29 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler [Recommeded]

15 min read

Aplikasi edit foto

Tren mengunggah foto ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya saat ini begitu banyak digandrungi masyarakat. Tujuannya bermacam-macam, dari yang sekedar hiburan, menyimpan foto kenangan, meningkatkan rasa percaya diri, mendapatkan banyak like bahkan takut dianggap jelek.

Hampir semua orang suka mengabadikan momen indah dalam hidupnya dengan berfoto ria. Namun, tidak semua orang mahir dalam fotografi sehingga seringkali foto-foto yang dihasilkan kurang memuaskan. Selain itu, juga dipengaruhi faktor-faktor seperti jenis kamera, pencahayaan, pengaturan, dan sebagainya. Untungnya, Anda dapat meningkatkan daya tarik foto Anda dengan memanipulasinya melalui aplikasi edit foto profesional.

Anda seringkali harus mengedit foto sebelum diunggah ke media sosial atau media online lainnya, dengan harapan foto menjadi lebih indah dan menarik. Tetapi sebenarnya ada beberapa alasan lain untuk mengedit foto tergantung pada tujuan menggunakan foto, dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks dalam bidang komersial.

Saat ini ada banyak beredar Aplikasi Edit Foto Terbaik yang bisa digunakan tergantung pada tujuan Anda.  Baik aplikasi edit foto di android, iPhone maupun aplikasi edit foto di komputer. Biasanya Anda dapat menggunakan teknik pengeditan foto sederhana dengan cukup mudah dan cepat. Teknik-teknik yang kompleks dan pengeditan digital mungkin memerlukan aplikasi / software dan lebih banyak pengalaman serta latihan.

Teknik Edit Foto Sederhana

Berbagai teknik pengeditan foto sederhana antara lain :

  • Noise reduction : menghaluskan gambar, biasanya dilakukan dengan mengurangi ukuran piksel
  • White balance : warna cahaya pada gambar
  • Contrast : kontras yang lebih tinggi membuat gambar lebih tajam, sedangkan kontras yang lebih rendah membuatnya lebih berwarna
  • Exposure : kecerahan foto
  • Lens correction : mengatasi masalah apa pun dengan lensa kamera
  • Color adjustments : mengubah warna pada item atau elemen dalam foto
  • Resizing and cropping : menyesuaikan dimensi gambar
  • Background removal : menghapus latar belakang dari gambar, mengisolasi subjek (ini sering digunakan untuk fotografi produk latar belakang putih)

Teknik Edit Foto Advance

Beberapa teknik edit foto canggih yang lebih kompleks meliputi :

  • Clipping paths : mengekstrak subjek atau elemen dari suatu gambar, menghapus latar belakang foto dan mengatur dengan yang baru seperti yang Anda inginkan
  • Portrait corrections : memperbaiki corak orang dalam gambar
  • Drop and reflection shadow : buat atau sesuaikan bayangan
  • Special effects : menambahkan animasi hingga kondisi cuaca seperti kabut atau salju
  • Adjusting text and visuals : menambahkan overlay atau memanipulasi apa yang sudah ada
  • Photo stitching : saat Anda menyatukan dua gambar dengan mulus untuk membuatnya tampak seolah-olah dipotret seperti itu
  • Photo masking and layers : proses menyembunyikan dan menghapus bagian-bagian tertentu dari suatu gambar seperti rambut atau gambar berbulu
  • Photo Retouching : terutama digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik, jerawat, noda, kerutan dll sehingga dapat meningkatkan keindahan foto.
  • Ghost Mannequin atau Neck Joint : dikenal sebagai teknik sendi leher atau layanan peragawati untuk memberikan tampilan yang lebih menarik dengan menghilangkan latar belakang foto
  • Old photo restoration : teknik restorasi dapat membuat foto lama dan tua Anda menjadi lebih cantik dan terlihat baru
  • Image manipulation : manipulasi gambar untuk menghasilkan gambar sesuai kebutuhan, misalnya gambar HD dengan kualitas bagus untuk branding dan pemasaran

Salah satu hal yang menarik tentang pengeditan foto adalah trennya cenderung berubah setiap hari karena merupakan bidang kreatif. Tentu saja, Anda harus update tentang tren inovasi terbaru ini agar dapat mengedit foto layaknya seorang profesional.  Tren pengeditan foto pada 2019 adalah menggunakan efek AI (Artificial Intelligence) untuk membuat foto dengan efek dramatis. Beberapa efek AI yang umum digunakan adalah lukisan cat minyak, cat air, tekstur, mosaik, sketsa, dll.

 

Baca Juga : 30 Aplikasi Edit Video Android/iPhone & PC Terbaik

 

Aplikasi Edit Foto Terbaik Di Android Dan iPhone

Agar tidak ketinggalan update informasi maka kali ini Jurnal Manajemen akan membahas tentang 29 aplikasi edit foto terbaru, baik aplikasi edit foto terbaik android maupun iPhone. Aplikasi Edit Foto Terbaik diantaranya :

  1. Snapseed
  2. Canva
  3. PicsArt
  4. YouCam Perfect
  5. PhotoDirector
  6. AirBrush
  7. Adobe Lightroom CC
  8. VSCO
  9. Fotor Photo Editor
  10. Cymera
  11. Prisma
  12. Adobe Photoshop Express
  13. Photo Collage Maker
  14. PhotoGrid
  15. Photo Editor Pro
  16. Pic Collage
  17. Flickr
  18. Pixlr
  19. Toolwiz Photos
  20. Photo Lab
  21. Camly
  22. Vimage
  23. MIX by Camera360
  24. EyeEm
  25. Retrica
  26. LightX
  27. TouchRetouch
  28. Enlight
  29. Facetune2

Dari daftar aplikasi di atas, Anda akan menemukan berbagai jenis nama aplikasi edit foto yang meliputi aplikasi edit foto lucu, aplikasi edit foto keren, aplikasi edit foto paling bagus, aplikasi edit foto online, aplikasi edit foto android hingga aplikasi edit foto pc. Anda juga bisa dengan mudah mendownload aplikasi edit foto untuk hp dan komputer tersebut secara gratis, meskipun untuk menggunakannya ada yang berbayar.

1. Snapseed

aplikasi snapseed
aplikasi snapseed

Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik di android dan iPhone yang dilengkapi dengan fitur manipulasi gambar dan preset yang cukup mudah digunakan. Aplikasi edit foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google ini memungkinkan untuk mengedit dan menyempurnakan foto seperti kecerahan, saturasi, kontras, kurva, bayangan, fitur penajaman tanpa membuat gambar terlihat buram dan masih banyak lagi. Anda kemudian dapat menyimpan, berbagi, dan mengekspor foto Snapseed yang diedit.

Aplikasi ini memiliki antarmuka ramah pengguna yang mudah digunakan. Dengan satu klik Anda dapat menyesuaikan white balance, menambahkan filter, memperbaiki mata merah, memotong, menambah lenda buram, dan memperbaiki garis miring. Selain itu dapat menambahkan efek HDR dan menyesuaikan kurva dengan titik kontrol yang ditetapkan pada foto Anda. Snapseed juga memiliki fitur mask brush dan healing adjustment, layaknya software pengedit foto profesional. Anda bahkan dapat dengan mudah membuat gambar eksposur ganda yang keren hanya dengan beberapa klik.

Snapseed tersedia secara gratis untuk Android dan iOS serta bebas iklan. Download aplikasi edit foto terbaik ini di Google Play  atau Apple Store.

2. Canva

aplikasi canva
aplikasi canva

Canva adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang sangat ideal untuk merubah foto favorit Anda menjadi kartu, poster, undangan, dan edit foto untuk posting di media sosial. Canva menawarkan pengguna, baik pemula atau profesional, platform desain online yang sederhana namun powerfull yang dapat merubah ide apa pun menjadi desain yang menarik dengan mudah dan cepat.

Editor drag and drop dari Canva, bersama dengan pilihan gambar, font, dan template yang banyak memudahkan Anda untuk membuat dokumen dan desain dari awal. Anda juga dapat membuat desain dan template khusus yang mengandung elemen tertentu.

Canva memiliki dua tingkatan keanggotaan, yaitu gratis dan berbayar dengan fitur lebih komplit. Cukup mendaftar dengan alamat email dan Anda akan mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 1GB untuk desain Anda, 8.000 template untuk digunakan dan diedit, dan dua folder untuk menjaga pekerjaan Anda tetap teratur. Download aplikasi edit foto android Canva ini secara gratis di Google Play  atau Apple Store.

3. PicsArt

aplikasi picsArt
aplikasi picsArt

PicsArt Photo Studio adalah aplikasi edit foto populer dan kaya fitur untuk ponsel Android dan iPhone dengan lebih dari 500 juta unduhan. PicsArt memiliki banyak pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto, seperti pembuat kolase, menggambar, koleksi clipart gratis, jutaan stiker yang dibuat pengguna, kamera dan lain-lain. PicsArt adalah paket kreatif lengkap dan tersedia secara gratis dengan beberapa pembelian dalam aplikasi, namun sayangnya terdapat iklan.

Secara keseluruhan, PicsArt Photo Studio memberi Anda banyak cara untuk berkreasi dengan foto Anda, dengan fitur yang mendukung untuk hampir semua kondisi. Siapa pun yang mencari aplikasi pengeditan foto dan efek yang komprehensif harus mencoba aplikasi ini.

Fitur PicsArt Photo Studio :

  • Mode Brush untuk menerapkan efek secara selektif pada bagian tertentu dari sebuah foto
  • Efek AI-powered yang berkembang pesat
  • Aplikasi kamera built-in dengan efek langsung
  • Eksposur ganda menggunakan layer dan transparansi yang dapat disesuaikan.

4. YouCam Perfect

aplikasi youcam perfect
aplikasi youcam perfect

YouCam Perfect adalah salah satu aplikasi edit foto dan selfie kamera terbaik dengan lebih dari 300 juta unduhan. Dengan YouCam Perfect Anda dapat mempercantik foto Anda dalam hitungan detik. Coba edit dengan efeknya dan filter sekali sentuh, crop dan rotasi foto, pixelate mosaik untuk mengaburkan latar belakang, sketsa, dan efek HDR. Aplikasi ini dilengkapi dengan Face Reshaper, Eye Bag Remover dan juga Body Slimmer untuk mengecilkan pinggang dan membuat Anda terlihat lebih kurus secara instan.

Aplikasi ini berisi iklan dan gratis untuk diunduh dengan beberapa pembelian dalam aplikasi untuk fitur tambahan. Download aplikasi edit foto untuk hp ini secara gratis di Google Play atau Apple Store.

Fitur YouCam Perfect :

  • Efek mempercantik skin real-time dalam foto selfie dan video
  • Fitur memotong dan menghilangkan objek
  • Deteksi multi-wajah memungkinkan Anda menyentuh setiap wajah dalam bidikan foto
  • Fitur Smile untuk menambahkan senyum ke dalam foto

5. PhotoDirector

aplikasi photodirector
aplikasi photodirector

PhotoDirector adalah aplikasi edit foto multi guna dengan antarmuka yang stylish dan ramah pengguna, di mana Anda dapat menggabungkan editor foto kaya fitur dan pembuat kolase kreatif dengan banyak filter serta efek kamera langsung untuk meningkatkan kualitas foto saat Anda memotret. Dengan PhotoDirector Anda dapat menggunakan efek khusus foto seperti merubah white balance atau saturation, menerapkan efek foto secara real-time dan membuat penyesuaian kreatif langsung dari kamera.

Gunakan filter foto hanya dengan satu sentuhan untuk menerapkan efek pencahayaan lensa atau membuat efek light leak. PhotoDirector memberi Anda berbagai fitur untuk merubah foto menjadi bidikan spektakuler dan membagikannya dengan cepat di media sosial. Aplikasi edit foto Android ini gratis untuk diunduh dengan beberapa pembelian dalam aplikasi dan berisi iklan.

Fitur PhotoDirector :

  • Content-Aware tool untuk menghapus photobombers dan objek yang tidak diinginkan.
  • Efek artistic preset photo seperti Lomo, Vignette, HDR, dan lainnya
  • Dehaze tool untuk menghilangkan kabut (haze, fog, and mist) dari foto
  • Foto fx untuk menerapkan efek ke bagian tertentu dalam foto

6. AirBrush

aplikasi AirBush
aplikasi AirBush

Airbrush adalah aplikasi edit foto yang bagus dengan antarmuka interaktif yang mudah digunakan untuk mereka yang ingin mengambil banyak foto selfie dan ingin terlihat sempurna dalam fotonya. Dilengkapi  kamera built-in dengan berbagai efek langsung, aplikasi ini memiliki fitur retouch dan opsi filter yang cukup keren. Fitur-fiturnya termasuk penghilang jerawat dan noda, pemutihan gigi dan pencerah mata, fitur pelangsing atau pemanjangan tubuh yang memungkinkan Anda menghasilkan editan foto yang sangat menarik untuk meningkatkan percaya diri Anda.

Selain fitur pengeditan HD, AirBrush juga memungkinkan Anda untuk memotong, mengaburkan, dan menyetel foto untuk efek artistik dan dramatis. Anda dapat memilih untuk memperbaiki foto secara otomatis atau memperbaikinya secara manual. Anda juga dapat langsung membagikan langsung foto yang diedit ke media sosial.

7. Adobe Lightroom CC

aplikasi adobe lightroom
aplikasi adobe lightroom

Adobe Lightroom CC adalah aplikasi edit foto online yang didukung oleh Adobe Photoshop, sehingga profesional dan dapat diandalkan. Aplikasi ini menawarkan fitur penyesuaian kualitas terbaik yang memungkinkan Anda merubah warna, cahaya, koreksi optik dan distorsi foto Anda.

Dalam versi gratisnya, Adobe Lightroom CC memiliki fitur ‘dehazing’ yang unik, memiliki mode kamera canggih yang memungkinkan Anda mengambil foto lebih detail dan mengedit foto secara massal, sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan foto yang konsisten di seluruh album.

Sedangkan versi pro memungkinkan Anda untuk mengimpor foto mentah dari kamera DSLR ke ponsel Anda dan mengeditnya di mana saja. Dengan versi pro Anda juga akan memiliki akses ke Adobe Sensei, sistem AI (artificial intelligence) buatan Adobe yang secara otomatis memberi tag dan mengatur foto Anda berdasarkan kontennya serta memungkinkan Anda mencari foto dari koleksi dengan cepat .

Selain penyesuaian postingan, Lightroom CC juga sangat profesional dalam mengambil gambar dengan mode high dynamic range, mode otomatis dan profesional. Dalam mode profesional, Anda dapat menyesuaikan kompensasi pencahayaan, ISO, WB, fokus, dll. Fungsi correction color temperature manual di dalam WB juga mudah digunakan.

8. VSCO

aplikasi kamera VSCO
aplikasi kamera VSCO

VSCO merupakan aplikasi edit foto yang menggabungkan kamera, editing, dan komunitas online. Aplikasi edit foto gratis ini menyediakan serangkaian filter canggih yang membuat foto Anda terlihat seperti diambil pada kamera film analog. Filter lembut dan halus ini menambahkan sentuhan berkelas pada foto Anda.

Selain filternya yang indah, aplikasi ini memiliki semua alat pengeditan foto standar seperti penyesuaian, cropping, borders, kontras dll. Versi berbayarnya dilengkapi dengan penyesuaian Borders dan HSL, serta pengaturan awal tambahan, pengeditan video, akses awal ke fitur-fitur baru dan tantangan kontes foto.

VSCO juga memiliki komunitas online sendiri, sehingga Anda dapat membagikan foto Anda di komunitas VSCO atau ke media sosial lainnya.

9. Fotor Photo Editor

aplikasi fotor photo editor
aplikasi fotor photo editor

Fotor adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk Android dengan banyak fitur serta tool keren untuk menyempurnakan foto. Aplikasi ini menawarkan berbagai efek foto dan filter untuk mengedit gambar. Terdapat lebih dari 10 fungsi  edit yang dapat disesuaikan untuk mengubah kecerahan, pencahayaan, kontras, dan aspek-aspek lain dari foto.

Fotor Photo Editor juga memungkinkan Anda membuat kolase dengan banyak template. Aplikasi ini gratis untuk diunduh tetapi mengandung iklan.

Fitur Fotor :

  • Editor foto kaya fitur serta platform lisensi foto
  • Fitur Enhance dengan kemampuan slide on screen untuk penyesuaian instan
  • Banyak sekali template kolase seperti Classic and Magazine

10. Cymera

aplikasi cymera
aplikasi cymera

Cymera adalah salah satu aplikasi edit foto yang tidak hanya menawarkan koleksi tool editing gambar yang mengesankan, tetapi juga menawarkan fungsi penggunaan kamera. Cymera memiliki empat mode pemotretan untuk dipilih pengguna, yaitu Normal, Timer, Shots Touch, dan Anti-Shake .

Fitur editing gambar Cymera terdiri dari opsi konvensional seperti mosaik, tekstur, dan penyesuaian corak warna untuk fungsi koreksi untuk menyesuaikan variabel seperti mode pemandangan, saturasi dll. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna membuat kolase dan mengubah foto selfie menjadi meme dengan menambahkan teks dalam berbagai font gaya dan corak yang kreatif.

Fitur lain dari aplikasi Cymera yang menarik adalah fitur pengenalan wajah otomatis , untuk meningkatkan kualitas selfie dengan menerapkan lebih dari 200 efek make-up yang berbeda serta fitur penerangan, masker, dll.

 

Baca Juga : 21 Aplikasi Tema Android Dan iPhone Terbaik & Terpopuler

 

11. Prisma

aplikasi prisma
aplikasi prisma

Prisma adalah aplikasi edit foto gratis yang memungkinkan penggunanya membuat foto tampak seperti dilukis oleh pelukis profesional. Dengan algoritme cerdasnya yang kompleks, Prisma mentransformasikan foto ke dalam gaya yang mirip dengan lukisan seniman seperti Van Gogh dan Picasso.

Prisma memiliki antarmuka dan sistem operasi sederhana yang sangat menarik serta beragam pengaturan gratis, dengan pembelian dalam aplikasi untuk tambahan fitur lebih lengkap. Prisma juga memiliki komunitas online sendiri yang mirip dengan Instagram. Jadi begitu selesai mengedit foto, Anda dapat membagikannya ke timeline Prisma, menyimpannya langsung ke perangkat, membagikannya di media sosial, atau media online lainnya.

12. Adobe Photoshop Express

aplikasi adobe photoshop
aplikasi adobe photoshop

Aplikasi edit foto android yang satu ini merupakan platform mobile dari Photoshop, dengan mengambil fitur-fitur terbaik Photoshop dan mengkompresinya dalam aplikasi seluler. Mempunyai antarmuka sederhana dan minimalis, Adobe Photoshop Express adalah aplikasi foto Android yang bagus untuk pengeditan cepat, mudah, dan powerfull.

Aplikasi ini memiliki semua fitur standar editan foto yang Anda butuhkan, seperti memotong, meluruskan, memutar, membalik foto, kontras, saturasi, koreksi mata merah, filter, dll. Yang membedakan dengan aplikasi edit foto android terbaik lainnya adalah filter cerdas sekali sentuh yang secara otomatis memperbaiki masalah seperti warna dan pencahayaan.

Photoshop Express memiliki fitur canggih seperti Image Rendering Engine untuk menangani file besar misalnya foto panorama. Fitur Noise Reductionnya dapat meminimalkan butiran yang tidak diinginkan dan bintik-bintik foto malam hari.

Sebelum dapat menggunakan aplikasi  Adobe Photoshop Express, Anda harus mendaftar untuk mendapatkan akun ID Adobe gratis. Setelah selesai mengedit foto, Anda dapat langsung menyimpan ke perangkat atau berbagi foto yang diedit secara instan ke Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya.

13. Photo Collage Maker

aplikasi photo collage maker
aplikasi photo collage maker

Photo Collage Maker adalah aplikasi foto untuk membuat kolase dan editor kolase foto terbaik. Cukup pilih beberapa gambar, Photo Collage Maker akan membuat kolase foto keren dalam hitungan detik. Anda dapat membuat gambar dengan gaya Anda sendiri, memilih tata letak, mengedit kolase foto dengan filter, stiker, teks, template, dll.

Dengan ratusan tata letak dan banyak opsi kustom, Anda dapat dengan mudah merancang tata letak untuk membuat kolase foto yang indah. Tersedia banyak tool pengeditan foto yang memudahkan untuk memotong foto, menerapkan filter ke foto, menambahkan stiker dan teks, menggambar pada foto, membalik, memutar, dan sebagainya.

14. PhotoGrid

aplikasi photoGrid
aplikasi photoGrid

PhotoGrid adalah aplikasi edit foto gratis yang mempunyai banyak fitur, seperti meme, pembuat GIF, kolase video, kolase foto, lembar memo, efek kamera, instasize untuk Instagram, crop, filter wajah AR, stiker, kliping foto, latar belakang, template, font, tayangan slide, blur, retouch, pola dan lebih banyak lagi.

Photo Grid mempunyai antarmuka sederhana untuk memindahkan dan memperbesar foto serta untuk menukar  bingkai kolase melalui fitur drag and drop. Photo Grid juga sangat bagus untuk menyimpan foto dalam format JPG, PNG dan resolusi tinggi.

15. Photo Editor Pro

aplikasi fotor photo editor
aplikasi fotor photo editor

Photo Editor Pro adalah aplikasi edit foto dari InShot yang memungkinkan Anda mengedit foto dengan banyak tool, memperbaiki penampilan tubuh dan wajah, membuat kolase dan berbagi foto dengan teman. Dengan Photo Editor Pro, Anda dapat langsung memposting foto hasil karya Anda ke Instagram, WhatsApp, Facebook dll.

Fitur  Photo Editor Pro :

  • Lebih dari 60 Filter untuk Gambar
  • Efek Glitch & Latar Belakang Buram
  • Perbaikan tubuh dan wajah langsing untuk mendapatkan sosok yang sempurna
  • Membuat kolase foto keren

16. Pic Collage

aplikasi pic collage
aplikasi pic collage

PicCollage memungkinkan Anda mengatur foto secara instan  atau berkreasi dengan kolase menggunakan foto, filter, border, stiker dan teks dengan font dan bingkai keren. Layout dapat diubah seperti halnya warna latar belakang. Ada banyak tool pengeditan lainnya seperti penyesuaian gambar, stiker, teks, entri animasi, bahkan mencoret-coret bentuk bebas.

Fitur Pic Collage :

  • Impor foto dari koleksi foto Anda, Instagram, Facebook dan pencarian gambar web
  • Gerakan sentuhan sederhana untuk memutar, merubah ukuran, gulir cepat untuk menghapus
  • Ketuk dua kali untuk mengedit foto dengan efek foto Aviary, klip foto, sesuaikan borders, salin / tempel dan gambar flip
  • Cukup ketuk ikon Bingkai kiri bawah, dan geser untuk memilih bingkai serta membuat kolase instan
  • Banyak latar belakang dan stiker untuk dipilih
  • Unduh kolase “Remix” sebagai template untuk kolase Anda
  • Bagikan kreasi Anda ke Facebook, Twitter, Tumblr, dan Path

17. Flickr

aplikasi flickr
aplikasi flickr

Flickr adalah salah satu aplikasi edit foto yang paling dapat diandalkan. Aplikasi ini memiliki pengaturan otomatis yang solid dan semua fitur pengeditan standar, termasuk tampilan histogram yang dapat diedit. Salah satu fitur Flickr yang paling mudah digunakan adalah memungkinkan pengguna untuk memotret foto dengan filter tambahan aktif, sehingga Anda dapat melihat seperti apa foto Anda nantinya saat memotret.

Pengguna Flickr dengan akun gratis masih diperbolehkan mengunggah hingga 1.000 foto dari berbagai ukuran, menjadikannya salah satu arsip foto terbesar di internet. Jika melebihi batas kuota maka Flickr akan menghapus foto unggahan terlama. Untuk menghindari penghapusan koleksi foto, Anda dapat melakukan upgrade ke versi berbayar sehingga akan mendapatkan kuota tak terbatas.

18. Pixlr

aplikasi pixlr
aplikasi pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto yang tepat untuk semua orang karena memiliki semua fitur yang mungkin dibutuhkan pengguna. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2 juta kombinasi efek gratis, overlay, dan filter. Anda dapat membuat kolase foto dengan berbagai pilihan tata letak, latar belakang, dan jarak.

Pixlr juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan mode foto dengan coretan, gambar pensil, dan sketsa tinta. Anda dapat membagikan gambar secara langsung ke berbagai media sosial. Ada 8 efek filter real time yang dapat dipilih saat mengambil foto dengan Pixlr. Selain itu juga memiliki berbagai macam bingkai foto dan stiker, serta lebih dari 600 filter bawaan, yang banyak di antaranya tidak tersedia dalam aplikasi lain.

19. Toolwiz Photos

aplikasi toolwiz photo
aplikasi toolwiz photo

Toolwiz Photos adalah aplikasi edit foto pro all-in-one yang menyediakan lebih dari 200 fitur canggih. Anda dapat menambahkan filter, bertukar wajah, menyesuaikan saturasi, dan bahkan membuat kolase foto dengan mudah.

Dengan antarmuka elegan dan minimalis, aplikasi ini gratis dan mudah digunakan. Fitur dan kemudahan penggunaannya menjadikannya sebagai salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik untuk Android.

Fitur Toolwiz Photos :

  • Banyak koleksi filter ajaib dan filter seni
  • Fitur selfie dan pemoles kulit yang sangat baik
  • Lebih dari 200 font teks

20. Photo Lab

aplikasi photo Lab
aplikasi photo Lab

Dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, aplikasi edit foto ini cukup mudah dikelola. Photo Lab memberikan sentuhan unik pada foto Anda. Aplikasi ini memiliki koleksi lebih dari 900 efek yang berbeda seperti penggantian background, montase foto wajah, opsi makeover, filter foto bergaya, bingkai indah, efek artistik kreatif, kolase untuk beberapa foto dan lain sebagainya.

Editor foto bawaan dilengkapi dengan fitur dasar edit foto seperti crop, putar, pencahayaan, dan ketajaman, dan bahkan touch-up. Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil kreasi ke galeri, membagikannya dengan mudah ke media sosial. Untuk  versi gratis yang tersedia menampilkan iklan dan watermark.

 

Baca Juga : 21 Aplikasi Tulisan Di HP Android Dan iPhone Terbaik

 

21. Camly

aplikasi camly
aplikasi camly

Camly dapat dengan mudah disebut sebagai salah satu aplikasi pengeditan foto yang paling sederhana, namun sangat produktif. Antarmuka pengguna yang interaktif dan opsi menu dirancang dengan cermat. Aplikasi ini memiliki berbagai alat pengeditan yang mencakup pengeditan normal serta pengeditan profesional. Layar beranda Camly hanya terdiri dari tujuh opsi tambahan, yang memudahkan pengguna untuk memilih fitur yang ingin digunakan, dan selanjutnya memilih variabel tertentu yang ingin diatur.

Aplikasi ini mempunyai banyak koleksi  stiker keren dan penambahan berbasis teks, yang menjadikan Camly aplikasi sempurna untuk membuat meme yang luar biasa. Dengan Camly Anda dapat mengedit kecerahan, kontras, paparan optik, cahaya dan bayangan, rona, suhu warna (kehangatan), saturasi. Anda juga dapat menggunakan sketsa, memotong dan memutar termasuk meluruskan cakrawala, mata ikan, distorsi barrel dan pincushion, distorsi keystone, blur, tilt-shift dan pengaturan berguna lainnya.

22. Vimage

aplikasi vimage
aplikasi vimage

Vimage adalah aplikasi edit foto terbaru pembuat sinagraf yang memungkinkan Anda menambahkan efek dan elemen bergerak ke foto Anda, kemudian merubahnya menjadi karya seni langsung.

Vimage dapat melakukan pengeditan dasar seperti kecerahan, blur, crop, putar, saturasi, dan hal-hal lainnya. Selain itu Anda dapat menambahkan  efek animasi yang sudah dibuat sebelumnya pada foto untuk membuat foto lebih hidup, sehingga bisa menciptakan beberapa foto animasi unik yang menakjubkan.  

23. MIX by Camera360

aplikasi mix by camera 360

MIX by Camera360 adalah aplikasi edit foto yang mudah digunakan dan dapat mempercantik foto Anda dalam hitungan detik. Fitur utama MIX by Camera360 adalah filter dan palet warna. Ada ratusan template filter hebat di kotak filter, mendukung filter yang ditentukan pengguna dan dapat dibagikan.

Fitur MIX meliputi penyesuaian warna, keseimbangan warna, saturasi rona, pemisahan rona dan fungsi lainnya. Saturasi rona dapat disesuaikan untuk setiap warna, atau Anda dapat dengan mudah membuat efek monokrom. Penyesuaian kurva telah ditambahkan ke versi baru, yang merupakan hal baik untuk fotografer yang suka menggunakan kurva.

Fitur MIX by Camera360 :

  • 115 filter yang dipilih sendiri dan khusus.
  • Bokeh Blurring menawarkan fasilitas canggih.
  • Berisi lebih dari 40 tekstur asli.
  • Lebih dari 10 fitur penyesuaian profesional.
  • Mudah dibagikan di Instagram.
  • Dapat mempublikasikan foto terbaik Anda ke komunitas MIX untuk dibagikan kepada jutaan pengguna MIX di seluruh dunia.

24. EyeEm

aplikasi eyeEm
aplikasi eyeEm

Aplikasi  edit foto yang hebat ini mempunyai  banyak filter dengan antarmuka dan desain bagus. EyeEm juga merupakan aplikasi sosial berbagi foto yang memiliki komunitas fotografi terbaik dengan 20 juta pengguna, baik amatir atau profesional. Tidak hanya itu EyeEm memungkinkan Anda mendapatkan uang dengan menjual foto kreasi Anda. Saat berhasil menjual foto kreasi Anda, Anda akan mendapatkan setengah dari hasil penjualan.

Fitur edit foto EyeEm meliputi filter, frame, dan crop. Filter dan frame yang dimiliki mampu membuat foto Anda menjadi lebih cantik.

25. Retrica

aplikasi kamera retrica
aplikasi kamera retrica

Retrica adalah aplikasi edit foto yang cantik dengan fitur canggih untuk mengambil foto selfie, mempersonalisasi foto Anda, dan berbagi foto dengan teman. Terdapat filter-filter hebat, di antaranya ada tombol untuk memilih filter secara real time sebelum Anda memotret. Anda juga dapat menangkap video pendek dan merubahnya menjadi animasi GIF atau kolase. Fitur lainnya adalah dapat menambahkan stiker, coretan, dan teks pada hasil akhir sebelum menyimpannya ke perangkat Anda.

26. LightX

aplikasi LightX
aplikasi LightX

LightX adalah aplikasi edit foto gratis untuk membuat kolase foto, menambahkan bingkai foto, menambahkan stiker, membuat guntingan, merubah latar belakang foto, mengaburkan foto, membuat kartun dan karikatur, membuat foto selfie, merubah warna rambut, menambah efek percikan, dan fungsi untuk mengedit foto lainnya. Anda juga dapat menambahkan teks pada foto dan membuat meme teks Anda sendiri.

Fitur edit foto tingkat lanjut dari LightX meliputi Color mixing, Curve, level dan efek vignette. Anda dapat mengedit kecerahan, kontras, eksposur, corak, saturasi, bayangan dan highlight gambar. Anda juga dapat menambahkan berbagai filter foto seperti vintage, retro, drama, glow, B&W dan banyak lagi filter lainnya.

27. TouchRetouch

aplikasi touchretouch
aplikasi touchretouch

TouchRetouch adalah aplikasi edit foto yang memungkinkan untuk menghapus objek dalam foto yang tidak diinginkan secara efisien. Menghapus objek yang tidak diinginkan seperti jerawat dan noda kulit, goresan, benda-benda buatan manusia seperti lampu berhenti, rambu-rambu jalan, tempat sampah serta menghapus apa pun yang Anda pikir bisa mengurangi keindahan foto Anda.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda dapat menghapus sebagian besar objek hanya dengan satu ketukan. Namun, jika Anda membutuhkan bantuan, ada tutorial di dalam aplikasi yang mengajarkan cara memanfaatkan potensi aplikasi ini sepenuhnya.

28. Enlight

aplikasi enlight
aplikasi enlight

Meskipun Enlight adalah aplikasi edit foto terbaru tetapi sudah menjadi aplikasi favorit bagi para penggemar fotografi. Enlight adalah aplikasi edit foto sebaguna untuk iPhone yang telah memenangkan Penghargaan Desain Apple pada tahun 2017 .

Anda akan menemukan banyak kegunaan dari aplikasi ini mulai dari lukisan cat minyak dan masker universal hingga penyesuaian warna. Salah satu fitur Enlight yang paling populer adalah kemampuan untuk memadukan foto sekaligus menciptakan efek dramatis serta menambahkan elemen grafis ke foto Anda.

29. Facetune2

aplikasi facetune
aplikasi facetune

Sebagai aplikasi edit foto favorit untuk pecinta selfie, Facetune mengklaim memiliki retouching terbaik untuk iPhone. Dengan Facetune, fotografer mana pun dapat menghaluskan noda, memperlebar senyum, meminimalkan pori-pori, menyesuaikan sumber cahaya dan bahkan secara ajaib bisa mengganti background.

Membuat retouching sederhana seperti  fitur pemutihan gigi, menghilangkan noda, menghaluskan kulit dan bahkan menambahkan kilau, baik di dalam kamera atau pasca-produksi. Memperbesar atau memperkecil ukuran tubuh dengan mudah, apakah menginginkan yang lebih kurus atau lebih lebar. Termasuk filter background yang menyenangkan dan efek cahaya kreatif.

Demikian pembahasan mengenai 29 aplikasi edit foto terbaik android dan iPhone. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih bermanfaat.