10+ Jenis Makanan Ikan Mas Supaya Cepat Besar Beserta Harganya

5 min read

Makanan ikan mas

Permintaan terhadap ikan mas di pasar selalu meningkat. Permintaan tersebut tak hanya untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga, namun juga untuk usaha rumah makan. Hal ini disebabkan karena ikan mas memang memiliki rasa yang lezat, untuk membudidayakan ikan mas, faktor makanan ikan mas yang dipilih menjadi salah satu kunci kesuksesan budidaya.

Harga pelet ikan mas di pasaran saat ini semakin mahal. Hal ini menyebabkan para petani ikan mas harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan pakan alami yang biayanya lebih murah.

Selengkapnya simak uraian Jurnal Manajemen seputar pakan ikan mas supaya cepat besar berikut ini :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Ikan Mas Hias Ciri Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas Harga Ikan Mas

Jenis Makanan Ikan Mas Alami

1. Cacing Tanah

1. Umpan Bawal cacing
gambar cacing tanah

Cacing tanah adalah salah satu jenis pakan ikan ma salami dan bisa membuat pertumbuhan ikan mas menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan kandungan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan mas.

Cacing tanah menjadi pakan yang popular dipilih oleh para petani ikan mas. Selain itu, pada umumnya ikan mas sangat menyukai cacing sebagai makanannya. Sebelum menggunakan cacing tanah untuk pakan ikan mas, cacing tersebut harus dicuci bersih terlebih dahulu.

2. Cacing Sutera

cacing sutra
gambar cacing sutra | sumber : ilmubudiddaya.com

Jenis cacing lain yang disukai oleh ikan mas sebagai makanannya adalah cacing sutera. Cacing sutera dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas. Cacing ini ukurannya ramping, halus, dan berwarna merah muda.

Namun, cacing ini seringkali membawa penyakit pada ikan mas. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda harus mencuci bersih cacing sutera terlebih dahulu sebelum dijadikan makanan ikan mas. Setelah dicuci bersih, cacing harus direndam dalam air dalam kurun waktu tiga hari.

3. Kroto

gambar kroto
gambar kroto | sumber : berempat.com

Telur dari semut rang-rang ternyata bisa dijadikan pakan ikan mas. Telur tersebut disebut kroto, pakan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Hal ini menyebabkan kroto sangat cocok untuk dijadikan pakan ikan mas, karena bisa merangsang pertumbuhan ikan mas lebih cepat.

Untuk mendapatkan kroto, Anda dapat mencarinya di pohon-pohon yang rimbun. Setelah itu, kroto dapat langsung diberikan sebagai pakan pada ikan mas. Kroto juga seringkali dijadikan sebagai Umpan Untuk Memancing Ikan Mas.

Kroto saat ini sudah banyak dibudidayakan, namun harga kroto ini masih cukup mahal untuk kalangan petani ikan mas. Hal ini disebabkan kroto keberadaannya semakin langka dan sulit didapat.

4. Ulat Daun Pisang

Umpan ulat daun
Umpan ulat daun | sumber : pertanianku.com

Ulat daun pisang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan lengkap. Bahkan ulat daun pisang juga cocok dijadikan sebagai makanan pokok untuk ikan mas.

Anda dapat menemukan ulat daun pisang di dalam gulungan daun. Ulat daun pisang juga seringkali dijadikan umpan bagi para pemancing ikan.

5. Sekam Padi

gambar sekam padi
gambar sekam padi | sumber : paktanidigital.com

Pada dasarnya ikan mas merupakan hewan omnivore. Ikan ini tidak hanya memakan daging, namun juga memakan tanaman. Biasanya para petani ikan mas memberikan sayuran, namun harga sayuran cenderung mahal.

Untuk menghemat budget, Anda bisa memberikan sekam padi untuk pakan ikan mas. Sekam padi dicampur terlebih dulu dengan kotoran sapi, tepung ikan, arang kelapa, dan tetes tebu yang kemudian diolah menjadi pelet ikan mas.


Jenis Makanan Ikan Mas Organik

Makanan Ikan Mas organic merupakan hasil dari fermentasi limbah organik. Limbah organik tersebut diantaranya adalah ampas tahu dan kotoran ternak. Keuntungan dari membuat sendiri pakan organik adalah bisa menghemat biaya, makanan ikan mas berjenis organic juga cocok sebagai makanan Ikan Mas Koki.

Keuntungan lainnya adalah air kolam menjadi tidak berbau dan bisa mempercepat pertumbuhan ikan mas. Selain itu, pakan organik juga memiliki rasa yang lebih lezat. Dengan memberikan pakan organik, ikan mas akan lebih cepat tumbuh membesar dan nilai jualnya pun akan semakin tinggi. Berikut beberapa jenis pakan ikan mas organik.

1. Kotoran Ternak

Pada umumnya jenis kotoran hewan ternak yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pakan ikan adalah kotoran ayam, sapi, kelinci, dan kambing. Hal tersebut disebabkan kotoran tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Nutrisi tersebut diantaranya : protein, karbohidrat, lemak, dan kandungan nurtrisi lainnya.

Jika Anda ingin membuat pakan organik dengan bahan dasar yang cepat terurai, maka unsure hara nitrogen yang dibutuhkan harus tinggi. Hal tersebut disebabkan jasad renik pengurai memerlukan nitrogen untuk perkembangannya, sehingga menjadi pakan organik yang mengandung nutrisi yang tinggi, dan bagus untuk makanan ikan mas koi atau jenis ikan mas lainnya.

Sekarang ini banyak sekali petani ikan mas yang memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk dibuat pelet ikan. Namun kotoran ternak tersebut harus diolah terlebih dahulu dengan seksama dan diberi zat tambahan. Berikut contoh cara membuat pakan ikan mas

Bahan-bahan

  • Drum/bak terpal/bak semen
  • Kotoran ternak : kotoran kambing atau ayam
  • Bekatul
  • Dedaunan
  • EM-4
  • Gula merah
  • air

Cara Pembuatan Pakan Ikan dari Kotoran Ternak :

  • siapkan wadah untuk membuat pakan ikan, yaitu bisa menggunakan bak dari semen/drum/bak dari terpal
  • larutkan gula merah dengan air, lalu tambahkan EM-4 dengan perbandingan 1 liter air : 20 ml EM-4
  • masukkan kotoran ternak, bekatul, dan dedaunan
  • masukkan larutan gula merah yang telah dibuat, aduk hingga merata
  • tutup wadah dengan rapat menggunakan plasting hingga wadah/bak jadi kedap udara
  • diamkan hingga 7 hari
  • setelah 7 hari lakukan pengadukan, lalu wadah ditutup kembali
  • setelah fermentasi selesai, yaitu selama 14 hari, pakan bisa langsung digunakan

2. Ampas Tahu

gambar ampas tahu
gambar ampas tahu | sumber : bebeja.com

Pakan ikan organic yang kedua yaitu ampas tahu. Ampas tahu dikenal memiliki kandungan nutrisi berupa protein yang tinggi. Karena kandungan protein dan lemaknya tersebut, ampas tahu sangat baik untuk menjadi makanan ikan mas.

Untuk memberikan pakan ampas tahu pada ikan mas caranya cukup mudah. Yaitu dengan mencuci terlebih dahulu ampas tahu kemudian diremas untuk membuat tekstur ampas tahu menjadi padat dan kadar airnya berkurang.

3. Dedak

gambar dedak
gambar dedak | sumber : ternakmudahuntung.blogspot.com

Dedak adalah jenis pakan ikan yang berasal dari olahan gabah yang tidak dikonsumsi manusia. Sehingga dedak tidak memiliki daya guna yang terlalu berarti, karena tidak dikonsumsi manusia.

Akan tetapi dedak sangat bermanfaat untuk dijadikan pakan ikan mas. Dedak cocok untuk dijadikan pakan berbagai jenis ikan mas seperti ikan mas taiwan, ikan mas punten, dan ikan mas lokal.

Dedak memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Nutrisi tersebut meliputi protein, lemak, serat kasar, dan serat halus, sehingga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan mas.

4. Tepung Ikan

gambar tepung ikan
gambar tepung ikan | sumber : kompasiana.com

Tepung ikan berasal dari bagian ikan yang diolah dengan cara dikeringkan lalu dihaluskan. Adapun tepung ikan memiliki manfaat utama sebagai bahan dasar campuran pakan ikan.

Tepung ikan yang bagus umumnya memiliki ciri sebagai berikut : ukuran butirannya seragam dan halus, tidak terdapat tulang, mata ikan, atau benda asing, bersih, dan memiliki bau khas ikan.

5. Probiotik (Pupuk Hayati Bioboost)

Pupuk Hayati Bioboost atau lebih dikenal dengan probiotik merupakan mikro-organsisme hidup yang memiliki manfaat dan memberikan efek yang baik untuk organism hidup lain. Probiotik menjadi sangat cocok untuk pakan ikan mas karena memerikan efek kesehatan yang  baik.

6. Molase/Tetes Tebu

gambar molase
gambar molase | sumber : id.wikipedia.org

Molase merupakan ampas yang berasal dari proses pembuatan gula tebu. Perlu diketahui pula bahwa molase juga merupakan sumber energi, namun kandungan proteinnya tidak terlalu tinggi.

Molase pada dasarnya digunanakan untuk proses fermentasi karena kandungan gulanya sebesar 1 sapai 20 %, zat gula ini bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan inkulum.

Kemudian molase biasanya sering dipakai untuk proses fermentasi karena mengandung 1-20% gula yang bisa dimanfaatkan bagi pertumbuhan inokulum.

 

Baca Juga : Ragam Jenis Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berkualitas

 

Harga Pakan Ikan Mas (Pakan Ikan Mas Koki,Ikan Mas Konsumsi,Ikan Koi)

No

Jenis Pakan

Harga

1 Pakan Ikan Hiroyuki Premium 5kg Ukuran S (2 Mm) Rp175.000
2 Pakan Ikan Hiroyuki Premium 5kg Ukuran S (2 Mm) Rp175.000
3 Mizuho Goldfish 300 Gr Sinking Rp62.000
4 Hikari Economy 4kg M Pakan Ikan Koi/Komet/Mas Koki Rp205.000
5 Pakan Ikan Koi Premium Wheat Germ Rp85.000
6 Pakan Lc Goldfish / Ikan Mas Koki 500gram Rp60.000
7 Pelet Koi / Goldfish Breeder Pro 5kg Rp105.500

Bentuk-Bentuk Pakan Ikan Buatan

1. Bentuk Pakan Larutan Emulsi

Untuk membuat pakan ikan berbentuk larutan emulsi, diperlukan satu butir telur itik yang direbus sampai mantang. Namun yang diambil dari telur itik tersebut hanyalah bagian kuning telurnya saja. Kemudian dilarutkan ke dalam air sebanyak 200ml, lalu diaduk.

Setelah itu, masukkan 40 gr tepung kedelai bertekstur halus, 5 gr sagu, dan  1 gr vitamin untuk nutrisi pakan ikan. Kemudian masak larutan tersebut sambil diaduk, masak sampai larutan bertekstur kental, lalu diamkan larutan sampai dingin sebelum digunakan.

Bentuk pakan larutan emulsi ini bisa disimpan selama kurang lebih 10 jam. Larutan emulsi ini biasanya digunakan untuk makanan ikan yang baru berumur 3 sampai 20 hari.

2. Bentuk Larutan Suspensi

Untuk membuat pakan berbentuk larutan suspensi, pertama rebus kedelai sebanyak 20 gr hingga matang. Kedelai direbus agar dapat menghambat zat tumbuh pada kedelai itu sendiri. Haluskan kacang kedelai yang sudah direbus dan masukkan air secukupnya.

Setelah itu, saring dengan kain halus. Lakukanlah hal yang sama pada telur itik yang diambil kuning telurnya saja. Kemudian larutan kacang kedelai dan larutan kuning telur dicampur dan diaduk sampai rata, larutan suspense ini biasanya digunakan sebagai pakan anak ikan.

3. Bentuk Roti Kukus

Untuk membuat pakan berbentuk  roti kukus caranya adalah dengan mengocok telur itik sampai merata dan berbuih. Setelah itu, tambahkan tepung ikan sedikit demi sedikit, begitu juga dengan tepung susu dan tepung terigu. Aduk bahan-bahan tersebut, kemudian beri air secukupnya secara perlahan.

Setelah itu, kukus adonan bahan-bahan tadi selama 30 menit. Roti yang sudah matang didiamkan sampai dingin menggunakan kipas angin. Sambil menunggu roti menjadi dingin, haluskan vitamin C dan vitamin B, lalu beri tambahan tetrasiklin tanpa kapsul. Kemudian tambahkan vitamin A+D-pleks dan zat Kalsidol.

Roti yang sudah dingin, kemudian dibentuk menjadi gumpalan berukuran kecil yang nantinya diberi olesan berbagai macam vitamin dan zat nutrisi yang telah dibuat tadi. Pakan ikan berupa roti kukus ini bisa tahan selama 3 hari dengan disimpan di lemari es.