Manfaat Ikan Bawal Bagi Kesehatan Tubuh, Ibu Hamil dan Anak

5 min read

4. Manfaat Ikan Bawal

Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia. Ikan yang juga dikenal dengan nama ikan marukoban ini memiliki kandungan mutu gizi yang sangat tinggi. Tidak heran jika ikan ini memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan. Manfaat Ikan Bawal bahkan telah diteliti oleh banyak ilmuan seperti halnya dari negara Jepang.

Jepang Food Research Laboratories mengemukakan bahwa ikan ini memiliki kandungan omega-3 yang begitu tinggi. Zat omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan bagi tubuh dan hanya bisa diperoleh dari luar. Dengan manfaat luar biasa yang dimiliki oleh ikan tersebut, maka sudah seharusnya Anda rutin untuk mengonsumsinya sebagai menu masakan harian.

Untuk lebih lengkapnya Jurnal Manajemen telah merangkum manfaat mengkonsumsi ikan bawal sebagai berikut :

 

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Bawal Terlengkap & Terbaru (Semua Jenis per Kg)

 

Ciri-Ciri Ikan Bawal

ciri ikan bawal
ciri ikan bawal | sumber : carabudidaya.co.id

Ikan bawal aman dikonsumsi bagi semua kalangan. Hal ini karena ikan bawal memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi tersebut sekaligus bisa menjawab pertanyaan publik yang begitu sering dijumpai yakni apakah ikan bawal berbahaya?

Kandungan Gizi

Adapun sejumlah kandungan gizi yang terdapat dalam ikan bercita rasa enak tersebut di antaranya protein, energi, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan gizi tersebut tentu sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Jika dilihat secara sekilas, ikan bawal nampak serupa dengan ikan predator ternama dunia yakni piranha. Hal ini tentu berasal dari bentuk, corak maupun warna kulit yang dimiliki oleh kedua ikan tersebut. Tidak jarang orang terkecoh dengan kemiripan keduanya. Akan tetapi, sebenarnya sangat mudah untuk menemukan perbedaan antara ikan bawal dan ikan piranha.

Karakteristik Ikan Bawal

Anda bisa membedakan kedua ikan tersebut dengan mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh ikan bawal. Adapun karakteristik yang dimiliki oleh ikan tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Ikan bawal memiliki warna tubuh yang lebih condong ke arah gelap. Warna ini sebenarnya cukup kontras dengan warna tubuh yang dimiliki oleh ikan piranha yakni adanya bintik-bintik putih.
  2. Memiliki ukuran kepala yang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran badannya.
  3. Mempunyai bentuk mata yang jelas dan menonjol menyerupai cincin.
  4. Bagian mulut dari ikan ini terletak pada bagian ujung kepala serta condong ke atas.
  5. Sirip ekor ikan terdiri atas satu garis hitam yang lebih tepatnya pada bagian pangkal.
  6. Ukuran tubuh ikan ini cenderung lebih besar.
  7. Gigi yang dimiliki ikan ini tidak setajam yang dimiliki oleh ikan piranha.
  8. Termasuk ke dalam jenis ikan omnivora.
  9. Habitat ikan ini di daerah sungai, danau, waduk maupun perairan air tawar lainnya. Akan tetapi, untuk ikan bawal putih memiliki tempat hidup di laut.

Baik ikan bawal air tawar maupun air laut, keduanya sama-sama memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat ikan bawal yang berlimpah tersebut tentu membuatnya menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Bagi Anda yang belum sempat mengonsumsinya, maka ada baiknya untuk segera mengonsumsinya sekarang juga.

Artikel Terkait
Budidaya Ikan Bawal
Umpan Ikan Bawal

Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan Tubuh

manfaat bawal bagi kesehatan
manfaat bawal bagi kesehatan | sumber : mediakita.co

Ikan bawal adalah satu dari sekian jenis ikan yang berasal dari daratan Hawaii dan tergolong dalam famili Bramidae. Ikan yang hidup berkoloni dengan gigi tajam ini termasuk ke dalam golongan ikan predator. Meskipun demikian, ikan satu ini nyatanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ikan enak ini menjadi salah satu jenis protein hewani yang begitu bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaat tersebut tentu akan dapat Anda nikmati apabila rutin mengonsumsinya. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsinya hingga 4 porsi per harinya agar segara merasakan manfaat dari kandungan gizi ikan tersebut. Adapun manfaat ikan bawal yang perlu Anda tahu di antaranya sebagai berikut.

1. Mencegah risiko stroke

Ikan bawal memiliki kandungan zat omega-3 yang sangat bagus untuk meminimalisir risiko terkena penyakit stroke. Kandungan zat omega-3 yang ada pada ikan ini diketahui mampu menurunkan risiko emulsi stroke hingga 21% serta mampu menurunkan risiko keparahan penyakit tersebut hingga 50%. Rutinlah mengonsumsi ikan ini sebagai menu makanan harian agar mampu mencegah risiko stroke.

2. Mengontrol kadar kolestrol

Kandungan zat omega-3 yang ada dalam ikan ini juga terbilang ampuh untuk mengikat kolesterol. Kolesterol merupakan penumpukan lemak jahat yang terdapat pada makanan dan kian bertambah banyak seiring pertambahan usia. Kolesterol dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya. Salah satunya adalah jantung.

Namun, jangan khawatir. Apabila Anda rutin mengonsumsi ikan ini maka kolesterol yang ada pada tubuh dapat terkontrol dengan baik. Konsumsi ikan ini dengan porsi banyak dapat memberikan manfaat yang bagus bagi tubuh Anda.

3. Sebagai menu diet

Ada kabar baik bagi kaum wanita tentang ikan bawal. Bagi Anda yang ingin menjalankan program diet, maka ikan bawal dapat menjadi salah satu menu makan yang pas bagi Anda. Ikan ini sangat disarankan agar dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Hal ini karena tidak adanya kandungan kalori dan karbohidrat dalam ikan tersebut.

4. Mengatasi penyakit anemia

Di samping memiliki kandungan omega-3, ikan bawal juga mempunyai kandungan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama anemia. Kandungan zat besi sebanyak 2 mg dalam ikan tersebut dipercaya ampuh untuk mengatasi penyakit kekurangan darah. Jadi, zat besi akan membantu merombak serta membentuk hemoglobin.

Adapun yang dinamakan dengan hemoglobin atau Hb adalah penentu kenormalan kadar eritrosit atau sel darah merah dalam tubuh manusia. Sel darah merah inilah yang dikenal ampuh untuk mengatasi penyakit anemia. Anda bisa mengonsumsi ikan bawal guna mengobati penyakit anemia dengan cara direbus.

5. Menjaga tubuh agar awet muda

Menjaga penampilan wajah agar tetap prima memang bisa dilakukan dengan menggunakan seabreg produk kecantikan. Akan tetapi, untuk lebih baiknya Anda menjaga tubuh agar senantiasa awet muda menggunakan cara yang alami. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan bawal.

Ikan ini memiliki kandungan vitamin D berlimpah yang sangat bagus untuk menjaga kulit Anda agar tetap cantik. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin D tersebut juga dapat mengurangi risiko penyakit kulit seperti psoriasis. Penyakit kulit ini memiliki gejala seperti adanya ruam merah, kering, bersisik serta mudah terkelupas.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Patin Manfaat Ikan Nila
Manfaat Ikan Gurame Manfaat Ikan Lele
Manfaat Ikan Mujair Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat dari Ikan Bawal bagi Ibu Hamil

manfaat bawal bagi ibu hamil
manfaat bawal bagi ibu hamil | sumber : hellosehat.com

Ikan bawal aman dikonsumi untuk ibu hamil. Jadi, jika Anda yang bertanya tentang adakah efek samping makan ikan bawal bagi ibu hamil, maka jawabannya adalah tidak. Alih-alih dapat memberikan dampak negatif ikan bawal justru banyak memberikam manfaat bagi ibu hamil yang mengonsumsinya. Adapun manfaat ikan bawal untuk ibu hamil di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Membantu perkembangan otak janin

Seorang wanita hamil tentu ingin memiliki anak yang cerdas sejak masih ada dalam kandungan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memperbanyak konsumsi ikan bawal. Hal ini karena ikan bercita rasa enak tersebut banyak mengandung zat omega-3 maupun omega-6 yang baik bagi perkembangan otak janin.

Kedua zat penting tersebut berguna untuk mengembangkan sistem saraf, otot maupun otak pada janin. Jadi, sudah seharusnya Anda memperbanyak konsumsi ikan tersebut.

2. Mencegah keguguran

Selain bagus bagi perkembangan otak janin, memperbanyak konsumsi ikan bawal ternyata juga baik untuk mencegah keguguran. Hal ini tentu karena adanya kandungan omega-3 dari ikan satu ini. Zat penting tersebut mampu untuk mencegah terjadinya kontraksi yang ada dalam rahim. Tidak hanya mampu untuk mencegah keguguran saja, manfaat ikan bawal juga mampu untuk menghindari cacat pada kehamilan.

Konsumsilah ikan bercita rasa gurih tersebut secara rutin agar mendapatkan manfaat yang berlimpah. Jangan lupa memperhatikan cara memasaknya. Ikan bawal yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan yang dimasak dengan cara dikukus maupun direbus.

3. Menghindari risiko persalinan prematur

Anda perlu tahu bahwa kandungan DHA dan EPA dalam ikan bawal sangat bagus untuk menghindari risiko persalinan prematur. Di samping itu, kandungan kedua zat tersebut juga dipercaya mujarab dalam menyehatkan penglihatan janin serta mengindari risiko kebutaan. Untuk itu, Anda bisa mulai memasak menu serba ikan bertekstur lembut tersebut sebagai menu makan Anda.

Manfaat dari Ikan Bawal bagi Anak-Anak

manfaat bawal bagi anak
manfaat bawal bagi anak | sumber : tipsanakcerdas.com

Tidak hanya bagi orang dewasa dan ibu hamil saja, ikan bawal juga sangat bermanfaat bagi anak-anak. Tidak ada yang namanya efek samping ikan bawal bagi anak-anak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi orangtua seperti Anda untuk memberikan ikan tersebut sebagai menu masakan bagi anak-anak Anda.

Manfaat ikan bawal bagi anak-anak yang paling utama adalah dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan otak anak. Ikan tersebut memiliki manfaat yang baik bagi anak, terutama dalam pertumbuhan serta perkembangan otak.

Tepatnya minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA yang sangat bagus dalam memberikan respon neuro kognitif dalam otak anak. Hal ini pun telah dibuktikan dalam studi ilmiah pada kongres ISSFAL di Stockholm.