Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru Dan Terlengkap (Simpati, Kartu As Dan Loop)

9 min read

cara transfer pulsa telkomsel

Di era digital saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone, mulai dari orang tua sampai anak-anak. Dan pengguna smartphone selalu meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya pengguna smartphone tentu juga dibarengi meningkatnya kebutuhan akan pulsa.

Pulsa seolah-olah sudah menjadi kebutuhan pokok, melebihi kebutuhan lainnya. Banyak orang akan galau saat kehabisan pulsa. Kebutuhan akan pulsa  saat ini masih belum bisa tergantikan dengan teknologi lainnya, setidaknya mungkin sampai dengan 10 tahun yang akan datang semua orang pasti membutuhkan pulsa.

Saking pentingnya kebutuhan akan pulsa ini hingga beberapa oknum menyalahgunakan untuk penipuan, seperti yang sering terjadi  dan terkenal dengan sebutan “mama minta pulsa”. Penipuan jenis ini dilakukan dengan cara sms atau telpon yang berisi permintaan untuk mengirimkan sejumlah pulsa dengan nominal tertentu, biasanya menggunakan identitas kerabat korban untuk meminta pulsa.

Layanan Pengisian Pulsa

Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan pulsa ini maka semakin banyak orang yang berbisnis dan berjualan pulsa. Mulai dari konter-konter kecil yang tersebar luas dekat tempat tinggal kita, minimarket hingga ecommerce ikut berjualan pulsa berbagai operator secara online. Bahkan tak ketinggalan perbankan juga melayani isi ulang pulsa, baik lewat ATM, sms banking, m-banking maupun internet banking.

Provider-provider seluler saat ini juga semakin banyak menyediakan berbagai jenis pulsa dengan beragam nominal yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk kebutuhan komunikasi secara langsung lewat sms dan telpon atau merubah pulsa menjadi paket data internet. Nominal pulsa yang tersedia juga bisa dibeli mulai dari 5 ribu.

Yang jadi pertanyaan adalah saat kita kehabisan dan sangat membutuhkan pulsa tapi lagi nggak ada uang buat beli pulsa? Kondisi ini biasa terjadi khususnya bagi pelajar atau mahasiswa. Atau dalam kondisi darurat butuh pulsa tapi tidak memungkinkan untuk beli pulsa. Tenang saja, karena hampir semua operator seluler sekarang sudah menyediakan layanan transfer pulsa. Kita bisa minta ditransfer pulsa oleh kerabat atau teman kita yang masih punya pulsa.

Artikel Terkait Artikel Terkait

Cara Cek Kuota Telkomsel 

Cara Cek Nomor Telkomsel 

Cara Tukar Poin Telkomsel 

Cara Setting APN Telkomsel 4G/3G

Layanan Transfer Pulsa Telkomsel

Salah satu operator seluler yang menyediakan layanan transfer pulsa adalah Telkomsel. Kebetulan kami sendiri juga pengguna Telkomsel. Sebagai penyedia layanan operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel menyediakan layanan transfer pulsa untuk penggunanya, yang memungkinkan setiap pengguna Telkomsel melakukan transfer pulsa ke nomor Telkomsel lain. Layanan transfer pulsa Telkomsel ini hanya tersedia untuk pengguna kartu prabayar, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop.

Meskipun ketiga jenis kartu prabayar Telkomsel ini memiliki kelebihannya masing-masing, tetapi cara mentransfer pulsa Telkomsel pada dasarnya memiliki ketentuan yang sama. Transfer pulsa bisa dilakukan dengan berbagai cara yang akan  memotong nominal pulsa yang ada di pengirimnya beserta biaya administrasi untuk proses pengirimannya.

Dengan adanya layanan transfer pulsa Telkomsel ini maka akan memudahkan pengguna Telkomsel mengirimkan pulsa ke sesama pengguna Telkomsel kapan saja di mana saja. Layanan transfer pulsa Telkomsel ini sangat berguna sekali, terutama di saat-saat darurat di mana kerabat atau teman sangat membutuhkan pulsa namun kondisi tidak memungkinkan bagi mereka untuk membelinya saat itu juga.

Kondisi darurat bisa karena sedang tidak punya uang, karena jauh dari tempat penjualan pulsa maupun karena tidak memungkinkan membeli pulsa secara online.  Selain itu, layanan transfer pulsa Telkomsel juga bisa dijadikan sebagai bentuk perhatian atau penghargaan kita kepada kerabat atau teman, dalam bentuk hadiah pulsa untuk pasangan, orang tua, anak atau teman.

Lalu bagaimana Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke kerabat atau teman tersebut ?

Berikut ini Jurnal Manajemen akan dibahas mengenai cara transfer pulsa telkomsel, termasuk kode transfer pulsa telkomsel, cara transfer pulsa telkomsel tanpa biaya dan cara transfer pulsa telkomsel ke operator lain.

Tapi sebelum mengetahui bagaimana cara transfer pulsa Telkomsel, kita harus mengetahui beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Syarat Dan Ketentuan Transfer Pulsa Telkomsel :

  • Layanan transfer pulsa untuk mengirimkan pulsa ke sesama pelanggan berlaku untuk pengguna kartu prabayar Telkomsel, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop
  • Minimal nominal sisa pulsa dari pengirim setelah transfer pulsa adalah Rp 2.000, sehingga ketika nominal sisa pulsa kurang dari Rp 2.000 maka tidak dapat mengirim atau mentransfer pulsa
  • Terdapat biaya transfer pulsa Telkomsel untuk setiap transaksi yang akan dipotong dari pulsa pengirim dengan ketentuan :

Transfer pulsa nominal Rp 5.000 – Rp 19.000, biaya Rp 1.850

Transfer pulsa nominal > Rp 20.000, biaya Rp 2.000

  • Nominal pulsa yang bisa ditransfer minimal adalah RP 5.000 dan maksimal adalah Rp 1.000.000 per transaksi.
  • Total transaksi transfer pulsa dalam satu hari yang dapat dilakukan per satu nomor adalah maksimal sebanyak 250 transaksi, sehingga jika lebih dari itu kita tidak dapat melakukan transaksi lagi.
  • Status kartu SIM pengirim pulsa harus dalam masa aktif, sedangkan penerima pulsa bisa dilakukan meskipun dalam masa tenggang.
  • Proses transaksi transfer pulsa ini tidak dapat merubah masa aktif dari penerima pulsa, sehingga meskipun sudah ditransfer pulsa, penerima tetap tidak dapat menggunakannya sampai kartu dari penerima tersebut diisi ulang.
  • Nominal pulsa yang ditransfer tidak akan dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim pulsa, tetapi biaya transfer pulsa akan dihitung sebagai pemakaian oleh pengirim.
  • Proses transfer pulsa dapat dilakukan jika masa aktif nomor pengirim pulsa sudah lebih dari 3 hari.

Itulah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebelum melakukan transfer pulsa, baik untuk pengirim pulsa maupun untuk penerimanya. Syarat dan ketentuan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Telkomsel.

Selanjutnya jika ingin melakukan transfer pulsa, berikut ini adalah penjelasan cara transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel yang dapat kita coba.

 

Baca Juga : Cara Daftar Paket Telkomsel Murah

 

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Setidaknya ada 4 cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel, baik kartu Simpati, Kartu As maupun Loop.

1. Cara transfer pulsa Telkomsel melalui menu panggilan di *858#

Cara transfer pulsa Telkomsel pertama  yang paling cepat, praktis dan paling mudah adalah dengan melakukan panggilan ke nomor *858#. Syaratnya adalah sisa pulsa yang Anda miliki harus mencukupi, yaitu tersisa minimal Rp 2.000 setelah transfer pulsa. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Lakukan panggilan ke *858# dengan cara ketik *858# lalu tekan Panggil / Call / OK. Maka akan muncul dialog box dengan beberapa menu.
  • Pada dialog box tersebut langsung balas dengan ketik angka 1 yang menunjukkan menu Transfer Pulsa. Dari sini akan muncul dialog box lagi yang berisi perintah untuk memasukkan nomor HP tujuan yang ingin Anda transfer pulsa. Ketik nomor HP tujuan lalu kirim.
  • Maka dialog box yang muncul berisi perintah untuk memasukkan nominal pulsa yang akan ditransfer, misal akan transfer pulsa 5000, kirim lagi.
  • Selanjutnya muncul rincian transfer pulsa berikut nominal, nomor tujuan dan biayanya, pilih / ketik angka 1 untuk menyetujui dan kirim, maka transfer pulsa berhasil yang ditandai dengan adanya konfirmasi SMS dari Telkomsel.
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui menu panggilan.
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui menu panggilan.

2. Cara transfer pulsa Telkomsel melalui Panggilan di *858*

Cara transfer pulsa Telkomsel berikutnya ini juga terbilang  praktis dan mudah.

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Lakukan panggilan dengan format *858*nomor tujuan transfer pulsa*nominal transfer#
  • Kemudian lanjutkan dengan menekan Panggil / Call / OK dari ponsel Anda
  • Maka akan langsung muncul dialog box berisi rincian transfer pulsa berikut nominal, nomor tujuan dan biayanya. Pilih / ketik angka 1 untuk menyetujui dan kirim lagi.
  • Beberapa saat kemudian Anda akan mendapat SMS konfirmasi dari Telkomsel yang menunjukkan transfer pulsa berhasil.
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui menu panggilan 2
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui menu panggilan 2

Saat menulis nominal pulsa yang akan ditransfer bisa dilakukan dengan 2 cara. Misal Anda akan transfer pulsa ke nomor 082327534545 sebesar Rp 5 ribu bisa dilakukan dengan mengetik 5000 atau cukup dengan angka 5, jika transfer Rp 50 ribu ketik dengan angka 50000 atau angka 50.

Cara pertama  : *858*082327534545*5000#

Cara kedua : *858*082327534545*5#

3. Cara transfer pulsa Telkomsel melalui SMS

Layanan transfer pulsa ini cocok buat Anda yang terbiasa menggunakan SMS. Cara transfer pulsa Telkomsel melalui SMS adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu SMS di ponsel Anda
  • Ketikkan TPULSA (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer
  • Kirimkan SMS ini ke nomor Telkomsel yang akan Anda transfer pulsa
  • Beberapa saat kemudian Anda akan mendapat SMS dari Telkomsel (858) yang berisi rincian transfer pulsa berikut nominal, nomor tujuan dan biayanya.
  • Balas dengan ketik YA untuk menyetujui transfer pulsa.
  • Jika transfer pulsa berhasil maka Anda akan mendapat balasan SMS konfirmasi dari Telkomsel.
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui SMS
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui SMS

Contoh :

TPULSA 5000 (lalu kirim ke nomor 082327534545) atau

TPULSA 5 (lalu kirim ke nomor 082327534545)

Pada contoh di atas, Anda akan mentransfer pulsa sebesar Rp 5.000 ke nomor 082327534545.

4. Cara transfer pulsa melalui aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel dapat Anda download melalui Google Play Store maupun App Store dari smartphone Anda. Dengan aplikasi MyTelkomsel maka akan mempermudah Anda dalam memenuhi segala kebutuhan layanan nomor Telkomsel. Di tahun 2019 ini aplikasi MyTelkomsel sudah menambah fitur untuk  transfer pulsa, sehingga Anda  tidak perlu lagi menghafal kode transfer pulsa Telkomsel dan mengetik format transfer pulsa Telkomsel.

Adakah cara transfer pulsa Telkomsel tanpa biaya ? Meskipun dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel, cara transfer pulsa ini tetap dikenakan biaya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu sama dengan transfer pulsa dengan cara yang sudah dijelaskan di atas.

Langkah Transfer Pulsa Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Berikut ini cara transfer pulsa Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel :

  • Login ke aplikasi My Telkomsel dengan nomor Telkomsel Anda.
  • Setelah berhasil login maka di dashboard MyTelkomsel cari menu Hadiah (di bagian bawah) atau juga bisa juga dengan klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas aplikasi, kemudian pilih menu Beri Hadiah.
  • Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan nomor HP tujuan yang ingin di beri hadiah pulsa.
  • Kemudian geser opsi Transfer Pulsa sampai berubah warna merah untuk mengaktifkan
  • Dari situ akan muncul berbagai pilihan nominal pulsa yang bisa Anda bagikan / kirim, mulai dengan nominal Rp 10.000.
  • Jika pilihan nominal pulsa tidak ada, maka klik Others kemudian tuliskan nominal pulsa yang Anda inginkan, minimal Rp 5.000 maksimal Rp 200.000
  • Setelah nominal pulsa yang ingin Anda transfer dipilih, lalu klik tombol Lanjut.
  • Maka muncul layar baru yang berisi rincian transfer pulsa berikut nomor tujuan, nominal, biaya dan jumlah totalnya.
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran, klik tombol Bayar, untuk pembayaran dengan menggunakan pulsa yang Anda miliki.
  • Kemudian Telkomsel akan mengirim SMS yang berisi password kode verifikasi sebelum proses transfer dilakukan. Hal ini untuk menjaga keamanan pulsa Anda.
  • Agar transfer pulsa diproses, maka segera masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik Verifikasi.
  • Beberapa saat kemudian, saat proses transfer pulsa ke nomor tujuan berhasil, maka pada layar ponsel Anda akan ditampilkan rinciannya. Selain itu Anda dan penerima transfer pulsa akan sama-sama mendapat SMS pemberitahuan yang menyatakan bahwa transfer pulsa berhasil.
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui myTelkomsel
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui myTelkomsel
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui myTelkomsel 2
Cara transfer pulsa Telkomsel melalui myTelkomsel 2

 

Baca JugaCara Beli Paket Internet Telkomsel Murah

 

Langkah Meminta Pulsa

Cara-cara di atas merupakan cara transfer pulsa Telkomsel dari yang mempunyai pulsa ke penerima yang tidak mempunyai pulsa. Ada cara lain dilihat dari sisi orang yang tidak mempunyai pulsa, yaitu dengan cara minta pulsa kepada yang punya pulsa (donatur). Tentunya Anda harus kenal dengan orang yang akan Anda mintai pulsa tersebut.

Cara minta pulsa Telkomsel dapat dilakukan dengan panggilan ke *858#. Berikut ini caranya :

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Ketik *858# lalu tekan Panggil / Call / OK.
  • Maka akan muncul dialog box dengan beberapa menu. Langsung balas dengan ketik angka 2 untuk pilihan Minta Pulsa.
  • Langkah selanjutnya adalah masukkan nomor HP donatur yang akan dimintai pulsa
  • Masukkan nominal pulsa yang Anda minta
  • Maka akan langsung muncul rincian pulsa yang akan Anda minta, berikut nominal, nomor HP donatur dan biayanya.
  • Pilih / ketik angka 1 untuk menyetujui dan kirim / send
  • Kemudian akan muncul notifikasi bahwa permintaan sedang diproses. Donatur juga akan menerima notifikasi bahwa ada permintaan pulsa dari Anda.
  • Apabila donatur menyetujui maka akan mendapat notifikasi bahwa nomor Anda sudah dikirim pulsa.
meminta pulsa
meminta pulsa

Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Operator Lain

Ada banyak sekali pertanyaan terkait cara transfer pulsa Telkomsel ke semua operator, cara transfer pulsa Telkomsel ke operator lain, cara transfer pulsa Telkomsel ke Indosat dan cara transfer pulsa Telkomsel dibawah 5000.

Tetapi cara transfer pulsa Telkomsel ke semua operator lain saat ini secara resmi belum disediakan oleh Telkomsel. Begitu juga belum ada cara transfer pulsa Telkomsel dibawah 5000. Seandainya suatu saat layanan ini diaktifkan oleh Telkomsel maka akan bisa memudahkan dan memanjakan para pelanggan Telkomsel, sehingga akan semakin meningkatkan loyalitas para pelanggan untuk tetap menggunakan layanan operator seluler terbesar di Indonesia tersebut.

Pulsa Darurat Telkomsel

Slogan “Dengan Paket Darurat, Pulsa Habis Bukan Masalah!” dari Telkomsel memungkinkan Anda tetap bisa telepon, SMS, dan internetan meskipun pulsa / paketan Anda habis. Paket Darurat Telkomsel adalah layanan penyediaan paket telepon, paket SMS dan Paket Internet Telkomsel dalam kondisi darurat, yang memungkinkan Anda tetap dapat berkomunikasi saat kehabisan pulsa. Paket telepon dan paket SMS tersebut hanya bisa digunakan untuk sesama Telkomsel.

Fasilitas pulsa darurat Telkomsel adalah solusi untuk meminjam atau hutang pulsa bagi pengguna yang kehabisan pulsa di saat darurat. Dengan pinjaman dari Paket Darurat Telkomsel, Anda pun tetap bisa telepon, SMS, dan internetan saat pulsa habis.

Penawaran Paket Darurat Telkomsel akan diberikan kepada pelanggan Telkomsel yang memenuhi syarat dan sedang dalam kondisi sebagai berikut :

  • Tidak bisa melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS karena pulsa habis.
  • Kehabisan pulsa saat menggunakan data/internet.
  • Gagal melakukan aktivasi layanan karena pulsa habis.
  • Kondisi tidak bisa transaksi lainnya karena pulsa habis.

Syarat dan Ketentuan Pinjam Paket Darurat Telkomsel :

  • Berlaku untuk pelanggan kartu prabayar Simpati, Kartu As, dan Loop.
  • Layanan ini hanya dapat diaktivasi di Indonesia.
  • Telah aktif menggunakan kartu Telkomsel minimal 60 hari.
  • Tidak sedang memiliki pinjaman Paket Darurat yang belum dikembalikan.
  • Memenuhi kriteria frekuensi dan jumlah pengisian pulsa serta rata-rata penggunaan bulanan.
  • Pembayaran Paket Darurat akan otomatis dipotong dari pengisian pulsa berikutnya.
  • Tidak ada biaya tambahan untuk mendapatkan pinjaman Paket Darurat.
  • Pembayaran pinjaman Paket Darurat Telkomsel tidak dapat dilakukan dengan pulsa yang didapat dari hasil transfer pulsa, tetapi hanya dapat dilakukan melalui isi ulang pulsa.
  • Aktivasi Paket Darurat Telkomsel tidak akan menambah masa aktif kartu.

Detail Jumlah Pinjaman Paket Darurat Telkomsel

Tarif

Kuota Telepon

(Sesama Telkomsel)

Kuota SMS

(Sesama Telkomsel)

Kuota Internet

 

Masa Berlaku

Rp 1.000 10 Menit 20 SMS 50 MB 1 Hari
Rp 2.000 30 Menit 20 SMS 350 MB 1 Hari
Rp 3.000 75 Menit 30 SMS 350 MB 1 Hari
Rp 5.000 75 Menit 30 SMS 500 MB 1 Hari

Cara Aktivasi Paket Darurat Telkomsel

Untuk bisa melakukan pinjaman Paket Darurat Telkomsel bisa dilakukan dengan dua cara :

1. Melalui UMB atau Kode Dial

  • Masuk ke menu panggilan / call di ponsel Anda
  • Ketik kode *500*5# lalu tekan Panggil / Call / OK
  • Maka akan muncul dialog box berisi pilihan penawaran Paket Darurat yang sesuai dengan profil Anda sebagai pengguna.
  • Balas dengan mengetik angka 1 untuk menyetujui aktivasi lalu kirim/send.
  • Beberapa saat kemudian Anda akan mendapat notifikasi bahwa Peket Darurat telah aktif.

2. Melalui SMS

  • Penawaran Paket Darurat Telkomsel hanya akan dikirimkan melalui SMS saat Anda kehabisan pulsa, yang bisa terdeteksi saat gagal melakukan panggilan telepon atau SMS.
  • Penawaran Paket Darurat Telkomsel disesuaikan dengan profil Anda.
  • Balas dengan ketik “YES” saat Anda mendapatkan SMS penawaran Paket Darurat.
  • Beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Paket Darurat telah diaktifkan.

Collect Call Telkomsel dan Collect SMS Telkomsel

Layanan lain yang memungkinkan Anda untuk bisa tetap melakukan komunikasi  saat kondisi darurat tidak punya pulsa atau kehabisan pulsa adalah Collect Call Telkomsel dan Collect SMS Telkomsel. Layanan ini membebankan biaya panggilan telepon atau biaya SMS kepada nomor HP tujuan.

Cara menggunakan Collect Call Telkomsel

Collect Call Telkomsel adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk melakukan telepon meskipun pulsa habis. Dengan syarat si penerima setuju untuk membayar biaya telepon, Anda tetap bisa melakukan panggilan. Ini merupakan solusi saat kondisi darurat atau pulsa habis, sehingga komunikasi masih bisa berjalan dengan lancar.

Cara menggunakan Collect Call Telkomsel dapat dilakukan dengan 2 cara :

Cara Pertama dengan permintaan secara langsung melalui panggilan ke *809*:

  • Masuk ke menu Panggilan / Call
  • Ketik *809*nomer HP tujuan# lalu tekan Panggil / Call / OK
  • Nomor HP tujuan tersebut akan mendengar pengumuman dari IVR (Interactive Voice Response) atau Call Center bahwa biaya telepon yang Anda lakukan akan dibayarkan olehnya jika ia setuju.
  • Jika setuju, penerima telepon cukup menekan angka 1 untuk menerima telepon dan membayar biayanya.
  • Jika penerima telepon ingin menolak membayar biaya telepon, maka abaikan untuk tidak menekan angka 1 sehingga permintaan akan gagal dilakukan.

Cara Kedua adalah dengan adanya penawaran Collect Call Telkomsel yang akan langsung diberikan melalui Call Center saat penelpon tidak mempunyai cukup pulsa namun melakukan panggilan.

 

Baca Juga : Cara Registrasi Telkomsel

 

Cara menggunakan Collect SMS Telkomsel

Collect SMS Telkomsel adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengirim SMS meskipun pulsa habis, dengan syarat si penerima setuju untuk membayar biaya SMS tersebut.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan angka 7 di depan nomor tujuan saat akan mengirim SMS.

Penerima akan menerima SMS notifikasi untuk menyetujui bahwa biaya SMS akan dibebankan ke nomor penerima tersebut.

Penerima akan menerima notifikasi bahwa SMS gagal diterima. Agar penerima bisa menerima SMS tersebut maka dia harus setuju untuk membayar biayanya, maka SMS akan sukses terkirim. Tapi jika penerima tidak setuju untuk membayar biaya SMS  ini maka SMS  tidak akan terkirim.

Sebagai contoh akan melakukan SMS ke nomor 082327534545, maka tambahkan angka 7 di depannya, sehingga menjadi 7082327534545. Kemudian lanjutkan dengan mengetik pesan dan kirim SMS tersebut.

Itulah beberapa  cara transfer pulsa  Telkomsel terbaru dan terlengkap (Simpati, Kartu As Dan Loop), yang memungkinkan Anda untuk tetap bisa berkomunikasi meski sedang kehabisan pulsa.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

One Reply to “Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru Dan Terlengkap (Simpati, Kartu…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *