11 Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

5 min read

Manfaat Ikan Mujair

Ada banyak jenis ikan air tawar yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Salah satunya ikan mujair. Budidaya Ikan Mujair ini tergolong populer dan banyak diminati. Sehingga cukup mudah menemukan ikan mujair di pasaran. Manfaat Ikan Mujair sendiri bisa didapatkan bila mengonsumsinya lebih sering.

Ikan mujair mengandung sejumlah nutrisi yang mampu memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi tubuh kita. Selain itu juga akan memberi banyak manfaat bagi para wanita yang sedang hamil. Lebih lengkapnya seputar manfaat dan kandungan nutrisi ikan mujair bisa dibaca di artikel Jurnal Manajemen di bawah ini.

Ikan Air Tawar yang Banyak Dikonsumsi Masyarakat

Jenis ikan air tawar banyak dipilih masyarakat sebagai bahan dalam menu makanan sehari-hari. Tidak hanya karena mudah ditemukan, cita rasa dari daging ikan air tawar pun dikenal lezat. Apalagi bila diolah atau dimasak dengan metode dan bumbu yang istimewa. Ikan mujair misalnya, ikan ini sering sekali disamakan dengan ikan air tawar lain yaitu nila.

Karena sekilas dari segi tampilan fisiknya tidak jauh berbeda. Rasa dagingnya pun sama-sama gurih. Di balik itu, terdapat banyak nutrisi yang akan meningkatkan kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Sebagian masyarakat lebih gemar menggunakan metode goreng ketika memasak ikan air tawar.

Namun sebenarnya metode tersebut tidak disarankan. Sebab akan mengurangi nutrisi yang memberi banyak manfaat di dalamnya. Harga ikan Air Tawar Seperti Mujair juga tergolong sangat terjangkau dibandingkan daging ayam atau daging sapi.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Ikan Mujair Bagi Tubuh

Beberapa kandungan sebagai nutrisi dalam ikan mujair di antaranya  ada mineral, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, selenium, Vitamin B1, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin E, dan zat besi. Masing-masing kandungan tersebut memberi kebaikan terhadap tubuh kita bila dikonsumsi dengan cara yang benar dan dalam jumlah yang seharusnya.

Seperti kandungan fosfor yang membantu organ ginjal supaya bekerja lebih maksimal. Selain itu fosfor juga berperan dalam pembentukan DNA dan RNA. Kemudian ada Vitamin E yang akan membantu dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh, membantu pada proses perkembangan janin bagi ibu hamil, dan meningkatkan kesehatan kulit serta rambut.

Sementara zat besi memberi manfaat berupa berperan dalam pembentukan hemoglobin, meningkatkan fungsi dan kerja otot-otot tubuh, meningkatkan metabolisme, meningkatkan fungsi otak, serta membantu mengatur atau menstabilkan suhu tubuh.

Ikan mujair dikenal sebagai ikan yang rendah kolesterol. Karena mengandung lemak jenuh dan protein yang akan memaksimalkan pembentukan otot serta meningkatkan metabolisme tubuh kita. Oleh sebab itu, ikan mujair yang dimasak tanpa menggunakan bumbu dan minyak bisa menjadi variant menu makanan untuk mensukseskan program diet.

Manfaat Konsumsi Ikan Mujair bagi Kesehatan

manfaat bawal bagi kesehatan
manfaat mujair bagi kesehatan | sumber : mediakita.co

Berbagai manfaat konsumsi ikan satu ini bisa dibagi menjadi dua bagian yaitu untuk kesehatan secara umum, juga bagi ibu hamil. Pastinya untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam ikan mujair juga harus disertai pengaturan pola makan yang sehat.

Seperti menghindari konsumsi makanan dan minuman tinggi lemak dan tinggi gula sebagai pencetus nomor pertama sebagian besar dari kita mengalami gangguan kesehatan. Begitu juga dengan gaya hidup yang lebih sehat. Minimal aktif beraktivitas dan olahraga yang cukup. Lalu pastikan setiap hari beristirahat dan tidur berkualitas.

Manfaat ikan mujair bagi kesehatan lebih lengkapnya meliputi:

1. Membantu dalam Masa Pertumbuhan

Konsumsi ikan mujair dengan kualitas baik dan dengan metode yang tepat akan memberi manfaat dalam membantu pertumbuhan dalam tubuh kita. Maka ikan ini memang cocok dijadikan menu lauk-pauk sehari-hari, khususnya bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Kandungan zat besi, fosfor, dan protein akan memaksimalkan kerja organ-organ tubuh yang mempengaruhi proses pertumbuhan. Begitu juga dengan kandungan kalsiumnya yang membantu proses tumbuh tulang dan gigi.

2. Menu untuk Turunkan Berat Badan

Ikan mujair termasuk ikan standar dengan kandungan lemak yang cukup bila dikonsumsi sebagai menu untuk diet. Asalkan metode masaknya tepat dan tidak merusak lemak baik di dalamnya. Dibandingkan mengonsumsi daging sapi. Ikan ini memiliki kandungan kolesterol rendah, tetapi proteinnya tinggi.

Anda bisa memasaknya menggunakan metode steamed atau dikukus agar nutrisinya tetap terjaga dan tidak merusak lemak baik. Hindari konsumsi dengan menambah terlalu banyak bumbu, termasuk garam.

3. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Karena kandungan kalsium dan Vitamin B12 tinggi yang mana akan membantu dalam produksi protein alami dalam tubuh, ikan mujair jika dikonsumsi rutin akan menyehatkan tulang dan gigi

4. Pencegahan Kanker Prostat

Manfaat ikan mujair selanjutnya bagi kesehatan ialah mencegah terjadinya kanker prostat. Kanker prostat merupakan kanker kelenjar yang muncul di area sistem reproduksi laki-laki. Ikan mujair kaya akan selenium sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kandungan ini akan membantu mengurangi stress pada sistem tubuh kita yang mana bisa memicu penyakit berbahaya.

Seperti kanker prostat, kanker kelenjar getah bening, penyakit yang disebabkan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh akibat sistem tubuh yang mengalami stress. Antioksidan juga akan membantu tubuh dalam mengusir sel-sel yang memungkinkan tubuh menjadi sel jahat yang merusak tubuh.

5. Menyehatkan Jantung

Meski tidak setinggi ikan salmon, kandungan omega 3 di dalam ikan mujair mampu meningkatkan kesehatan jantung. Organ jantung akan bekerja lebih stabil. Selain itu kandungan kolesterol dan lemak yang rendah membantu menghindari penyakit jantung. Omega 3 merupakan minyak alami dari ikan.

Sebagian besar kasus penyakit jantung disebabkan asupan makanan tidak sehat yaitu mengandung kolesterol dan lemak tinggi yang mengganggu kerja juga kondisi jantung. Konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak ini akan mempengaruhi kondisi organ lainnya dalam tubuh. Umumnya juga memicu obesitas atau berat badan berlebih.

6. Meningkatkan Kerja Otak

Manfaat ikan mujair lainnya ialah bisa meningkatkan kerja otak. Hal ini berhubungan dengan kandungan protein dan omega 3 dalam ikan mujair. Tidak hanya itu tetapi juga kandungan kaliumnya. Kandungan-kandungan tersebut akan memaksimalkan kerja otak kita serta meningkatkan fungsi pada sistem saraf.

Apa yang terjadi bila kerja otak dan sistem saraf tidak stabil? Gangguan otak disertai gangguan pada sistem saraf akan sangat mengubah kerja keseluruhan tubuh kita. Otak dan saraf merupakan penggerak tubuh kita. Tentu akan sangat berbahaya bila hal tersebut terjadi. Akan sangat berpengaruh dalam keseharian kita.

7. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat ketujuh ikan mujair untuk kesehatan tubuh kita berupa membantu mencegah pnuaan dini. Semakin bertambahnya usia, khususnya para wanita sebagian besar sangat concern terhadap kondisi kulit. Sangat memungkinkan kulit mengalami penuaan dini apabila dari segi pola dan gaya hidup kurang sehat.

Seperti karena terlalu sering begadang, terpapar sinar matahari langsung, mengonsumsi makanan tidak sehat, dan faktor lainnya. Tanda-tanda penuaan dini contohnya munculnya kerutan dan garis halus di beberapa bagian wajah dan leher.

Ikan mujair kaya akan antioksidan, Vitamin E, dan juga ada Vitamin C yang mampu membantu kulit dalam proses regenerasi serta menjaga produksi kolagen.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Bawal Manfaat Ikan Nila
Manfaat Ikan Gurame Manfaat Ikan Lele
Manfaat Ikan Patin Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Konsumsi Ikan Mujair untuk Ibu Hamil

manfaat ikan lele bagi ibu hamil
manfaat ikan mujair bagi ibu hamil

Seperti yang sudah disebutkan, manfaat konsumsi ikan satu ini juga bisa didapatkan oleh para ibu hamil. Memang wanita yang sedang hamil wajib menjaga asupan makanan dan minuman sehari-harinya karena akan berpengaruh terhadap janin atau bayi di dalam perut.

Belum lagi wanita yang sedang hamil rentan mengalami gangguan kesehatan akibat kondisi tubuh yang memang berisiko. Menjaga menu makanan sehari-hari bisa dengan memilih bahan makanan yang lebih bernutrisi dan mengandung gizi yang seimbang. Salah satunya memilih konsumsi ikan dibandingkan daging-dagingan lain. Nah, beberapa manfaat ikan mujair untuk ibu hamil sebagai berikut:

1. Mencegah Bayi Prematur

Menurut ahli kesehatan, kelahiran bayi prematur bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari kondisi kesehatan sang ibu pada masa kehamilan, hingga kurangnya nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam perut. Seperti asupan omega 3 yang kurang, serta nutrisi baik lainnya. Ibu hamil memang disarankan perbanyak konsumsi bahan makanan yang kaya omega 3.

Namun tentu saja harus dengan cara mengolah yang tepat agar nutrisi di dalam ikan mujair tetap masuk ke dalam tubuh. Omega 3 bagi ibu hamil ini juga umumnya bisa didapatkan dari beragam jenis ikan lainnya.

2. Menyehatkan Kondisi Kulit Ibu Hamil

Kulit wanita yang sedang hamil cukup rentan mengalami beberapa gangguan, seperti lebih mudah berjerawat, lebih mudah kering, dan lainnya. Konsumsi ikan mujair yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E akan membantu menyehatkan kondisi kulit. Selain itu juga pada rambut ibu hamil yang mudah mengalami kerontokan.

Hal tersebut bisa terjadi disebabkan hormon yang sedang tidak normal. Belum lagi sebagian wanita hamil lebih fokus dengan kesehatan tubuh dan sang bayi di dalam kandungan dibanding memperhatikan penampilan.

3. Membantu dalam Masa Perkembangan Janin

Kandungan fosfor, kalsium, protein, dan zat besi di dalam ikan mujair akan membantu memaksimalkan perkembangan janin di dalam perut. Manfaat ikan mujair ini bisa didapatkan dengan konsumsi ikan tersebut secara rutin atau lebih sering. Tetapi harus juga seimbangkan asupan dengan makanan lain yang sama-sama bernutrisi.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Manfaat terakhir ialah akan meningkatkan kekebalan tubuh bagi para ibu di masa kehamilannya. Nutrisi dan gizi di dalam ikan mujair akan membuat tubuh lebih mudah memproduksi energi yang meningkatkan daya produktif ibu hamil. Vitamin-vitamin dan antioksidan yang tinggi membantu ibu hamil melawan radikal bebas, bakteri, serta virus yang menghampiri.