5+ Tahap Cara Bayar BPJS Kesehatan Online, Lebih Cepat!

bayar bpjs kesehatan 5+ Tahap Cara Bayar BPJS Kesehatan Online, Lebih Cepat!

Pada pembahasan kali ini, Jurnal Manajemen akan memberikan pembahasan mengenai sistem bayar BPJS kesehatan.

BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Program ini menyediakan perlindungan kesehatan bagi semua warga negara Indonesia yang memiliki pendapatan rendah.

Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pembayaran BPJS Kesehatan secara online.

Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk memeriksa rincian tagihan dan melacak status pembayaran Anda. Terima kasih telah menggunakan sistem pembayaran BPJS Kesehatan BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id).

1. Mengenal Sejarah BPJS Kesehatan

bayar bpjs kesehatan
google

Jaminan pemeliharaan kesehatan di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Dan setelah kemerdekaan, pada tahun 1949, setelah pengakuan kedaulatan oleh Pemerintah Belanda, upaya untuk menjamin kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya pegawai negeri sipil beserta keluarga, tetap dilanjutkan.

Prof. G.A. Siwabessy, selaku Menteri Kesehatan yang menjabat pada saat itu, mengajukan sebuah gagasan untuk perlu segera menyelenggarakan program asuransi kesehatan semesta (universal health insurance) yang saat itu mulai diterapkan di banyak negara maju dan tengah berkembang pesat.

Pada saat itu kepesertaannya baru mencakup pegawai negeri sipil beserta anggota keluarganya saja.

Namun Siwabessy yakin suatu hari nanti, klimaks dari pembangunan derajat kesehatan masyarakat Indonesia akan tercapai melalui suatu sistem yang dapat menjamin kesehatan seluruh warga bangsa ini.

Pada 1968, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1 Tahun 1968 dengan membentuk Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) yang mengatur pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negara dan penerima pensiun beserta keluarganya.

Selang beberapa waktu kemudian, Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 dan 23 Tahun 1984.

BPDPK pun berubah status dari sebuah badan di lingkungan Departemen Kesehatan menjadi BUMN, yaitu PERUM HUSADA BHAKTI (PHB), yang melayani jaminan kesehatan bagi PNS, pensiunan PNS, veteran, perintis kemerdekaan, dan anggota keluarganya.

1.1 PT Askes Persero

Pada tahun 1992, PHB berubah status menjadi PT Askes (Persero) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1992. PT Askes (Persero) mulai menjangkau karyawan BUMN melalui program Askes Komersial.

Pada Januari 2005, PT Askes (Persero) dipercaya pemerintah untuk melaksanakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (PJKMM) yang selanjutnya dikenal menjadi program Askeskin dengan sasaran peserta masyarakat miskin dan tidak mampu sebanyak 60 juta jiwa yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah Pusat.

PT Askes (Persero) juga menciptakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU), yang ditujukan bagi masyarakat yang belum tercover oleh Jamkesmas, Askes Sosial, maupun asuransi swasta.

Hingga saat itu, ada lebih dari 200 kabupaten/kota atau 6,4 juta jiwa yang telah menjadi peserta PJKMU. PJKMU adalah Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang pengelolaannya diserahkan kepada PT Askes (Persero).

Langkah menuju cakupan kesehatan semesta pun semakin nyata dengan resmi beroperasinya BPJS Kesehatan pada 1 Januari 2014, sebagai transformasi dari PT Askes (Persero).

Hal ini berawal pada tahun 2004 saat pemerintah mengeluarkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan kemudian pada tahun 2011 pemerintah menetapkan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta menunjuk PT Askes (Persero) sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan, sehingga PT Askes (Persero) pun berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, negara hadir di tengah kita untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata.

2. Cara Bayar BPJS Kesehatan Secara Online

Pembayaran BPJS Kesehatan secara online dapat dilakukan melalui layanan e-Payment di website resmi BPJS Kesehatan. Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukan pembayaran secara online:

  1. Kunjungi website resmi BPJS Kesehatan (BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id)).
  2. Klik menu ‘e-Payment’, lalu pilih menu ‘Ketentuan Pembayaran’.
  3. Lengkapi data diri Anda, termasuk nomor BPJS Kesehatan dan nomor Virtual Account (VA) yang telah diberikan.
  4. Pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, antara lain melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking.
  5. Isi nominal pembayaran sesuai dengan tagihan yang telah diberikan.
  6. Klik tombol ‘Submit’ untuk menyelesaikan proses pembayaran.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses pembayaran selesai.
  8. Cetak kuitansi pembayaran jika diperlukan.

Demikian informasi mengenai cara melakukan pembayaran BPJS Kesehatan secara online. Semoga informasi ini bermanfaat.

3. Manfaat dan Keuntungan Bayar BPJS Kesehatan

bayar bpjs kesehatan
google

Bayar BPJS Kesehatan adalah tindakan yang sangat penting untuk menjamin kesehatan dan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan dari membayar BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Menjamin kesehatan dan keselamatan setiap warga negara. BPJS Kesehatan memberikan perlindungan bagi semua warga negara yang terdaftar, termasuk program asuransi untuk menutup biaya pengobatan, tindakan medis, dan biaya perawatan rumah sakit.
  2. Mengurangi beban biaya kesehatan. BPJS Kesehatan menawarkan diskon biaya pengobatan hingga 50%, memungkinkan masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dengan biaya yang lebih murah.
  3. Memberikan akses gratis ke layanan kesehatan. Terdaftar di BPJS Kesehatan berarti Anda mendapat akses gratis ke layanan kesehatan, seperti vaksinasi, program kanker, imunisasi, dan layanan kesehatan reproduksi.
  4. Layanan kesehatan yang lebih terjangkau. BPJS Kesehatan menawarkan biaya pengobatan yang lebih terjangkau untuk jasa layanan medis di rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan.

Dengan membayar BPJS Kesehatan, masyarakat dapat menikmati manfaat dan keuntungan di atas, sehingga dapat memastikan kesehatan dan perlindungan yang baik bagi semua warga negara.

4. Cara Mendaftar Menjadi Peserta PPU Penyelenggara Negara BPJS Kesehatan

Pendaftaran dilakukan secara kolektif oleh PIC satuan kerja (satker) dan dapat juga dilakukan secara perorangan.
  • Syarat pendaftaran apabila pendaftaran dilakukan secara perorangan yaitu dengan menunjukkan:
  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga;
  2. SK Kepangkatan/pengangkatan terakhir dari Kementerian/Lembaga/Kepala Dinas (jika ada perubahan);
  3. Daftar gaji yang mencantumkan gaji pokok dan tunjangan dan dilegalisasi oleh pimpinan unit kerja;
  4. Penetapan Pengadilan Negeri untuk anak angkat (jika belum tercantum dalam Kartu Keluarga);
  5. Surat keterangan dari sekolah/ Perguruan Tinggi (bagi anak usia di atas 21 tahun s.d. 25 tahun) yang berlaku 1 (satu) tahun; atau bukti pembayaran uang pendidikan yang masih berlaku sampai dengan bulan pengaktifan.

5. Cara Mendaftar Menjadi Peserta PBPU/BP Selain Penyelenggara Negara

Pendaftaran dapat dilakukan secara perorangan maupun kolektif dengan cara mengisi Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) beserta persyaratannya.
  • Syarat pendaftaran apabila pendaftaran dilakukan secara perorangan yaitu dengan menunjukkan:
  1. Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga;
  2. Buku tabungan Bank yang melayani autodebit BNI, BRI,BTN, Mandiri dan BCA (dapat menggunakan rekening tabungan Kepala Keluarga/ anggota keluarga dalam Kartu Keluarga/ penanggung);
  3. Paspor dan surat izin kerja yang diterbitkan instansi berwenang bagi Warga Negara Asing;

6. Kesimpulan dari Pembahasan Bayar BPJS Kesehatan

bayar bpjs kesehatan
google

Kesimpulan tentang bayar BPJS Kesehatan adalah bahwa bayar BPJS Kesehatan merupakan salah satu cara untuk memastikan bahwa semua warga negara Indonesia mendapatkan perlindungan kesehatan yang diperlukan.

Dengan membayar BPJS Kesehatan, masyarakat dapat memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang berkelanjutan, terjangkau dan berkualitas.

Oleh karena itu, bayar BPJS Kesehatan adalah penting untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke pelayanan kesehatan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *