Pengertian Bauran Pemasaran 4p dan 7p Terlengkap

3 min read

bauran pemasaran

Sebuah Manajemen usaha atau produk komersial ataupun jasa membutuhkan teori terkait bauran pemasaran untuk dapat memajukan bisnis yang akan dikembangkannya. Terdapat beberapa pengertian terkait dengan bauran pemasaran menurut para ahli, seperti salah satunya menurut Lamb, Hair, dan Mc Daniel yang menyebutkan pemasaran berkaitan dengan proses perencanaan, menjalankan konsep, hingga distribusi yang dilakukan untuk mampu memuaskan konsumen.

Rewoldt di tahun 2001 menyebutkan bahwa pemasaran adalah percocokan dari kemampuan dan keinginan untuk menumbuhkan tujuan timbal baik yang tentunya menguntungkan satu sama lain.

Namun dari semua pakar ahli tersebut terdapat satu kesimpulan bahwa pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan memiliki konsentrasi pada pemuasan kebutuhan serta keinginan dengan proses pertukaran yang tentunya sudah menjadi kesepakatan bersama. Banyak sekali makalah bauran pemasaran atau jurnal bauran pemasaran yang dapat Anda simak lebih lanjut tentang teori dari bauran pemasaran.

Strategi Dengan Menggunakan Bauran Pemasaran Sistem 4p

Terdapat strategi bauran pemasaran yang sering disebut dengan marketing. Usaha marketing ini memiliki peran yang sangat penting untuk  mempengaruhi konsumen dengan menawarkan produk yang bisnis Anda produski.

Bauran pemasaran adalah teknik yang dipakai untuk mengontrol usaha Anda agar memuaskan konsumen salah satunya dengan bauran pemasaran 4p yaitu product atau produk, price yang artinya harga Penawaran usaha, place atau tempat dan saluran yang akan Anda gunakan dalam proses distrbusi, dan yang terakhir adalah promotion atau promosi.

Bauran yang memiliki rincian 4p tersebut sering disebut dengan marketing mix. Teori marketing ini hanya dapat digunakan untuk dasar usaha atau unsur-unsur bauran pemasaran dalam produk komersial.

Teori bauran pemasaran akan berbeda jika Anda berada dalam usaha pemasaran jasa yang lebih dikenal dengan 7p. Apabila sistem pemasaran usaha Anda menggunakan dasar bauran di atas, maka Anda dapat menentukan strategi yang terbaik untuk perusahaan.

 

Baca Juga : Aspek Pemasaran Dalam Pengelolaan Usaha

 

Strategi Pemasaran Jasa Menggunakan Bauran Pemasaran Unsur 7p

Seperti yang telah Anda tahu, teknik bauran pemasaran jasa tentu memiliki sedikit perbedaan. Selain price, place, product, dan promosion, terdapat 3 tambahan yang berhubungan erat dengan konsumen yang akan memilih usaha di bidang jasa. Berikut ini uraian strategi dari bauran pemasaran 7p yang dapat Anda cermati lebih lanjut :

  1. Product

Produk dalam pemasaran jasa tidak akan sama dengan pemasaran barang. Perusahaan jasa memberikan produk dalam program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat. Unsur yang harus dan wajib dilakukan antara lain seperti perencanaan jasa yang sesuai, pengembangan yang dilakukan pada program jasa yang baru ataupun yang lama untuk diperbarui menjadi lebih baik, dan tentunya mengambil beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi produk jasa agar dikenal konsumen.

  1. Price

Sistem menajemen seperti yang disebutkan pada pengertian bauran pemasaran tentu membutuhkan pengelolaan dana yang baik dan sesuai. Sebelum menentukan harga pada produk jasa, Anda harus dapat memperhatikan segala elemen yang sekiranya akan mengeluarkan dana tambahan. Seperti salah satu contoh bauran pemasaran dalam produk jasa adalah Anda perlu mempertimbangkan harga setelah mengalami potongan, ongkos kirim atau angku barang, dan bahkan variabel lain yang tentunya bersangkuran dengan usaha tersebut.

  1. Place

Tempat distribusi tentu harus dipilih yang paling sesuai dan tepat dengan sasaran. Anda harus dengan cermat mengetahui tempat yang paling strategis untuk mengembangkan usaha Anda. Selain itu apabila diperlukan, pilih sistem distribusi seperti pengiriman yang terbaik jika diperlukan oleh usaha Anda.

  1. Promotion

Tidak semua orang dapat mengenal jasa Anda. Namun bauran pemasaran dengan sistem promosi dapat memperluas jaringan hingga ke pelosok daerah jika Anda menggunakan promosi yang tepat. Promosi ini selain memperkenalkan juga dapat membujuk masyarakat untuk menggunakan produk jasa dari bisnis Anda. Biasanya konsep bauran pemasaran metode promosi ini membutuhkan bantuan media lain sebagai penyedia atau bahkan pembuat iklan (Lihat Contoh Iklan Menarik). Media yang dapat Anda gunakan seperti media cetak, media elektronik, atau yang sekarang ini terbaru dan dapat diakses dengan mudah adalah media sosial.

  1. Physical Evidence

Unsur inilah yang tidak ada dalam unsur bauran pemasaran produk barang. Namun sangat penting dalam pemasaran jasa. Physical Evidence atau disebut sarana fisik merupakan hal yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen agar menggunakan produk jasa bisnis Anda. Sarana fisik ini meliputi lingkungan ataupun bangunan fisik lengkap yang nyaman saat konsumen datang, peralatan lengkap untuk memperlihatkan kesiapan usaha jasa Anda, perlengkapan memadai, warna pada perusahaan jasa, bahkan Anda dapat menggunakan logo yang menarik perhatian untuk membuat konsumen yakin dengan jasa yang akan Anda berikan.

  1. People

Setiap orang dalam pemasaran jasa memiliki peran penting mulai dari perencanaan hingga penyajian jasa yang harus dengan tepat mempengaruhi pembeli untuk mencoba usaha jasa Anda. Apabila Anda melihat dalam teori bauran pemasaran, maka Anda harus dengan cermat memilih pegawai yang tepat, dan tentunya pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Salah satu hal yang penting dalam dunia usaha jasa. Penampilan dapat menentukan penyampaian yang Anda berikan kepada calon konsumen. Tidak heran jika kerapian menjadi hal nomor satu dalam perusahaan jasa.

  1. Process

7p yang terakhir adalah Process. Proses merupakan mekanisme yang berjalan dari awal hingga akhir. Segala prosedur harus sesuai dengan strategi Anda, agar dapat memiliki target yang maksimal. Proses yang bagus memiliki dampak yang bagus untuk pemasaran jasa seperti pengertian bauran pemasaran menurut para ahli yang mengatakan bahwa apabila pemasaran jasa memiliki pelayanan dan proses yang baik, maka akan terdapat banyak sekali konsumen datang dan bahkan menjadi pelanggan setelah mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Hal seperti proses ini harus dijadikan tumpuan utama bagi para pengusaha yang ada di bidang jasa.

 

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil & Tips Menjalankannya

 

Kesimpulan Dalam Bauran Pemasaran 4p Dan 7p

Setelah Anda mengetahui dengan jelas sistem bauran pemasaran yang ada di atas, Anda dapat memberikan kesimpulan bahwa marketing mix atau yang sering disebut dengan 4p memiliki elemen yang sangat berpengaruh bahkan harus menjadi dasar bagi sebuah produk komersial. Perencanaan 4p yang tepat harus dilaksanakan sebelum sistem produksi dimulai, dan hal ini berlaku untuk usaha yang besar ataupun kecil.

Sedangkan apabila Anda melihat unsur 7p dalam bauran pemasaran, maka Anda dapat melihat bahwa pelayanan yang terbaik akan sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan konsumen dan pelanggan dalam usaha Anda. Anda harus jeli dalam melihat peluang untuk menarik minat dan pasaran yang tepat untuk membuat usaha jasa Anda semakin berkembang.

 Elemen-elemen di atas dapat menjadi tumpuan dasar yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda dapat mempengaruhi konsumen dengan menggunakan unsur bauran dari pemasaran yang ada di atas, dan tentunya mengambil keputusan dengan rasional karena Anda telah memiliki strategi acuan yang sudah Anda rancang sebelumnya. Usaha Anda baik dalam jasa atau produk komersial akan semakin maju dengan strategi tersebut.

One Reply to “Pengertian Bauran Pemasaran 4p dan 7p Terlengkap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *