Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Tepat Guna Berbagai Model

5 min read

Kandang Ayam Petelur

Bagi Anda yang memiliki peliharaan ayam petelur atau bahkan berbisnis di dalamnya, maka hal yang paling penting dilakukan adalah melindungi hewan-hewan itu dari segala bahaya. Misalnya dari hewan yang sewaktu-waktu dapat memangsanya. Untuk itu, Anda bisa membuat kandang ayam petelur yang tepat yang akan melindungi hewan peliharaan Anda tersebut.

Manfaat penggunaan kandang adalah memudahkan pengontrolan kondisi dari ayam tersebut, memungut hasil panen dengan cepat dan mudah yaitu telur ayam, memudahkan dalam memberi mereka pakan, dan juga memudahkan dalam mencegah penyakit yang mungkin muncul atau mencegahnya sebelum terjadi. Sehingga Anda harus tahu lebih dulu, bagaimana model kandang ayam petelur yang tepat.

Lalu bagaimana desain kandang ayam petelur yang tepat guna ? Berikut ulasan Jurnal Manajemen mengenai kandang ayam petelur :

Artikel Terkait
Pakan Ayam Petelur
Bibit Ayam Petelur
Harga Ayam Petelur

Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

Tentunya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, dalam membuat kandang ayam yang tepat. Anda bisa mencoba membuat kandang ayam petelur jenis baterai, atau kandang baterai. Bentuk dari kandang baterai ini adalah sangkar dengan empat persegi panjang, yang mampu menampung ayam-ayam dewasa dengan jumlah minimal satu ayam dan maksimal dua ayam.

Bila Anda tertarik untuk membuat kandang jenis ini, maka ikuti langkah dan cara buat Kandang Ayam Petelur berikut ini :

1. Persiapkan Bahan Kandang Terlebih Dahulu

Bahan dalam pembuatan kandang ayam ini adalah kawat/bambu. Kandang ini bisa Anda buat sendiri, dengan langkah yang mudah. Dalam membuat kandang baterai ini dibutuhkan ketelitian, agar ukuran dan hasilnya tepat.

2. Persiapkan Ukuran Kandang Ayam Petelur

Ukuran kandang baterai ini merupakan jenis ukuran standar yang memang biasa digunakan oleh para peternak ayam petelur, dalam membuat kandang. Ukuran dari kandang ini nantinya akan memengaruhi kesehatan serta produktivitas dari ayam-ayam tersebut. bukan hanya berpengaruh pada kesehatan ayamnya saja, tapi juga berpengaruh pada biaya pembuatan.

Dalam membangun suatu jenis usaha/bisnis memang tak terlepas dari usaha yang kita keluarkan. Bentuknya dibuat memanjang dan disertai dengan sekat yang ukurannya kecil, panjangnya bisa Anda samakan dengan kebutuhan. Ukuran sekat bisa menggunakan jenis ukuran di bawah ini :

  • Panjang 40 cm
  • Lebar 40 cm
  • Tinggi depan 37 cm
  • Tinggi belakang 30 cm

Pada kandang ayam baterai ini ventilasinya sangat terbuka, dan dibuat menjadi beberapa sisi. Yaitu sisi belakang, samping, depan, dan atas. Bagian atasnya dibuat miring, tujuannnya supaya ketika panen telur bisa berguling atau menggelinding ke arah depan. Pada sekat kandang ini, cukup 1-2 ayam saja yang menempatinya.

Ukuran pada jarak antara bilahan bambu/kayu yaitu sekitar 5 sampai 7 cm. hal itu dilakukan agar kepala ayam masuk dengan mudah dan sirkulasi udaranya menjadi lancar.

3. Pembuatan Tempat Pakan dan Minum Pada Kandang

Pertama-tama Anda bisa menempelkan bagian tempat makan dan minumnya yaitu pada kandang bagian depan. Sebaiknya taruh tempat makan di bagian bawah tempat minum, agar bila ada sisa makanan yang jatuh tidak akan mengotori bagian tempat minumnya.

Pemilihan bahan untuk tempat makan dan minumnya bisa dari apa saja, yang penting kuat dan aman. Anda bisa memilih bahan pipa paralon atau kayu yang panjangnya dibuat sesuai dengan ukuran dari kandang yang Anda buat tersebut.

4. Lokasi Kandang

Memilih lokasi untuk menempatkan kandang ini tentu harus menjadi perhatian Anda dalam Beternak Ayam Petelur. Sebaiknya Anda memilih lokasi yang cenderung dalam kondisi kering, bagian lantainya tanah saja supaya kandungan air dan kotoran yang berasal dari ayam akan menyerap ke dalam tanah dengan mudah. Pilih juga lokasi yang jauh dari tempat tinggal warga.

Anda juga bisa membuat kandang yang tidak ada dindingnya, agar bau yang berasal dari zat amoniak kotoran ayam dapat tertiup angin begitu saja. Kemudian Anda juga bisa membuat kandang ayam petelur modern, dengan bentuk yang bertingkat. Paling banyak sekitar 3 sampai 4 tingkat saja.

Perlu diingat bahwa susunan kandangnya jangan dibuat vertikal, namun bagian atas kandangnya disusun menjorok ke bagian belakang supaya kotoran ayam tidak mudah jatuh ke bagian kandang yang ada di tingkat bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Kandang Ayam Baterai

kandang ayam petelur
kandang ayam petelur | sumber : Ig @ramdanfarm

Pada setiap jenis kandang, tentu terdapat keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Termasuk juga jenis kandang ayam baterai yang satu ini. Berikut ini kelebihannya :

  1. Kandang akan memperoleh ventilasi yang sifatnya alami supaya ayam merasa nyaman berada di dalamnya.
  2. Kemungkinan ayam dimangsa oleh hewan-hewan besar lainnya, lebih mudah dihindari.
  3. Akan lebih mudah dalam mengetahui mana ayam yang sedang mengalami penglihatan yang sakit.
  4. Memudahkan proses pengontrolan pada produksi ayam dan pakan serta minum ayam tersebut.
  5. Dengan tinggal di kandang baterai, maka energi ayam akan lebih terjaga dengan baik.
  6. Telur yang dihasilkan oleh ayam itu, lebih bersih dan produksinya juga rutin.

Kekurangan dari kandang ayam petelur jenis baterai yaitu :

  1. Pada segi biaya, pembuatan kandang di awal terbilang lebih mahal.
  2. Jika Anda telat membersihkan kandang, maka kandang akan menjadi mudah bau dan dihinggapi oleh lalat.
  3. Bila ternyata Anda memilih jenis pakan yang kurang berkualitas maka ayam akan lebih mudah terserang defisiensi nutrisi.
  4. Ayam lebih mudah mengalami kelumpuhan, karena jika dimasukkan ke dalam kandang dalam waktu yang belum tepat maka bagian otot ayam akan menjadi lemah.

Desain Kandang Ayam Petelur

Desain kandang ayam petelur baterai
Desain kandang ayam petelur baterai | sumber : jualayamhias.com

Alasan seseorang beternak ayam atau berbisnis ayam petelur, tentu berbeda-beda. Tapi akan lebih baik jika memelihara ayam petelur ini sekaligus juga mendapatkan keuntungan, karena dengan begitu akan lebih banyak manfaatnya. Kandang baterai menjadi jenis kandang yang cukup populer, artinya lebih banyak digunakan oleh para peternak ayam petelur tersebut.

Sehingga ketika Anda ingin membuat kandang ayam yang tepat bagi ayam-ayam peliharaan Anda, Anda bisa menggunakan kandang baterai tersebut. harga kandang ayam petelur jenis baterai ini berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, atau anggaran yang Anda miliki dalam membuat kandang yang tepat bagi ayam-ayam tersebut.

Mengapa banyak orang yang lebih memilih kandang ayam jenis baterai? Karena desainnya memang dibuat lebih modern, banyak fungsinya, dan tentu membuat ayam-ayam itu aman dan nyaman. Anda bisa memilih bahan kandang yang dibuat dari bambu/kayu, atau bisa juga menggunakan bahan kawat. Semuanya bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan jumlah ayam yang Anda miliki.

Bahan pembuatan kandang ayam ini tentu akan berpengaruh pada tingkat keawetan kandang tersebut. misalnya pada contoh kandang ayam petelur yang dibuat dari bambu, biasanya kekuatannya kurang tahan lama. Walaupun biaya pembuatannya cenderung lebih murah dibanding kawat.

Syarat Membuat Kandang Ayam Petelur

Peran kandang untuk ayam petelur, adalah untuk sarana produktivitas telur yang dihasilkan oleh ayam itu sendiri. Sehingga persiapan dalam membuat kandang harus tepat guna. Kandang yang Anda buat tersebut harus benar-benar sudah siap ditempati oleh ayam peliharaan Anda. Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan, dalam membuat kandang ayam yang baik :

  1. Jangan membuat kandang yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan merugikan pihak lain.
  2. Buat kandang yang memudahkan dalam segala hal, supaya proses beternak pun menjadi lebih mudah.
  3. Buat lokasi penempatan kandang yang jauh dari tempat penduduk. Hal itu bukan hanya memberi kenyamanan pada warga sekitar saja, tetapi juga pada ayam-ayam tersebut dalam memproduksi telur.
  4. Untuk kenyamanan kandang tersebut, sebaiknya buat kandang yang letaknya mengarah ke timur dan menuju ke barat.

Jenis-Jenis Kandang Yang Bisa Anda Pilih

Ada dua jenis kandang yang bisa Anda pilih dalam berbisnis ayam petelur. Yaitu kandang postal (koloni) dan baterai. Berikut masing-masing penjelasannya :

1. Kandang Postal

Kandang Ayam Petelur postal
Kandang Ayam Petelur postal | sumber : chickenfarm11.blogspot.com

Adalah kandang ayam yang dimana sistem pemeliharaan/perawatannya menyatukan ayam-ayam di satu kandang atau satu tempat, secara bersamaan. Ayam-ayam itu akan dikelompokkan kembali, dalam satuan jenis kandang postal. Jumlah ayam yang dimasukkan ke dalam kandang ini, jumlahnya bisa sangat banyak yaitu mencapai ribuan ayam.

Ruang gerak pada masing-masing ayam di dalamnya, diukur sekitar 250 cm2 saja. Kondisi ini tentu akan membuat ayam menjadi sulit bergerak.

2. Kandang Baterai

Kandang Ayam Petelur Baterai
Kandang Ayam Petelur Baterai | sumber : pinterest

Biasanya ukuran panjang kandang ini adalah 40 cm dengan lebar sekitar 20 cm. tinggi kandang biasanya akan disesuaikan lagi dengan tinggi dari ayam-ayam tersebut. bentuknya dibuat menyambung satu dengan yang lainnya. Sehingga kandang tersebut akan membentuk unit yang paling panjang, yang nantinya akan sanggup menampung jumlah ayam yang sangat banyak. sekitar ratusan hingga ribuan ekor ayam. Walaupun dibuat menjadi satu per satu ekor, tetapi kandang ini juga bisa dibuat secara berkelompok.

Contohnya di dalam satu kandang ini, ada sekitar 6 ekor ayam dalam ukuran maksimal. Hanya saja pembuatan luas kandangnya juga disesuaikan kembali dengan jumlah ayam tersebut. bagi Anda yang memiliki Bisnis/Usaha Ayam Petelur, maka penggunaan kandang baterai ini memang lebih baik. Karena ayam ini akan memberi udara segara yang keluar masuk bagi ayam tersebut.

Tipe Lantai Pada Kandang

Kandang Ayam Petelur Lantai Bambu
Kandang Ayam  Lantai Bambu | sumber : Ig @ramdanfarm

Harga kandang ayam petelur dari bambu terbilang cukup murah, biasanya harganya hanya sekitar Rp.48.000 saja. Walaupun harga tetap bergantung pada kualitas bahan dan kondisi serta bentuk dari kandang tersebut. tetapi jika Anda ingin memperoleh kandang dengan desain yang lebih modern, atau sesuai keinginan maka Anda bisa membuatnya sendiri.

Cara bikin kandang ayam petelur juga cukup mudah. Anda bisa membuat beberapa tipe lantai yang berbeda. Bentuk lantainya bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda dalam membuat kandang yang diinginkan. Biasanya bagian lantainya hanya tanah saja atau bisa juga dengan menggunakan semen, yang di bagian atasnya ditambahkan sekam.

Atau bisa juga dengan sisa dari hasil gergajian atau yang dinamakan dengan istilah litter. Jika Anda membuat sendiri kandang ayam ini, maka Anda bisa memilih tipe lantai kandang panggung/slat. Jika Anda memilih kandang jenis baterai, maka tipe lantainya bisa menggunakan kandang panggung. Tetapi jika Anda membuat kandang postal/koloni maka Anda bisa memilih tipe lantai litter.

Meskipun Anda bisa memilih jenis kandang apa saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam berbisnis, tetapi banyak juga peternak yang mengkombinasikan jenis kandang yang mereka gunakan. Artinya mereka menggunakan dua jenis kandang tersebut, pada bisnis/usaha ternak ayam petelur mereka.