Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil Menyusui

6 min read

manfaat ikan gurame

Ikan merupakan salah satu hewan air yang mengandung banyak sekali manfaat. Dari mulai kandungan protein hingga kandungan omega tiganya sangat bermanfaat sekali bagi manusia terutama bagi anak yang dalam tahap pertumbuhan. Salah satu ikan yang mudah sekali kita temukan di pasaran adalah ikan gurame. Meski sering disepelekan, namun sebenarnya banyak sekali manfaat ikan gurame bagi manusia.

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas secara khusus mengenai manfaat ikan gurame bagi kesehatan. Simak ulasannya berikut ini :

Asal-Usul Ikan Gurame

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan gurame dan berbagai macam manfaat beserta olahannya. Namun pernahkah Anda berpikir dari manakah Asal ikan gurame ini? Ikan gurame merupakan ikan asli berasal dari Indonesia. Lebih tepatnya ikan gurame ini berasal dari perairan Sunda Jawa Barat sebelum akhirnya meluas hingga kawasan asia tenggara lainnya. Biasanya ikan ini hidup secara liar atau dibudidayakan dengan pemberian umpan ikan gurame yang tidak terlalu sulit.

Di Indonesia sendiri ikan ini sangat terkenal. Hal tersebut karena berbagai macam kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada ikan ini serta rasa dagingnya yang begitu enak membuat ikan ini sangat digemari banyak orang. Olahan dari ikan gurame ini kini sudah banyak sekali variasi dan macamnya sehingga membuat ikan ini semakin menjadi primadona.

Dengan segala keunggulan yang ada pada ikan gurame, membuat penyebaran ikan ini menjadi sangat luas. Hingga sampai saat ini, ikan gurame telah menyebar dan dibudidayakan di negara Asia Tenggara lain seperti Thailand, Malaysia, hingga sampai ke benua tetangga yaitu Australia. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan ikan gurame dapat menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya.

Jenis Ikan Gurame

Sebelum membahas tentang berbagai manfaat yang terdapat pada ikan gurame, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh jenis ikan yang satu ini. Seperti ikan-ikan pada umumnya, ikan gurame ini juga memiliki banyak sekali jenis dan juga ragamnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis ikan gurame yang cukup populer di Indonesia.

  1. Gurame Batu

Ikan gurame batu ini mungkin salah satu ikan gurame yang kurang begitu populer di Indonesia. Hal itu karena cita rasa dari daging ini tidak seenak gurame jenis lainnya. Ikan gurame batu ini memiliki ciri fisik yaitu memiliki warna yang cenderung gelam serta sisik-sisik yang keras. Harga untuk gurame batu ini bisa Anda dapatkan paling murah yaitu berkisar 30 sampai dengan 35 ribu rupiah per kg.

  1. Gurame Soang

Jenis gurame selanjutnya adalah gurame soang. Ikan gurame ini cukup populer dan juga banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat. Ciri fisik dari ikan gurame soang ini adalah memiliki dahi yang lebih menonjol daripada gurame jenis lain. Untuk harga sendiri, ikan gurame jenis ini perkilonya sekitar 45 ribu rupiah dan dapat mencapai 60 ribu rupiah tergantung dengan ukuran dan kualitasnya.

  1. Gurame Jepun

Berbeda dengan ikan gurame soang yang begitu populer di Jawa Barat, ikan gurame jepun ini sangat populer di Purwokerto. Ciri fisik dari gurame ini adalah memiliki moncong yang lebih menonjol dari jenis lain. Moncong ikan gurame ini berbentuk panjang dan mengerucut. Untuk harga dari ikan gurame ini yaitu sekitar 40 sampai dengan 45 ribu rupiah per kg.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Pedoman Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame Daftar Harga Bibit Ikan Gurame Per Ekor

Habitat Ikan Gurame

Ikan gurame atau biasa juga disebut ikan gurami merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasa hidup di rawa, danau, dan juga situ. Selain itu ikan gurame juga dapat hidup di air keruh yang tergenang. Namun, terdapat juga ikan gurame yang bisa hidup di air payau. Namun dari semua tempat tersebut, ikan gurame ini lebih senang tinggal di air yang tenang dan juga jernih.

Ada beberapa tempat yang membuat ikan gurame ini sulit untuk bertahan hidup. Salah satu tempat tersebut adalah perairan yang digenangi tanaman air di permukaannya seperti tanaman eceng gondok ataupun teratai. Hal tersebut karena ikan gurami biasanya mengambil udara secara langsung ke permukaan dengan labirinnya, sehingga dengan adanya tanaman tersebut gurame jadi terhalang untuk mengambil udara.

Perkembangbiakan atau musim kawin ikan gurame dapat berjalan kapan saja tanpa mengenal musim. Untuk usia siap kawin sendiri dapat dicapai gurame pada usia 2 sampai dengan 3 tahun. Pada saat proses bertelur, ikan jantan gurame akan membuatkan sarang untuk gurame betina sebagai tempat meletakkan telur. Sarang tersebut dibuat ikan jantan pada tempat yang tersembunyi dan aman dari predator.

Setelah peletakan telur, telur tersebut kemudian akan dibuahi oleh si pejantan gurame. Pada fase ini ikan jantan gurame lah yang menjaga telur tersebut hingga waktu menetas tiba. Waktu yang dibutuhkan telur untuk menetas yaitu sekitar 5 hari. Setelah telur menetas, telur tersebut akan menghasilkan larva atau anakan ikan gurame yang akan tumbuh terus hingga menjadi gurame dewasa.

Pada habitat aslinya makanan gurame selalu berbeda-beda tergantung dengan tingkatan pertumbuhannya. Pada saat larva makanannya adalah hewan air kecil seperti plankton, serangga air, dan sebagainya. Sementara ikan gurame dewasa akan mulai memakan tumbuhan air yang lunak seperti kangkung air, genjer, azolla, dan sebagainya.

Kandungan Gizi Pada Ikan Gurame

kandungan ikan gurame
kandungan ikan gurame | source : bigfishesoftheworld.blogspot.com

Ikan gurame merupakan ikan yang penuh dengan sumber protein, vitamin, lemak dan juga mineral yang tinggi. Protein yang terdapat dalam ikan ini pun memiliki keunggulan dibandingkan protein ikan lain. Keunggulan tersebut adalah protein ikan gurame memiliki komposisi asam amino yang lengkap serta dapat dicerna oleh tubuh dengan mudah. Selain itu kandungan lemak ikan gurame hanya 2,2% dengan daging 10%.

Nama Ikan

Kandungan Protein

Ikan Gurame 19%
Ikan Lele 18,2%
Ikan Nila 16,1%
Ikan Mas 16%

Di antara semua ikan air tawar, gurame mempunyai rasa yang paling enak untuk dimakan. Selain itu ikan ini juga termasuk aman untuk anak kecil karena duri yang terdapat dalam ikan ini hanya ada pada tengah tubuh saja. Kelebihan lainnya yaitu duri dari ikan gurame juga memiliki ukuran yang besar sehingga gampang terlihat dan mudah dibersihkan.

Selain terkenal karena dagingnya sebagai ikan konsumsi, ternyata terdapat bagian lain pada ikan gurame yang dapat di manfaatkan. Salah satunya adalah pada bagian sisik ikan gurame. Di tangan orang yang tepat dan berjiwa seni tinggi, sisik ikan gurame ini dapat diubah menjadi bahan untuk membuat hiasan ataupun dekorasi yang memiliki nilai jual.

Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan

  1. Baik untuk perkembangan otak

Manfaat yang pertama adalah baik untuk membantu perkembangan otak. Salah satu nutrisi yang dihasilkan oleh ikan pada umumnya adalah lemak omega 3. Lemak tersebut sangat baik bagi perkembangan otak terutama untuk anak-anak. Dengan asupan asam lemak ini dapat memacu perkembangan otak si anak serta dapat meningkatkan kecerdasan anak selama masa pertumbuhannya.

  1. Mengurangi risiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang biasa dialami seseorang ketika sudah memasuki usia lanjut atau biasa disebut juga dengan penyakit menua. Penyakit tersebut diantaranya adalah darah tinggi, kanker, serta jantung koroner yang biasanya disebabkan karena kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Hal tersebut dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan rendah kolesterol seperti ikan gurame.

  1. Mencegah busung lapar

Busung lapar atau biasa disebut kwasiokhor merupakan penyakit kekurangan nutrisi protein yang pada umumnya menyerang anak-anak dan balita. Penyakit ini sering dijumpai pada daerah-daerah yang masih terjerat hidup dalam kemiskinan. Dengan mengkonsumsi ikan gurame kebutuhan akan protein akan tercukupi karena kandungan nutrisi dan protein yang terdapat pada gurame cukup tinggi.

  1. Menjaga kesehatan Kulit

Manfaat ikan gurame berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan kulit kita. Hal tersebut tentu karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Protein ini juga sering dipakai juga pada produk kosmetik karena dapat membantu regenerasi kulit. Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan juga cantik maka mengkonsumsi gurame merupakan salah satu solusinya.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan gurame mengandung banyak sekali protein yang tentu sangat bermanfaat. Salah satunya sebagai unsur trombloplastin dan unsur fibrinogen yang berguna untuk pembekuan darah pada luka. Pada saat tubuh Anda mengalami luka berdarah unsur trombloplastin bekerja menghentikan pendarahan pada luka sedangkan unsur fibrinogen akan membantu untuk membentuk jaringan baru pada luka Anda.

Manfaat Ikan Gurame Untuk Ibu Hamil

manfaat ikan lele bagi ibu hamil
manfaat ikan gurame bagi ibu hamil | source : ig @kalomofoto

Mengkonsumsi ikan gurame banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan manusia. Dengan berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya seperti protein, asam amino, dan sebagainya dapat menjadi pilihan menu sehat Anda sehari-hari. Selain itu mengkonsumsi ikan termasuk ikan gurame juga memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil.

  1. Menjaga Berat Badan

Pada saat kehamilan terjadi, biasanya para ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Namun hal tersebut dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi ikan gurame. Hal tersebut karena kandungan proteinnya yang tinggi dan juga sehat karena lemak yang ada pada ikan bukan merupakan lemak jenuh sehingga asupan protein ibu hamil dapat tercukupi dengan kenaikan berat badan yang wajar.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat berikutnya adalah dapat mengurangi risiko terkena anemia. Anemia merupakan hal yang sering dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Hal tersebut karena sel darah pada si ibu juga mengalir ke calon jabang bayi. Dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan protein dan zat besi dapat mengurangi potensi ibu hamil terkena anemia.

  1. Menurunkan Risiko Keguguran

Kandungan lain yang bermanfaat bagi ibu hamil yang terdapat pada ikan gurame adalah adanya DHA. DHA ini mempunyai fungsi bagi ibu hamil yaitu untuk mencegah terjadinya ibu hamil mengalami kontraksi dini terutama bagi ibu hamil yang baru melalui trimester pertama kehamilan. Dengan begitu risiko keguguran pada ibu hamil dapat ditekan dan dikurangi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung Ibu Hamil

Mengkonsumsi ikan secara rutin dapat menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung juga akan menurun. Untuk ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan 2 sampai 3 dalam seminggu. Namun perlu diperhatikan juga pengolahan ikan tersebut. Akan lebih baik jika pengolahan ikan tidak menggunakan cara digoreng.

  1. Bagus Bagi Otak Janin

Manfaat berikutnya yaitu asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan sangat penting bagi perkembangan sistem saraf serta otak janin yang sedang dalam pertumbuhan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan tentu dapat membantu meningkatkan kualitas otak janin sehingga ketika lahir kelak bayi dapat tumbuh cerdas dan juga sehat.

 

Baca Juga : Harga Ikan Gurame Per Kilo di Pasaran

 

Manfaat Ikan Gurame Bagi Ibu Menyusui

contoh Manfaat Ikan gurame Untuk Ibu Menyusui | source : amaniessentials.blogspot.com

Selain bermanfaat bagi ibu hamil beserta janin yang dikandungnya, mengkonsumsi ikan gurame juga memiliki beberapa manfaat bagi ibu pasca melahirkan atau ibu menyusui. Kandungan nutrisi baik protein, asam amino, asam lemak omega 3, dan juga lain sebagainya tentu sangat berguna untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Berikut ini merupakan manfaat gurame bagi ibu menyusui.

  1. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Mempunyai bayi sehat tentu menjadi doa dan harapan setiap orang tua apalagi ditambah dengan kecerdasan tentu akan sangat didambakan setiap orang tua. Untuk mendapatkan itu semua tentu dibutuhkan konsumsi makanan yang bergizi seperti ikan gurame. Selain itu konsumsi ikan bagi ibu menyusui bisa meningkatkan koordinasi gerak serta mata bayi sejak kecil.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ikan gurame mengandung lemak yang sehat. Sehingga mengkonsumsi ikan gurame selama masa menyusui dapat menjaga kesehatan jantung ibu. Selain itu ternyata manfaat tersebut bukan hanya dirasakan oleh si ibu yang menyusui tetapi juga dapat dirasakan pada bayi juga.

  1. Mengurangi Depresi

Menurut dokter, sekitar 10 sampai 20 persen ibu yang melahirkan mengalami depresi. Tentu keadaan depresi tersebut sangat tidak baik dan berdampak negatif bagi sang bayi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengkonsumsi ikan gurame yang kaya akan omega 3. Kandungan omega 3 dalam ikan dapat membantu ibu mengurangi depresi sehingga si kecil bisa tetap sehat selama pertumbuhannya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D

Salah satu hal kebiasaan yang sering dilakukan oleh ibu-ibu di Indonesia adalah menjemur bayi di sinar matahari pagi. Hal tersebut tentu bertujuan agar si bayi dapat menyerap vitamin D dari sinar matahari pagi. Namun jika pada musim hujan sering kali sulit untuk mendapatkan sinar matahari. Oleh karena itu Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi ikan gurame yang juga mengandung cukup vitamin D.