Ciri Ayam Bangkok Juara Beserta Gambar dan Namanya

4 min read

Ayam Bangkok Juara

Ayam Bangkok Juara Thailand Dan Keunggulannya

Bagi para pecinta ayam petarung, tentu sudah tak asing lagi dengan ayam Jenis Ayam Bangkok. Ayam yang satu ini memang merupakan ayam laga yang hebat, dan jarang sekali mengalami kekalahan. Ayam Bangkok Juara ini berasal dari Thailand. Tetapi banyak juga dikembangkan dan dijadikan petarung di Indonesia. Secara fisik, alfonsoboudoir rupanya memang mirip dengan ayam liar/biasa pada umumnya.

Tetapi sebenarnya, ayam ini memiliki ciri dan karakteristik tertentu yang membedakannya dengan ayam biasa. Karena kualitasnya yang sangat baik dan unggul, tak heran bila harganya cukup mahal. Salah satu keunggulan yang paling banyak dikenal dari ayam ini adalah, ia mampu bertarung sampai tak bernyawa. Sehingga ayam ini dijuluki sebagai ayam juara, dengan kualitas terbaik.

Seperti apa ciri dari ayam bangkok juara ? berikut ulasan Jurnal Manajemen terkait dengan ayam bangkok juara :

Artikel Terkait
Kandang Ayam Bangkok
Cara Beternak Ayam Bangkok

Nama Ayam Bangkok Juara

Pada dasarnya, ayam bangkok ini didukung oleh beberapa faktor hingga ia bisa menjadi lebih unggul di arena pertarungan. Misalnya tampilan ayamnya secara fisik, jenisnya, warna bulunya, hingga bentuk kakinya. Ayam ini terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya yaitu :

1. Ayam Bangkok Super

tubuh ayam bangkok
gambar ayam bangkok super

Jenis ayam bangkok yang satu ini adalah jenis ayam laga yang paling banyak dicari oleh pecinta amateur blowjob ayam petarung. Ayam Bangkok Super juga selalu menjadi incaran, apalagi harganya yang paling mahal diantara jenis ayam bangkok lainnya. Faktor pendukung utama ayam ini dalam menjadi juara adalah, mental, fisik dan teknik bertarungnya hingga ia mampu untuk selalu menang.

2. Ayam Bangkok Birma

ayam bangkok birma
gambar ayam bangkok birma

Ayam yang satu ini adalah hasil persilangan dari dua jenis ayam bangkok, yaitu Ayam Bangkok Asli Thailand dan ayam bangkok Burma. Kini, banyak orang yang membudidayakan Ayam Bangkok Birma karena ayam ini sangat tangguh dan jumlah peminatnya juga semakin banyak.

3. Ayam Bangkok Pakhoy

ayam bangkok pakhoy
gambar ayam bangkok pakhoy

Jenis ayam bangkok juara yang satu ini, juga merupakan hasil persilangan antar ayam Malaysia. Ayam ini juga sering dijuluji dengan ayam siam, ayam ujung, atau ayam bangkok. Ayam Bangkok Pakhoy ini, merupakan jenis ayam dengan generasi yang sudah modern.

4. Ayam Bangkok Brajamusti

ayam bangkok brajamusti
gambar ayam bangkok brajamusti | sumber : istanayaman.com

Jika dilihat dari namanya, maka ayam bangkok brajamusti ini merupakan ayam bangkok yang asalnya dari Indonesia. Yaitu di Lampung Selatan. Nama brajamusti ini berasal dari jenis pukulan yang mirip dengan ajian silat brajamusti, yang dimiliki oleh ayam tersebut.

Jenis Ayam Bangkok Menurut Warna

Warna bulu pada ayam bangkok, juga menjadi salah satu keunggulan dari ayam tersebut. ada lima warna utama yang termasuk warna unggulan pada ayam bangkok juara. Berikut jenis dan warnanya :

1. Ayam Bangkok Wiring

gambar ayam bangkok wiring
gambar ayam bangkok wiring

Nama wiring merupakan warna yang terdapat pada bulu ayam bangkok jantan, yang sudah ternama. Ciri khas dari warna bulu ayam ini adalah, warna dasar hitam yang dipadukan dengan bulu yang bentuknya rawis di bagian leher dan juga warna di bagian ekornya. Ayam bangkok wiring ini juga, sudah diakui kualitas juaranya di dunia pecinta ayam petarung.

2. Ayam Bangkok Wangkas

ayam bangkok wangkas
gambar ayam bangkok wangkas

Warna dasar yang terdapat pada ayam bangkok wangkas biasanya sama dengan warna pada bagian rawisnya. Ada dua jenis ayam bangkok wangkas ini, yaitu bulu yang warnanya kuning yang disebut dengan wangkas emas dan bulu yang warnanya gelap kemerahan yang disebut dengan wangkas geni.

3. Ayam Bangkok Hitam

gambar ayam bangkok hitam
gambar ayam bangkok hitam

Ayam bangkok hitam merupakan salah satu ayam bangkok juara Thailand, yang memang asli berasal dari Thailand. Ciri yang paling khas pada ayam ini yaitu bagian bulu, kaki dan matanya semuanya berwarna hitam. Sehingga dinamakan ayam bangkok hitam. Warna hitam ini bahkan sampai menyebar ke seluruh paruh sampai kaki, dan menjadi ayam petarung berkualitas juara.

4. Ayam Bangkok Putih

ayam bangkok putih
gambar ayam bangkok putih | sumber : apollo-singapore.akamaized.net

Ayam bangkok ini adalah jenis ayam dengan derajat yang tertinggi, bahkan lawannya ketika sedang bertarung yang melawan ayam kemudian menang disebut-sebut akan mendapat kesialan. Ayam bangkok putih terdiri dari dua jenis, yaitu ayam usu dengan ciri khas seluruh bulunya yang berwarna putih tetapi bagian kaki serta paruhnya berwarna kuning.

Jenis yang kedua adalah ayam kinantan dengan ciri fisik warna pada seluruh bulu dan tubuhnya yaitu berwarna putih.

5. Ayam Bangkok Blorok

ayam bangkok blorok
gambar ayam bangkok blorok | sumber : apollo-singapore.akamaized.net

Pada dasarnya warna pada ayam bangkok blorok ini adalah warna hitam, yang memiliki corak yang berupa bintik dengan warna putih. Sedangkan bagian sandangnya yaitu berwarna merah atau bisa juga kuning.

Artikel Terkait
Ayam Bangkok F1
Pakan Ayam Bangkok
Jamu Ayam Bangkok

Ciri Ayam Bangkok Juara

Seperti yang kita ketahui, bahwa Harga Ayam Bangkok Juara memang terbilang mahal bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Tetapi harganya sebanding dengan keunggulan dan kualitas dari ayam itu sendiri. Supaya Anda dapat membedakan ayam bangkok juara dengan ayam biasa dengan baik, maka simak ciri-ciri khususnya sebagai berikut :

1. Ukuran Tubuhnya Tegap dan Juga Besar

tubuh ayam bangkok
tubuh ayam bangkok

Ciri ayam bangkok juara dunia yang paling umum akan terlihat di bagian tubuhnya. Dengan tubuh yang tegap dan besar, ayam ini mampu berdiri dengan hampir 90o bagian sudutnya. Bagian dadanya pun akan membusung dengan gagahnya. Semakin besar ukuran tulang dadanya, maka akan semakin baik kualitasnya dalam bertarung.

2. Warna Bulunya Bervariasi dan Memiliki Ciri Yang Berbeda

bulu ayam bangkok
bulu ayam bangkok | sumber : abahtani.com

Warna bulu pada ayam bangkok yang sudah juara dalam bertarung, juga menjadi salah satu ciri yang khas pada jenis ayam bangkok yang ada. Ada yang berwarna kuning kemerahan, ada yang berwarna hitam, putih dan juga merah, dan ada pula yang berwarna brilik atau campuran beranekaragam warna yang disertai dengan motif dan garisnya yang kecil.

3. Lehernya Berbentuk Panjang

Leher Ayam Bangkok
Leher Ayam Bangkok | sumber : infobaru.id

Kebanyakan ayam bangkok yang kualitasnya sudah terbukti juara, memiliki bentuk leher yang panjang. Ciri lainnya yaitu bagian tulang sambungan yang terdapat diantara leher dengan kepala tidak menonjol. Karena jika di bagian tersebut menonjol, kualitas ayam petarung itu terbilang kurang baik atau mengalami kekalahan.

4. Ukuran Rata-Rata Jenggernya Pendek

Jengger Ayam Bangkok Asli
Jengger Ayam Bangkok Asli

Dibanding dengan jenis ayam laga lainnya, ayam bangkok ini memiliki ukuran jengger yang terbilang pendek. Namun bagi mereka yang senang dengan ayam petarung, biasanya akan mencari ayam bangkok yang bagian jenggernya berbentuk seperti blangkon. Ciri fisik pada jengger ini, biasanya sudah terlihat pada Anak Ayam Bangkok Juara.

5. Warna Matanya Dapat Menembus

Kepala Ayam Bangkok Asli
Mata Ayam Bangkok Asli | sumber : takimzone.com

Menurut para pecinta ayam, jenis ayam bangkok juara ini biasanya memiliki warna mata yang kelihatannya bisa menembus. Artinya warna matanya akan sama dengan warna pada bagian paruh dan juga kakinya. Sehingga ketika seseorang sedang memilih ayam bangkok untuk bertarung, mereka juga akan melihat dan meneliti bagian matanya.

6. Paruhnya Panjang, Tebal, dan Berwarna Kuning

Mata Ayam Bangkok Asli

Apabila Anda melihat ayam bangkok dengan paruh yang panjang, tebal dan warnanya kuning, maka ayam itu bisa tergolong ke dalam jenis ayam bangkok unggulan. Warna paruhnya juga jauh lebih kuning dibanding dengan warna paruh ayam lainnya. Semakin panjang dan bulat di bagian paruhnya, maka kualitas ayam bangkok ini akan semakin baik.

Bahkan bisa menjadi ayam bangkok juara dunia dengan rekor terbaik.