23 Aplikasi Kamera Terbaik Android Paling Populer

11 min read

aplikasi kamera

Tren fotografi saat ini semakin mudah dan praktis berkat inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para produsen untuk membuat kamera smartphone yang semakin canggih. Bahkan, kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone bisa dibilang tidak kalah dengan kualitas foto kamera profesional. Hal ini mengakibatkan aktivitas berfoto semakin maksimal meskipun menggunakan kamera smartphone.

Kamera : Alasan Membeli Smartphone

Saking pentingnya kamera pada perangkat seluler saat ini hingga banyak yang melakukan keputusan pembelian smartphone berdasarkan pada kekuatan kamera. Orang tidak akan membeli smartphone dengan kualitas kamera rendah apalagi smartphone tanpa kamera. Untuk itulah banyak perusahaan produsen smartphone selalu berlomba-lomba membuat smartphone dengan kamera yang semakin canggih dengan resolusi besar serta kualitas yang dapat diandalkan, baik kamera belakang maupun kamera depan.

Meskipun hampir semua smartphone saat ini dilengkapi kamera dengan beberapa fitur dasar yang bagus, tetapi aplikasi kamera default tersebut mungkin tidak memiliki fitur lengkap yang Anda inginkan atau butuhkan untuk bisa mendapatkan foto dengan kualitas terbaik.

Aplikasi Kamera Alternatif

Untungnya, ada banyak sekali aplikasi kamera alternatif pihak ketiga untuk smartphone Anda, yang dapat membantu Anda mengoptimalkan dan mengambil foto lebih baik, dengan efek menyenangkan untuk pemula sampai dengan kelengkapan fitur untuk fotografer berpengalaman. Jadi jika kamera smartphone Anda tidak memiliki spesifikasi kamera tinggi jangan berkecil hati dulu, karena Anda bisa memanfaatkan aplikasi kamera android terbaik yang dapat mendongkrak performa kamera smartphone untuk menghasilkan foto yang super keren.

Untuk membantu Anda dalam pencarian aplikasi kamera paling bagus maupun aplikasi kamera paling jernih, Jurnal Manajemen akan memberikan informasi secara lengkap.

Informasi berikut ini adalah beberapa aplikasi kamera terbaru dan terbaik Android, yang menawarkan gambar dan efek foto yang luar biasa, baik yang versi gratis maupun premium. Beberapa Aplikasi Kamera Terbaik saat ini adalah sebagai berikut :

  1. Camera FV-5
  2. Aplikasi Camera MX
  3. Camera Zoom FX
  4. Open Camera
  5. Candy Camera
  6. Camera360
  7. VSCO
  8. Google Camera
  9. Open Camera
  10. Cymera
  11. A Better Camera
  12. Footej Camera
  13. Z Camera
  14. ProShot
  15. Retrica
  16. Manual Camera
  17. DSLR Camera Pro
  18. Vignette
  19. ProCapture
  20. B612 – Beauty & Filter Camera
  21. BeautyPlus
  22. DSLR Controller
  23. HD Panorama

Anda dapat mendownload aplikasi kamera tersebut melalui Google Play Store secara gratis, mulai dari aplikasi kamera dslr, aplikasi kamera canon, aplikasi kamera cembung, aplikasi kamera edit, aplikasi kamera video, aplikasi kamera blur otomatis sampai aplikasi kamera tembus pandang.

1. Camera FV-5

aplikasi camera FV5
aplikasi camera FV5 | source : aptoide.com

Jika Anda mencari aplikasi kamera android terbaik, maka Camera FV-5 bisa Anda coba. Camera FV-5 merupakan aplikasi kamera DSLR terbaik untuk Android. Aplikasi ini terutama dirancang untuk penggemar fotografi dan profesional, karena hampir semua fitur fotografi manual DSLR ada dalam aplikasi ini, seperti sensitivitas ISO, fokus pengukuran cahaya, white balance, kecepatan rana, dan lain sebagainya. fitur Autofocus (aplikasi kamera blur otomatis)

Semua foto yang diambil dengan Camera FV-5 dapat disimpan dalam format JPEG, RAW 16-bit sejati dalam format DNG, atau format PNG lossless.

Aplikasi Camera FV-5 mempunyai fitur lengkap dengan antarmuka intuitif yang sangat mudah ditangani dan tersedia dalam lebih dari 30 bahasa. Satu-satunya kelemahan aplikasi ini adalah versi lite-nya alias versi gratisnya menghasilkan gambar dengan kualitas lebih rendah. Sedangkan versi premiumnya menawarkan fitur lebih lengkap.

2. Camera MX

aplikasi camera MX
aplikasi camera MX

Camera MX adalah aplikasi kamera berfitur lengkap yang menawarkan banyak pilihan untuk mengambil gambar. Aplikasi  kamera gratis terbaik untuk Android ini memberikan visual jelas untuk  memastikan gambar yang tajam. Dengan Camera MX Anda dapat membuat foto dan video animasi  serta menambahkan banyak efek, filter, bingkai, dll.

Fitur utamanya meliputi bidikan langsung, GIF, Galeri, dan opsi fitur ‘Shoot The Past’ di mana Anda dapat memilih momen yang sempurna untuk mengambil gambar.

3. Camera Zoom FX

aplikasi camera zoom FX
aplikasi camera zoom FX | source : winudf.com

Camera Zoom FX adalah aplikasi kamera DLSR terbaik untuk Android, yang kaya fitur untuk fotografi ponsel. Banyak yang dapat dihasilkan dengan aplikasi ini, antara lain action shots, stable shots, photo filters, photo composition dan banyak lagi.

Muncul dengan kontrol manual penuh dan daftar panjang fitur yang kuat, mencakup semuanya, mulai dari penangkapan mentah hingga pemotretan yang diaktifkan suara, putaran waktu, HDR, kolase,

Aplikasi ini memberi Anda kontrol DSLR manual penuh, RAW capture, memungkinkan Anda untuk mengatur ISO, jarak fokus, kecepatan rana, menggabungkan mode pemotretan, filter, spy shot, dan banyak lagi lainnya.

Antarmuka pengguna yang sederhana memudahkan untuk mengakses semua fitur aplikasi hanya dengan beberapa ketukan pada layar, dan pengembang menawarkan beberapa paket yang dapat diunduh yang membuat aplikasi ini bahkan lebih mampu daripada yang sudah ada. Anda bisa mendapatkan semua fitur tersebut secara lengkap jika membeli versi premium ZOOM FX.

4. Open Camera

aplikasi open camera
aplikasi open camera | source : maketecheasier.com

Open Camera adalah aplikasi kamera gratis yang ringan dan berfitur lengkap untuk Android. Aplikasi ini open source dan dilengkapi dengan semua fitur kamera yang diperlukan, seperti  mode fokus, mode pemandangan, penstabil otomatis, perekaman video HD (aplikasi kamera video), remote control praktis, geotagging foto dan video, tombol volume yang dapat dikonfigurasi, dukungan untuk mikrofon eksternal, HDR, mode optimisasi jangkauan dinamis, ukuran file kecil, dll.

Selain itu, mempunyai GUI yang dapat digunakan secara optimal untuk penggunaan tangan kiri atau kanan. Dengan semua fitur luar biasa ini, Open Camera tidak diragukan lagi merupakan salah satu aplikasi kamera Android terbaik yang bermanfaat yang patut dicoba. Kekurangan dari aplikasi kamera ini adalah sering tidak efisien dalam memfokuskan objek.

5. Candy Camera

aplikasi candy camera
aplikasi candy camera | source : apkmonk.com

Candy camera adalah salah satu aplikasi kamera Android gratis yang membantu dalam mengambil foto selfi  yang lebih baik. Muncul dengan banyak filter dan fungsi kecantikan yang meliputi alat rias, efek pelangsingan wajah, stiker, dll.

Anda dapat melakukan penyesuaian kecil secara real time menggunakan fungsi kecantikan bawaan, termasuk alat pengeditan untuk concealer, lipstik, blush on, eyeliner, maskara, pelangsingan, dan pemutihan. Setelah itu  Anda dapat menambahkan stiker untuk menghias selfie Anda atau memberi pesan khusus.

Fitur lainnya adalah dapat mengambil foto selfi dan foto diam, serta membuat kolase dari banyak foto. Ini bukan aplikasi yang dtujukan untuk fotografer profesional, tetapi  bisa cukup untuk memuaskan pecinta selfie.

6. Camera360

aplikasi camera 360
aplikasi camera 360 | source : google.play

Camera360 adalah aplikasi kamera gratis dan salah satu yang paling populer untuk Android yang memungkinkan Anda mengambil foto seperti seorang profesional. Aplikasi ini memiliki berbagai “Cams” yang hadir dengan puluhan efek unik dari setiap jenis.

Anda juga dapat mengintegrasikan efek langsung ke dalam gambar saat mengambilnya. Anda mungkin merasa sulit untuk navigasi pada awalnya, tetapi begitu Anda menjelajahinya dengan benar pada semua fitur-fiturnya, Anda dapat mengambil beberapa foto yang terlihat fantastis dan profesional dengan mudah. Tersedia fitur menarik seperti editor foto, stiker gerak, galeri foto dalam aplikasi, filter indah dan sebagainya.

7. VSCO

aplikasi kamera VSCO
aplikasi VSCO | source : petapixel.com

VSCO adalah aplikasi kamera bertema media sosial untuk Android yang menyediakan fitur hebat bagi pecinta foto untuk saling berbagi dan menginspirasi. Muncul dengan berbagai alat pengubah foto dan preset yang memberi Anda kemampuan untuk mengubah bidikan lanskap sehari-hari menjadi gambar yang menakjubkan. Teknologi pemrosesan unik yang ditawarkan oleh VSCO menjanjikan hasil yang memukau seperti film yang tidak dapat ditemukan di aplikasi kamera lainnya.

VSCO memiliki mode kamera yang cukup minimalis, tetapi dikemas dengan fitur-fitur canggih di bawahnya. Anda dapat memotret dalam mode RAW atau dapat secara manual menyesuaikan ISO, white balance, dan pencahayaan.

VSCO juga merupakan aplikasi kamera edit yang berfungsi sebagai kamera sekaligus bisa untuk mengedit foto sehingga  memberikan hasil foto sesuai yang diinginkan. Ini adalah aplikasi yang sempurna untuk penggemar foto yang ingin berbagi konten mereka dengan orang lain.

8.Google Camera

aplikasi google camera
aplikasi google camera | source : thenerdmag.com

Google Camera adalah aplikasi kamera resmi Google yang akan Anda temukan di sebagian besar perangkat Google. Anda hanya dapat menggunakan aplikasi ini pada perangkat yang menjalankan Android 7.1.1 dan lebih tinggi.

Ini adalah aplikasi kamera dengan fitur-fitur menonjol seperti stabilisasi video, foto sphere, gerakan lambat (pada perangkat yang didukung) dan mode blur lensa. Satu-satunya downside adalah kompatibilitas. Ini cukup sederhana dibandingkan dengan aplikasi kamera lain yang telah kami ulas sebelumnya tetapi dapat membuat gambar Anda terlihat sangat luar biasa. Berbagai fitur tersedia agar perjalanan makin sempurna, yakni 360 derajad Photo Sphere, panorama, wide angle, dan fisheye (aplikasi kamera cembung).

Google Camera memiliki antarmuka yang rapi dan juga ramah untuk pemula. Anda juga dapat menyesuaikan kualitas dan resolusi gambar untuk hasil yang lebih baik. Panorama Walk-Ball adalah salah satu fitur paling menarik dari Google Camera yang memungkinkan Anda untuk fokus melalui sensor gerak.

Anda dapat menggunakan semua fitur luar biasa dari aplikasi. Misalnya, mode potret intuitif, HDR + untuk memaksimalkan foto meskipun berada di tempat dengan pencahaayan yang kurang. Beberapa ponsel Android juga bisa mendapatkan fitur penglihatan malam terbaru dari Google Pixel 3 yang memungkinkan pengguna untuk mengambil bidikan hebat dalam gelap.

9. Open Camera

aplikasi open camera
aplikasi open camera | source : maketecheasier.com

Open Camera adalah aplikasi kamera yang ringan dan berfitur lengkap untuk  Android, gratis tanpa pembelian dalam aplikasi atau iklan. Sesuai namanya, aplikasi kamera ini sepenuhnya open-source, yang berarti Anda dapat mengunduh kode sumber dan memodifikasinya sesuai dengan selera  Anda.

Aplikasi ini dilengkapi dengan semua fitur kamera yang diperlukan, antara lain memiliki dukungan untuk mode fokus, mode pemandangan, penstabil otomatis, perekaman video HD, remote control praktis, tombol volume yang dapat dikonfigurasi,  dukungan untuk mikrofon eksternal, geotagging foto dan video, HDR, mode optimisasi jangkauan dinamis, ukuran file kecil, dll.

Aplikasi ini juga dimaksudkan untuk sepenuhnya dapat disesuaikan, memungkinkan untuk mengubah GUI, menyesuaikan pengaturan kamera, menghubungkan mikrofon eksternal, dan banyak lagi.

Dengan semua fitur luar biasa ini, Open Camera tidak diragukan lagi merupakan salah satu aplikasi kamera Android terbaik yang bermanfaat yang patut dicoba. Satu masalah kecil dengan aplikasi kamera ini adalah seringnya tidak efisien dalam memfokuskan objek.

10. Cymera

aplikasi cymera
aplikasi cymera | source : captain-droid.com

Cymera juga dikenal sebagai aplikasi foto selfie yang cukup populer dengan banyak fitur dan mencakup segala sesuatu yang mungkin dicari pengguna dalam memodifikasi foto selfie, seperti beberapa filter, alat pengeditan foto, pembentukan kembali tubuh, galeri pintar, dll. Sama seperti Candy Camera, Cymera didukung dengan semua fitur selfie. Aplikasi ini memanjakan para penggunanya dengan tujuh jenis lensa kamera, penstabil kamera, pengatur waktu, dan mode diam yang memungkinkan Anda memotret gambar apa pun secara diam-diam.

Kelebihan dari  aplikasi ini adalah editor foto (aplikasi kamera edit) dan tidak sesuai jika Anda mencari fotografi profesional. Dengan lebih dari 300 juta unduhan, Cymera adalah salah satu aplikasi kamera Android terbaik di Google Play Store.

11. A Better Camera

aplikasi a better camera
aplikasi a better camera | source : winudf.com

A Better Camera adalah aplikasi kamera serbaguna dengan banyak fitur canggih dan unik. Mampu membuat foto berkualitas tinggi yang mengintegrasikan semua fungsi kamera canggih seperti HDR, panorama HD, multishot, dan kamera malam dalam satu aplikasi. A Better Camera memiliki banyak pilihan mode mulai dari mode burst, mode HDR, mode malam hingga penghapusan objek dan banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki fitur yang secara otomatis mengidentifikasi foto pemotretan terbaik setelah pengambilan serangkaian gambar.  Selain itu juga dilengkapi dengan beberapa fitur dalam videonya, seperti  time lapse, focus lock, white balance lock dll.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun versi premium (berbayar) yang mendapatkan fitur lebih banyak dan lengkap.

12. Footej Camera

aplikasi a footej camera
aplikasi a footej camera | source : trashbox.ru

Footej Camera memanfaatkan camera 2 API, yang memberikan akses kontrol manual seperti ISO, white balance, eksposur, membuat GIF animasi, perekaman video gerakan lambat, mode burst, mendukung editor foto hardcore, histogram RAW dan RGB. Aplikasi ini juga mengintegrasikan built-in di galeri.

Pada versi premiumnya, Anda dapat membuat foto berformat JPEG berkualitas tinggi, menambahkan interval waktu lebih dari 10 detik, klik 20 gambar burst dan banyak lagi.

13. Z Camera

aplikasi z camera
aplikasi z camera | source : pocketmeta.com

Z Camera adalah aplikasi kamera selfie berfitur lengkap yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna. Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera elegan yang dilengkapi dengan sejumlah besar filter dan alat pengeditan, dengan antarmuka sederhana yang mudah dioperasikan hanya dengan beberapa gesekan jari-jari Anda.

Z Camera memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau efek filter sebelum mengambil gambar atau merekam video. Fitur menarik lainnya adalah editor foto, stiker, HDR, selfie, kolase khusus, galeri pribadi, mode tilt-shift, dll.

Saat ini aplikasi Z Camera telah menyertakan stiker AR, fitur pertukaran wajah, editor gaya rambut, pembentukan otot, efek tato 3D dan banyak lagi.

14. ProShot

aplikasi kamera proshot
aplikasi proshot | source : cbsistatic.com

ProShot adalah aplikasi kamera yang bisa mengubah smartphone Anda menjadi kamera DSLR dengan sedikit biaya.  Sebagai aplikasi kamera DSLR, ProShot memberi pengguna berbagai mode konfigurasi layaknya kamera DSLR, termasuk manual dan otomatis, serta beberapa mode yang dapat diprogram untuk pemotretan spesialis. Anda berada dalam kendali fokus dan pencahayaan, serta kecepatan rana, pengaturan ISO, dan keseimbangan putih. Anda juga memiliki tombol panggil yang membantu Anda meniru pengalaman DSLR.

Dengan ProShot Anda juga dapat merekam video hingga resolusi 4K. Mode burst dan mode time-lapse dapat membantu Anda mengabadikan momen dengan cepat. ProShot menangkap dalam format RAW sehingga semua data utuh untuk pasca-pemrosesan di Photoshop.

15. Retrica

aplikasi kamera retrica
aplikasi retrica

Jika Anda memiliki kesukaan alami pada gambar yang mengandung nuansa vintage atau lintas proses, maka Retrica adalah pilihan tepat untuk aplikasi kamera yang bagus.

Retrica adalah aplikasi android paling populer yang digunakan oleh kaum muda saat ini yang membantu menerapkan efek real-time. Biasanya, generasi muda lebih memilih pengeditan instan diterapkan ke foto mereka menggunakan retrica. Retrica memungkinkan menerapkan dampak tidak jelas dan sketsa pada gambar.

Retrica telah dirancang untuk kemudahan penggunaan dan juga tidak menawarkan kontrol manual atas kamera ponsel Anda. Namun, apa yang ditawarkannya adalah 100 filter berbeda yang mencakup beragam efek dan rona.

Tidak seperti aplikasi kamera Android khusus filter lainnya yang memungkinkan penerapan filter selama pemrosesan, Retrica memungkinkan aplikasi filter pada titik pengambilan. Karenanya, menggunakan Retrica, Anda dapat melihat pratinjau langsung tentang bagaimana foto Anda akan terlihat.

Menariknya, jika Anda tidak dapat memutuskan filter mana yang akan dipilih, tersedia opsi ‘Filter acak’ yang dapat terus ditekan pengguna hingga menemukan sesuatu yang mereka sukai.

16. Manual Camera

aplikasi manual camera
aplikasi manual camera

Aplikasi Manual Camera menggunakan kontrol kamera yang hampir mirip dengan DSLR yang disajikan dalam camera 2 API, memberi kontrol manual atas pengaturan kamera saat mengambil foto. Menyediakan fitur untuk menyesuaikan bidikan dan secara manual membuat pengaturan untuk pencahayaan, rana, dan fokus.

Intinya adalah untuk memberikan fotografer sebanyak mungkin kendali langsung atas bidikan. Karena mengerjakan bidikan dengan kontrol manual yang sebenarnya membutuhkan sedikit pengalaman dan keterampilan dalam hal foto. Kamera manual tetapi pasti akan memberi Anda semua kontrol manual eksperimental sehingga umumnya direkomendasikan untuk fotografer kelas atas.

17. DSLR Camera Pro

"<yoastmark

Aplikasi DSLR Camera Pro benar-benar merupakan salinan dari DSLR yang sebenarnya dalam hal fitur dan kemampuan, dimana memberikan pengaturan yang sangat baik untuk semua gambar yang Anda klik. Aplikasi ini memiliki histogram langsung untuk semua pengaturan dengan fitur kontrol manual, mungkin ada kasus kompatibilitas pada beberapa perangkat.

DSLR Camera Pro menciptakan kembali suasana layaknya kamera DSLR biasa, antara lain memiliki tangkapan rana dua-negara virtual, yang cukup berjalan sebagai penangkap warna akan membawa DSLR konvensional, dengan mempertimbangkan keadaan konsentrasi dan keadaan foto.

18. Vignette

aplikasi kamera vignette
aplikasi vignette

Vignette adalah aplikasi kaya fitur yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tugas pengeditan gambar. Vignette menyediakan banyak efek foto, melihat gambar, dan yang terbaru, fotografi selang waktu! Ini membanggakan 62 built in efek kamera dan 20 gaya bingkai, dengan lebih banyak pembaruan di jalan.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur dasar dan lanjutan seperti self-timer, komposisi rasio emas, mode bidikan mantap, dan 10x digital zoom. Vignette memberi Anda fleksibilitas untuk menggunakan volume rocker baik untuk memperbesar, mengontrol pencahayaan atau sebagai tombol rana.

Anda dapat dengan mudah memindahkan ikon kamera di kedua sisi layar dan belum lagi puluhan filter dan efek yang Anda dapatkan seperti soft-focus, tilt-shift, efek Orton, dll. Selanjutnya, setiap gambar yang diambil dari aplikasi ini dapat dilabeli dengan waktu , tanggal dan lokasi.

Vignette benar-benar aplikasi hebat yang dapat menggantikan aplikasi kamera default di ponsel Anda dengan fitur yang terus bertambah. Salah satu pembaruan terbaru menghadirkan fitur Time-Lapse, yang cukup spektakuler.

19. ProCapture

aplikasi procapture
aplikasi procapture

ProCapture adalah aplikasi kamera yang relatif kurang populer tetapi kini mendapatkan daya tarik di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramping sehingga dapat mengakses semua fitur kamera dengan cukup mudah. Hal ini mendukung beberapa mode gambar termasuk panorama, mengurangi noise, dan bidikan lebar. Lalu ada histogram waktu nyata di layar yang memungkinkan dapat mengetahui apakah gambar telah sepenuhnya terpapar atau tidak.

Jika Anda ingin mencobanya sebelum membeli, aplikasi ini juga memiliki versi gratis dengan fitur terbatas.

20. B612 – Beauty & Filter Camera

aplikasi b612
aplikasi b612 | source : theandroidsoul.com

B612 adalah salah satu aplikasi selfie terbaik yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di play store. Ini adalah aplikasi populer yang dikenal karena kesederhanaannya dan penyesuaian yang bagus untuk kamera ponsel Anda. B612 menghadirkan efek kecantikan real-time untuk mendapatkan bidikan yang sempurna sekaligus. Tersedia beragam stiker AR sekitar 1.500, yang sejauh ini merupakan yang paling banyak ditawarkan.

Selain selfie, aplikasi ini memiliki beberapa filter berkualitas tinggi terbaik dan sempurna untuk foto makanan, pemandangan, atau acara apa pun. Fitur unik lain dari aplikasi ini adalah dapat membuat video musik berkualitas tinggi. Aplikasi yang satu ini juga memiliki editor foto, pembuat kolase dan kemampuan jenius untuk membuat video Boomerang.

21. BeautyPlus

aplikasi kamera beautyplus
aplikasi beautyplus | source : oketekno.com

BeautyPlus adalah aplikasi kamera trending lain yang tersedia di Play Store. Ini adalah aplikasi camera-based yang sederhana dan memberi Anda beberapa alat pengeditan foto terbaik yang kuat untuk mengedit gambar Anda.

BeautyPlus memiliki efek artistik yang luar biasa, dengan sejumlah besar filter augmented reality (AR). Anda mendapatkan filter sesuai dengan suasana hati Anda dan juga sesuai dengan kesempatan. Dengan BeautyPlus, mengklik selfie foto dan video yang tampak alami menjadi lebih mudah. Aplikasi ini juga mempunyai fitur yang dapat menghilangkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, mencerahkan mata, memutihkan gigi, dan mengedit warna mata juga. Fitur lainnya memungkinkan Anda mengambil selfie potret dengan membuat latar belakang buram.

22. DSLR Controller

aplikasi dslr controller
aplikasi dslr controller

DSLR Controller adalah aplikasi khusus untuk kamera Canon EOS. Aplikasi ini mengontrol kamera Anda menggunakan layar ponsel sebagai jendela bidik. Anda juga dapat mengambil gambar, mengubah berbagai pengaturan, memperbesar, dan hal-hal lainnya. Ini adalah salah satu aplikasi kamera Canon yang baik.

Beberapa fitur seperti viewfinder bisa dihadirkan dari layar smartphone pengguna. Dan pengguna juga bisa mengambil gambar, memperbesar gambar, mengganti pengaturan kamera dan masih banyak lagi yang bisa diatur dari aplikasi yang ada di smartphone.

Untuk orang awam, aplikasi kamera canon ini agak susah untuk digunakan. Pengembang dari aplikasi ini menyarankan kepada para penggunannya untuk melihat informasi-informasi mengenai aplikasi ini melalui situs resminya. Disana banyak panduan yang diinformasikan untuk para pengguna agar tidak bingung dalam menggunakannya. Aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk setiap pengguna kamera Canon EOS.

23. HD Panorama

aplikasi HD panorama
aplikasi HD panorama

Aplikasi kamera cembung untuk android terbaik satu ini dapat menangkap gambar hingga 360 derajad dan menyuguhkan augmented reality yang semakin membuat jepretan kita menjadi sempurna. Selain itu, HD Panorama tidak akan mereduksi kualitas  gambar karena aplikasi ini menghasilkan kecembungan sempurna yang ada di setiap framenya. Nah, bagi Anda yang menginginkan HD Panorama ada di android, aplikasi ini tersedia gratis.

Selain aplikasi-aplikasi kamera tersebut di atas, ada aplikasi unik lain yang banyak digandrungi yaitu aplikasi kamera tembus pandang. Aplikasi kamera tembus pandang asli ini juga menawarkan fitur tembus pandang menggunakan sinar x untuk memindai organ dalam tubuh. Aplikasi kamera tembus pandang ini memungkinkan Anda bisa membuat berbagai foto maupun video tembus pandang pakaian atau organ tubuh, manusia atau objek lainnya. Beberapa aplikasi kamera tembus pandang asli antara lain Moosejaw X-Ray, Body Scanner Prank, X-Ray Full Body Prank, Xray Scanner Prank, Xray Scanner Camera, Body Scanner Camera dan lain sebagainya. Anda dapat mendownload aplikasi kamera tembus pandang tersebut secara gratis di Play Store.

Demikian beberapa aplikasi kamera terbaik Android yang bisa Anda gunakan untuk menyalurkan hobi fotografi maupun mengasah kemampuan fotografi Anda.

Semoga bermanfaat.