Berbagai Jenis Ikan Louhan Kamfa Beserta Ciri-Ciri dan Harganya

5 min read

Di Indonesia Ikan louhan merupakan salah satu ikan hias yang sempat booming pada tahun 2000-an. Saat itu harga ikan louhan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah per ekornya. Hal ini karena ikan louhan diyakini bisa membawa keberuntungan (hoki), keberkahan, kemakmuran, keselamatan, dan lain sebagainya. Jenong di kepalanya digambarkan seolah-olah ikan ini adalah jelmaan dewa tertentu yang bisa membawa kebaikan, kemakmuran dan kekayaan.

Meskipun tidak sebooming  tahun 2000-an, saat ini ikan louhan kembali banyak diminati oleh para pecinta ikan hias.  Bisnis ikan hias berkepala nonong ini mulai menggeliat lagi, yang ditandai mulai bermunculan pembudidaya ikan louhan dan seringnya diadakan kontes ikan louhan di berbagai tempat.

Asal Usul Louhan Kamfa

Salah satu ikan louhan yang sering dibudidayakan dan sering mengikuti kontes adalah jenis ikan louhan kamfa. Ikan louhan kamfa diketahui berasal dari Thailand, yang merupakan andalan sebagai ikan louhan kontes dan juga penghias aquarium rumah.

Penampilannya dengan corak warna yang cantik dan bentuk tubuh elegan menjadikan harga ikan louhan kamfa mahal. Saat booming ikan louhan di tahun 2000-an, harga jual louhan kamfa bisa mencapai 10 juta rupiah. Ikan louhan kamfa kontes yang sering menang di berbagai macam jenis lomba akan memiliki harga jual lebih tinggi.

Ikan louhan kamfa ini juga sering  di kenal dengan sebutan golden flower, yang muncul pada tahun 2000-2001. Jenis louhan kamfa ini merupakan hasil hibrida dari setiap jenis ikan louhan yang disilangkan dengan jenis genus vieja atau parrot chichlid jenis apapun. Persilangan tersebut menghasilkan ikan louhan baru dengan mulut lebih pendek, ekor kipas, mata lebih cekung dan jenong yang lebih besar, yang merupakan karakterisitik ikan louhan kamfa.

Ikan louhan kamfa terkenal karena tubuhnya memiliki warna yang cerah dan kepala yang menonjol. Pola hitam di tubuhnya akan terlihat menyerupai karakter Cina. Ikan louhan kamfa merupakan salah satu ikan yang dapat dijadikan pilihan pehobi ikan hias meskipun harganya lumayan mahal.

 

Baca Juga : Berbagai Jenis Ikan Louhan SRD 

 

Ciri-Ciri Ikan Louhan Kamfa Dengan Kualitas Super

Untuk mengenali ikan louhan kamfa ini sangat mudah, karena berbeda dengan jenis louhan lainnya. Kita harus bisa memilih ikan louhan kamfa yang mempunyai kualitas super khususnya jika kita ingin nantinya ikan louhan kamfa yang kita pelihara bisa mengikuti kontes dan menjadi  juara.

Berikut ini adalah ciri-ciri ikan louhan kamfa kontes dengan kualitas super :

1. Bentuk Tubuh Ikan Louhan Kamfa

Bentuk tubuh adalah ciri-ciri pertama untuk dapat membedakan ikan louhan kamfa dengan jenis ikan louhan lainnya.  Ikan louhan Kamfa memiliki bentuk tubuh agak kotak, serta lebih panjang atau lonjong dari ukuran louhan pada umumnya. Selain itu ukuran sirip tubuh ikan louhan kamfa lebih panjang dan melebar.

2. Mata Ikan Louhan Kamfa

Pada umumnya mata ikan louhan kamfa berkualitas adalah berwarna kuning keputihan, berbentuk kecil dan cekung.  Ada juga jenis ikan louhan kamfa yang mempunyai mata berwarna merah, akan tetapi sangat jarang ditemukan. Jika ada pasti harganya juga lebih mahal jika dibandingkan louhan kamfa mata putih atau kuning.

3. Bibir Ikan Louhan Kamfa

Ciri-ciri ikan louhan kamfa kualitas super selanjutnya bisa dilihat dari bibirnya. Bibir ikan louhan kamfa sangat mudah dibedakan dengan ikan louhan jenis lainnya, yaitu bahwa ikan louhan kamfa mempunyai bentuk bibir yang rata, dengan bagian bawah dan atas sama panjang dan rapat.  Sedangkan jenis louhan lain biasanya memilki bentuk bibir yang monyong, dengan ukuran bibir bawah lebih besar daripada bibir atas.

4. Ukuran Sisik Ikan Louhan Kamfa

Ukuran sisik ikan louhan kamfa umumnya lebih besar dan tebal dibandingkan ikan louhan jenis lainnya. Hal  inilah yang mengakibatkan harga ikan louhan kamfa cenderung lebih mahal.

5. Sirip Ikan Louhan Kamfa

Yang membuat ikan louhan kamfa berbeda dari yang lain adalah sirip yang dekat dengan kepala berbentuk kaku yang merupakan bawaan sejak masih anakan, saat berenang maka siripnya terihat lebar dan selalu berdiri tegak.  Sedangkan sirip ekor jenis louhan kamfa ini berbentuk seperti kipas.

Untuk sirip bagian bawah agak lebar dan merapat ke ekor,  yang dikenal dengan nama wrap tail (sirip menutup).

6. Warna Ikan Louhan Kamfa

Ciri khas dari ikan louhan kamfa adalah tubuhnya didominasi  corak warna merah merona dan terdapat bintik-bintik silver dari kepala hingga ujung ekor.  Sedangkan pola corak warnanya meyerupai bunga, lebih besar dan terlihat lebih rapih jika dibandingkan dengan jenis  ikan louhan lainnya.

Cara Membedakan Ikan Louhan Kamfa Jantan dan Betina Indukan

Selain mengetahui ciri-ciri ikan louhan kamfa berkualitas, kita juga perlu mengetahui perbedaan antara ikan louhan kamfa jantan dan betina. Hal ini penting khususnya jika kita ingin membudidayakan / beternak louhan kamfa atau mungkin hanya sekedar untuk memelihara di akuarium.

Berikut ini beberapa  tips untuk membedakan jenis kelamin louhan kamfa jantan dan betina yang mengacu pada ciri-ciri louhan jantan dan betina secara umum :

1. Bentuk Tubuh

Ikan louhan kamfa jantan pada umumnya mempunyai ukuran tubuh lebih besar dibanding louhan kamfa  betina pada usia yang sama.  Bentuk tubuh Indukan ikan louhan kamfa jantan lebih melebar dan memanjang, sedangkan indukan ikan louhan kamfa betina memiliki bentuk tubuh panjang dan cenderung ramping. Bentuk muka ikan louhan kamfa betina juga terlihat lebih lancip daripada ikan louhan kamfa jantan.

2. Jenong

Jenong ikan louhan kamfa jantan akan memiliki ukuran lebih lebih besar, lebih panjang, lebih menonjol daripada louhan kamfa betina, meskipun umurnya sama. Ikan louhan kamfa betina juga memiliki jenong, tetapi ukurannya lebih kecil dan cenderung tidak bercorak.

3. Warna Tubuh

Warna dan corak bintik dari ikan louhan kamfa jantan lebih indah, bervariasi, dan cenderung lebih cerah, sehingga menambah daya tariknya. Sedangkan ikan louhan kamfa betina juga memiliki warna yang cantik, tetapi warnanya biasanya lebih pucat.

4. Alat Kelamin

Untuk membedakan jenis kelamin ikan louhan kamfa juga bisa dilakukan dengan pengamatan organ kelaminnya (melakukan venting). Pada ikan louhan kamfa jantan terlihat alat kelamin berbentuk benjolan yang keluar dari sekitar perutnya, sedangkan pada  ikan louhan kamfa betina berbentuk cekungan. Jika alat kelamin ikan jantan indukan ditekan maka akan keluar sedikit cairan sperma berwarna putih. Pada  ikan betina indukan akan keluar cairan berwarna kekuning-kuningan yang merupakan sel telur.

perbedaan louhan jantan dan betina
perbedaan louhan jantan dan betina | source : fishlore.com

 

Selain berdasarkan ciri-ciri fisik tersebut, kita juga bisa membedakan jenis kelamin ikan louhan kamfa dari perangainya. Ikan louhan kamfa jantan biasanya lebih agresif dan cenderung menyerang, sedangkan ikan louhan kamfa betina lebih gemulai dan anggun dalam bergerak.

Ikan louhan kamfa terbilang lebih susah dikembangbiakan, karena ikan jantan louhan kamfa membutuhkan waktu lebih lama dalam mencapai kematangan seksual, yaitu sekitar 1,5-2 tahun. Beberapa ikan louhan kamfa jantan juga memiliki masalah kesuburan. Meskipun belum bisa dipastikan, tetapi banyak kasus terjadi ikan jantan louhan kamfa mata putih lebih subur dibandingkan dengan yang bermata merah atau kuning.

 

Baca Juga : Ragam Jenis Makanan Ikan Louhan Biar Jenong Berkualitas

 

Jenis Ikan Louhan Kamfa dan Harga Terbaru

1. Ikan Louhan King Kamfa

louhan king kamfa
louhan king kamfa | source : ecs7.tokopedia.net

Ikan Louhan King Kamfa atau KKF merupakan pengembangan dari louhan kamfa oleh pembudidaya ikan louhan Thailand. Kualitasnya yang super menjadikan ikan louhan king kamfa menjadi salah satu ikan louhan termahal di dunia. Ciri-ciri ikan louhan king kamfa adalah memiliki jenong jauh lebih besar dan bintik-bintik mutiara di tubuhnya juga lebih banyak, lebih rapih dan lebih besar. Hal ini mengakibatkan tubuhnya lebih dominan berwarna silver karena banyaknya bintik-bintik mutiara.

Harga ikan louhan king kamfa dewasa di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 4.500.000 per ekor.  Sedangkan harga anakan ikan louhan king kamfa dijual dengan harga sekitar Rp 600.000 per ekor.

2. Ikan Louhan Kamfa Klasik

louhan kamfa klasik
louhan kamfa klasik | source : ecs7.tokopedia.net

Jenis selanjutnya dari  ikan louhan kamfa adalah louhan kamfa klasik yang memiliki dua warna pada tubuhnya. Dari bagian kepala sampai  tengah tubuhnya berwarna merah, sedangkan pada bagian tengah sampai ke ekor berwarna silver keputihan, kadang-kadang ada juga yang berwarna kuning. Pola mutiara pada sisik ikan louhan kamfa klasik lebih kecil dan hanya terdapat pada bagian tengah tubuh sampai ekornya.

Harga ikan louhan kamfa klasik di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 3.000.000 per ekor. Sedangkan harga anakan louhan kamfa klasik dijual dengan harga sekitar Rp 400.000 per ekor.

3. Ikan Louhan Kamfa Modern

louhan kamfa modern
louhan kamfa modern | source : ikanhias-id.blogspot.com

Ikan louhan kamfa jenis ini hampir sama dengan ikan louhan kamfa klasik. Bedanya, jenis ikan louhan kamfa modern ini memiliki ukuran tubuh cenderung lebih kecil dan jenong  kepala lebih kecil. Ikan louhan kamfa modern juga memiliki corak warna sangat cantik dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Sayangnya ikan louhan kamfa modern sangat langka, sehingga harganya cenderung lebih mahal.

Harga ikan louhan kamfa modern dewasa di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 4.000.000 per ekor.  Sedangkan harga anakan louhan kamfa modern dijual dengan harga sekitar Rp 500.000 per ekor.

4. Ikan Louhan Kamfa Thailand

louhan kamfa thailand
louhan kamfa thailand | source : OLX

Seperti namanya, jenis ikan louhan kamfa ini berasal dari Thailand. Ikan louhan kamfa Thailand adalah hasil persilangan antara ikan louhan kamfa dan ikan louhan cencu. Ciri khas dari ikan louhan kamfa Thailand adalah memiliki jenong yang tidak terlalu besar meskipun sudah dewasa. Warna tubuhnya adalah merah pudar dengan marking pola hitam besar dari kepala hingga ekor.

Harga ikan louhan kamfa thailand dewasa bisa di pasaran dijual dengan harga kisaran Rp 2.500.000 per ekornya. Sedangkan harga ikan louhan kamfa thailand anakan dibandrol sekitar Rp 200.000 per ekor.

Selain itu ada hal lain yang mempengaruhi harga ikan louhan, yaitu nama serian yang diberikan oleh breeder atau pembudidaya louhan sebagai identitas atau merk dagang. Semakin terkenal bagus kualitasnya maka ikan louhan dengan nama serian tersebut akan semakin mahal harganya.

Untuk ikan louhan kamfa lokal ada serian Louhan Kamfa Dragon(KD) yang breedernya adalah Yosa Santosa Jumharto, memiliki kualitas bagus meskipun agak sulit ditemui di pasaran. Sementara yang dari luar untuk kamfa dari Thailand ada beberapa yang dikenal, seperti serian 9.9 dari Mao Pladang, take5 dan lain sebagainya.

Ikan louhan kamfa kontes merupakan ikan louhan yang memiliki bentuk dan warna yang sangat indah, sehingga tidak mengherankan  jika harganya cukup mahal.

Demikian informasi yang dapat Jurnal Manajemen bagikan mengenai ikan louhan kamfa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk membaca artikel Jurnal Manajemen lainnya untuk menambah wawasan terkini.