50+ Contoh Iklan Menarik Beserta Gambar (Sangat Kreatif)

14 min read

Hampir setiap hari kita disuguhkan dengan yang namanya iklan. Kita melihat dan mendengar iklan ada di mana-mana. Di jalanan, koran, majalah, televisi, radio dan media online selalu ada iklan. Macam dan bentuknya pun semakin bervariasi mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen paydayloansnow.co.uk.

Iklan merupakan media promosi paling ampuh, karena iklan memberikan informasi tentang sesuatu kepada masyarakat umum, umumnya adalah produk-produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Promosi bisa bersifat langsung maupun terselubung. Saking ampuhnya sebuah iklan membuat perusahaan rela mengeluarkan banyak anggaran hanya untuk beriklan.

Iklan di Indonesia

Berdasarkan data Nielsen Indonesia, pada sembilan bulan pertama tahun 2018, belanja iklan di Indonesia tumbuh 5 persen, mencapai Rp 144,4 triliun. Sementara, untuk kuartal ke-3 2018, belanja iklan mencapai Rp 39 triliun, tumbuh 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan porsi belanja iklan terbesar  didominasi iklan  TV. Data tersebut belum memperhitungkan belanja iklan lewat media digital. Padahal di era digital yang semakin berkembang, membuat perusahaan mengarahkan cara promosinya dari konvensional menuju arah digital.

Pesatnya perkembangan teknologi dan kian ketatnya persaingan dalam dunia bisnis saat ini mengakibatkan bentuk-bentuk iklan semakin kreatif dan unik yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Beberapa ciri iklan yang baik adalah komunikatif dan informatif, jelas, menarik dan unik.

Masyarakat atau konsumen saat ini semakin cerdas. Mereka cenderung memilih segala hal yang bersifat simpel dan berbasis digital. Hal ini karena  kehidupan masyarakat semakin tidak dapat dipisahkan dengan media online. Apalagi dengan menjamurnya smartphone berbasis sistem android dan ios  semakin mempermudah akses internet bagi masyarakat di era modern saat ini.

Media online semakin banyak digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan berbagai jenis iklan produk-produk dan layanan kebutuhan masyarakat. Keberagaman iklan online yang menarik serta mudah dipahami dan unik akan semakin menambah minat konsumen untuk mencari tahu lebih detail tentang produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu perusahaan harus selalu update strategi dalam beriklan agar konsumen mau mencoba produk dan tercapai target yang sesuai yang telah ditetapkan.  Kreatifivas perusahaan jasa periklanan  akan sangat membantu dan berpengaruh terhadap keberhasilan iklan dalam memenangkan pasar serta mengambil hati konsumen.

Fungsi Iklan Secara Umum

Sebagaimana diketahui bahwa fungsi iklan secara umum meliputi :

  1. Informing, yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu produk atau jasa dari perusahaan.
  2. Persuading (membujuk), yaitu sebagai sarana untuk membujuk masyarakat agar melakukan transaksi pembelian suatu produk/jasa.
  3. Reminding (mengingatkan), yaitu untuk membuat masyarakat selalu ingat tentang merek suatu produk /jasa tertentu agar mereka terus memakainya atau tetap berlangganan.
  4. Adding Value (memberikan nilai tambah), yaitu memberikan nilai tambah pada suatu merek produk/jasa dengan cara membentuk preferensi merek, merubah persepsi tentang produk, dan mengajak masyarakat untuk mencoba produk/jasa yang diiklankan

sehingga merek produk yang diiklankan dipandang lebih baik, lebih elegan, lebih menarik,  lebih unggul dan lebih bergaya dari produk/jasa pesaing.

Membuat iklan yang menarik, tepat sasaran dan efektif  dalam memikat calon konsumen adalah suatu keharusan jika ingin memenangkan persaingan. Sebuah iklan harus mampu mempresentasikan segala sesuatu yang cerdas, inovatif dan juga harus berbeda dalam arti unik dibanding dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan atau contoh advertisement yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam beriklan, mulai dari contoh iklan produk, contoh iklan baris, contoh iklan kolom, contoh iklan lowongan kerja, , contoh iklan penawaran, contoh iklan jasa, contoh iklan niaga

, contoh iklan promosi, contoh iklan layanan masyarakat, contoh iklan keluarga, contoh iklan pengumuman, contoh iklan pemberitahuan, contoh iklan teks, contoh iklan makanan, contoh iklan produk makanan, contoh iklan komersial, , contoh iklan minuman, contoh iklan pendidikan, contoh iklan bahasa inggris, contoh iklan makanan dalam bahasa inggris, contoh iklan minuman dalam bahasa inggris

Contoh Iklan Teks

Teks iklan adalah sebuah tulisan atau kalimat dalam iklan yang berfungsi untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk, merayu dan mengingatkan masyarakat akan suatu produk atau jasa sehingga tertarik untuk membeli produk/jasa atau melakukan tindakan sesuai yang diiklankan tersebut.

Dalam membuat teks iklan dibutuhkan teknik tertentu agar Anda bisa menawarkan suatu produk/jasa dengan bahasa yang diinginkan konsumen. Teks iklan harus dibuat dengan kalimat yang menarik, unik, singkat, jelas dan sesuai dengan fakta yang ada. Dengan kalimat yang tepat, dua produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang berbeda dari konsumen.

Teks iklan memiliki struktur dan ciri-ciri kaidah kebahasaan khusus sesuai dengan fungsinya.

Struktur Teks Iklan

 Secara umum teks iklan mempunyai struktur sebagai berikut :

  1. Judul

Penempatan judul iklan umumnya  terletak di bagian paling atas, meskipun tidak selalu dan dengan tulisan yang lebih besar/tebal agar dapat langsung dilihat oleh orang.  Judul iklan ini yang akan menentukan seseorang akan terus membaca iklan Anda atau tidak. Pada judul iklan yang menarik haruslah unik, sangat spesifik, membuat seseorang harus terus membaca, memberi solusi atau manfaat dan kontroversial untuk menarik minat pembaca.

  1. Nama produk/jasa

Merupakan bagian yang mencantumkan nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.

  1. Deskripsi produk/jasa

Bagian yang berisi deskripsi/penjelasan tentang produk/jasa yang diiklankan. Deskripsi harus jelas, singkat dan menarik yang menggambarkan kondisi produk/jasa yang ditawarkan.

1. Contoh struktur iklan mie Sedaap Cup
1. Contoh struktur iklan mie Sedaap Cup
2. Contoh struktur iklan Ponds Flawless White
2. Contoh struktur iklan Ponds Flawless White

Ciri-ciri Teks Iklan

Agar iklan terlihat lebih menarik dan berkesan di hati masyarakat, perlu menggunakan bahasa teks iklan yang baik (kaidah kebahasaan teks iklan), yaitu :

  1. Menggunakan kalimat persuasif yang artinya membujuk dan meyakinkan pembacanya untuk menggunakan produk/jasa yang sedang diiklankan.
  2. Memakai slogan atau tagline sehingga iklan tersebut akan mudah diingat pembacanya dan akan lebih terkenal.
  3. Usahakan menggunakan subjek berupa kata ganti orang pertama tunggal atau jamak seperti kami, aku, saya dan sebagainya.
3. Contoh iklan Teh Pucuk Harum dengan slogan Rasa Teh Terbaik Ada di Pucuknya
3. Contoh iklan Teh Pucuk Harum dengan slogan Rasa Teh Terbaik Ada di Pucuknya
4. Contoh iklan anti ketombe dengan slogan Shampoo Anti Ketombe No. 1 Di Indonesia
4. Contoh iklan anti ketombe dengan slogan Shampoo Anti Ketombe No. 1 Di Indonesia

Contoh Iklan Produk

Iklan Produk adalah merupakan bagian dari iklan niaga untuk mempromosikan, memperkenalkan atau menawarkan suatu produk atau jasa agar dikenal dan diminati oleh masyarakat. Tujuan iklan produk adalah agar masayarakat dapat terpengaruh untuk membeli barang atau jasa yang di tawarkan pada iklan tersebut.

Iklan produk biasanya dipromosikan menggunakan media televisi, banner, reklame, media online, radio dan sebagainya, dengan beragam teknik copywriting yang menarik dan memikat. Ada banyak sekali contoh iklan niaga / iklan produk atau contoh iklan barang ini, seperti iklan produk makanan, iklan sabun, iklan hp, iklan minuman ringan dan lain-lain.

Iklan produk ini dibagi menjadi  tiga kelompok, yaitu :

1. Iklan Perintis atau Pioneer Advertising

Iklan perintis adalah promosi yang digunakan dalam periklanan untuk produk-produk baru, terutama ditujukan untuk pendidikan pelanggan dan melibatkan kampanye periklanan yang mahal dan berkelanjutan.

Dalam iklan ini konsumen pertama kali diperkenalkan pada suatu produk, dibuat sadar akan manfaatnya melalui uji coba, untuk mendorong pembelian produk lebih lanjut. Untuk suatu produk baru bentuk periklanan yang masuk akal adalah dengan menawarkan diskon dan manfaat, serta menawarkan uji coba produk kepada konsumen agar merek lebih mengenal produknya.

Contoh iklan perintis adalah iklan ponsel ketika model ponsel baru diperkenalkan di pasar dengan fitur baru.

5. contoh iklan perintis
5. contoh iklan perintis

2. Iklan Kompetitif atau Competitive Advertising

Iklan kompetitif adalah bentuk iklan di mana bisnis atau perusahaan menunjukkan keunggulan produknya dibandingkan penawaran serupa dari para pesaingnya. Ia juga dikenal sebagai iklan komparatif. Iklan ini biasanya dilakukan pada produk yang sudah memasuki tahap kedua (pertumbuhan) di mana sudah mulai ada persaingan. Tujuannya untuk menciptakan kesetiaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, dan mengamankan pangsa pasar yang lebih besar.

Iklan kompetitif dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Dalam iklan kompetitif tidak langsung, perusahaan menempatkan keunggulan produknya di atas pesaingnya tanpa menyebut nama produk atau merek mereka secara spesifik. Dalam iklan kompetitif langsung, iklan pada media yang berbeda secara spesifik menyebutkan nama pesaing dan menetapkan keunggulan di atasnya. Perusahaan yang menggunakan iklan kompetitif umumnya mengikuti pemasaran berbasis produk dan membandingkan nuansa produknya di mana ia lebih unggul daripada pesaingnya.

Terkadang iklan kompetitif bisa keluar dari kendali dan dapat membahayakan perusahaan dengan berbagai cara.  Iklan kompetitif juga dapat mengalihkan perusahaan ke arah pertempuran daripada berfokus pada kebutuhan konsumen.  Oleh karena itu, perusahaan harus memperhitungkan beberapa faktor sambil mengalokasikan anggaran untuk iklan kompetitif.

Contoh iklan kompetitif :

Coca Cola dan Pepsi terkenal dengan persaingan paling sengit dalam periklanan dan mereka melakukannya dari tiga dekade terakhir. Dalam iklan terkenal, seorang anak pertama-tama mengeluarkan Pepsi dari mesin pendingin dan kemudian melangkahinya untuk mendapatkan Coca Cola sehingga menunjukkan bahwa orang lebih suka Coca Cola daripada Pepsi.

https://www.youtube.com/watch?v=HraKWaXVLDk

3. Iklan Pengingat atau Reminder Advertising

Pada iklan pengingat digunakan terutama oleh merek-merek mapan atau sebagai tindak lanjut dari kampanye iklan yang lebih luas untuk mengingatkan konsumen tentang produk atau layanan, atau untuk memperkenalkan kehidupan baru atau tema baru ke dalam kampanye yang ada.

Iklan ini berfungsi untuk meningkatkan kesadaran atas  merek dan untuk memperkuat pesan-pesan utama dari sebuah merek dan penawaran produknya.  Iklan jenis ini seringkali menyebutkan nama produk secara singkat dan testimoni pelanggannya untuk membuat publik mengingat kembali  dan menyadari akan adanya produk yang sudah mapan.

6. contoh iklan pengingat
6. contoh iklan pengingat
7. contoh iklan pengingat
7. contoh iklan pengingat
8. contoh iklan pengingat
8. contoh iklan pengingat

Ketiga macam iklan di atas sebenarnya saling berhubungan satu sama lain. Pioneer advertising untuk memperkenalkan produk secara umum. Konsumen suatu merek tertentu dibentuk dengan bantuan competitive advertising. Pada tahap tertentu, diperlukan reminder advertising untuk pengingat akan suatu produk.

Contoh Iklan Baris

Iklan baris (Classified Advertising ) adalah metode promosi barang dan jasa yang dibuat secara singkat yang terdiri dari beberapa baris saja, yang umumnya ditemukan di surat kabar.  Namun saat ini iklan baris tidak hanya terbatas pada koran, tapi juga sudah ada di media online (internet). Iklan baris tersebut biasanya muncul  di banyak blog.

Iklan baris berisi informasi singkat dan hanya membutuhkan beberapa baris tanpa gambar, umumnya hanya 3 sampai 4 baris, termasuk nomor telepon, alamat, dan sebagainya.

Biaya iklan baris juga lebih murah, disesuaikan dengan jumlah kata dan baris, karena ukurannya lebih kecil, sederhana dan tidak butuh desain grafis. Kalimat dalam iklan baris juga banyak yang disingkat agar semua informasi bisa dimuat dalam iklan.

Karena tanpa gambar, iklan baris diklasifikasikan sesuai dengan kategorinya. Misalnya kategori  property diletakkan terpisah dengan kelompok otomotif.

Iklan baris biasanya dimanfaatkan untuk penawaran barang dan jasa, iklan pencarian, iklan jodoh, iklan jual beli rumah/tanah, iklan jual beli mobil/motor, iklan lowongan pekerjaan dan sebagainya.

9. iklan baris
9. iklan baris
10. iklan baris
10. iklan baris

Contoh Iklan Kolom

Iklan kolom adalah iklan yang berbentuk kolom-kolom, yang memuat informasi penawaran barang atau jasa atau informasi-informasi lain yang diumumkan kepada masyarakat,  misalnya iklan lowongan kerja, iklan tentang berita dukacita, informasi pernikahan, iklan ucapan terima kasih, iklan layanan masyarakat seperti bahaya narkoba, iklan keluarga berencana, dan lain-lain. Iklan kolom dapat ditemukan baik pada media cetak maupun media online.

Perlu diketahui pada iklan kolom mempunyai ukuran lebih besar dari iklan baris, bisa dilengkapi dengan gambar sederhana sebagai pelengkap iklan, berwarna (full color) atau hitam putih (BW). Kebijakan masing-masing media (koran) terkait ukuran kolom biasanya juga berbeda, mayoritas tidak lebih dari 300 mmk.

Kalau tarif iklan baris ditetapkan berdasarkan jumlah barisnya, maka tarif iklan kolom tergantung dari ukurannya, semakin besar kolom iklannya maka akan semakin mahal biayanya. Penempatan  iklan kolom biasanya juga berdekatan dengan iklan baris.

Berikut ini beberapa contoh iklan kolom :

11. iklan kolom
11. iklan kolom

Contoh Iklan Penawaran

Iklan penawaran sebenarnya sama saja dengan iklan niaga, yaitu iklan yang berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Contoh iklan penawaran atau contoh iklan promosi antara lain iklan kosmetik, sabun, pakaian, smartphone,  iklan ojek online,iklan laundry,  iklan hotel, iklan salon dan lain sebagainya.

Contoh iklan penawaran :

https://sr12skincareaman.com/lip-care-sr12-pemerah-bibir-alami/produk/

12. iklan penawaran
12. iklan penawaran
13. iklan penawaran
13. iklan penawaran
14. iklan penawaran
14. iklan penawaran

Contoh Iklan Lowongan Kerja

Membuat iklan lowongan kerja merupakan salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan karyawan baru, baik lewat media cetak maupun media online. Untuk memudahkan mendapat kandidat karyawan sesuai dengan target yang diinginkan maka perlu membuat iklan lowongan kerja yang efektif. Sehingga jumlah kandidat pelamar akan banyak dan perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai kriteria.

Tips dan trik menulis iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik antara lain :  judul iklan lowongan kerja yang jelas, singkat dan efektif, beri deskripsi singkat tentang pekerjaan dan perusahaan, tulis persyaratan yang diperlukan untuk mengisi posisi jabatan pekerjaan, beri penjelasan mengenai lokasi penempatan kerja, dan jangan lupa jelaskan bagaimana cara kandidat karyawan melamar pekerjaan yang ditawarkan tersebut.

Berikut ini beberapa contoh iklan lowongan kerja :

15. contoh iklan lowongan kerja
15. contoh iklan lowongan kerja
16. contoh iklan lowongan kerja
16. contoh iklan lowongan kerja

Contoh Iklan Jasa

Iklan jasa adalah iklan yang isinya tentang penawaran jasa tertentu untuk mendapatkan konsumen.

Contoh iklan jasa antara lain iklan servis komputer, iklan laundry, iklan rental mobil, iklan pembuatan website dan lain sebagainya.

17. iklan jasa
17. iklan jasa
18. iklan jasa
18. iklan jasa
19. iklan jasa
19. iklan jasa

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat termasuk jenis iklan non komersial, yang menampilkan pesan-pesan sosial atau edukasi, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan masyarakat terhadap suatu  isu sosial tertentu.

Terdapat beberapa karakteristik yang dimiliki oleh iklan layanan masyarakat , diantaranya adalah :

  1. Tidak bertujuan komersil karena tidak menjual dan mengambil keuntungan
  2. Sifatnya umum (tidak bersifat keagamaan dan politis).
  3. Ditujukan untuk semua lapisan masyarakat
  4. Dibuat oleh organisasi yang diterima atau diakui, biasanya organisasi pemerintahan
  5. Memiliki dampak dan kepentingan tinggi untuk kehidupan masyarakat.

Contoh iklan layanan masyarakat antara lain iklan bahaya hiv/aids,  iklan bahaya merokok, iklan bahaya narkoba, iklan keluarga berencana,  iklan global warming, iklan hemat energi, iklan hemat air, iklan hemat listrik, iklan demam berdarah, iklan pendidikan dan sebagainya.

20. iklan layanan masyarakat
20. iklan layanan masyarakat
21. iklan layanan masyarakat
21. iklan layanan masyarakat
22. iklan layanan masyarakat
22. iklan layanan masyarakat
23. iklan layanan masyarakat
23. iklan layanan masyarakat

Contoh Iklan Keluarga

Iklan keluarga adalah iklan yang berisi tentang informasi yang berkaitan dengan berita keluarga. Contoh iklan keluarga antara lain iklan kematian, iklan tentang kelahiran, iklan pernikahan, perceraian, iklan wisuda dan sebagainya.

24. contoh iklan keluarga
24. contoh iklan keluarga
25. iklan keluarga
25. iklan keluarga
26. contoh iklan keluarga
26. contoh iklan keluarga

Contoh Iklan Pengumuman

Pengertian iklan pengumuman atau iklan pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan informasi suatu hal kepada masyarakat umum. Jenis iklan ini beragam, tergantung kebutuhan pengumuman  untuk apa. Contoh iklan pengumuman atau contoh iklan pemberitahuan misalnya iklan pengumuman lelang, iklan pengumuman rapat umum pemegang saham (RUPS), iklan pengumuman tender, iklan pengumuman laporan keuangan, iklan pengumuman kehilangan dll

27. contoh iklan pengumuman
27. contoh iklan pengumuman
28. iklan pengumuman
28. iklan pengumuman

Contoh Iklan Makanan

Industri kuliner di Indonesia saat ini semakin menggeliat. Trennya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi saat ini wisata kuliner juga semakin digemari oleh mereka yang senang berwisata ke berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu seorang produsen makanan dituntut untuk bisa membuat  konten iklan yang menarik sehingga bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk makanannya.  Apalagi saat ini orang semakin dimanjakan dengan kemudahan membeli produk makanan secara online, sehingga iklan yang menarik dan menggugah selera bisa mempengaruhi orang untuk membeli.

Sebelum membuat iklan produk makanan yang menggugah selera, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba, antara lain : kenali produk Anda secara mendalam, tentukan target konsumen Anda, tuliskan bahan pembuat makanan dan manfaatnya, gunakan foto berwarna dengan resolusi tinggi yang menggugah selera.

Berikut ini beberapa contoh iklan produk makanan yang mungkin bisa jadi inspirasi Anda

29. iklan makanan
29. iklan makanan
30. iklan makanan
30. iklan makanan

Contoh Iklan Minuman

Beragam produk minuman dengan aneka rasa dan kemasan saat ini membanjiri pasar Indonesia.

Dari minuman tradisional sampai ke minuman dari luar negeri ikut meramaikan jenis minuman di pasaran. Dari air mineral, minuman menyegarkan (fresh drink), minuman energy, minuman kesehatan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contohnya :

31. contoh iklan minuman
31. contoh iklan minuman
32. contoh iklan minuman
32. contoh iklan minuman
33. contoh iklan minuman
33. contoh iklan minuman

Contoh Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang yang dibuat untuk tujuan komersial (mendapat keuntungan) dengan cara mengkampanyekan sebuah produk atau jasa dari suatu perusahaan.

Perlu diketahui, iklan komersial ini dibagi menjadi dua macam, yaitu iklan strategis dan iklan taktis.

  • Iklan Strategis adalah iklan yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan suatu merek produk/jasa dengan cara mengkomunikasikan nilai suatu merek dan manfaat produk/jasa dengan baik dan benar. Dalam jangka panjang perusahan akan memposisikan merek (positioning) serta mengembangkan pangsa sehingga konsumen semakin yakin untuk tetap menggunakan merek produk/jasa tersebut.
  • 34. contoh iklan strategis
    34. contoh iklan strategis

    35. contoh iklan strategis
    35. contoh iklan strategis
  • Iklan Taktis adalah iklan yang dirancang untuk tujuan mendesak dengan memberikan promosi dan penawaran khusus jangka pendek dan jumlah tertentu, sehingga memacu konsumen untuk segera memberikan respon secepat mungkin untuk membeli produk/jasa tersebut.
36. iklan taktis
36. iklan taktis
37. iklan taktis
37. iklan taktis

Untuk iklan komersial merupakan iklan yang memberikan tawaran tentang barang ataupun jasa. Pada umumnya, iklan yang sering kita temui pada berbagai tempat adalah iklan komersial.

Sebuah iklan tidak cuma hangat saja, akan tetapi harus jelas. Sehingga, dengan begitu harus diperlukan sebuah perhatian yang khusus seriap hari dan demi hari. Hal ini karena agar bisa memberikan sebuah sajian iklan yang terbaru serta yang sesuai dengan konteks perhatian oleh para masyarakat yang sesuai dengan sasaran dari iklan tersebut.

Contoh Iklan Pendidikan

Iklan pendidikan adalah iklan yang isinya berkaitan dengan dunia pendidikan atau mengedukasi masyarakat tentang pendidikan, seperti iklan penerimaan murid baru, iklan penerimaan mahasiswa baru, iklan bimbingan belajar, iklan layanan masyarakat tentang pendidikan dan lain sebagainya.

38, iklan pendidikan
38, iklan pendidikan
39. iklan pendidikan
39. iklan pendidikan

Contoh Iklan Bahasa Inggris

Di era global saat ini, semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Dengan adanya perdagangan bebas, maka semakin banyak perusahaan asing yang masuk ke pasar lokal, dan semakin banyak pula perusahaan lokal Indonesia yang masuk ke pasar dunia. Maka penggunaan bahasa Inggris dalam bahasa bisnis makin dirasakan sebagai suatu keharusan.

Hal ini mengakibatkan penggunaan bahasa internasonal khususnya bahasa Inggris sudah semakin tersebar luas.  Para calon entrepreneur dan pencari kerja tentunya harus bisa menguasai bahasa Inggris agar bisa mengikuti perkembangan di era globalisasi ini. Karena bahasa inggris adalah bahasa yang  paling banyak digunakan di dunia, baik di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Dan bahasa inggris menjadi  satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan  ketika orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu.

Dalam dunia bisnis saat ini semakin terbukti bahwa bahasa Inggris bisa mempermudah untuk melakukan transaksi bisnis di seluruh dunia.

Para pelaku bisnis di Indonesia juga semakin marak menggunakan bahasa Inggris dalam bisnisnya. 

Bahasa Inggris digunakan perusahaan dalam memasarkan produknya, baik secara online maupun offline, yaitu dalam penamaan produk, iklan dan email. Bahasa Inggris dipakai karena seringkali lebih singkat, padat, dan baik untuk memasarkan produk, khususnya dalam membuat iklan produk. Dengan menggunakan bahasa Inggris dalam memasarkan produknya diharapkan produk bisa diterima di pasar global.

Mengapa menggunakan iklan berbahasa Inggris ?

Penggunaan iklan produk dalam bahasa Inggris memerlukan banyak pertimbangan, terutama dari segi target konsumen, pasar dan barang atau jasa yang diiklankan. Target konsumen dan segmentasi pasar harus diperhitungkan dengan tepat. Karena menggunakan iklan dalam bahasa Inggris juga bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar produk yang diiklankan terkesan mendunia.

Bentuk iklan bahasa Inggris dapat berupa teks, gambar, video atau gabungan teks dan gambar, teks dan video maupun gabungan ketiganya. Ada banyak media periklanan yang bisa digunakan untuk memasang iklan dalam bahasa Inggris dengan tepat sasaran, antara lain media cetak (koran, majalah, brosur dll), televisi dan media online/internet (website, media sosial).

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan dalam bahasa inggris :

40. contoh iklan bahasa inggris
40. contoh iklan bahasa inggris
41. contoh iklan bahasa inggris
41. contoh iklan bahasa inggris

Contoh Iklan Makanan Dalam Bahasa Inggris

Agar iklan makanan benar-benar efektif, maka harus secara gamblang dan kreatif menggambarkan keinginan konsumen akan  makanan yang lezat, menarik, menyegarkan, sehat, dan lebih baik daripada apa yang ditawarkan oleh merek pesaing.

Iklan makanan dapat meningkatkan daya tarik sensual seperti rasa, bau, penglihatan dan tekstur, pada tingkat yang lebih kuat daripada kategori produk lainnya. Artinya iklan makanan dapat memiliki dampak psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumen. Daya tarik sensual tersebut dapat mempengaruhi  tingkat emosional konsumen, yang menyebabkan mereka mengaitkan produk makanan dengan perasaan damai, relaksasi atau penghargaan. 

Berikut ini adalah contoh iklan makanan dalam bahasa Inggris :

42. iklan makanan bahasa inggris
42. iklan makanan bahasa inggris
43. iklan makanan bahasa inggris
43. iklan makanan bahasa inggris
44. iklan makanan bahasa inggris
44. iklan makanan bahasa inggris

Contoh Iklan Minuman Dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat mempertahankan bisnis minuman, hal penting pertama yang harus dilakukan adalah membuat minuman yang baik. mengetahui apa yang diinginkan konsumen Anda atau dengan kata lain, menciptakan keinginan untuk penawaran produk Anda. Selanjutnya jadikan promosi produk minuman Anda sebagai bagian rutin dari program pemasaran Anda.

Ada banyak alasan untuk mempromosikan produk minuman, antara lain meningkatkan penjualan, memperkenalkan penawaran baru, menarik pelanggan, dan lain sebagainya.

Melalui iklan, Anda dapat mendidik, membujuk, dan memaksa konsumen untuk membeli produk minuman Anda. Penting untuk memanfaatkan sebanyak mungkin jalur pemasaran untuk mencapai target pasar Anda. Baik melalui pemasaran langsung, pemasaran media sosial, pemasaran email dan pemasaran dari orang ke orang.

Sebagai tips dalam membuat iklan produk minuman adalah tekankan poin-poin utama dari merek Anda untuk memberikan kepribadian produk minuman Anda. Jangan pernah berbohong dalam mempromosikan manfaat produk yang tidak benar. Dibutuhkan waktu dan upaya untuk menciptakan merek, tetapi jika orang berpikir mereka dibohongi atau jika suatu produk tidak sesuai dengan janjinya, merek itu dapat dengan cepat menghilang.

Berikut ini adalah contoh iklan minuman dalam bahasa Inggris :

45. iklan minuman bahasa inggris
45. iklan minuman bahasa inggris
46. iklan minuman bahasa inggris
46. iklan minuman bahasa inggris
47. iklan minuman bahasa inggris
47. iklan minuman bahasa inggris

Perhatian Bagi Anda yang Akan Menyusun Iklan !!!

Demikian pembahasan Jurnal Manajemen mengenai berbagai macam contoh iklan menarik beserta gambarnya. Hal yang perlu diingat adalah pada setiap contoh iklan yang ada memiliki karakteristik tersendiri yang perlu diperhatikan. Pastikan iklan yang akan anda susun sesuai dengan target pasar anda.

Perbedaan target pasar pada iklan anda akan mempengaruhi gaya bahasa, penggunaan gambar, hingga penggunaan media dalam penyampaian iklan. Target pasar dalam penyusunan iklan bisa dilihat dari gender, umur, status sosial, daerah, selera, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu para marketer atau advertiser perlu melakukan riset sebelum menyusun iklan, Riset tersebut untuk mengetahui media dan penyusunan iklan seperti apa yang akan sesuai dengan target sasaran. Adapun teknik riset pada setiap usaha memiliki ciri khas dan strateginya masing-masing. Semua bisa menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi yang ada. Bahkan menerbitkan iklan sendiri sudah merupakan salah satu riset dengan melakukan test pasar apakah calon konsumen senang akan iklan produk/jasa tersebut.

Sekiranya itu saja yang dapat disampaikan. Semoga artikel contoh iklan ini bermanfaat dan menjadi referensi utama anda yang ingin menyusun iklan yang menarik dan kreatif.

Sources :

http://www.coca-cola.com.bd/content/dam/GO/coca-cola/BD/updates/33023/CokeZeroCoverPhoto.png

https://pbs.twimg.com/media/A6UiV6lCIAEh6Rx.jpg

https://megaendasari102050093.files.wordpress.com/2012/12/you-c1000-vitamin-lemon-healthy-inside-fresh-outside.jpg?w=269&h=360

https://matakota.id/news/29223-sihir-indomie-di-ranah-globalh

ttps://twitter.com/gzdumai/status/889773233687347200

http://beritasumut.com/hiburan/Dengan-BookMyShow–Pesan-Makanan-di-Bioskop-Kini-Jauh-Lebih-Mudah

https://cms.dailysocial.id/wp-content/uploads/2018/07/8487863035f9c1a2bf9a4103587911d4_webbanner-bimbel.jpg

https://ganeshaoperationska.files.wordpress.com/2010/02/iklan-super-intensif-2010.jpg

https://shop.adidas.co.id/brands/neo.html

https://www.citygardengrandhotel.com/hotel-promos-rewards/daily-promo/

http://palembang.tribunnews.com/2017/09/25/ingat-sosok-bayi-dalam-iklan-popok-mamypoko-sekarang-sudah-jadi-gadis-cantik-ini-wajahnya

https://www.dakwatuna.com/2014/05/16/51305/karena-label-halal-wardah-dikejar-kejar-ceo-kosmetik-dunia/#axzz5fyIyf1VY

https://www.mncplay.id/diskon-17-dari-yellow-bee-hotel/

https://wolipop.detik.com/advertorial-news-block/d-2904397/fakta-seputar-air-mineral

https://agungsaputro00.wordpress.com/project1/

https://hidupbanyakrasa.com/products-sachet

https://jeasyca.files.wordpress.com/2014/03/cagayan-de-oro-j-co-centrio-ayala-1-copy.jpg

https://probolaksono.wordpress.com/2015/05/05/gambar-bebek-goreng-h-slamet/

http://bangka.tribunnews.com/2019/02/15/berita-duka-cita-telah-meninggal-dunia-mama-kami-tercinta-tjeuw-pit-lian-miriana-elfia

http://www.koraneditor.co.id/2016/10/iklan-ucapan-sekretariat-dprd-kota.html

http://senodwis.blogspot.com/2017/10/iklan-layanan-masyarakat.html

http://prodia.co.id/id/KegiatanPromosi/PromosiDetails/bebas-hiv-aids

http://indonesiabaik.id/infografis/cara-untuk-tidak-merokok

https://www.kaskus.co.id/thread/5685ef879e7404c82b8b4568/jakarta-penawaran-kerjasama-agen-laundry-kiloan-amp-satuan-momo-laundry/

https://www.ulihape.com/2018/05/pesan-sekarang-dapatkan-promosi-terbaik.html

https://www.jobstreet.co.id/id/job-search/ecommerce-jobs/?ojs=23

http://hargajsm.com/zoya-bandung-great-sale-diskon-hingga-70/

https://www.facebook.com/116794608382469/photos/pb.116794608382469.-2207520000.1550325783./1269106169817968/?type=3&theater

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Mie_Sedaap_Cup.png

http://tigajarisidik.blogspot.com/2009/02/anti-marketing-ponds-flawles-case.html

http://gamarina.blogspot.com/2013/03/tugas-entrepreneurship-slogan-1.html

http://guromis.com/fakta-tentang-shampo-anti-ketombe/

https://www.samsung.com/id/galaxy-m-series/

https://twitter.com/KFCINDONESIA/status/756081626048700417

https://tipspercetakan.com/iklan-outdoor-menarik-untuk-promosi-bisnis/

https://www.adsoftheworld.com/media/print/dettol_manhttps://www.adsoftheworld.com/media/print/levis_average

http://www.jasaiklankoran.com/2017/03/beriklan-koran-kedaulatan-rakyat-jogja.html

https://www.super-combo.com/pasang-iklan-baris-murah-disini/

2 Replies to “50+ Contoh Iklan Menarik Beserta Gambar (Sangat Kreatif)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *