30 Aplikasi Edit Video Android/iPhone & PC Terbaik

16 min read

aplikasi edit video

Tren menonton video melalui ponsel pintar (smartphone) saat ini mengalami peningkatan yang significant dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Dari anak-anak hingga orang tua bisa menghabiskan waktu berjam-jam memantengi layar ponsel hanya untuk menonton video-video yang disukai. Tiada hari tanpa menonton video.

Perkembangan teknologi gadget yang semakin canggih yang didukung akses layanan internet super cepat membuat kegiatan menonton video semakin mudah dan praktis, kapanpun dan dimanapun. Teknologi yang ditanamkan ke dalam smartphone juga membuatnya mampu menamplikan video streaming dengan kualitas semakin baik. Apalagi terdapat berbagai macam konten video yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing, mulai dari yang hanya sekedar hiburan, informatif, tutorial hingga berita terkini.

Hal ini juga membuat orang semakin senang membuat video. Kebiasaan sharing video di media sosial juga menjadi tren masyarakat saat ini, baik hanya untuk sekedar hiburan maupun untuk kepentingan bisnis. Produksi video semakin meningkat pesat, baik yang dibuat oleh para pemula maupun professional. Para pembuat video harus merekam, mengedit, dan menerbitkan kreasi video mereka.

Untungnya, saat ini ada banyak tersedia Aplikasi Edit Video gratis dan berbayar yang bisa Anda gunakan untuk membuat video yang terlihat profesional di smartphone Anda. Dengan aplikasi pengedit video ini, Anda dapat membuat klip video dengan sempurna dan dapat mengunggahnya ke aplikasi video YouTube, Facebook, Instagram, Twitter atau media sosial lainnya.

Banyaknya aplikasi video editor yang beredar saat ini selalu berlomba-lomba untuk menarik perhatian Anda, sehingga membuat Anda bingung dalam memilih aplikasi edit video terbaik untuk mengerjakan proyek video Anda.

Aplikasi Edit Video Terbaik Android, iPhone Dan PC

Dalam artikel ini, Jurnal Manajemen telah mengumpulkan 30 aplikasi editing video terbaik di android, iPhone maupun PC pada tahun 2019. Berikut daftar aplikasinya :

Aplikasi Edit Video Android Dan iPhone

  1. KineMaster
  2. FilmoraGo
  3. VivaVideo
  4. VideoShow
  5. Videoshop
  6. Funimate
  7. PowerDirector
  8. Quik
  9. Magisto
  10. Movie Maker Filmmaker
  11. Adobe Premiere Clip
  12. ActionDirector
  13. WeVideo
  14. InShot
  15. Horizon Camera
  16. Boomerang
  17. Vizmato
  18. Animoto
  19. Splice
  20. LumaFusion
  21. iMovie

Aplikasi Edit Video Laptop / PC

  1. Openshot
  2. VideoPad
  3. HitFilm Express
  4. Shotcut
  5. Lightworks
  6. DaVinci Resolve
  7. VSDC Editor Video
  8. Blender
  9. Avidemux

Pembahasan kali ini termasuk aplikasi pembuat video, aplikasi pemotong video, aplikasi edit video android terbaik, aplikasi edit video pc gratis terbaik dan aplikasi edit video vlog.

Dengan aplikasi edit video di android dan iPhone serta aplikasi edit video di laptop / pc tersebut memungkinkan Anda untuk membuat, memotong, mengedit, dan menyempurnakan video dengan lebih mudah dan cepat.  Anda dapat memilih aplikasi pengedit video terbaik, yang sebagian besar di antaranya gratis.

Aplikasi Edit Video Android Dan iPhone Terbaik

Berikut penjelasan mengenai aplikasi edit video untuk android dan iPhone :

1. KineMaster

aplikasi kinemaster
aplikasi kinemaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi edit video android terbaik dan populer yang tersedia saat ini. Dengan antarmuka yang dirancang dengan baik dan fitur-fitur canggih, KineMaster adalah aplikasi editing video yang nyaman untuk Android, sehingga memudahkan pengeditan video.

Dukungan teknik drag-n-drop untuk mengimpor file media yang berbeda dengan mudah membuat KineMaster mempunyai tingkat kontrol yang baik dalam proses pengeditan untuk membuat video profesional dengan cepat. Anda dapat menambahkan berbagai jenis transisi di antara fragmen video, menyisipkan teks atau subtitle, efek dan musik. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk merekam audio untuk ditambahkan ke video Anda. Terdedia banyak musik dan efek suara di KineMaster Asset Store.

Fitur :

  • Multiple layers video, gambar, stiker, efek khusus, teks, dan tulisan tangan
  • Fitur pratinjau instan untuk melihat pengeditan
  • Kontrol volume yang akurat dari waktu ke waktu dalam sebuah klip
  • Kontrol kecepatan dan efek gerakan lambat
  • Asset Store menyediakan musik, klip grafik, font, stiker, transisi, dll untuk meningkatkan kualitas video

Meskipun mempunyai banyak fitur canggih, aplikasi KineMaster ini gratis untuk digunakan, tetapi terdapat watermark pada video yang dihasilkan. Untuk menghilangkan watermark Anda harus membeli paket berlangganan.  gratis KineMaster ini tersedia di Google Play dan App Store.

2. FilmoraGo

Aplikasi FilmoraGo
Aplikasi FilmoraGo

FilmoraGo adalah salah satu aplikasi edit video Android terbaik yang disukai oleh banyak pengguna. Semua fungsi utama seperti pemangkasan, pemotongan, penambahan tema, musik, dll. Dapat dengan mudah dilakukan. Anda juga dapat membuat video persegi 1: 1 untuk Instagram, video 16: 9 untuk Youtube, membuat video terbalik, menambahkan transisi, gerakan lambat, teks, dll. Untuk mempercantik video Anda.

FilmoraGo telah mendapatkan beberapa pembelian dalam aplikasi, tetapi sebagian besar fitur luar biasa tersedia secara gratis. Anda dapat menyimpan video di galeri Anda secara langsung atau membagikannya langsung ke situs jejaring sosial mana pun. Ini menampilkan tanda kata di akhir video, tetapi Anda dapat menghapusnya dengan peningkatan.

Fitur  FilmoraGo :

  • Klip dapat dipratinjau secara real-time.
  • Dapat mengimpor foto dan video langsung dari media sosial seperti Facebook, Instagram, dll.
  • Banyak koleksi template dan efek.
  • Satu set alat pengeditan profesional.

3. VivaVideo

Aplikasi VivaVideo
Aplikasi VivaVideo

VivaVideo memiliki banyak fitur pengeditan video yang mengesankan. Aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda membuat video yang terlihat profesional langsung dari perangkat Android Anda. Anda dapat memilih ratusan efek ramah pengguna dari stiker, filter hingga klip dan subtitle animasi. Tersedia fitur pembuat video gerak lambat inbuilt dan pembuat slideshow. Fungsi penting lainnya seperti memotong dan menempelkan video, menggabungkan klip, dll. dapat dengan mudah dilakukan.

VivaVideo memiliki lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia, dan juga salah satu aplikasi edit video terbaik untuk Android. Anda juga dapat langsung membagikan video ke berbagai media sosial.

Fitur :

  • Editor video gerak lambat bawaan.
  • Beragam template dan tema kolase untuk dipilih.
  • Pembuat kolase video untuk menggabungkan klip video.

4. VideoShow

aplikasi videoShow
aplikasi videoShow

VideoShow telah menerima banyak penghargaan dan tidak diragukan lagi sebagai salah satu aplikasi pengedit video terbaik untuk Android yang tersedia di Play Store secara gratis. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, VideoShow dapat diandalkan dan mudah digunakan. Selain fungsi-fungsi penting, Anda juga dapat mempercantik video Anda dengan menambahkan teks, efek, musik dan efek suara atau melakukan dubbing langsung.

Ada lebih dari 50 tema berbeda yang tersedia, dan Anda juga dapat mengurangi ukuran video Anda dengan mengompresnya. Video tidak kehilangan kualitas apa pun dan tidak memiliki batas durasi video.

Fitur VideoShow :

  • 50 theme untuk mempercantik video, tampilan slide dan vlog
  • Latar belakang kabur, opsi untuk mengatur kecepatan audio dan fitur peningkatan suara
  • Beberapa musik latar dapat ditambahkan ke video.
  • Soundtrack sebuah video dapat dikonversi ke mp3.

5. Videoshop

aplikasi videoshop
aplikasi videoshop

Videoshop adalah aplikasi edit video cepat dan mudah untuk mempersonalisasi video serta  membaginya dengan semua teman Anda. Videoshop dikemas dalam banyak fungsi seperti melakukan semua pemangkasan klip biasa, menambahkan teks, transisi dan efek suara, dan mengintegrasikan lagu dari koleksi musik Anda.

Hal yang unik dari Videoshop adalah memungkinkan Anda bermain-main dengan pemutaran video. Anda dapat mempercepat, memperlambat, membuat animasi stop-motion dan bahkan memutarnya secara terbalik. Anda juga dapat mengubah skala foto dalam bingkai video, yang merupakan sentuhan yang bagus.

Fitur :

  • Potong momen yang tidak diinginkan.
  • Tambahkan musik dari koleksi pribadi Anda atau dari stok Videoshop.
  • Banyak efek suara binatang, kentut, ledakan, tawa, dll.
  • Sesuaikan kecepatan video menjadi lambat atau cepat. Sesuaikan tampilan, ubah kecerahan, kontras, kejenuhan, dll.
  • Penggabungan beberapa klip menjadi satu.
  • Ketikkan teks dengan warna dan berbagai font.
  • Rekam suara Anda melalui video.
  • Perkenalkan video Anda dengan judul animasi.
  • Memilih beberapa filter untuk menyempurnakan video Anda.
  • Menghidupkan klip video dengan memilih dari 4 transisi
  • Buat tayangan slide dengan mudah.
  • Buat vine video dengan stop motion recording.
  • Ubah skala video dalam bingkai video.
  • Memutar video secara terbalik.
  • Buat klip video duplikat.
  • Video resolusi tinggi.
  • Bagikan di saluran media sosial favorit Anda

6. Funimate

aplikasi funimate
aplikasi funimate

Funimate adalah aplikasi edit video sempurna untuk membuat video menyenangkan dengan mudah. Aplikasi ini secara instan dapat merubah momen sehari-hari menjadi video kreatif dan memungkinkan berbagi otomatis ke berbagai media sosial. Dengan lebih dari 100 efek video canggih Anda dapat membuat loop video pendek yang dapat menghibur.

Meskipun gratis dan mengandung iklan, untuk bisa menggunakan aplikasi Funimate perlu registrasi terlebih dahulu.  Anda juga bisa mendapatkan pengikut dan mengikuti akun lain di dalamnya.

Fitur Funimate :

  • Lebih dari 100 efek video canggih untuk membuat video keren
  • Efek DIY dari foto yang sudah ada sebelumnya disimpan di smartphone Anda
  • Fitur untuk membuat video collab dengan teman
  • Komunitas video Funimate khusus

7. PowerDirector

aplikasi powerdirector
aplikasi powerdirector

PowerDirector adalah aplikasi edit video android berfitur lengkap yang memiliki antarmuka mudah digunakan, tetapi mungkin Anda perlu waktu untuk terbiasa dengan kontrol. Dilengkapi dengan video tutorial Anda bisa mempelajari semua fungsinya.Setelah terbiasa dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat video yang kaya dan efek profesional dalam hitungan detik. Aplikasi ini memiliki lebih dari 30 efek transisi yang berbeda untuk dipilih dan ditambahkan ke video Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat video green screen yang luar biasa. Sebagian besar fitur-fiturnya tersedia dalam versi gratis, tetapi untuk versi berbayar memungkinkan Anda untuk menghapus wtermark, iklan, dan bahkan untuk mengekstrak video dalam resolusi 1080 dan 4K. Untuk menggunakan aplikasi ini perangkat  Android harus versi 4.3 ke atas.

Fitur PowerDirector :

  • Video dapat diekspor dalam 4K dengan dukungan perangkat keras.
  • Editor video lambat
  • Pemilih kunci Chroma untuk memberikan transparansi dalam video dan efek layer.

8. Quik

aplikasi quik
aplikasi quik

Quik adalah aplikasi editing video cepat dan gratis buatan GoPro. Pilih salah satu foto atau klip video favorit Anda untuk membuat cerita Anda sendiri dengan Quik. Quik hadir dengan kemampuan pembuatan video otomatis, dimana Anda dapat memotong video, menambahkan efek, teks, dan dengan cepat menyinkronkan semuanya dengan irama musik apa pun.

Setelah menyelesaikan pembuatan video, Anda dapat menyimpannya di memori kamera Anda dengan resolusi 1080p atau 720p, atau bahkan langsung membagikannya di media sosial. Quik dapat diandalkan dan tidak menampilkan iklan yang mengganggu sehingga layak untuk digunakan sebagai aplikasi editor video Android terbaik dengan berbagai fitur dan kenyamanannya.

Fitur Quik :

  • Transaksi secara otomatis disinkronkan dengan ketukan musik latar
  • Quik kompatibel dengan GoPro dan Motion Photos
  • Video dapat disimpan dalam 60fps untuk pemutaran yang lancar
  • Anda dapat menyimpan video yang diedit sebagai konsep untuk menyelesaikan pengeditan nanti.

9. Magisto

aplikasi magisto
aplikasi magisto

Magisto adalah aplikasi editor video yang cocok untuk pengguna yang tidak memiliki pengalaman mengedit video. Ini menggabungkan klip video, foto, musik, teks, efek video, dan filter video untuk membantu Anda membuat video yang hebat tanpa banyak usaha. Cukup pilih satu atau lebih klip video dan lagu untuk soundtrack , maka aplikasi akan secara otomatis membuat video dalam beberapa menit.

Magisto menggunakan artificial intelligence canggih yang menganalisis video dan memilih fragmen yang paling menarik. Biasanya memberikan hasil yang sangat baik dalam pembuatan video.

Fitur Magisto :

  • Pengeditan otomatis yang sangat baik
  • Opsi langsung untuk berbagi video di Facebook, WhatsApp, Instagram, Vimeo, YouTube, dan Twitter
  • Alat canggih untuk vloggers dan pemasar

10. Movie Maker Filmmaker

aplikasi moviemaker
aplikasi moviemaker

Aplikasi edit video terbaik lainnya di tahun 2019 adalah Movie Maker Filmmaker. Aplikasi ini gratis dengan antarmuka intuitif yang mudah digunakan. Movie Maker Filmmaker menawarkan cara yang efisien untuk membuat 16: 9 video atau video untuk Instagram dalam format kuadrat.

Secara keseluruhan aplikasi ini sangat berguna untuk membuat video pendek, meskipun menampilkan banyak iklan yang bisa sangat mengganggu.

Fitur Movie Maker Filmmaker :

  • Efek animasi trek gerak dan animasi teks
  • Fitur tayangan slide musik
  • Sejumlah stiker, filter, dan efek sinematik

11. Adobe Premiere Clip

aplikasi adobe premier
aplikasi adobe premier

Adobe Premiere Clip memungkinkan Anda untuk mengedit video apa pun langsung dari perangkat Android dengan cepat dan menyenangkan untuk digunakan. Fitur terbaik dari aplikasi ini adalah kemampuan membuat video secara otomatis dari  foto atau klip apa pun yang Anda pilih. Selain itu, Anda juga dapat membuat video dengan beberapa fungsi pengeditan video seperti memotong,  menambahkan transisi, musik, filter, efek, dll.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan tidak menampilkan iklan apa pun serta memiliki kemampuan berbagi video langsung di media sosial Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube.

Fitur Adobe Premiere Clip :

  • Mode otomatis untuk membuat video secara instan.
  • Dapat mengekspor video ke Adobe Premiere Pro CC.
  • Fitur Auto Mix secara dinamis menyeimbangkan musik latar dalam video.

12. ActionDirector

aplikasi actiondirector
aplikasi actiondirector

ActionDirector adalah salah satu aplikasi edit video di pc dan android paling populer.  Anda dapat mengimpor klip, mengedit, dan membuat video, menambahkan musik, memotong video, menambahkan teks, menggunakan gerakan lambat, dan berbagi dengan teman-teman. Efek untuk video sudah ada di dalamnya sehingga Anda dapat membuat setiap video terlihat profesional.

Fitur video Ultra HD 4K dalam aplikasi ini memungkinkan Anda mengedit video di ponsel seperti yang Anda lakukan di desktop. Anda harus memeriksa dan melihat apakah perangkat Anda mendukungnya.

Fitur ActionDirector :

  • Tangkap video langsung dari aplikasi dan edit segera setelah perekaman
  • Sesuaikan kecerahan, kontras, dan warna
  • Menambah atau mengurangi kecepatan bagian-bagian video dengan presisi tinggi
  • Anda dapat menambahkan judul dan teks ke video Anda
  • Gabungkan musik dan tambahkan ke latar belakang klip Anda
  • Bagikan video full HD Anda di berbagai aplikasi

13. WeVideo

aplikasi video editor
aplikasi video editor

WeVideo adalah salah satu aplikasi edit video terbaik di pc dan android berbasis cloud yang mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menangkap, membuat, melihat, dan bahkan berbagi film dengan resolusi tinggi. Dengan fitur lengkap yang memanfaatkan teknologi JumpStart membuat pengeditan video menjadi mudah dan cepat. Teknologi eksklusif ini memungkinkan Anda untuk segera mulai mengedit di cloud tanpa harus menunggu pemuatan file yang disimpan secara lokal.

WeVideo memiliki antarmuka ramah pengguna yang membuat pengeditan video menjadi lebih mudah. Fitur tata letak langsung menyediakan fitur-fitur sederhana dan canggih yang memberi Anda kontrol penuh untuk meningkatkan imajinasi Anda.

Editor video multi-platform ini memberikan pengalaman pengeditan yang cepat berkat dukungannya untuk berbagai format video, audio, gambar, dan grafik. Berbagai fiturnya memungkinkan pembuatan film-film menakjubkan tanpa kesulitan dalam hitungan menit. Fitur utamanya meliputi; Resolusi video 720p, WeVideo JumpStart, Penyimpanan cloud, Judul gerakan, Penyaringan, Layar hijau, Perpustakaan musik, Gerakan lambat, dan sulih suara. Selain itu, semua paket WeVideo mencakup pengeditan multi-track dan storyboard, pengeditan teks tingkat lanjut, grafis internal, lingkungan yang dapat disesuaikan, manajer file dan media.

Sayangnya hasil video versi gratis terdapat watermark dan iklan. Harus menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan banyak theme dan bebas watermark serta iklan. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat apa pun termasuk Mac, Windows, iOS, Android, dan Chromebook.

14. InShot

aplikasi inShot
aplikasi inShot

InShot adalah aplikasi edit video di hp all in one yang memungkinkan Anda membuat video, mengedit foto, dan membuat kolase gambar. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk memotong klip, mengubah kecepatan rekaman, menambahkan filter, musik, dan teks. Anda juga dapat membalik dan memutar rekaman, yang merupakan fitur praktis yang tidak dimiliki banyak aplikasi lain.

Anda dapat memotong video dengan mudah dan mengekspornya tanpa kehilangan kualitas, dan membagikan video Anda ke Instagram, YouTube dan Facebook dengan satu klik, atau mengedit video dengan musik dan gambar untuk Tik Tok.

Untuk menghapus iklan dan watermark yang ditambahkan ke video Anda harus menggunakan versi berbayar.

Fitur :

  • Memangkas, memotong dan split (memisahkan) video
  • Ekspor dalam kualitas HD
  • Menggabungkan video dan mengkompresi video tanpa kehilangan kualitas
  • Menyesuaikan rasio dan background video
  • Filter video dan penyesuaian video
  • Efek video Glitch, seperti efek kesalahan, efek api dll.
  • Tambahkan musik ke video
  • Kontrol kecepatan video
  • Konverter video dan pembuat slideshow foto
  • Menambahkan teks, stiker dan meme
  • Membalik dan memutar video
  • Mudah dibagikan
  • Kolase dan editor foto

15. Horizon Camera

aplikasi horizon camera
aplikasi horizon camera

Horizon Camera adalah aplikasi sederhana untuk menangkap video horizontal apa pun posisi ponselnya. Semua bidikan cuplikan di aplikasi ditangkap secara horizontal, tidak peduli bagaimana Anda memegang perangkat Anda.

Horizon Camera ini gratis yang memungkinkan Anda mengambil video dan foto dengan logo Horizon yang tertanam dalam video. Melalui versi berbayar, Anda akan mendapatkan fungsionalitas tambahan seperti dukungan pelanggan prioritas, penghapusan logo Horizon, penghapusan iklan, dan akses ke fitur yang lebih lengkap.

Fitur :

  • Resolusi video termasuk VGA, HD dan Full HD tergantung pada perangkat
  • Simpan video ke kartu SD
  • Mulai / hentikan perekaman video menggunakan tombol kamera atau tombol volume.
  • Ambil foto saat merekam.
  • Tiga opsi kualitas video untuk membantu Anda mengelola ruang penyimpanan : tinggi, sedang, rendah
  • Tiga mode leveling meliputi flex, putar dan terkunci
  • Aplikasi lain dapat menggunakan Horizon Camera untuk merekam video

16. Boomerang

aplikasi boomerang
aplikasi boomerang

Boomerang adalah aplikasi video yang dibuat oleh Instagram untuk membuat video bumerang pendek, yaitu video klip pendek yang diputar ke depan dan kemudian diputarbalikkan.

Aplikasi yang bagus ini membantu Anda membuat video kecil yang menghibur untuk melibatkan teman dan pengikut Anda. Cukup ketuk lingkaran untuk memotret, dan Boomerang akan mengambil 10 foto cepat untuk diubah menjadi video.Karena dibuat oleh Instagram, Anda dapat memposting video Anda langsung ke Instagram dari aplikasi.

Fitur :

  • Ambil video mini menggunakan kamera depan dan belakang.
  • Tidak perlu mendaftar
  • Satu tombol untuk mengambil 10 foto, menggabungkan, mempercepat video dan kemudian memutarnya bolak-balik.
  • Bagikan video Anda di Instagram dan Facebook langsung dari aplikasi, atau bagikan nanti dari rol kamera Anda.

17. Vizmato

aplikasi vizmato
aplikasi vizmato

Vizmato adalah aplikasi edit video gratis yang mengagumkan untuk merekam dan mengedit video. Antarmukanya yang efisien memudahkan untuk merekam video HD dengan efek khusus secara langsung. Aplikasi ini juga bisa membuat tayangan slide untuk membuat film dari foto atau video dengan beberapa tema bawaan seperti Basic, Happy, Romance, Party dan Holiday.

Anda bisa menambahkan tema, filter, musik, teks dan efek visual ke video untuk membuatnya lebih menarik, mengasyikkan, dan beragam. Beberapa efek ini akan sangat membantu untuk  pembuatan Instagram Story.

Anda dapat membagikan video dengan komunitas Vizmato atau di media sosial Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, WhatsApp, atau Snapchat. Aplikasi ini gratis, tetapi terdapat watermark yang ditambahkan ke video. Sedangkan versi berbayar mempunyai fitur lebih lengkap dan bebas watermark.

18. Animoto

aplikasi animoto
aplikasi animoto

Animoto adalah aplikasi edit video yang mempunyai pendekatan yang agak berbeda dengan editor video lainnya, yaitu menghasilkan video slide dengan cepat tanpa banyak input langsung. Tambahkan klip video dan foto ke template yang tersedia dengan berbagai gaya, maka aplikasi Animoto akan menangani proses produksi video. Pilih berbagai tema dan musik bawaan aplikasi, pasang foto dan video Anda, tambahkan teks dan keterangan, kemudia lihat hasilnya di pratinjau.

Terdapat sekitar 80 sampel pilihan gaya yang bisa Anda pilih, untuk mendapatkan gambaran seperti apa video final nantinya. Beberapa klip bergaya Instagram menampilkan lagu berulang tanpa henti. Gaya lain memungkinkan untuk memilih beberapa lagu dari genre seperti akustik, anak-anak, klasik, hip-hop, dan Halloween, atau menggunakan musik Anda sendiri. Aplikasi ini gratis dan memungkinkan Anda menambahkan hingga 20 media file per slideshow.

19. Splice

aplikasi splice
aplikasi splice

Splice adalah salah satu aplikasi edit video gratis paling populer yang tersedia untuk pengguna iPhone dan iPad. Aplikasi buatan GoPro ini sederhana dan mudah digunakan karena antarmuka intuitifnya. Meskipun sederhana namun hasil video dari aplikasi ini sangat bagus dan terlihat profesional, layaknya menggunakan video editor desktop.

Anda dapat menggabungkan klip video yang berbeda hanya dalam beberapa ketukan sederhana dengan hasil akhir yang menarik. Selain itu Anda dapat memotong dan mengedit berbagai klip dalam video serta menyesuaikan transisi.

Salah satu poin menarik dari Splice adalah memiliki berbagai macam musik gratis dan efek suara untuk disisipkan dalam video serta menyinkronkan video dengan ketukan soundtrack Anda. Aplikasi Splice juga memiliki koleksi musik built-in yang banyak, sehingga video Anda lebih menarik dan profesional.

20. LumaFusion

aplikasi lumafision
aplikasi lumafision

LumaFusion adalah aplikasi edit video multi-track yang dapat digunakan oleh siapa saja termasuk jurnalis, pembuat film, dan produser video. Ini adalah salah satu aplikasi pengeditan video terbaik untuk pengguna iPhone dan iPad. Aplikasi ini diproduksi oleh Pinnacle Studio App, pengembang teknologi pengeditan film terkemuka.

LumaFusion memiliki fungsi undo / redo dan editing dasar seperti pemangkasan klip video, duplikasi konten, menambahkan transisi, dan sebagainya. Anda juga dapat menumpuk gambar dan klip video yang berbeda sehingga membuat video lebih menarik dan dinamis.

21. iMovie

aplikasi iMovie
aplikasi iMovie

iMovie adalah aplikasi edit video gratis untuk iPhone dan iPad. Dengan desain ramping dan gerakan Multi-Touch yang intuitif, iMovie memungkinkan Anda membuat trailer gaya Hollywood dan film-film indah yang belum pernah ada sebelumnya.

iMovie memiliki semua fitur dasar untuk mengedit video di iPhone atau iPad Anda. Anda dapat memotong klip video, menambahkan musik, merekam audio, dan menambahkan filter. Bisa menyimpan koleksi transisi yang dibuat sebelumnya dan mendukung video dengan resolusi 4K.

Aplikasi ini mempunyai banyak koleksi template, yang memungkinkan Anda dapat mengatur struktur video untuk mengurutkan klip. Anda juga dapat menggunakan soundtrack dan efek profesional bawaan, menambahkan musik atau narasi suara Anda sendiri bersama dengan transisi, filter dan tema. Selain itu juga dapat memotong, membagi, menggandakan, menyesuaikan kecepatan pemutaran dan menambahkan teks serta efek khusus kapan saja.

Aplikasi Edit Video Laptop / PC Terbaik

Selain aplikasi edit video untuk HP android dan iPhone. Berikut aplikasi yang direkomendasikan untuk kamu yang menggunakan PC atau laptop .

1. Openshot

aplikasi openshot
aplikasi openshot

Openshot adalah aplikasi edit video pc gratis yang bagus untuk pemula, terutama yang ingin mengedit video YouTube. Aplikasi ini memiliki antar muka cukup intuitif dan kuat dengan fasilitas drag and drop yang sangat mudah dan sangat baik untuk membuat film acara khusus.

Software edit video ini sepenuhnya open source dan kompatibel untuk Windows (Versi 7, 8, 10+), Mac dan Linux. OpenShot dapat membaca dan menulis hampir semua format gambar dan video karena didasarkan pada pustaka FFmpeg.

Beberapa fitur yang menarik :

  • Drag and drop file ke OpenShot.
  • Keyframes dan animasi tanpa batas
  • Pengkomposisian, overlay gambar, watermark, background audio
  • 400 transisi video dengan pratinjau real time
  • Animasi 3D yang kuat dengan lebih dari 20 opsi
  • Timeline pengeditan lanjutan dengan fitur-fitur seperti spanning, zooming dll.

Fitur tambahan seperti efek video digital, pemetaan waktu, pencampuran audio dan lainnya membuatnya cukup bagus tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali.

2. VideoPad

aplikasi videopad
aplikasi videopad

VideoPad paling cocok untuk pemula untuk mempublikasikan video di platform media sosial, karena sederhana dan mudah digunakan. Anda dapat langsung memasukkan metadata (judul, deskripsi, tag) untuk langsung diunggah di YouTube. Beberapa fitur mungkin tersedia dalam versi berbayar, tetapi yang gratis sudah memiliki kemampuan yang cukup baik.

Terlepas dari fitur-fitur dasarnya, VideoPad memungkinkan sejumlah besar efek transisi, banyak filter dan preview. Pengaturan manual tersedia untuk memproses kecerahan, saturasi, dan warna.

Fitur menarik VideoPad :

  • Koleksi transisi yang dibuat sebelumnya
  • Ekspor film dalam berbagai resolusi
  • Pengeditan video 3D
  • Kurangi goyangan kamera
  • Koleksi efek suara

3. HitFilm Express

aplikasi hitfilm express
aplikasi hitfilm express

HitFilm Express adalah salah satu editor video gratis yang lebih profesional  untuk Windows dan Mac. Aplikasi ini berisi semua fitur dasar editor video, seperti penggabungan, pemangkasan, dan pengeditan audio dan sebagainya. Cocok untuk pembuat film pemula, editor profesional dan pembuat konten video yang memungkinkan pengunggahan langsung ke YouTube.

HitFilm Express lebih fokus untuk menciptakan beberapa grafis yang luar biasa dan efek 2D serta 3D. sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih bagus dari sekedar editing dasar video. Hal ini juga akan membantu Anda menghasilkan fitur film bahkan bergaya Hollywood, dengan lebih dari 180 efek khusus dalam paket gratisnya.

Antarmuka dasar aplikasi ini mirip dengan yang lain, tetapi Anda harus menjelajahi lebih banyak untuk benar-benar mengeksploitasi potensinya. Beberapa fungsi mungkin terlihat rumit, tetapi ada cukup tutorial video yang bisa membantu Anda. Versi terbaru, HitFilm Express 9, memiliki beberapa pembaruan penting seperti efek animasi yang terintegrasi langsung dengan timeline, motion blur, opsi pratinjau lanjutan, widget efek grafis dan banyak lagi.

Fitur :

  • Alat potong video canggih
  • Mengunci untuk efek green screen
  • Filter audio dan video
  • Compositing tools
  • Layers dan masking
  • Dukungan video 3D

4. Shotcut

aplikasi shotcut
aplikasi shotcut

Shotcut adalah salah satu aplikasi edit video pc gratis terbaik yang paling cocok untuk editor video amatir, open source, tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Antarmuka yang sederhana pada awalnya, tetapi setelah menavigasi melalui bilah atas, Anda akan mendapatkan banyak tampilan dan UI.

Terlepas dari fungsi dasarnya, Shotcut hadir dengan fungsi perekaman langsung dari webcam sehingga memungkinkan streaming dalam format HTTP, RTMP, HLS, RTSP, UDP dan MMS.

Dua fitur yang paling menarik adalah dukungan resolusi video 4K HD dan pengeditan waktu. Shotcut juga tidak mengharuskan Anda mengimpor video ke editor sehingga bisa menghemat waktu jika berurusan dengan file video besar.

5. Lightworks

aplikasi lightworks
aplikasi lightworks

Lightworks adalah aplikasi edit video di laptop profesional yang layak digunakan karena penuh dengan utilitas dan fitur bermanfaat yang lebih memenuhi kebutuhan pengguna mana pun dan tersedia untuk semua orang secara gratis. Lightworks yang kompatibel untuk Windows, Linux atau Mac ini bahkan telah digunakan untuk mengedit film Hollywood seperti The King’s Speech. Anda mungkin perlu waktu untuk menavigasi dari aplikasi ini  karena antarmukanya sedikit berbeda dari yang lain.

Lightworks memiliki banyak tutorial video yang dapat mempercepat Anda untuk bisa menggunakannya. Setelah Anda terbiasa  dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah semua aspek gambar dengan tingkat detail yang lebih halus menggunakan alat efek visual yang mudah diakses.

Lightworks bisa memenuhi  kebutuhan sederhana seperti memotong atau menggabungkan cuplikan dan platform canggih untuk pasca produksi film pendek. Terlepas dari fitur dasar, Lightworks menyediakan pemangkasan video dengan standar presisi tertinggi, pengeditan multicam, mendukung hampir semua format video dan memungkinkan untuk mengekspor video 720p ke Youtube serta  efek real time untuk video HD, 2K dan 4K.

6. DaVinci Resolve

aplikasi davinci resolve
aplikasi davinci resolve | source : awn.com

DaVinci Resolve termasuk salah satu aplikasi edit video laptop paling baik. Versi gratis dari aplikasi premium ini dikemas dengan banyak fitur dan cukup baik untuk proyek video Anda. Meskipun memiliki banyak fitur video profesional, antarmukanya tetap mudah dinavigasi.

Dengan seperangkat fitur canggih, DaVinci Resolve menyediakan cadangan besar sumber daya untuk mengedit, koreksi warna, pencampuran audio dan sebagainya, terlepas dari fungsi pemotongan dan pemangkasan biasa. Beberapa fitur ini termasuk judul 2D-3D, pengeditan multicam, pemangkasan tingkat lanjut, audio fairlight, penilaian warna, dan penguasaan audio.

Fitur :

  • Pemangkasan tingkat lanjut
  • Pengeditan multicam
  • Koreksi warna
  • Penguasaan audio

7. VSDC Editor Video

aplikasi VSDC
aplikasi VSDC

VSDC adalah salah satu aplikasi edit video di pc gratis non-linear yang memungkinkan seseorang untuk mengedit dan memotong video ke tingkat profesional. Non-linear maksudnya adalah memungkinkan untuk menempatkan sekaligus mengedit klip dan cuplikan video pada timeline di mana pun Anda inginkan.

VSDC adalah aplikasi yang sangat membantu untuk membuat pengeditan video sederhana, memungkinkan pengeditan video non-linear, memungkinkan untuk menggabungkan berbagai elemen ke video, seperti efek, grafik komputer, beberapa adegan, kemudian menggabungkannya pada waktu yang bersamaan serta memilih apakah Anda ingin mengedit dalam satu jendela. Ketika video selesai, dapat langsung diekspor dalam format yang kompatibel. Tidak perlu terhubung ke internet untuk menggunakannya, cukup unduh ke komputer dan selesai.

VSDC hanya tersedia untuk pengguna Windows dengan versi gratisnya yang memiliki serangkaian fitur lengkap, seperti koreksi warna dan pengeditan audio. VSDC memungkinkan Anda membuat proyek video dengan menyusun klip video, gambar foto dan audio dengan resolusi full HD hingga 1.980 x 1.080 dan frame rate maksimum 30 fps.

8. Blender

aplikasi blender
aplikasi blender | source : blender.org

Blender adalah salah satu aplikasi edit video terbaik pc, open source dan tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Blender sebenarnya dirancang sebagai rangkaian animasi 3D, tetapi dilengkapi dengan editor video yang sangat berguna. Editor video Blender cukup untuk sebagian besar kebutuhan video Anda.

Dengan Blender memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan dasar seperti pemotongan video dan splicing sampai  yang lebih kompleks seperti pembuatan video. Hal ini membuat Blender menjadi editor video yang sangat fleksibel, baik bagi seorang pengguna pemula maupun profesional.

Fitur-fitur editor video Blender yang menarik antara lain :

  • Menampilkan pratinjau langsung, gelombang Luma, chroma vectorscope, dan histogram
  • Pencampuran audio dengan visualisasi bentuk gelombang
  • 32 slot untuk mengintegrasikan video, gambar, audio dan efek
  • Kontrol kecepatan, penyesuaian layer, transisi, keyframe, filter, dan banyak lagi.

9. Avidemux

aplikasi avidemux
aplikasi avidemux | source : fixounet.free.fr

Avidemux adalah salah satu aplikasi edit video di pc terbaik untuk pemula karena antarmukanya sederhana dan sangat mudah digunakan. Tidak memiliki banyak jargon teknis, Anda bahkan tidak perlu membaca manual atau dokumen bantuan untuk mulai menggunakannya. Mendukung beberapa fungsi pengeditan dasar seperti pemfilteran, pengkodean dan fitur pemotongan yang mudah.

Avidemux sangat kuat dalam kesederhanaannya, memiliki beberapa fitur dan tugas dasar yang hebat serta memberi pengguna pemula tempat yang bagus untuk membangun pengetahuan mengedit video. Jadi jika Anda benar-benar pemula dalam mengedit video, aplikasi ini mungkin adalah yang baik untuk memulai.

Demikian pembahasan tentang 30 aplikasi edit video terbaik untuk android, iPhone dan pc yang bisa Anda gunakan untuk membuat, mengedit dan mempercantik serta membagikan  video Anda di media sosial. Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *