Macam Macam Norma : Pengertian, Sanksi, Contoh, Dll

5 min read

8. macam macam norma

Ada banyak jenis dan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat, dengan berbagai tujuan dan fungsi beragam. Sebelumnya mungkin Anda sudah mengetahui penjelasan mengenai norma-norma pada saat masih duduk dibangku sekolah. Norma yang sering dikaitkan dengan peraturan yang telah diterapkan dalam lingkungan dan juga masyarakat. 

Adanya norma sendiri membantu untuk menciptakan makhluk sosial yang lebih baik, sehingga memiliki kepribadian yang dapat dibanggakan. Jenis-jenis dari norma juga cukup banyak, pada umumnya setiap norma memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda, dan tidak sama antara satu dengan lainnya. Norma juga sering kali dijadikan sebagai panduan  mengatur  seseorang. 

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan membahas mengenai Macam Macam Norma yang ada di masyarakat beserta contohnya. Untuk lebih lengkap anda dapat klik di link huruf berwarna biru. Berikut ulasannya :

Pengertian Norma dan Macam-Macam Norma 

Norma merupakan sebuah kaidah yang banyak memiliki ketentuan untuk mengatur seluruh perbuatan dan juga tingkah laku seseorang di dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tentunya memiliki sifat yang mengikat dan mengajak seseorang untuk bisa mematuhi norma dan peraturan yang berlaku. Sehingga dapat  menjadi nilai yang memiliki landasan tingkah laku manusia. 

Norma juga merupakan sebuah unsur yang memiliki ketentuan umum untuk membantu mengatur tingkah laku dari setiap orang. Selain itu unsur dalam norma sendiri merupakan kejiwaan yang dapat mempengaruhi karakteristik seseorang dan mengubahnya menjadi pribadi yang lebih baik. Umumnya hal  tersebut sering kali berlaku di lingkungan masyarakat. 

Umumnya norma sendiri dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan macam-macam norma dan gambarnya seperti norma agama, susila, kesopanan dan juga hukum. Setiap norma tersebut mempunyai ketentuan dan perbedaan yang sangat kuat, namun saling berkaitan antara satu sama lain. Mengingat bahwa tujuan dari norma tersebut untuk menjadikan seseorang agar hidup lebih baik.

Pengertian lainnya juga menyebutkan bahwa norma merupakan sebuah aturan dengan kaidah dan juga ketentuan yang berlaku dan mengikat. Norma juga merupakan tatanan yang menjadi pengendali dari tingkah laku seseorang untuk mengarahkan pada yang benar. Sifatnya yang mengikat dan berhubungan dengan sanksi yang ada pada setiap aturan yang dilanggar. 

Macam Macam Norma dan Pengertiannya

Ada beberapa jenis norma yang berlaku di masyarakat sejak dahulu hingga pada saat ini dengan berbagai ketentuan. Tujuan dan juga ciri-ciri dari setiap norma berbeda-beda, sesuai dengan kaidah yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah penjelasan dari banyaknya pertanyaan mengenai hal yang di sebutkan macam macam norma dan contoh penerapannya. 

1. Norma Susila

Norma jenis ini merupakan sebuah peraturan yang berlaku sesuai dengan ketentuan dan panduan dalam lingkungan masyarakat. Pada umumnya norma ini berada di dasar hati manusia sejak dahulu dan bisa diterapkan secara langsung untuk dapat menentukan pilihan yang baik dan buruk. Hal ini karena sumbernya yang berasal hati  yang tulus untuk menerapkannya. 

Selain itu adanya Norma Kesusilaan ini memiliki peran yang penting untuk membantu mengarahkan seseorang agar melakukan perbuatan yang baik dan tidak terjerumus pada kejahatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa norma ini adalah aturan yang mengatur tingkah laku manusia yang berkenan dalam suara hati nurani. Hal ini karena dalam penerapannya lebih menggunakan hati. 

2. Norma Agama

Pengertian Norma Agama yaitu, suatu aturan yang bersumber dari kitab suci yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan diterapkan oleh manusia dengan sebaik-baiknya. Norma ini bersifat mutlak, artinya tidak bisa ditawar dalam pelaksanaannya, dan diterapkan sesuai dengan keyakinan masing-masing. Pelanggaran terhadap norma Agama akan mendapat hukuman berupa dosa.

Hal ini karena norma tersebut merupakan petunjuk yang diberikan oleh Tuhan, yang telah disampaikan oleh utusan-Nya dan juga kitab suci yang berisi larangan serta perintah. Norma ini juga memegang kunci yang dapat membantu mengatur norma kesopanan dan macam macam Norma Sosial dalam diri seseorang. Serta menjadi penghubung antara manusia dengan penciptanya. 

3. Norma Hukum

Norma Hukum adalah aturan yang tertulis di dalam undang-undang yang telah dibuat oleh pemerintah dan diakui oleh masyarakat luas. Umumnya norma hukum bersifat mengikat atau memaksa, artinya setiap orang terikat pada hukuman dan harus dipatuhi. Hal ini dapat dilihat dari penerapan norma hukum yang tegas dalam menuntut dan melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.

Sehingga manusia dapat berperilaku sesuai dengan apa yang telah diperintahkan kepadanya melalui kesepakatan dari peraturan yang berlaku. Biasanya peraturan ini berlaku di wilayah tertentu seperti halnya di Indonesia dengan peraturan yang ditulis dalam konstitusi atau perundang-undangan. Adapun sanksi yang akan diberikan nantinya cukup disesuaikan kembali.

4. Norma Kesopanan

Norma Kesopanan adalah aturan yang dapat berperan untuk mengatur tingkah laku seseorang dalam hubungan masyarakat. Biasanya norma seperti ini lebih banyak dikenal dengan sebutan tata krama atau sopan santun, yang ada pada diri seseorang. Peraturan yang ada pada jenis norma ini berasal dari pergaulan antar masyarakat di sebuah wilayah atau daerah tertentu. 

Sifatnya yang relatif membuatnya tidak menetap dan peraturan wilayah satu dengan lainnya tidak sama dan berbeda-beda sesuai dengan tempat dan lingkungan. Pada umumnya norma ini didasari dengan sifat kebiasaan yang harus dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku pada budaya dan daerah. Peraturan tersebut juga diciptakan secara bersamaan di lingkungan. 

Macam – Macam Norma dan Contohnya

Ada banyak contoh penerapan macam-macam norma yang berlaku di negara Indonesia ini hingga saat ini. Penerapan tersebut dilakukan sesuai dengan jenis norma yang ada, dan tetap memperhatikan segala sanksi yang berlaku. Adapun contoh penerapan tersebut yang dapat Anda pahami adalah sebagai berikut ini. 

1. Norma Agama 

norma agama
sumber : geotimes.co.id

Pada norma agama ini menjelaskan mengenai kaidah yang berisi petunjuk dari sang pencipta untuk seorang manusia, agar berada pada jalan kebenaran. Contoh penerapan secara umum bisa berupa melakukan ibadah sesuai dengan perintah yang diturunkan, serta menjauhi larangan yang ditetapkan. Hal ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan dan tidak bisa untuk ditawar. 

Selain itu berbuat baik kepada orang lain, dan saling membantu merupakan perintah yang sama halnya dengan contoh dari macam-macam penjelasan norma yang lain. Sehingga tidak heran jika norma ini juga dikatakan sebagai kunci utama untuk dapat menerapkan jenis norma lainnya dengan baik. Tentunya karena dapat mencegah seseorang untuk melakukan perbuatan yang tidak baik. 

2. Norma Kesopanan 

8. norma kesponanan
sumber : jagad.id

Pada jenis norma ini dapat memberikan kesan tersendiri jika diterapkan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan dari tata krama pada wilayah tertentu. Contoh yang dapat dilakukan untuk menggunakan norma ini yaitu menghargai orang lain yang mempunyai usia lebih tinggi dari Anda, dengan berbicara menggunakan sapaan khusus kepada yang tua. 

Menggunakan pakaian rapi dan juga pantas merupakan ketentuan dari norma ini  yang banyak ditetapkan untuk wanita. Tidak hanya itu, norma ini juga mengajak agar masyarakat dapat berkata dengan baik, dan memiliki rasa malu untuk bertindak yang tidak benar dalam suatu kegiatan atau aktivitas. Contoh lainnya juga dapat dilihat dari penerapan yang sesuai dengan peraturan di sebuah daerah.

3. Norma Hukum

8. norma hukum
sumber : cnindonesia.com

Norma seperti ini menjelaskan tentang ketentuan yang dibuat oleh pejabat dan petinggi negara untuk mengatur masyarakat. Salah satu contohnya yaitu adanya undang-undang dengan ketentuan pasal yang memaksa seseorang untuk mematuhinya. Rambu lalu lintas yang ada di jalan juga merupakan norma hukum, di mana seseorang wajib untuk patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas. 

Masyarakat yang tinggal juga sangat dilarang untuk melakukan tindakan kriminal karena berkaitan dengan norma hukum yang berlaku di negara. Tidak hanya itu masih banyak kegiatan lainnya yang memiliki norma hukum dan wajib patuhi dan dijauhkan setiap larangan yang ada. Sehingga kehidupan masyarakat menjadi aman dan terhindar dari kejahatan serta masalah yang datang. 

4. Norma Susila 

8. norma susila
sumber : laelitm.com

Jenis dari norma ini lebih banyak menggunakan hati dan juga perasaan untuk dapat menentukan tindakan yang tepat. Norma ini mengajak seseorang untuk melakukan kebaikan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang berlaku pada norma ini yaitu jujur dalam berkata dan juga saat bersikap kepada orang lain, agar tidak terjadi masalah. 

Saling menghargai sesama manusia, dan tidak menghina atau mencela seseorang yang dianggap berperilaku buruk. Hal ini merupakan contoh yang umum, sementara penerapan lainnya juga berasal dari diri sendiri yang memiliki sikap rendah hati dan menjauhkan rasa sombong serta iri pada orang lain. Jika diperhatikan, norma ini banyak menerapkan apa yang diajarkan dari pengertian norma dan macam-macam norma lainnya. 

Macam-Macam Norma dan Sanksinya

Setiap norma yang berlaku tentunya memiliki sanksi atau hukuman yang ditegakkan untuk seseorang yang telah melanggar. Jenis keadilan yang diberikan juga berbeda-beda tergantung dengan macam-macam norma yang dilanggar oleh manusia. Jika norma agama yang dilanggar maka hukuman yang didapatkan oleh orang tersebut adalah dosa, dan hukuman yang diberikan Tuhan. 

Berbeda dengan norma susila, sanksi yang didapatkan berupa rasa menyesal atas apa yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, pada norma lain seperti kesopanan memiliki sanksi yang ditetapkan berdasarkan dengan keputusan yang dibuat oleh masyarakat dalam pergaulan. Sementara norma hukum, sanksinya ada pada undang-undang, dan diberikan sesuai dengan perbuatannya.