode kerja kelompok besar adalah metode yang dilakukan dengan penyajian materi dalam bentuk tugas untuk kelompok yang terdiri beberapa siswa. Siswa PAUD dalam menggunakan metode kerja kelompok besar akan diberikan tugas supaya menyelesaikan tugas-tugas yang besar misalnya bersama-sama mempercantik lingkungan kelas dan mendirikan tenda bersama-sama. Sedangkan guru memberikan petunjuk dan aba-aba cara mendirikan tenda.