Pengertian Kerjasama : Manfaat, Tujuan, Bentuk, dan Berbagai Contohnya

5 min read

kerjasama

Pengetahuan Seputar Kerjasama

Setiap orang dalam menjalankan hidup ini tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Tentu harus melakukan interaksi dan juga hubungan dengan orang lain. Hal tersebut tidak terlepas dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Salah satu interaksi satu sama lain yang dilakukan oleh manusia adalah dengan melakukan kerjasama.

Secara umum definisi dari istilah tersebut adalah upaya untuk menggapai tujuan untuk kepentingan bersama yang dikerjakan oleh suatu kelompok ataupun oleh beberapa orang. Hal ini dapat terjadi saat sekumpulan individu yang saling terkait memiliki keinginan, kepentingan dan juga tingkat sadar yang sama guna bekerjasama yang bertujuan meraih suatu keinginan dan juga tujuan bersama-sama.

Berdasarkan definisi secara umum dari kerja sama maka sangatlah menarik jika Jurnal Manajemen membahas secara lebih lengkap lagi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mulai dari definisi atau makna kerja sama, tujuan, makna, bentuk, dan berbagai contohnya. Penjelasan selengkapnya simak pembahasan berikut :

Pengertian Kerjasama Menurut Ahli

  1. Charles H. Cooley

Menurut Charles makna kerjasama adalah suatu kegiatan yang muncul apabila seseorang sudah bahwa mereka mempunyai tujuan dan keinginan yang sama dan juga mempunyai pengetahuan dan ilmu cukup serta memiliki kesadaran pada dirinya guna mencukupi dan mencapai kepentingan itu.

  1. Pamudji

Pengertian kerjasama menurut pamudji merupakan suatu pekerjaan yang dikerjakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang melibatkan interaksi antara individu-individu yang saling bekerja bersama hingga tujuannya tercapai. Ia juga mengatakan unsur penting dari bekerja bersama adalah individu-individu, tujuan yang sejalan, serta terjadinya interaksi.

  1. Rosen

Menurut seorang ahli yang bernama Rosen kerjasama adalah suatu sumber yang dipercaya begitu efektif pada kualitas dalam pelayanan khususnya pada bidang ekonomi terutama dalam hal jual beli.

  1. Tangkilisan

Tangkilisan mengatakan kerjasama merupakan suatu sumber kemampuan dan kekuatan yang hadir dari dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan pengaruh keputusan dan juga tindakan kelompok atau organisasi.

  1. Perry dan Thompson

Mereka berpendapat bahwa definisi kerjasama adalah suatu kegiatan yang punya suatu tingkat-tingkat yang berbeda dari mulai tahap koordinasi dan juga kooperasi hingga terbentuknya kolaborasi di suatu kegiatan bersama.

Kerjasama Bisnis Dan Usaha

Menurut kamus tentang bisnis atau Business Dictionary kerja sama atau kerjasama (bentuk tidak baku) merupakan kegiatan mengatur kemitraan yang saling menguntungkan dan dikerjakan dengan sukarela oleh beberapa bidang yang berkaitan dengan dunia usaha. Hal ini tentu merupakan suatu hal yang profit dikarenakan masalah yang akan dihadapi menjadi lebih mudah diselesaikan dan lebih ringan.

Berbicara tentang usaha tidak melulu hanya berbicara tentang mencari uang dan keuntungan saja. Para pengusaha kebanyakan juga menyukai menjalin suatu relasi dan hubungan dengan pengusaha lain termasuk kompetitornya dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan kedua belah pihak. Hal tersebut karena beberapa pengusaha berfikir persaingan hanya menimbulkan stres dan lebih baik saling melengkapi satu sama lain dan juga hal tersebut dapat meningkatkan peluang kerjasama usaha mereka.

Salah satu contoh hal tersebut adalah pada penyuplai ikan pada rumah makan dan juga restoran-restoran besar. Para penyuplai ikan lebih memilih menjalin hubungan dan memberikan tawaran kerjasama usaha dengan penyuplai lain. Dengan begitu dalam keadaan darurat seperti kehabisan stok ikan dan sebagainya, penyuplai tersebut dapat memesan ke penyuplai yang lainnya.

kerja sama usaha
kerja sama usaha | source : videoblocks.com

Bentuk Kerjasama Usaha

  1. Konsolidasi

Konsolidasi merupakan penyatuan beberapa badan usaha yang membentuk suatu badan usaha yang baru. Pada umumnya konsolidasi juga disebut dengan suatu proses peleburan dua lembaga usaha atau lebih untuk membentuk suatu lembaga atau badan usaha yang baru. Istilah konsolidasi seringkali tertukar dalam penggunannya dengan kata merger.

  1. Merger

Merger merupakan proses penggabungan dua atau lebih lembaga usaha atau badan usaha yang secara ekonomi menjadi kesatuan tanpa melakukan peleburan lembaga-lembaga usaha tersebut dan membentuk badan usaha yang baru. Hal tersebutlah yang menjadi perbedaan utama dari merger dan juga konsolidasi yaitu tentang peleburan badan usahanya.

Dilihat dari segi ekonomi merger dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah merger vertikal. Merger vertikal adalah suatu kegiatan berkerja bersama antara beberapa badan usaha yang memiliki bisnis yang berbeda akan tetapi tidak mendukung satu sama lain dalam hal produk. Sebagai contoh adalah dengan bekerjasamanya bidang perhotelan beserta badan usaha asuransi ataupun perbankan.

Berikutnya adalah merger horizontal. Merger horizontal merupakan suatu kegiatan penggabungan beberapa badan usaha yang memiliki produksi usaha yang berbeda sehingga merupakan usaha yang berkaitan satu sama lain dalam produksinya. Beberapa contohnya adalah perusahaan kapas melakukan penawaran kerjasama usaha merger horizontal dengan perusahaan bantal dan kasur.

  1. Waralaba

Waralaba merupakan suatu hak khusus yang dipunyai oleh suatu individu ataupun badan dan lembaga usaha terhadap suatu sistem dalam bisnis dengan ciri yang khas dalam usaha yang dengan maksud melakukan pemasaran terhadap barang dan juga jasa yang telah berhasil, untuk kemudian dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak yang lain berdasarkan pada perjanjian waralaba yang telah disepakati.

  1. Joint Venture

Joint venture merupakan bentuk relasi atau kerjasama dalam usaha dalam bentuk persetujuan antara dua atau lebih badan usaha untuk melakukan suatu kegiatan bersama. Persetujuan pada joint venture merupakan sebuah kesepakatan yang didasari oleh syarat sah suatu perjanjian sesuai dengan yang diatur dalam pasal 1320 KUH perdata.

Tujuan Kerjasama

Dalam menjalankan setiap hal di dunia ini tentunya memerlukan tujuan dalam pelaksanaannya. Dengan adanya tujuan yang dicanangkan akan membuat proses dan juga arah suatu kegiatan tersebut menjadi fokus dan tidak melebar ke mana-mana. Termasuk juga dalam kegiatan bekerja bersama-sama juga memiliki tujuan yang dimaksudkan.

Tujuan secara umum dari melakukan dan membangun relasi bersama adalah :

  1. Meningkatkan rasio peluang untuk mencapai keberhasilan
  2. Secara luas dapat meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam suatu negara
  3. Membuat pelaku kegiatan ini menjadi lebih saling mengenal
  4. Menjadi sarana untuk saling mengemukakan opini dan berpendapat

Manfaat Kerjasama

Dalam melakukan suatu kegiatan tentu akan diikuti dengan adanya timbal balik yang diberikan. Timbal balik tersebut bisa bersifat negatif ataupun positif. Dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama tentu juga memiliki timbal balik ataupun juga manfaat bagi orang atau kelompok melakukan kegiatan ini. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.

  1. Memicu munculnya semangat kesatuan dan persatuan dalam diri seseorang
  2. Mempererat ikatan bagi orang ataupun kelompok yang melakukan kegiatan ini
  3. Dengan melakukan hal bersama-sama suatu kegiatan dapat menjadi lebih ringan
  4. Menyelesaikan suatu kegiatan dengan bersama-sama akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai

Bentuk-Bentuk Kerjasama atau Kerja sama

  1. Koalisi

Koalisi merupakan suatu gabungan dari dua atau lebih lembaga yang bekerjasama dalam mewujudkan tujuan yang sama. Contoh dari kegiatan berkoalisi ini antara lain adalah koalisi antara partai-partai politik dalam mendukung calon presiden yang diusungnya. Bergabungnya beberapa partai tersebut mempunyai tujuan untuk memenangkan calon yang diusungnya pada pemilihan presiden.

  1. Tawar menawar

Tawar menawar merupakan suatu bentuk dalam bekerjasama yang dilakukan dua atau lebih individu mengenai persetujuan dan kesepakatan dalam pertukaran jasa maupun barang. Salah satu contoh dari bentuk dalam bekerjasama ini adalah kegiatan jual beli yang terjadi di pasar tradisional maupun yang terjadi pada pasar modern.

  1. Dasar kerukunan

Kegiatan bekerjasama atas dasar kerukunan merupakan suatu kegiatan bekerjasama yang terjadi karena kerukunan yang terjadi di masyarakat. Biasanya hal tersebut tidak saling mengharapkan imbalan satu sama lain atau dengan kata lain hal ini dilakukan secara ikhlas dan juga tulus. Contoh yang sering kita temui adalah gotong royong membersihkan lingkungan setempat di desa-desa.

  1. Cooptation

Cooptation merupakan sebuah proses dalam bekerjasama tentang penerimaan yang berasal dari bermacam-macam unsur baru di dalam rezim organisasi. Hal tersebut merupakan cara menghindari berbagai kecurangan dan hal yang tidak diinginkan yang berpotensi terjadi. Contoh dari hal tersebut adalah dibuatnya undang-undang yang mengatur tentang korupsi dan sebagainya.

Contoh Kerjasama di Berbagai Hal

kerja sama bisnis
kerja sama bisnis | source : synergymerchants.com
  1. Lingkungan rumah

Bekerja bersama dalam dilakukan dalam lingkup kecil yaitu rumah. Beberapa contohnya adalah dalam hal menjaga kebersihan lingkungan rumah. Biasanya di dalam keluarga ditetapkan tugas-tugas anggota keluarganya dalam merawat kebersihan rumah seperti mengepel lantai, menyapu, menguras bak mandi dan sebagainya.

Selain hal itu, contoh lain di lingkungan rumah adalah anak yang membantu ibu saat memasak. Kegiatan tersebut seperti membantu mengupas bawang, mencuci sayur, dan sebagainya. Membantu menjaga adik yang masih kecil juga termasuk kegiatan bekerja bersama dengan ibu yang biasanya dilakukan di lingkungan rumah sendiri.

  1. Lingkungan sekolah

Bekerja bersama-sama juga sering diterapkan di lingkungan sekolah. Salah satu contoh yang paling mudah adalah melaksanakan kegiatan piket harian di kelas. Dengan saling bahu membahu membersihkan ruang kelas bersama rekan lain yang mendapat jadwal yang sama tentu akan membuat kegiatan piket menjadi lebih ringan dan cepat selesai.

Selain menjalankan piket bersama, bentuk bekerja bersama lain di lingkungan sekolah adalah dengan saling bantu satu sama lain. Membantu dalam hal ini bisa berupa bantuan dalam memahami pelajaran yang susah dimengerti. Dengan belajar bersama-sama tentu akan membuat pelajaran yang sulit akan lebih mudah dipahami dan dimengerti.

  1. Lingkungan masyarakat

Salah satu bentuk dalam bekerja bersama yang paling sering dilakukan adalah di lingkungan sekitar tempat tinggal. Salah satu kegiatan tersebut adalah dengan gotong royong. Dalam kegiatan ini semua warga membaur, bersatu padu membersihkan lingkungan sekitarnya agar menjadi lebih bersih dan terhindar dari segala macam penyakit. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebulan sekali sesuai dengan kesepakatan.

Contoh yang lain adalah dengan adanya kegiatan ronda atau siskamling. Kegiatan ini merupakan kegiatan menjaga keamanan dan ketertiban desa yang dilakukan oleh beberapa orang atau lebih di malam hari. Namun kegiatan meronda ini kini sudah mulai ditinggalkan dengan adanya satpam ataupun hansip yang disewa untuk menjaga keamanan warga.

  1. Regional

Sesuai dengan makna kerjasama yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal itu tidak hanya berlaku bagi individu atau kelompok tertentu tetapi juga berlaku untuk tingkat regional atau negara. Hal ini biasanya dilakukan oleh antar negara-negara yang ada di dunia untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam memfasilitasi hal itu maka munculah organisasi-organisasi tingkat dunia seperti PBB dan sebagainya.

Salah satu contoh dalam kegiatan tersebut adalah dibentuknya ASEAN yaitu Association of South East Asian Nation. ASEAN merupakan organisasi dengan anggotanya adalah negara-negara yang ada di asia tenggara. Dengan adanya organisasi ini memungkinkan terjadinya kerjasama Indonesia dengan negara di Asia Tenggara ataupun sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *