5+ Cara Melancarkan BAB dengan Makanan – Akupuntur!

cara melancarkan BAB 5+ Cara Melancarkan BAB dengan Makanan - Akupuntur!

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan belajar tentang cara melancarkan BAB atau Buang Air Besar. Terkadang makanan yang kita konsumsi atau karena gaya hidup kita yang suka menahan BAB menjadikan kotoran susah keluar saat kita sudah berusaha mengeluarkannya.

Padahal jika kotoran tidak segera dikeluarkan, perut rasanya menjadi tidak enak, penuh dan badan menjadi berat. Untuk itu sangat penting mengetahui cara melancarkan BAB agar BAB menjadi lancar lagi.

1. Cara Melancarkan BAB dengan Makanan

cara melancarkan BAB
INDOZONE | The Most Engaging Media for Millennials and Gen-Z cara melancarkan BAB
  1. Makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran-sayuran, biji-bijian, dan gandum utuh. Ini akan membantu meningkatkan jumlah serat di dalam sistem pencernaan Anda, yang dapat membantu menjaga bab Anda lancar.
  2. Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan laut, kacang-kacangan, dan minyak biji rami. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan membantu melancarkan bab.
  3. Konsumsi banyak air. Minum 8 sampai 10 gelas air setiap hari akan membantu mengencerkan tinja dan meningkatkan frekuensi bab Anda.
  4. Ambil banyak latihan. Latihan dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan membantu melancarkan bab.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kefir, miso, kimchi, dan tempe. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan membantu melancarkan bab.
  6. Makan makanan yang mengandung prebiotik seperti bawang putih, bawang merah, artichoke, asparagus, dan biji chia. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan membantu melancarkan bab.
  7. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti buah alpukat, kacang-kacangan, dan biji bunga matahari. Magnesium dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan membantu bab Anda lancar.
  8. Makan makanan yang mengandung pektin seperti buah apel, pisang, pir, dan berry. Pektin dapat membantu melarutkan tinja dan membantu melancarkan bab.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung pengikat garam seperti oatmeal, teh hijau, biji labu, dan kacang hijau. Pengikat garam ini dapat membantu mengencerkan tinja dan membantu melancarkan bab.
  10. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti ikan, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan gandum utuh. Serat dapat membantu melarutkan tinja dan membantu melancarkan bab.

2. Cara Melancarkan BAB dengan Minuman Herbal

  1. Minumlah 1-2 gelas air hangat. Minum air hangat bisa membantu melunakkan tinja sehingga meningkatkan pergerakan usus.
  2. Konsumsilah makanan yang berserat. Makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan pergerakan usus.
  3. Konsumsilah minuman herbal yang mengandung sennosides. Sennosides adalah zat yang terkandung dalam beberapa jenis herbal, seperti sen, aloe vera, dan psyllium, yang bisa membantu meningkatkan pergerakan usus.
  4. Minumlah teh hijau. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang bisa membantu melancarkan bab.
  5. Konsumsilah makanan fermentasi. Makanan fermentasi seperti tempe dan kecap mentah mengandung banyak bakteri probiotik yang bisa membantu melancarkan bab.

3. Cara Melancarkan BAB dengan Senaman

cara melancarkan BAB
google cara melancarkan BAB
  1. Senaman Kegel. Senaman Kegel adalah senaman ringan yang boleh dilakukan dimana sahaja. Ia berfungsi untuk menguatkan dan melancarkan otot-otot dalam pelvis, yang membantu memudahkan bab. Cara melakukan senaman Kegel ialah dengan mencengkam otot-otot dalam pelvis seperti anda sedang menahan air kencing, lalu memegangnya selama lima saat. Lepaskan dan ulangi sebanyak 10 kali.
  2. Senaman Berjalan. Berjalan adalah cara yang baik untuk melancarkan bab. Berjalan dengan santai selama 15 minit setiap hari pada waktu pagi atau petang boleh mengurangkan masalah sembelit.
  3. Senaman Squat. Senaman ini berfungsi untuk menyedut usus dan memudahkan bab. Ia boleh dilakukan dengan membongkok seperti anda sedang duduk di atas lantai. Kecualikan lutut, seluruh tubuh anda harus dibongkok. Tahan posisi ini selama lima saat dan ulangi sebanyak lima kali.
  4. Senaman Pengurangan Tekanan. Tekanan dalam tubuh boleh menyebabkan sembelit. Senaman ini berfungsi untuk mengurangkan tekanan. Ambil nafas dalam-dalam dan tahan selama lima saat. Semasa anda menarik nafas, fikirkan tentang perkara-perkara yang menyenangkan. Lepaskan nafas dengan perlahan-lahan dan ulangi sebanyak lima kali.

3. Cara Melancarkan BAB dengan Akupuntur

Akupuntur adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk melancarkan bab. Akupuntur adalah teknik pengobatan tradisional Cina yang telah digunakan selama berabad-abad. Akupuntur menggunakan jarum tipis yang dipasangkan ke titik-titik spesifik pada tubuh untuk menstimulasi syaraf, mempromosikan aliran darah, dan mengatur sistem saraf.

Menurut The National Center for Complementary and Integrative Health, akupuntur dapat digunakan untuk membantu mengurangi gejala sembelit. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbaiki aliran energi di tubuh untuk membantu meningkatkan peristaltik usus dan mempercepat proses pencernaan serta membantu mengeluarkan racun dan zat berbahaya.

Sebelum melakukan akupuntur, seorang dokter harus melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan kondisi kesehatan Anda dan mencari tahu apa yang mendasari masalah sembelit Anda. Pemilihan titik akupuntur akan bervariasi berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Ketika Anda datang untuk sesi akupuntur, Anda akan duduk atau terbaring di atas meja yang nyaman dan jarum akan dimasukkan ke dalam kulit Anda melalui titik-titik akupuntur. Jarum akan dimasukkan dengan cepat dan biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

Ketika jarum dalam tubuh, dokter mungkin meminta Anda untuk mengambil napas dalam-dalam atau bergerak untuk membantu merangsang titik akupuntur. Praktik akupuntur mungkin memerlukan beberapa sesi untuk membantu melancarkan bab Anda.

4. Cara Melancarkan BAB dengan Makanan Beri-Beri

Makanan yang mengandungi vitamin B yang tinggi, seperti susu, telur, ikan, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan, boleh melancarkan proses bab.

Pemakanan yang sihat boleh membantu menstabilkan buang air besar dan mengelakkan masalah sembelit. Jika anda mengalami masalah bab yang berterusan, anda boleh mencuba untuk mengambil makanan yang mengandungi serat dan air yang banyak.

Makanan yang tinggi serat meliputi sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Air boleh diperoleh dari minuman dan makanan seperti jus, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Selain itu, anda juga boleh mengambil suplemen yang mengandungi vitamin B untuk mengurangkan masalah bab.

5. Cara Melancarkan BAB dengan Vitamin dan Mineral

cara melancarkan BAB
google cara melancarkan bab

Agar bayi Anda mendapatkan bab yang lancar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Pertama, pastikan bayi Anda menerima asupan vitamin dan mineral yang cukup. Hal ini bisa dicapai dengan memberikan makanan pendamping yang kaya akan nutrisi, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Serta, berikan beberapa jenis makanan tinggi kalori, seperti susu, yoghurt, dan keju.
  2. Kedua, pastikan bayi Anda mengonsumsi cukup air. Jika bayi Anda menyukai air dingin, berikan air es di sela-sela makan. Sebaiknya, jangan memberikan minuman yang mengandung gula tambahan.
  3. Ketiga, buatlah jadwal makan untuk bayi Anda. Berikan makanan pendamping yang bervariasi di setiap jam makan. Jika bayi Anda sudah dewasa sedikit, berikanlah banyak buah dan sayuran. Jangan lupa untuk mengganti makanan lemak dengan kacang-kacangan dan biji-bijian.
  4. Terakhir, pastikan bayi Anda bergerak. Lakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan, berayun di kursi, atau bermain di luar ruangan. Ini akan membantu memperlancar sistem pencernaan bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *