15 Manfaat Ikan NIla Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

6 min read

manfaat ikan nila

Tuhan menciptakan sesuatu di dunia ini pastinya dengan berbagai kegunaan dan manfaat. Dari mulai udara, air, api, tanah, tumbuhan, dan juga binatang. Diantara semua binatang yang ada, ikan merupakan salah satu hewan yang miliki berbagai manfaat. Salah satu ikan yang cukup populer di Indonesia adalah ikan nila. Dengan rajin mengkonsumsinya berbagai manfaat ikan nila dapat dirasakan oleh manusia.

Melihat berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan nila maka Jurnal Manajemen akan secara khusus membahas mengenai berbagai manfaat ikan nila bagi kesehatan. Selengkapnya simak artikel berikut ini :

Asal Usul Ikan Nila

Ikan nila merupakan salah satu ikan paling banyak diminati di Indonesia. Ikan nila sendiri merupakan ikan yang berasal dari suatu bagian di sungai Nil dan juga terdapat pada danau di benua Afrika. Nama ikan nila diambil dari suatu istilah nile yang memiliki arti sungai Nil. Persebaran ikan nila ini bermula dari suriah, bagian utara hingga Afrika bagian timur, Liberia dan kongo dan sampai ke Kenya.

Seperti ikan lain di alam liar, ikan nila juga bermigrasi mencari tempat untuk berkembang. Mulai dari habitat asalnya yaitu dari hulu sungai Nil di uganda menuju ke selatan melalui Tanganyika dan danau Raft sampai ke mesir melalui sepanjang sungai Nil. Ikan nila ini juga ditemukan di Afrika Barat dan juga Tengah serta di Negara Nigeria dan Chad hingga pada akhirnya menyebar ke berbagai belahan di dunia.

Habitat Hidup Ikan Nila

Anda mungkin sering kali menjumpai ikan nila ini di pasar ataupun dalam kondisi hidup di penangkaran atau kolam budidaya. Namun pernahkah Anda bertanya di manakah ikan nila ini dapat ditemukan di Alam liar? Dimana habitat hidup ikan liar? Mungkin hal tersebutlah pertanyaan yang akan muncul terkait dengan habitat atau tempat hidup ikan nila di alam.

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan tawar. Oleh karena itu ikan nila ini tentu tinggal di perairan tawar seperti sungai, danau, rawa, dan juga situ. Pada perkembangannya ikan nila juga mulai beradaptasi untuk dapat tinggal di daerah perairan air payau. Suhu ideal agar ikan nila dapat hidup dengan normal adalah pada suhu 25 sampai dengan 30 derajat celsius serta dengan pH air 7 sampai dengan 8.

 

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Cepat Panen Menguntungkan

 

Kandungan Gizi Ikan Nila

Ikan dikenal dengan berbagai kandungan gizi serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Termasuk juga dengan ikan nila tentu juga memiliki banyak sekali manfaat. Dengan rutin mengkonsumsi ikan nila dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu ikan nila ini mengandung protein yang tinggi serta lemak yang rendah sehingga sangat aman dan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol.

Kandungan lain yang terdapat pada ikan nila adalah karbohidrat dan juga kalori tentunya. Kalori dan karbohidrat yang dimiliki oleh ikan nila ini termasuk dalam kategori rendah sehingga Anda tidak perlu takut gemuk karena mengkonsumsi ikan nila ini. Mengingat kalori dan karbonya yang rendah Anda dapat menggunakan menu ikan nila ini sebagai menu untuk diet juga.

Pada ikan nila juga dikenal dengan kandungan omega 6 yang cukup tinggi. Omega 6 ini memiliki fungsi yang bermanfaat untuk manusia. Salah satu fungsinya adalah sebagai pencegah dermatitis. Selain itu ikan nila juga mengandung fosfor di dalam tubuhnya. Fosfor ini berfungsi untuk membantu tubuh untuk pembentukan tulang, gigi, ataupun kuku jari manusia.

Zat lain yang terdapat pada ikan nila adalah selenium. Peran selenium pada kesehatan manusia adalah dapat mengurangi bahkan mencegah kanker, gangguan jantung, dan juga katarak. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin B12. Vitamin B12 ini dapat membantu pembentukan sel darah merah pada tubuh manusia. Dalam ikan nila terdapat juga potasium yang bermanfaat untuk pencegahan batu ginjal.

Kandungan lainnya adalah asam lemak omega 3 dan juga kalium. Omega 3 dapat membantu dalam fungsi neurologis serta kekuatan otak manusia sementara kalium berfungsi untuk membantu peningkatan proses oksigenasi ke otak. Selain itu kalium juga merupakan zat atau kandungan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh manusia.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

  1. Dapat Mengurangi Berat Badan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa ikan nila ini mempunyai kandungan protein yang sangat banyak namun rendah lemak dan kalorinya. Hal itu tentu membuat kebutuhan protein harian dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan nila sehingga asupan kalori Anda dapat dikurangi. Dengan begitu menu ikan nila dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Pertumbuhan Optimal

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan nila tentu akan sangat baik apabila dikonsumsi oleh manusia. Kandungan protein dalam ikan nila sendiri sebesar 15% dari total kebutuhan sehari-hari manusia dalam setiap satu porsinya. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan manusia karena fungsi protein yang terkait langsung dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, sel, ataupun otot kita.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Telah diketahui bahwa ikan nila mengandung banyak sekali macam gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia. Selain terkenal kandungan proteinnya yang begitu besar, dalam ikan nila juga terkandung zat selenium. Kandungan selenium dalam ikan nila juga cukup tinggi. Menurut penelitian selenium dapat menjaga kesehatan jantung serta dapat mengurangi ataupun mencegah kanker, terutama kanker prostat.

  1. Menyehatkan Tulang

Dalam ikan nila juga terkandung berbagai macam mineral. Kandungan mineral yang paling besar pada ikan nila adalah fosfor. Diketahui bahwa fosfor ini merupakan zat yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan serta perkembangan tentang hal yang berkaitan dengan tulang manusia. Selain itu, fosfor juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan kuku dan juga gigi manusia.

  1. Baik Untuk Otak

Selain protein yang tinggi, kandungan yang terdapat dalam ikan nila adalah asam lemaknya. Salah satu asam lemak yang ada pada ikan nila adalah asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 merupakan zat yang berfungsi dalam menunjang fungsi neurologis dalam tubuh manusia. Dengan rajin mengkonsumsi ikan nila pada menu Anda tentu dapat menjaga kesehatan neurologis dan otak Anda.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Daftar Harga Bibit Ikan Nila Per Ekor Daftar Harga Ikan Nila Per Kilo
22 Jenis Pakan Ikan Nila Agar Cepat Besar Daftar Umpan Ikan Nila Paling Jitu

Manfaat Ikan Nila untuk Ibu Hamil

manfaat ikan lele bagi ibu hamil
manfaat ikan nila bagi ibu hamil | source : ig @kalomofoto
  1. Mengandung Asam DHA

Manfaat pertama ikan nila untuk ibu yang sedang hamil adalah karena kandungan DHA yang tinggi. DHA atau Docosahexaenoic merupakan salah satu kandungan dari omega 3. Zat tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Secara umum DHA berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak, sistem saraf, dan juga kesehatan mata janin. Selain itu DHA juga berperan penting untuk fungsi kognitifnya.

  1. Sumber Protein

Ikan nila merupakan salah satu sumber protein yang sangat bagus bagi manusia. Tentu kandungan protein ini sangat diperlukan oleh tubuh manusia terlebih lagi oleh ibu yang sedang hamil. Hal itu karena protein memegang peran yang penting dalam proses metabolisme dan juga kognitif sehingga dapat berpengaruh juga dengan kesehatan ibu pada saat masa mengandung.

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat berikutnya yang ada pada ikan nila adalah karena terdapatnya kandungan DHA yang tinggi di dalamnya. Dengan terpenuhinya DHA dapat menjaga kesehatan kardiovaskular ibu hamil. DHA akan memberikan efek yang dapat meningkatkan pergerakan dan sirkulasi dalam tubuh. Hal tersebut dapat membuat ibu hamil dapat terhindar dari masalah tekanan darah tinggi dan juga gangguan jantung.

  1. Pencernaan Menjadi Sehat

Ikan nila tentu memiliki tekstur daging yang sangat berbeda dengan daging lain seperti daging sapi, ayam, ataupun daging kambing. Tekstur dari daging ikan nila ini sangat mudah diproses dan dicerna oleh pencernaan manusia sehingga tidak membuat sistem pencernaan bekerja sangat keras. Hal itu membuat para ibu hamil terhindar dari konstipasi dan juga peradangan selama masa kehamilan.

  1. Mencegah Anemia

Masalah yang kemungkinan menyerang ibu hamil adalah masalah kekurangan darah atau anemia. Namun dengan mengkonsumsi ikan nila dapat membantu mengurangi kemungkinan tersebut. Hal tersebut karena pada kandungan ikan nila terdapat zat besi yang berfungsi sebagai pencegah anemia sehingga ibu hamil tidak perlu khawatir lagi akan terkena anemia pada saat masa kehamilan.

Manfaat Ikan Nila Untuk Anak

manfaat ikan lele untuk bayi
manfaat ikan lele untuk anak | source : ig @osobliwamama
  1. Mencerdaskan Anak

Menurut jurnal pediatrics tahun 2003, Ibu hamil yang mengkonsumsi atau memenuhi asupan omega 3 pada saat kehamilan dan menyusui akan membuat anaknya mempunyai kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsinya. Asupan omega 3 tersebut salah satunya adalah terdapat pada ikan nila.

  1. Meningkatkan Fokus

Manfaat ikan nila berikutnya dari ikan nila adalah dapat meningkatkan fokus pada anak. Ibu yang pada masa mengandung memperoleh asupan DHA yang tinggi cenderung memiliki anak yang mempunyai fokus lebih baik dibandingkan anak lain seusianya. Hal ini akan lebih terlihat pada saat pertumbuhan anak pada usia balita atau di bawah lima tahun.

  1. Memperbaiki Penglihatan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pada ikan nila terdapat banyak sekali kandungan DHA. DHA ini memiliki fungsi untuk menambah fokus pada anak. Apabila anak mendapatkan asupan DHA ini dengan baik dapat membantu mempertajam dalam sistem penglihatan anak. Dengan memiliki penglihatan yang baik tentu dapat membantu tumbuh kembang anak kedepannya.

  1. Meningkatkan Imunitas.

Selain berfungsi pada sistem fokus dan juga penglihatan anak, DHA juga mempunyai fungsi lain yaitu membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian, anak yang mengkonsumsi susu dengan minyak ikan dan kadar protein tinggi dapat mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan anak yang mengkonsumsi susu biasa.

 

Baca Juga : Pedoman Lengkap Cara Budidaya Ikan Nila Merah Menguntungkan

 

Manfaat Kulit Ikan Nila untuk Mengobati Luka Bakar

Mulai digunakannya kulit ikan nila untuk mengobati luka bakar adalah pada saat pasokan kulit daging beku ataupun kulit lain yang mengandung kolagen mulai sulit diperoleh. Hal ini menyebabkan dilakukannya berbagai macam penelitian dan studi untuk menemukan solusi penggantinya. Pada akhirnya ditemukan pengganti yaitu dengan menggunakan kulit ikan nilotica atau ikan nila.

Cara penggunaan kulit ikan nila untuk mengobati luka bakar bisa dikatakan cukup mudah. Kulit nila yang digunakan adalah kulit nila yang telah melewati proses sterilisasi agar terjaga kebersihannya dan tidak membuat luka bakar lebih buruk karena bakteri. Penggunaanya tinggal menempelkan kulit ikan nila steril tadi pada bagian tubuh yang menderita luka bakar dan kemudian dibalut dengan perban.

Kulit ikan nila ini dapat digunakan untuk mengobati luka bakar karena kandungan kolagen pada kulit ikan nila yang tinggi. Hal tersebut berguna untuk pembentukan sel jaringan baru yang dapat menggantikan jaringan yang rusak karena terbakar. Selain itu kandungan omega 3 pada kulit dapat menjadi anti oksidan yang dapat meredakan sakit peradangan yang ada pada bagian luka bakar.

Selain karena kandungan kolagen dan omega 3, besarnya populasi dan juga kemudahan dalam menemukan ikan nila menjadi salah satu alasan ikan ini digunakan. Hampir di berbagai negara di dunia ini memiliki pembudidayaan untuk ikan yang berasal dari florida, Amerika Serikat ini. Pengobatan dengan menggunakan kulit ikan ini memiliki biaya yang lebih murah daripada pengobatan medis lain.