Daftar Harga Ayam Petelur Siap Telur/Siap Produksi dan Afkir Terbaru

5 min read

Harga Ayam Petelur

Harga Ayam Petelur Yang Sudah Siap Produksi Dan Bertelur

Telur ayam sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Telur ayam bukan hanya dapat dikonsumsi karena kandungan protein di dalamnya, tetapi juga karena bisa digunakan untuk membuat berbagai olahan makanan. Harga ayam petelur mengalami fluktuasi yang naik dan turun, biasanya harga ayam tersebut tergantung pada permintaan pasar dan bisa naik di momen-momen tertentu.

Begitu pun dengan telur ayamnya, yang juga sering mengalami kenaikan dan penurunan harga. Telur-telur ayam ini dihasilkan dari ayam jenis petelur yang berkualitas baik. Ayam petelur merupakan jenis ayam betina yang mampu menghasilkan telur, yang memang sengaja dibudidaya untuk kemudian diambil telurnya. Telur-telur ayam ini kemudian dijual dan distribusikan ke masyarakat luas.

Mengingat ramainya orang yang bertanya terkait harga ayam petelur, berikut Jurnal Manajemen sajikan informasi terbaru harga dari ayam petelur :

Artikel Terkait
Pakan Ayam Petelur
Bibit Ayam Petelur
Analisa Usaha Ayam Petelur

Daftar Harga Ayam Petelur Siap Bertelur

Biasanya jenis ayam kampung, yang dimanfaatkan itu adalah bagian daging serta telurnya. Sementara jenis ayam broiller yang dimanfaatkan adalah bagian dagingnya saja. Tetapi untuk ayam petelur, yang dimanfaatkan memang khusus telurnya. Bila Anda menginginkan produksi telur ayam yang baik kualitasnya, maka Anda bisa mulai beternak ayam petelur.

Harga Ayam Petelur dalam jumlah yang banyak pun, jauh lebih hemat. Sehingga cocok sekali untuk dijadikan bisnis/usaha yang menguntungkan. Ayam petelur akan menghasilkan telur-telur yang ukurannya besar. Kebanyakan dari jenis-jenis ayam petelur yang sedang bertelur, tidak berniat untuk mengeraminya.

Sehingga ketika ayam ini bertelur, sebaiknya Anda segera mengeluarkan telurnya supaya tidak cepat rusak. Karena mencari hasil telurnya, maka yang wajib dipelihara dan dirawat secara khusus adalah ayam betinanya. Untuk menghasilkan telur yang kualitasnya baik dan dalam jumlah yang banyak.

Harga ayam petelur per ekor adalah sekitar Rp.47.000. berikut ini daftar harga ayam petelur yang bisa dijadikan patokan, bagi Anda yang akan beternak ayam petelur. Berikut penuturannya :

Jenis Ayam Petelur (Usia 13-16 Minggu)

Harga Dalam Rp

Ayam Petelur di Makassar Rp5.850
Ayam Petelur di Solo Rp5.650
Ayam Petelur di Bandung Rp5.750
Ayam Petelur di Jogja Rp5.650
Ayam Petelur di Surabaya Rp5.600
Ayam Petelur di Jawa Timur Rp5.600
Ayam Petelur di Tasikmalaya Rp5.750
Ayam Petelur di Palembang Rp5.800
Ayam Petelur di Malang Rp5.600
DOC Ayam Petelur di Pasaran Rp7.000

Permintaan Ayam Petelur Di Masyarakat Luas

Ayam Petelur Siap Telur
Ayam Petelur Siap Telur | sumber : Ig @aminwd.59

Ada banyak langkah yang dilakukan oleh para wirausahawan, salah satunya dengan menjadi peternak ayam petelur. Jumlah keuntungan dari Ternak Ayam Petelur juga terbilang besar. Skala bisnis ini juga bisa dimulai dari skala terkecil/rumahan hingga skala terbesar. Tujuan dari bisnis ayam petelur ini adalah supaya bisa melayani kebutuhan masyarakat, dalam konsumsi telur.

Menurut sejarahnya, di tahun 1900an silam telur ayam ini adalah salah satu jenis makanan yang mewah. Karena saat itu usaha budidaya ayam pun masih terbilang langka. Ditunjang dengan kondisi ekonomi saat itu yang serba sulit. Lain dengan sekarang, telur ayam sangat mudah didapatkan. Dari mulai warung sampai gerai minimarket semua menyediakan telur ayam.

Harga telur ayam petelur ini bermacam-macam, biasanya tergantung pada daerah masing-masing. Harganya terkadang naik melebihi standar, kadang juga murah. Seiring dengan zaman yang semakin berkembang, permintaan pasar pada telur ayam ini juga semakin meningkat. Modal utama dalam bisnis ayam petelur adalah pasokan ayam petelur, yang sudah siap bertelur.

Sehingga ayam-ayam itu siap untuk memproduksi telur-telur yang berkualitas baik serta jumlahnya banyak. harga ayam petelur dewasa saat ini ada sekitar Rp.47.000 per ekor.

Harga Ayam Petelur Siap Telur

Harga ayam petelur yang sudah siap bertelur, biasanya ada di tingkatan yang berbeda-beda. Semakin banyak jumlah ayam petelur yang dihasilkan, maka akan semakin mahal harga yang ditetapkan pada telur ayam tersebut. berikut ini rinciannya secara lengkap :

1. Harga Ayam Petelur Umur 3 Bulan

Bagi ayam petelur yang sudah memasuki usia 3 bulan, biasanya dibandrol dengan harga Rp.37.000/ekor. dibanding dengan ayam petelur yang usianya sudah mencapai 16 minggu, harga ayam yang berusia 3 bulan ini terbilang lebih murah. Karena ayam petelur itu memang belum masuk ke masa produktif yang nantinya mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak.

2. Harga Ayam Petelur Umur 16 Minggu

Sedangkan untuk ayam petelur yang usianya sudah mencapai 4 bulan atau hitungan 16 minggu, harganya juga mencapai Rp.47.000/ekor. Tetapi harga tersebut masih terjangkau, karena peluang keuntungan yang kita dapatkan dari telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam tersebut. faktanya ayam petelur mampu menghasilkan sekitar 200 butir telur dalam satu tahun.

3. Harga Ayam Petelur Umur 18 Minggu

Ayam petelur yang sudah memasuki usia 18 minggu, harganya juga akan menjadi semakin mahal. Yaitu sekitar Rp.52.000/ekor. Karena bukan hanya karena umurnya saja yang sudah produktif, namun para pengusaha/peternak ayam petelur ini dapat menjual ayam petelur menjadii ayam pedaging bila tak banyak menghasilkan telur di masa yang akan datang.

Harga Ayam Petelur Per Minggu

Semakin meningkatnya jumlah permintaan pasar akan telur ayam, maka harga telur ayam ini biasanya juga akan meningkat secara signifikan setiap minggunya. Biasanya harga telur ayam setiap minggunya berkisar antara Rp.20.000-Rp.25.000 rupiah. Harga tersebut masih bisa berubah lebih murah atau lebih mahal lagi. Perlu diingat juga bahwa harga telur ayam ini berbeda-beda di setiap daerahnya.

Tinggi atau rendahnya produktivitas pada ayam petelur dalam hal menghasilkan telur, tergantung pada cara peternak memperlakukan para ternaknya. Berikut ini rincian harga ayam petelur, di beberapa daerah :

1. Harga Ayam Petelur Di Makassar

Harga ayam petelur di Kota Makassar tidak jauh berbeda dengan harga ayam petelur di beberapa kota yang ada di Indonesia. Harganya juga tetap bergantung pada usia ayam-ayam itu sendiri. Karena usia ayam juga sangat berpengaruh pada hasil produktivitas telus ayam nantinya.

2. Harga Ayam Petelur Jogja

Untuk harga ayam petelur di Kota Jogja, yaitu sekitar Rp.42.000/ekor. Harga ini bisa saja berubah setiap waktu. Naik atau tidaknya harga ayam juga tergantung pada permintaan di pasar. Setelah ayam petelur itu sudah memasuki usia ayam dewasa, maka harganya bisa disamakan dengan harga ayam pedaging saat itu.

Umur Ayam Petelur

Harga Ayam Petelur Per Minggu

Keterangan

Ayam Petelur Di Makassar.  Rp      3.850 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Bandung.  Rp      3.750 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Solo.  Rp      3.650 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Jogja.  Rp      3.650 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Surabaya.  Rp      3.600 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Bogor.  Rp      3.750 Usia 13 s/d 16 Minggu.
Ayam Petelur Di Malang.  Rp      3.600 Usia 13 s/d 16 Minggu
Ayam Petelur Di Jawa Timur.  Rp      3.600 Usia 13 s/d 16 Minggu
Ayam Petelur Di Tasikmalaya.  Rp      3.750 Usia 13 s/d 16 Minggu
Ayam Petelur Di Palembang.  Rp      3.800 Usia 13 s/d 16 Minggu
DOC Ayam Petelur.  Rp      5.000 Harga Rata-rata

Harga Ayam Petelur Arab Dan Tips Beternak Ayam Petelur

Tahukah Anda, bahwa ayam arab adalah salah satu jenis ayam petelur yang memiliki produktivitas yang cukup tinggi. Harga telur ayamnya dibandrol dengan Rp.4000/butir. Ayam petelur yang satu ini mempunyai karakter yang tak tahan dengan suhu/udara yang panas. Berikut ini beberapa tips dalam beternak ayam petelur, agar menghasilkan telur yang berkualitas :

1. Kandang Harus Selalu Bersih

Kandang ayam adalah poin utama dalam produktivitas telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam petelur. Karena Kandang Ayam Petelur yang selalu bersih, nantinya akan menghasilkan telur dengan kualitas yang baik. Bila kandang-kandang ayam tersebut kotor, maka ayam pun akan terkena resiko terserang penyakit. Yang otomatis akan berpengaruh pada kesehatan ayam-ayam itu.

2. Memberikan Vitamin

Bukan hanya kandangnya yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Tetapi asupan makanan dan minuman ayam itu, juga harus selalu dijaga. Ayam-ayam petelur itu harus diberi vitamin secara berkala. Supaya ayam itu bisa menghasilkan telur dengan kualitas unggul. Telur dengan kualitas yang baik, juga akan berpengaruh baik pada kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Ayam Petelur Afkir

Harga Ayam Afkir
Harga Ayam Afkir | sumber : Ig @dwijogja

Ayam afkir adalah salah satu jenis ayam petelur yang sudah mengalami kemunduran, atau memang dianggap sudah tidak cukup kuat dalam memproduksi telur. Sebagian orang menyebut ayam afkir ini dengan ayam merah. Contoh kasusnya begini, ketika sejumlah ayam di kandang mampu menghasilkan 85-100% telur per hari di suatu waktu hanya menghasilkan telur sekitar 25% saja.

Bahkan ada juga yang tidak mampu berproduksi sama sekali. Sehingga para peternak ayam petelur afkir ini, langsung menjual ayam-ayam mereka sebagai ayam pedaging. Ayam afkir ini pada akhirnya bisa termasuk ke golongan ayam petelur tapi bisa juga termasuk pada golongan ayam pedaging. Setelah ayam-ayam itu sudah tidak memproduksi telur-telur lagi, maka ayam tersebut diafkir.

Namun kondisi dari ayam-ayam afkir tersebut memiliki daging yang kondisinya masih terbilang baik untuk dikonsumsi. Maka ayam afkir ini disebut dengan ayam dwifungsi, atau ayam yang memiliki dua fungsi. Yaitu sebagai ayam pedaging dan ayam petelur.

Harga Ayam Petelur Afkir Terbaru

Ketika musim afkir tiba, para peternak ayam petelur akan melepas/menjualnya. Hal dilakukan supaya usaha ternak ayam yang mereka lakukan, masih bisa dijalankan dengan baik. Pada kondisi tertentu, para peternak itu mengaku dengan terpaksa menjual ayam-ayam itu agar tidak mengalami kerugian.

Ketika para peternak ayam petelur bisa mengafkirkan ayam-ayamnya setelah 90 minggu, namun karena situasi dan juga kondisi tertentu ayam-ayam itu harus diafkirkan setelah 40-70 minggu. Harga ayam afkiran ini memang tak seberapa, tetapi mengafkirkan ayam lebih cepat dari waktu yang seharusnya akan bisa mengurangi resiko kerugian.

Apabila para peternak itu memaksakan untuk terus memelihara ayam-ayam tersebut, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk pakannya akan semakin besar. Sedangkan ada banyak telur-telur ayam yang belum bisa terjual.

Ayam-ayam afkiran yang sudah terjual dan berhasil dilelang ini, banyak diminati oleh masyarakat karena daging yang dijadikan bahan olahan makanan tertentu rasanya sangat lezat. Walaupun tipe dagingnya masih agak alot, tetapi selama cara mengolahnya tepat maka rasanya pun akan sangat lezat.

Jenis Ayam Afkir

Harga (Rupiah)

Ayam Afkir Per Kilogram (Kg)  Rp   24.000,00
Ayam Afkir Per ekor (Karkas)  Rp   50.000,00