Daftar Harga Ikan Gurame Per Kilo di Pasaran Terbaru !

6 min read

harga ikan gurame

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang laris di pasaran karena banyak diminati oleh masyarakat. Selain dikarenakan harga ikan Gurame yang terjangkau, ikan berukuran jumbo ini juga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan beragam kuliner lezat. Manfaat ikan gurame bagi kesehatan juga menjadi alasan disukainya oleh masyarakat. Atas dasar alasan inilah pelaku usaha budidaya dan pedagang Gurame di Indonesia semakin meningkat.

Di Indonesia sendiri sebenarnya terdapat delapan jenis ikan Gurame yang banyak dibudidayakan serta dijual di pasaran. Harga jual Gurame di pasaran umumnya ditentukan berdasarkan besarnya ukuran dan jenis ikan tersebut. Berikut ini adalah informasi lengkap artikel Jurnal Manajemen mengenai harga berbagai jenis ikan Gurame yang dijual di pasaran.

Harga ikan Gurame berdasarkan jenisnya

  1. Ikan Gurame Jepun

harga gurame jepun
harga gurame jepun | source : bibitlele.net

Salah satu jenis ikan Gurame yang banyak diminati untuk dikonsumsi masyarakat adalah Jepun. Ikan Gurame Jepun dikenal juga dengan nama lain “Gurame Jawa Tengah” atau “Gurame Purwokerto”. Alasan penamaan ini adalah karena disesuaikan dengan tempat asal ikan ini dibudidayakan yaitu di daerah Puwokerto.

Sekilas, dari segi tampilan fisiknya ikan Gurame Jepun memang terlihat mirip dengan jenis Soang. Akan tetapi, apabila diteliti kembali maka Anda akan menemukan perbedaan dari kedua spesies ikan Gurame ini. Ya, letak perbedaan keduanya adalah pada bagian moncong dimana Gurame jepun memiliki ukuran moncong lebih panjang.

Bila Anda ingin mengolah berbagai kuliner lezat dengan menggunakan bahan dasar ikan Gureme Jepun, maka bisa langsung mengunjungi pasar terdekat. Umumnya, harga Gurame Jepun yang dijual di pasaran dibedakan menjadi dua berdasarkan kualitasnya, yaitu biasa dan super. Gurame Jepun berkualitas biasa di jual oleh para pedagang dengan harga sekitar Rp 40.000,00 per kg.

Sementara itu, untuk jenis ikan Gurame Jepun berkualitas super biasanya dijual dengan harga Rp 45.000,00 per kg. Baik Gurame Jepun kualitas biasa maupun super sama-sama bagus untuk Anda konsumsi. Selain memiliki daging yang bertekstur lembut dan gurih, Gurame Jepun juga mengandung berbagai macam protein dan mineral bermanfaat.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Jepun Biasa Rp 40.000,00
Ikan Gurame Jepun Super Rp 45.000,00
  1. Ikan Gurame Soang

harga ikan gurame soang
harga ikan gurame soang | source : bibitikan.net

Ikan Gurame Soang juga sering disebut dengan nama “ikan Gurame Jawa Barat”. Sebab dari daerah sinilah pertama kali Gurame Soang dibudidayakan terutama wilayah Ciamis dan sekitarnya. Jenis Gurame yang satu ini mempunyai ciri-ciri fisik yang khas yaitu pada bagian dahinya. Biasanya, dahi ikan jantan akan lebih menonjol apabila dibandingkan dengan yang betina.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka bentuk dahi ikan Gurame Soang akan semakin menonjol ke atas. Bentuk tonjolan di dahi tersebut memang bentuknya mirip dengan kepala angsa atau yang dalam bahasa Sunda disebut “Soang”. Mungkin atas dasar alasan inilah pemberian nama Gurame Soang dilakukan.

Ikan Gurame Soang bisa Anda temukan di banyak pasar tradisional maupun modern. Harga ikan Gurame per kg pada umumnya dibanderol pedagang dengan harga Rp 40.000,00-Rp 45.000,00 bergantung kualitasnya. Ikan Gurame berkualitas biasa bisa Anda dapatkan di pasaran dengan harga Rp 40.000,00. Sedangkan, Gurame kualitas super dijual pedagang dengan harga Rp 45.000,00.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Soang Biasa Rp 40.000,00
Ikan Gurame Soang Super Rp 45.000,00
  1. Ikan Gurame Padang atau Albino

harga ikan gurame padang
harga ikan gurame padang | source : fwflovers.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, jenis ikan Gurame yang satu ini memang berasal dari wilayah Padang Pariaman, Sumatera Barat. Disamping itu, Gurame Padang juga dikenal dengan nama Gurame Albino. Sebab jenis ikan ini memiliki karakteristik sisik bewarna putih bersih yang disebabkan oleh keunikan genetik.

Tidak hanya keunikan sisiknya, ikan Gurame Padang juga mempunyai kelebihan lain. Kelebihan tersebut adalah aktivitas reproduksinya yang cukup tinggi dimana dalam sekali memijah Gurame Padang mampun menghasilkan 3.000 butir telur. Dengan demikian, bagi Anda yang menginginkan usaha berprofit tinggi, maka budidaya maupun berdagang Gurame Padang adalah solusi tepat.

Selain kedua aspek di atas, terdapat satu faktor lagi yang menjadikan usaha budidaya maupun berdagang ikan Gurame Padang dianggap menguntungkan. Faktor tersebut adalah harga ikan Gurame Albino yang lebih mahal dibanding jenis Gurame lainnya. Ya, untuk membeli Gurame Albino Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 60.000,00 (biasa) dan Rp 70.000,00 (super) per kg.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Albino Biasa

Rp 60.000,00
Ikan Gurame Albino Super Rp 70.000,00
  1. Ikan Gurame Baster

harga ikan gurame bastar
harga ikan gurame bastar | source : faunadanflora.com

Jenis ikan Gurame Baster memang lebih cepat tumbuh dan besar apabila dibandingkan dengan Gurame lainnya. Atas dasar alasan inilah para pelaku budidaya ikan Gurame lebih memilih jenis Baster karena bisa menghemat kebutuhan dan biaya pakan. Selain itu, waktu pembudidayaan ikan Gurame ini juga cukup efisien sehingga penjualan hasil panen relatif cepat.

 

Baca Juga : Rahasia Umpan Ikan Gurame Paling Jitu

 

Setelah melewati masa budidaya kurang lebih 1 tahun, ikan Gurame Baster biasanya akan memiliki berat rata-rata 3 kg. Berat ikan ini jelas akan meningkatkan harganya apabila dijual di pasaran. Saat ini, harga ikan Gurame per kilo untuk jenis Baster yang berlaku di pasaran ialah Rp 50.000,00 untuk kualitas biasa. Sedangkan, Gurame Baster berkualitas super dijual pedagang Rp 60.000,00 per kg.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Baster Biasa Rp 50.000,00
Ikan Gurame Baster Super Rp 60.000,00
  1. Ikan Gurame Paris

harga ikan gurame paris
harga ikan gurame paris | source : faunadanflora.com

Pemberian nama Gurame Paris bukan berarti ikan air tawar yang satu ini berasal dari negara Perancis. Alasan ikan Gurame ini diberi nama Paris hanyalah sebagai strategi para pedagang untuk menarik minat konsumen. Karakteristik utama dari Gurame Paris adalah tubuhnya yang didominasi warna merah dari kepala hingga ekor.

Selain nama dan warna kulitnya yang unik, produktivitas jenis ikan Gurame Paris juga tergolong tinggi. Apabila dibudidayakan dengan benar, Gurame Paris akan menghasilkan 5.000 butir telur dalam sekali memijah. Sementara itu, harga ikan Gurame per 1 kg jenis Paris yang berlaku di pasaran juga cukup tinggi.

Terdapat dua jenis ikan Gurame Paris yang banyak dijual pedagang di pasaran. Kedua jenis Gurame Paris yang dijual ini dibedakan berdasarkan kualitasnya. Para pedagang ikan di pasar menjual Gurame Paris seharga Rp 55.000,00 per kg untuk kualitas biasa. Sedangkan, jika Anda mencari Gurame Paris berkualitas super maka bisa memperolehnya dengan harga Rp 65.000,00.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Paris Biasa Rp 55.000,00
Ikan Gurame Paris Super Rp 65.000,00
  1. Ikan Gurame Batu

harga ikan gurame batu
harga ikan gurame batu | source : khasiat.co.id

Jenis ikan Gurame terakhir yang terdapat di Indonesia adalah Gurame Batu. Karakteristik utama dari ikan air tawar ini adalah warna serta tekstur kulitnya yang kasar menyerupai batu. Gurame Batu memang tidak sepopuler jenis ikan Gurame lainnya. Jadi, pedagang yang menjual jenis ikan Gurame ini sangat jarang sekali.

Terdapat dua alasan utama mengapa ikan Gurame Batu jarang dijual di pasaran. Pertama, dari segi pembudidayaannya jenis ikan air tawar ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, akan sangat boros dari segi kebutuhan pakan dan pembiayaan pemeliharaannya. Selain itu, apabila dikonsumsi daging Gurame Batu juga kurang begitu enak.

Adapun bila Anda menemukan penjual ikan Gurame Batu, maka harga jualnya juga relatif murah. Harga ikan Gurame 1 kg untuk jenis Batu biasanya dijual seharga Rp 30.000,00 untuk kualitas biasa. Sedangkan, apabila Anda ingin mengkonsumsi Gurame Batu kualitas super maka bisa membelinya di pasaran dengan harga Rp 35.000,00.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Batu Biasa Rp 30.000,00
Ikan Gurame Batu Super Rp 35.000,00
  1. Ikan Gurame Blue Safir

harga ikan gurame blue safir
harga ikan gurame blue safir | source : bibitlele.net

Satu lagi ikan Gurame yang bisa Anda olah menjadi masakan lezat jenis Blue Safir. Ikan Gurame yang satu ini memiliki karakteristik utama berupa kulit yang berwarna merah cerah. Kemudian, bila Anda membudidayakannya dengan benar maka bisa mencapai panjang maksimal 35 cm. Sementara itu, berat maksimal yang bisa dicapai oleh Gurame Blue Safir adalah 2 kg.

Dibandingkan dengan ikan Gurame Paris, Gurame Blue Safir memang sedikit memiliki kelebihan. Kelebihan tersebut adalah produktivitas dari Gurame jenis ini yang cukup tinggi. Bagaimana tidak? Dalam sekali proses pemijahan, Gurame Blue Safir bisa menghasilkan kurang lebih 4.000 hingga 5.000 telur per ekornya.

Jadi, budidaya ikan Gurame Blue Safir dapat dikatakan sangat menguntungkan sebab masa panen relatif cepat karena produktivitasnya tinggi. Selain itu, harga dan permintaan pasar terhadap jenis Gurame Blue Safir juga tergolong stabil. Berikut ini adalah daftar dari harga ikan Gurame konsumsi jenis Blue Safir yang berlaku di pasaran.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Blue Safir Biasa Rp 55.000,00
Ikan Gurame Blue Safir Super Rp 60.000,00
  1. Ikan Gurame Kapas

harga ikan gurame kapas
harga ikan gurame kapas | source : bibitlele.net

Ikan Gurame Kapas juga dapat Anda gunakan sebagai bahan dasar olahan berbagai hidangan yang pas di lidah. Ciri fisik yang paling menonjol dari ikan air tawar berukuran super ini adalah warna kulitnya putih keperakan menyerupai kapas. Selain itu, Gurame Kapas juga mempunyai karakteristik lainnya yaitu bentuk sisiknya yang besar dan bertekstur kasar.

Kemudian, untuk bobot ikan Gurame Kapas sendiri biasanya hanya mencapai 1,5 kg per ekornya. Selain itu, produktivitas jenis Gurame yang satu ini juga tergolong rendah apabila dibandingkan dengan jenis Gurame lainnya. Jadi, tidaklah mengherankan apabila sangat sedikit sekali pedagang yang menjual ikan jenis ini. Berikut ini adalah harga jual Gurame Kapas yang berlaku di pasaran.

Jenis Ikan Gurame

Harga per Kg

Ikan Gurame Kapas Biasa Rp 30.000,00
Ikan Gurame Kapas Super Rp 35.000,00

 

Baca Juga : Harga Bibit Ikan Gurame Per Ekor

 

Harga ikan Gurame terbaru per kg 2019

Konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging ikan cukup tinggi khususnya ikan Gurame. Alasan mereka memilih jenis ikan air tawar ini adalah karena memiliki tekstur daging yang halus serta gurih setelah dimasak. Selain itu, Gurame juga merupakan jenis ikan yang kaya akan kandungan protein dan mineral bermanfaat.

Harga ikan Gurame di pasaran tidak hanya bergantung pada jenis dan kualitasnya. Disamping kedua faktor tersebut, harga jual Gurame juga ditentukan berdasarkan dimana ikan ini dijual. Jadi, jangan heran apabila jenis ikan air tawar jumbo ini memiliki harga jual berbeda di setiap daerah. Agar Anda semakin teredukasi, berikut ini adalah harga jual ikan Gurame di beberapa wilayah Indonesia.

Provinsi

Harga/Kg

Jakarta Rp 48.000,00
Jawa Barat Rp 42.500,00
Jawa Tengah Rp 43.000,00
Jawa Timur Rp 43.500,00
Yogyakarta Rp 46.000,00
Bali Rp 56.000,00
Aceh Rp 52.500,00
Lampung Rp 53.000,00
Banten Rp 46.000,00
Riau Rp 53.500,00
Sumatera Utara Rp 54.000,00
Sumatera Selatan Rp 53.000,00
Kalimantan Barat Rp 55.000,00
Kalimantan Timur Rp 54.000,00
Sulawesi Utara Rp 55.000,00

Harga ikan Gurame bakar

harga ikan gurame bakar
harga ikan gurame bakar | source : ig @ikansegarbantul

Gurame adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diolah menjadi berbagai hidangan kuliner lezat. Cara pengolahan Gurame pun sangat beragam bisa dengan digoreng, dibakar maupun dipanggang. Ikan Gurame bakar adalah hidangan yang menjadi favorit masyarakat pada umumnya. Sebab pengolahan Gurame dengan cara dibakar tidak menghilangkan tekstur halus dari dagingnya.

Tidak hanya itu, cara memasak ikan Gurame dengan cara dibakar juga membuat adonan bumbu lebih meresap sehingga cita rasanya lebih mantap. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai penjual hidangan Gurame bakar. Baik itu sekelas warung kaki lima hingga restoran bintang lima. Berikut ini adalah rincian daftar harga ikan Gurame bakar yang berlaku umum di pasaran.

Jenis Masakan

Harga per porsi

Gurame Bakar Asam Manis Rp 60.000,00
Gurame Bakar Manis Hot Plate Rp 60.000,00
Gurame Bakar Pedas Hot Plate Rp 60.000,00
Gurame Bakar Saus Madu Rp 67.000,00
Gurame Bakar Saus Tiram Rp 60.000,00
Gurame Bakar Seafood Rp 63.500,00