Cara Membeli Saham Bagi Pemula

3 min read

cara membeli saham

Bagaimana cara membeli saham? Saat ini cara membeli saham sudah lebih mudah dibandingkan dengan beberapa puluh tahun lalu. Dulu, jika Anda ingin membeli saham maka Anda harus membutuhkan bantuan manajemen dan saran dari broker. Sekarang membeli saham pun juga bisa dilakukan secara online. Jika Anda membeli saham, maka artinya Anda membeli sebagian kecil dari suatu perusahaan. Berikut ini adalah beberapa cara membeli saham bagi pemula. Dengan sedikit pengetauan, maka Anda bisa membeli saham yang oke dan bisa mendapatkan keuntungan pula.

1. Cara membeli saham perusahaan

Jika Anda ingin membeli saham perusahan maka bisa langsung melakukan pembelian saham secara langsung, Cara ini akan memungkinkan para investor untuk membeli saham langsung dari perusahaan yang mereka inginkan.

Carilah perusahaan yang sering memiliki komisi lebih rendah daripada broker, dengan cara inilah pulalah maka Anda dapat menghemat banyak uang selama beberapa tahun. Perusahaan tersebut juga memiliki keuntungan besar yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam jumlah dolar tertentu daripada memilih untuk mengamankan sejumlah saham.

Cara ini memungkinkan Anda memiliki saham pecahan, yang masih menghasilkan dividen.Dividen ini juga dapat segera diinvestasikan kembali dengan rencana reinvestasi dividen dan bisa dilakukan secara gratis. Dividen akan membantu Anda untuk lebih meningkatkan kepemilikan Anda di perusahaan. Selama 20 atau 30 tahun, dividen dan saham Anda dapat menambah bahkan meningka secarasignifikan untuk nilai investasi Anda.

Cara membeli saham perusahaan luar negeri pun juga bisa dilakukan secara langsung karena ada beberapa perusahaan yang mengizinkan siapa pun untuk membeli saham langsung. Namun banyak juga perusahaa yang mengharuskan Anda untuk memiliki bagian saham mereka agar Anda bisa berinvestasi dengan cara ini.

Jika Anda ingin memenuhi syarat, maka Anda dapat membeli satu saham melalui broker. Setelah itu, Anda harus menemukan halaman layanan pemegang saham di situs resmi perusahaan. Disana Anda akan dapat menemukan detail tentang biaya dan informasi lainnya dalam prospektus investasi saham langsung. Anda bisa menemukan informasi tentang rencana, termasuk biaya, persyaratan, dan batas.

Agar tahu bagaimana cara membeli saham luar negeri, maka Anda harus melakukan banyak penelitian sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri dalam pembelian saham langsung ini. Karena setiap perusahaan memiliki peraturan sendiri. Sebaiknya, jika Anda membaca tentang investasi langsung, maka Anda tahu apa saja kelebihannya dan kekurangannya dan apa yang harus dicari ketika berinvestasi, serta bagaimana cara melakukannya.

2. Cara membeli saham di Bursa Efek

Beberapa saham di Bursa Efek dapat dibeli melalui brokertanpa biaya transaksi. Dengan cara inilah maka Anda bisa menghindari biaya broker yang sangat mahal yang melekat pada investasi dalam saham di Bursa Efek. Namun, jika Anda sudah tahu saham di Bursa Efek mana yang ingin Anda investasikan, kemungkinan besar Anda dapat berinvestasi langsung dari penyedia saham di Bursa Efek.

Cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia sering kali tidak memiliki komisi sehingga bisa menghemat banyak uang Anda untuk jangka panjang. Anda juga akanmendapatkan saham yang sama tanpa perlu membayar broker. Banyak broker saham di Bursa Efek Indonesia yang menawarkan pembelian langsung, namun tidak semuanya. Jadi, Anda harus memeriksa saham yang ingin Anda beli.

Untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia secara langsung, Anda harus membuka situs web saham di Bursa Efek Indonesiadan membuka akun. Setelah itu, ikuti saja petunjuk di situs web perusahaan untuk melakukan pembelian. Sering kali ada investasi awal minimum sebesar $ 1.000 atau lebih, tetapi beberapa perusahaan akan memungkinkan Anda untuk membuat investasi yang lebih kecil jika Anda menyiapkan investasi bulanan otomatis dari rekening bank Anda.

3. Cara membeli saham Google

Ingin membeli saham di Google? Tentu saja bisa! Anda bisa menggunakan layanan saham untuk membeli saham di Google. Ada sejumlah layanan saham yang memungkinkan Anda membeli saham perusahaan tunggal seperti Google. Layanan ini juga sering mengirimkan sertifikat saham berbingkai sebagai bukti bahwa Anda mempunyai saham di perusahaan tersebut. Anda tidak membutuhkan broker untuk melakukannya dan Anda dapat membeli saham ini untuk diri sendiri atau atas nama orang lain sebagai hadiah.Cara terbaik untuk menggunakan layanan saham adalah dengan membeli saham tunggal.

Cara ini akan membuat Anda bisa membeli saham secara langsung atau reinvestasi dividen. Sebagian besar pembelian saham langsung memang mengharuskan Anda untuk memiliki satu saham dan membeli satu dari layanan saham. Beberapa perusahaan ada juga yang syaratnya lebih sulit. Jadi Anda mungkin lebih baik bisa membeli saham melalui broker atau layanan online.

4. Cara membeli saham online

Melakukan pembelian saham melalui layanan broker online pun sekarang sudah memungkinkan dan juga terjamin keberhasilan dan keamanannya. Memang secare teknis, Anda akan menggunakan layanan broker, namun biayanya jauh lebih murah daripada membeli saham secara konvensional lewat broker. Intinya, Anda menjadi pemegang saham Anda sendiri dan menggunakan layanan ini sebagai antarmuka ke pasar tempat Anda melakukan pembelian saham.

Ada banyak layanan broker online yang berbeda-beda, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja. Layanan ini tidak menawarkan banyak saran atau syarat investasi tetapi jauh lebih murah. Anda harus membaca berita keuangan sendiri dan pastikan untuk tetap mengawasi harga saham, terutama jika Anda ingin melakukan perdagangan jangka pendek.

5. Cara membeli saham Telkomsel

Karena Telkomsel adalah perusahaan BUMN, maka Anda bisa membeli saham di Telkomsel. Caranya adalah Anda datang ke BEI lalu katakana kepada broker bahwa Anda ingin membeli saham di Telkomsel. Kemudian Anda pun akan dibimbing oleh broker. Syarat pertama adalah dengan membuka rekening saham. Anda butuh fotokopi KTP dan juga mengisi formulir dengan data-data yang valid. Kurang lebih membuka rekening saham sama dengan membuka rekening bank. Deposit yang harus Anda lakukan adalah Rp 1 juta minimalnya. Namun jumlah deposit rekening saham ini bisa berbeda-beda tergantung dar perusahaannya masing-masing. Saat rekening Anda sudah jadi, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi saham secara online.

6. Cara Membeli Saham Bank Mandiri

Pastikan Anda membuka rekening di Mandiri Sekuritas jika ingin membeli saham. Untuk membuat rekeningnya pun juga sama saja seperti membuka rekeing bank. Namun bedanya pada ssat Anda ingin membuka rekening efek ini, maka Anda akan mendapatkan dua e-mail. E-mail yang pertama adalah akun berisi username dan password Anda. E-mail yang kedua isinya adalah nomor rekeing dan juga dana nasabah. Lakukan deposit dana dengan cara mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening Anda. Kemudian gunakan hp atau PC lalu kunjungi www.most.co.id/syariah untuk memastikan bahwa deposit Anda sudah masuk. Jika sudah masuk maka artinya Anda sudah bisa melakukan transasuksi saham syariah. Anda bisa melhat daftar saham yang bisa dibeli di website tersebut.

Demikian beberapa cara membeli saham yang bisa dipraktekkan. Pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan kriteria Anda.