Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh! Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!

Business development adalah merupakan proses pembentukan nilai perusahaan dalam jangka panjang yang menghubungkan pelanggan, pasar, dan relasi.

Business Development Adalah?

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Business development adalah proses yang menciptakan nilai bagi organisasi melalui pengembangan pasar, kegiatan pemasaran, penciptaan peluang baru, pengembangan produk baru, peningkatan share of wallet, dan peningkatan volume bisnis. Business development adalah proses yang berkelanjutan yang terus mencari cara untuk meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kinerja, dan memperluas jangkauan pasar. Proses ini melibatkan pemahaman kompetitif, identifikasi peluang, analisis risiko, perencanaan strategis, dan pelaksanaan tindakan yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan bisnis organisasi. Business Development adalah bagian penting dari sukses bisnis jangka panjang dan merupakan kunci untuk mencapai tujuan jangka panjang. Dengan memahami proses ini dan mengimplementasikannya dengan benar, organisasi dapat memenuhi tujuannya dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Unsur Unsur Business Development

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Berikut ini ada beberapa unsur yang menjadi bagian penting dari Business development adalah :

Pelanggan

Tanpa adanya customer, sebuah perusahaan tidak akan berkembang. Namun, sebuah produk atau jasa tidak akan mungkin cocok bagi semua kalangan.

Pasar

Dalam membangun bisnis, target market merupakan salah satu yang harus dipikirkan sejak awal. Hal ini berguna agar perusahaan mengetahui produk atau jasa apa yang dapat dijual.

Relasi bisnis

Perusahaan pastinya akan membangun relasi dengan pelanggan, sponsor, ataupun klien. Tanpa adanya relasi yang baik, mungkin sebuah bisnis tidak akan bertahan lama.

Tanggung Jawab Dari Business Development

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Menjadi seorang Business Development harus menanggung beberapa tanggung jawab berikut ini :

  • Mencari peluang pelanggan baru dan menjaga relasi antar pelanggan atau klien
  • Bekerja sama dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar atau klien
  • Menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan
  • Melakukan riset perkembangan bisnis perusahaan secara berkala
  • Memahami produk dari perusahaan, kompetitor, dan posisi bisnis di dalam pasar

Peran Dari Business Development Adalah

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Seorang Business Development mempunyai beberapa peran yang penting. Peran Business Development adalah posisi business development sangat penting bagi keberlangsungan bisnis jangka panjang perusahaan. Sebuah perusahaan harus mampu beradaptasi dengan keinginan pasar dengan melakukan pengembangan bisnis. Pengembangan bisnis meliputi riset pasar, meningkatkan dan memelihara hubungan dengan konsumen potensial baru, mengetahui dan membuat peluang bisnis yang potensial. Oleh karena itu, seorang BD harus mampu membuat strategi bisnis.

Perbedaan Business Development Dengan Sales

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Jika kamu berfikir Business Development sama dengan sales, nyatanya salah besar. Perbedaan Business Development dengan sales adalah sebagai berikut :

Orang dalam business development bertugas untuk memajukan sebuah perusahaan dengan strategi pengembangan bisnisnya. Pekerjaan seorang sales development juga bertujuan untuk meningkatkan keuntungan untuk perusahaan. Namun, sales development lebih bertanggung jawab ke arah kontrak kerja sama atau pembelian, menangani prospek, dan memberikan demonstrasi atas produk yang dijual. Sales development lebih fokus kepada produk yang dijual dan mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Walaupun pekerjaan ini berbeda, keduanya saling berkaitan, lho! Sales bisa saja masuk ke dalam bagian business development.

Skill Atau Kemampuan Yang Dibutuhkan Sebagai Business Development

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Skill yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi Business Development adalah sebagai berikut :

Motivasi Tinggi

Menjadi seorang BD diharuskan memiliki mtovasi yang tinggi serta kedisiplinan dalam bekerja. Seorang BD juga tidak boleh mudah menyerah dan mampu untuk memenuhi target dalam keterbatasan dan juga deadline.

Management

Dengan fokus tugas yang amat beragam, kemampuan mengatur waktu dan prioritas pun harus dimiliki oleh seorang BD.

Komunikasi

Tidak hanya bekerja di balik layar, seorang BD pun harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Marketing

Tak cuma dengan sales, BD juga banyak bekerja dengan divisi marketing untuk mempromosikan brand.

Negosiasi

Dalam pekerjaannya, seorang BD akan dihadapkan untuk bernegosiasi dengan klien yang sudah ada atau calon klien yang berpotensi untuk kerja sama dengan perusahaan.

Analisis Data

Akan banyak data yang harus dianalisis oleh seorang BD. Dari data pertumbuhan penjualan per bulan, data investor, data klien, sampai juga data dari kompetitor yang perlu dianalisis dan dipelajari.

Project Management

Bekerja untuk mengembangkan sebuah bisnis memang merupakan hal yang kompleks dan berisiko tinggi. Menjadi seorang BD membutuhkan tanggung jawab yang tinggi karena perusahaan menggantungkan nasibnya di tanganmu.

Jenjang Karir Dari Business Development adalah?

Business Development Adalah? Pengertian, Tugas Dan Contoh!
photo : google

Sama seperti karyawan atau pekerja lainnya, seorang Business Development akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan jenjang karir di perusahaannya. Level senior dari posisi Business Development Manager yakni menjadi VP Business Development atau Direktur Business Development – EKRUT. Namun, perjalanan karier untuk menjadi Business Development Manager memang tidak mudah diraih. Untuk bisa sampai di status tersebut, kamu bisa memulai karier sebagai Customer Service, Sales atau Marketing. Baru bisa menjadi Direktur. Untuk di level seniornya sendiri ada beberapa jabatan yang bisa kamu peroleh di antaranya yakni menjadi Vice President Business Development atau menjadi Direktur Business Development.

Mengembangkan Bisnis Melalui Media Sosial

Business development adalah
photo : google

Mengembangkan bisnis melalui media sosial adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan kemampuan pemasaran. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan jangkauan dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial:

1. Buatlah konten yang menarik. Membuat konten yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan jangkauan. Pastikan untuk memiliki desain yang baik dan profesional, serta bahasa yang mudah dipahami.

2. Pilih media sosial yang tepat. Tidak semua media sosial sesuai untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih media sosial yang tepat berdasarkan jenis bisnis Anda dan tujuan pemasaran.

3. Buat kampanye iklan. Membuat iklan yang berkualitas adalah salah satu cara untuk meningkatkan jangkauan dan menarik pelanggan. Pastikan untuk memilih platform iklan yang tepat dan memiliki strategi pemasaran yang efektif.

4. Membangun komunitas. Membangun komunitas di media sosial adalah cara yang baik untuk meningkatkan jangkauan dan membangun hubungan dengan pelanggan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun kepercayaan dan mempromosikan bisnis Anda.

5. Gunakan analitik media sosial. Analitik media sosial adalah cara yang efektif untuk mengukur kinerja bisnis Anda dan mengetahui apa yang berhasil dan gagal. Ini juga membantu Anda mengidentifikasi pelanggan potensial dan meningkatkan strategi pemasaran.

Dengan melaksanakan strategi ini, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan lebih efektif melalui media sosial.

Kesimpulan

Business development adalah proses yang mencakup berbagai strategi untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan penjualan, meningkatkan pasar, dan meningkatkan kinerja bisnis. Business development adalah proses yang termasuk strategi pemasaran, pengembangan produk, penelitian pasar, akuntansi, analisis data, dan perencanaan operasional. Bisnis yang sukses dalam mengembangkan bisnis mereka menggunakan strategi yang tepat berdasarkan pada tujuan dan tujuan bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *