Daftar Harga Ikan Kerapu Per Kg Berbagai Jenis Terbaru [UPDATE]

5 min read

Harga Ikan Kerapu.

Apakah Anda adalah penyuka ikan kerapu, yaitu sejenis ikan yang banyak dijadikan komoditi budidaya oleh para nelayan. Alasan utama ikan ini banyak digemari adalah memiliki rasa yang enak dan juga harga jualnya cukup tinggi. Walaupun demikian ikan ini tetap banyak yang mencarinya, tidak heran jika ikan kerapu ini menjadi primadona sejak dulu. Tahukan Anda berapa Harga Ikan Kerapu di pasaran saat ini.

Ikan kerapu termasuk jenis ikan yang memang memiliki harga cukup tinggi. Ikan ini termasuk dalam kategori predator yang cukup besar di lautan. Habitat ikan ini berada di laut dangkal, laut dalam, dan ada juga yang hidup di muara sungai. Ciri fisik ikan kerapu ini adalah memiliki susunan gigi yang runcing dan rongga mulut yang lebar. Untuk ukurannya ikan kerapu ini dapat mencapai panjang 2 meter dengan berat ikan hingga ratusan kilogram.

 

Baca Juga : Ikan Kerapu : Jenis, Cara Budidaya, Manfaat, Makanan, Dll [Terlengkap]

 

Harga Ikan Kerapu

Hal yang mempengaruhi murah atau mahalnya  harga ikan kerapu ini adalah kondisi ikan ketika dijual, ikan kerapu yang masih dalam kondisi hidup ketika ditangkap akan jauh lebih mahal harganya dibandingkan dengan ikan kerapu yang sudah mati. Jenis dan ukuran ikan kerapu juga ikut mempengaruhi harga ikan tersebut. Beberapa jenis ikan kerapu yang banyak ditemukan di pasaran antara lain:

1. Ikan Kerapu Macan

gambar Ikan Kerapu Macan
gambar Ikan Kerapu Macan | sumber : agapituscy.blogspot.com

Salah satu ciri khas dari ikan kerapu jenis macan ini adalah memiliki corak warna kuning dengan bentuk lekukan hampir sama dengan corak pada macan. Ikan kerapu macan ini kan mudah Anda temukan di balik terumbu karang sebagai habitatnya. Ciri yang membuat unik lainnya adalah warna kulit ikan ini dapat menyerupai warna pada terumbu karang tempatnya bersembunyi.

Dengan warna kulit tersebut ikan kerapu macan ini dapat mengelabui mangsanya dan bisa menangkap mangsa dengan mudah. Walaupun kerapu macan ini cukup terkenal namun harga ikan kerapu macan ini dapat dikatakan paling murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Pertumbukan ikan jenis ini sangat cepat dan paling mudah untuk dibudidayakan. Di pasaran kerapu macan ini dijual dengan harga Rp. 120.000 untuk satu kilogramnya.

2. Ikan Kerapu Merah

gambar Ikan Kerapu merah
gambar Ikan Kerapu merah | sumber : tokopedia (modern life)

Jenis ikan kerapu merah ini adalah jenis ikan yang memiliki rasa daging yang nikmat dan enak. Warna dari ikan kerapu merah juga menarik sehingga membuat ikan ini lebih mahal harganya dibandingan dengan ikan kerapu jenis yang lainnya. Selain itu petani juga lebih sulit untuk membudidayakan sehingga harga ikan kerapu merah ini dapat mencapai Rp. 375 ribu per kilogramnya.

Ikan kerapu merah ini juga banyak yang menyebutnya ikan kerapu sunu, memiliki habitat di laut dalam yang memiliki banyak terumbu karang sebagai tempat tinggal dan persembunyiannya untuk mengawasi mangsanya. Ikan ini juga menggunakan terumbu karang guna menghindari serangan predator yang lainnya. Hal ini lah yang membuat harga ikan kerapu sunu ini tinggi dan sulit ditemukan di pasaran.

3. Ikan Kerapu Tikus

gambar Ikan Kerapu Tikus
gambar Ikan Kerapu Tikus | sumber : tokopedia (kawan sukses abadi)

Dari jenis ikan kerapu yang ada di pasaran saat ini, jenis ikan kerapu tikus inilah yang paling banyak dibudidayakan oleh para petani. Selain karena daging ikan kerapu jenis tikus ini adalah yang paling enak untuk dikonsumsi, sehingga harga ikan kerapu tikus ini yang paling tinggi dibandingkan dengan harga ikan kerapu yang lainnya, sehingga sangat menguntungkan bagi petani budidaya.

Ciri khas dari ikan jenis ini adalah memiliki corak sisik dengan bentuk bintik-bintik. Ciri yang lainnya adalah memiliki moncong yang hampir mirip dengan bentuk moncong bebek. Di beberapa daerah ikan ini disebut juga dengan ikan kerapu bebek. Karena dagingnya yang paling enak membuat harga ikan kerapu bebek ini bisa mencapai Rp 420.000 satu kilogramnya.

4. Ikan Kerapu Batu

gambar Ikan Kerapu batu
gambar Ikan Kerapu batu | sumber : ahsanfile.wordpress.com

Sesuai dengan Namanya, ikan kerapu jenis batu ini memiliki corak dengan warna dominan hitam. Ikan jenis ini hampir sama dengan ikan kerapu jenis bebek. Salah satu hal yang membedakannya adalah ikan kerapu batu ini memiliki ukuran kepala yang lebih dibandingkan dengan ikan kerapu bebek. Habitat hidupnya hampir sama dengan yang lainnya yaitu di terumbu karang.

Bagi para penyuka kegiatan memancing, ikan kerapu batu ini sering dibuat untuk target memancing yang paling banyak digemari. Jenis ikan ini juga banyak dibudidayakan oleh nelayan dan petani. Sedangkan untuk harganya, ikan ini memiliki harga yang cukup terjangkau sebab ketersediaan ikan ini cukup banyak. Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan harga Rp. 230.000 per kilogram.

5. Ikan Kerapu Kertang

gambar Ikan Kerapu kertang
gambar Ikan Kerapu kertang | sumber : fadilahwitri.blogspot.com

Apabila Anda ingin mengetahui jenis ikan kerapu yang paling besar di dunia adalah ikan kerapu jenis kertang ini. Ukuran kerapu kertang ini bisa mencapai 1,5 meter dengan berat lebih dari 100 kilogram. Ciri khas dari ikan kerapu kertang ini adalah mempunyai warna putih yang memanjang dari kepala hingga ujung ekor. Tubuh ikan dibungkus dangan kulit bercorak bintik-bintik warna hitam.

Harga kerapu untuk jenis kertang ini cukup terjangkau dipasaran. Namun ikan ini memiliki kelemahan yaitu semakin besar ukurannya maka harganya akan semakin murah. Di pasaran ikan kerapu kertang ini dapat dijual dengan harga Rp. 175.000 saja untuk setiap kilogramnya. Termasuk harga ikan kerapu per kilo yang murah dibandingkan dengan harga ikan jenis lainnya.

6. Ikan Kerapu Lumpur

gambar Ikan Kerapu lumpur
gambar Ikan Kerapu lumpur | sumber : foss-seafood.com

Jenis ikan kerapu yang lainnya adalah ikan kerapu lumpur. Ikan ini sering dijadikan sasaran empuk oleh para penghobi mancing dan juga nelayan yang mencari ikan. Habitat hidupnya banyak di temukan di sekitar muara sungan atau wilayah perbatasan antara pertemuan air sungai dan air laut. Jumlah ikan kerapu ini juga cukup banyak di alam liar.

Secara fisik, ikan kerapu lumpur ini memiliki corak warna yang dominan hitam dan bercak abu atau putih. Ukuran kerapu lumpur ini hampir sama dengan kerapu kertang. Untuk harganya ikan ini termasuk ikan kerapu yang murah dan banyak dijual dipasaran karena semakin besar ikan akan memiliki harga yang semakin murah. hanya Rp. 150.000 saja.

7. Ikan Kerapu Kustang

Gambar Kerapu kustang
Gambar Kerapu kustang | sumber : rochimarmandoblog.wordpress.com

Satu lagi jenis ikan kerapu yang cukup unik. Jenis kerapu kustang ini merupakan perpaduan dari hasil persilangan Harga ikan kerapu per kg antara ikan kerapu jenis kertang dan tikus. Dari hasil persilangan tersebut dihasilkan keturunan ikan kerapu yang berkualitas. Kerapu kertang ini memiliki rasa daging yang nikmat dan mirip dengan kerapu jenis tikus. Selain itu perkembangan kerapu kustang ini cukup pesat.

Dengan keunikan dan kelebihan yang dimilikinya, membuat ikan kerapu kustang ini cukup mahal harganya di pasaran. Selain daging ikan yang memiliki cita rasa empuk, gurih, dan enak juga kualitas ikan yang lebih baik. Untuk jenis kustang ini harga ikan kerapu sekilo dibandrol sekitar Rp. 405.000 di pasaran. Harga ini termasuk mahal namun sebanding dengan rasanya.

8. Ikan Kerapu Cantang

gambar : Ikan Kerapu Cantang
gambar : Ikan Kerapu Cantang | sumber : penyuluhpi.blogspot.com

Kerapu cantang ini juga termasuk ikan kerapu dari hasil persilangan dari ikan kerapu jenis yang lainnya. Kerapu cantang dihasilkan setelah adanya persilangan antara ikan kerapu jenis macan dengan ikan kerapu jenis kertang. Para petani banyak menggunakan ikan kerapu kertang sebagai indukan daripada menggunakan kerapu jenis yang lainnya.

Kerapu kertang memiliki sifat dapat beradaptasi dengan mudah dan memiliki tingkat perkembangan yang sangat pesat. Hasil dari persilangan tersebut didapatkan ikan kerapu jenis cantang. Harga ikan kerapu untuk jenis cantang ini sekitar Rp. 320.000 dan Anda akan mendapatkan daging ikan yang empuk, nikmat dan teksturnya bersih.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Mujair Harga Ikan Nila
Harga Ikan Lele Harga Ikan Gurame
Harga Ikan Bandeng Harga Ikan Bawal

Daftar Harga Ikan Kerapu Terupdate

Selain beberapa jenis ikan kerapu yang telah dijelaskan diatas, sebenarnya masih banyak jenis ikan kerapu lainnya yang ada di alam, namun tidak semuanya ada dipasaran karena habitatnya di laut dalam yang sulit untuk dijangkau para nelayan. Tentunya harga ikan tersebut bisa sangat mahal atau justru lebih murah. Contohnya adalah harga ikan kerapu bara, THS, sunu merah, sunu hitam, dan lainnya.

Jenis Ikan Kerapu

Kategori

Harga

Ikan Kerapu THS 0.9 up Rp. 100.000
Ikan Kerapu THS Super Rp. 130.000
Ikan Kerapu Champan 2.0 up Rp. 98.000
Ikan Kerapu Champan 0.9 Rp. 115.000
Ikan Kerapu Saising 0.9 up Rp. 79.000
Ikan Kerapu Saising Super Rp. 101.000
Ikan Kerapu Sunu Merah 0.9 up Rp. 330.000
Ikan Kerapu Sunu Merah Super Rp. 375.000
Ikan Kerapu Tungsing/ Sunu hitam 0.9 up Rp. 228.000
Ikan Kerapu Tungsing/Sunu hitam Super Rp. 135.000
Ikan Kerapu Kertang Rp. 175.000
Ikan Kerapu Macan Rp. 120.000
Ikan Kerapu Kustang Rp. 405.000
Ikan Kerapu Lumpur Rp. 150.000
Ikan Kerapu Tikus Rp. 420.000
Ikan Kerapu Cantang Rp. 310.000
Ikan Kerapu Baru Rp. 230.000
Ikan Kerapu Sunu Rp. 375.000

Demikian ulasan Jurnal Manajemen mengenai harga ikan kerapu terbaru yang dapat disajikan. Update informasi lain pada artikel-artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *