Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya! Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!

Struktur Organisasi adalah sistem yang digunakan untuk mendefinisikan hierarki dalam sebuah organisasi. Berikut ulasannya lebih lanjut!

Struktur Organisasi Adalah?

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Pengantar tentang struktur organisasi adalah salah satu topik penting untuk dipelajari dalam manajemen. Struktur organisasi adalah pola hubungan dalam suatu organisasi yang menentukan cara bagaimana orang di dalamnya berkomunikasi dan bekerja bersama. Struktur organisasi mengatur dan menentukan cara bagaimana tugas dan tanggung jawab di antara anggota organisasi saling berhubungan. Struktur organisasi adalah pola hubungan yang juga menentukan apa yang harus dilakukan oleh siapa dan bagaimana siapa yang akan mengendalikan tugas tersebut. Dengan demikian, struktur organisasi membantu organisasi mencapai tujuan dan sasaran mereka secara efektif dan efisien. Dengan memahami struktur organisasi, manajer dapat membuat keputusan yang tepat dan strategi yang efektif.

Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Organisasi adalah berikut ini :

Ukuran Organisasi

Small Business Administration mendefinisikan rata-rata bisnis kecil di dunia sebagai perusahaan yang menghasilkan $ 750.000 hingga $ 35 juta per tahun, dan memiliki 100 hingga 1.500 karyawan. Ini adalah cakupan yang luas, itulah sebabnya ukuran organisasi Anda memainkan peran penting dalam pilihan struktural yang Anda buat.

Tahap Pengembangan Bisnis

Pilihan struktural organisasi juga ditentukan oleh tahap siklus hidup bisnis Anda. Dalam banyak kasus, perusahaan yang berada pada tahap awal perkembangan mereka cenderung memusatkan kekuasaan dan otoritas di tangan pendiri, dan pada sekelompok kecil penasihat tepercaya.

Jenis Strategi Bisnis

Saat mencoba memahami faktor mana yang memengaruhi struktur organisasi, Anda harus mempertimbangkan cara Anda memposisikan perusahaan Anda di pasar.

Fungsi Struktur Organisasi Adalah?

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Berikut adalah beberapa fungsi struktur organisasi adalah :

  1. Struktur Memungkinkan Komunikasi Lebih Baik. Karena arus informasi sangat penting untuk kesuksesan organisasi, struktur organisasi harus dirancang dengan jalur komunikasi yang jelas.
  2. Hubungan Pelaporan yang Jelas. Hubungan pelaporan harus jelas sehingga semua anggota organisasi memahami apa tanggung jawab mereka dan tahu kepada siapa mereka bertanggung jawab; Jika tidak, tanggung jawab untuk suatu tugas mungkin akan gagal.
  3. Pertumbuhan dan Ekspansi. Perusahaan yang tumbuh pesat adalah perusahaan yang memanfaatkan sumber dayanya dengan sebaik-baiknya, termasuk bakat manajemen. Struktur organisasi yang baik memastikan bahwa perusahaan memiliki orang yang tepat di posisi yang tepat. Struktur tersebut mungkin menunjukkan titik lemah atau kekurangan dalam tim manajemen perusahaan saat ini.
  4. Penyelesaian Tugas yang Efisien. Struktur organisasi yang dirancang dengan baik memfasilitasi penyelesaian proyek. Manajer proyek dapat mengidentifikasi dengan lebih baik sumber daya manusia yang tersedia bagi mereka jika cakupan tanggung jawab masing-masing departemen.
  5. Menyesuaikan Kebutuhan Perusahaan. Perusahaan di industri yang berbeda membutuhkan campuran bakat yang berbeda dan penekanan yang relatif lebih besar pada fungsi manajemen tertentu.

Jenis jenis Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Jenis jenis struktur organisasi adalah sebagai berikut :

Struktur Organisasi Fungsional

Struktur organisasi fungsional merupakan jenis struktur organisasi ini yang paling umum digunakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam struktur organisasi fungsional, pembagian kerjanya kemudian dilakukan berdasarkan pada fungsi masing-masing manajemen.

Struktur Organisasi Divisional

Struktur organisasi divisional adalah jenis struktur organisasi yang melakukan pengelompokan berdasarkan pada kesamaan produk, jasa/servis/layanan, pasar, dan letak geografisnya.

Struktur Organisasi Lini

Jenis struktur organisasi ketiga yang akan kita bahas adalah struktur organisasi lini. Dalam struktur organisasi lini, hubungan antara atasan dengan bawahan terjadi secara langsung dan vertikal.

Struktur Organisasi Lini dan Staff

Jenis struktur organisasi ini adalah penggabungan antara beberapa kombinasi dari struktur organisasi lini dengan asas komando, akan tetapi tugas pimpinan dibantu oleh beberapa staff.

Struktur Organisasi Matriks

Struktur organisasi matriks adalah sebuah struktur organisasi yang merupakan penggabungan antara struktur organisasi fungsional dengan struktur organisasi divisional dengan tujuan untuk saling melengkapi dan menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua struktur organisasi tersebut.

Jabatan Pada Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Berikut ini ada beberapa jabatan yang ada pada struktur organisasi adalah :

Direksi

Direksi merupakan orang yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang dalam mengurus perseroan terbatas. Jajaran direksi merupakan bagian yang penting. Posisinya berada di paling atas dari seluruh jabatan.

Manajer

Jabatan manajer adalah jabatan yang bertanggung jawab untuk mengintegrasikan macam-macam variabel dan karakteristik dari pegawainya dalam mencapai tujuan perusahaan.

Divisi atau Departemen

Bagian ini dipimpin oleh kepala divisi (atau disebut juga kepala departemen) yang memiliki tugas untuk memimpin bidang tugas dari departemennya.

Administrasi dan Gudang

Jabatan ini terdiri dari accounting, CMT, dan kasir. Tugasnya adalah mengatur keuangan perusahaan dan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bahkan mengurus hal-hal yang berhubungan dengan outsourcing.

Membangun Kultur Organisasi yang Berpusat pada Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Adalah? Dari Pengertian Hingga Fungsinya!
photo : google

Membangun kultur organisasi yang berpusat pada struktur organisasi dapat dicapai dengan menetapkan standar yang jelas. Standar ini harus mencakup komunikasi yang efektif, layanan pelanggan yang baik, motivasi, dan kerjasama. Untuk mencapai standar ini, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Menetapkan standar kualitas yang jelas. Standar kualitas ini harus mencerminkan nilai-nilai organisasi yang ingin dicapai. Standar ini harus mencakup kecepatan, keandalan, profesionalisme, dan kompetensi.

2. Menetapkan sistem pengendalian yang efektif. Sistem ini harus dibuat untuk memastikan bahwa standar kualitas yang telah ditetapkan terpenuhi. Sistem ini juga harus dapat membantu tim untuk meningkatkan kinerjanya.

3. Melakukan evaluasi berkala. Evaluasi berkala harus dilakukan untuk memastikan bahwa standar kualitas yang telah ditetapkan dicapai dan dipelihara. Evaluasi ini juga harus memastikan bahwa tim dapat terus meningkatkan kinerjanya.

4. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan. Lingkungan yang menyenangkan dapat memotivasi anggota tim untuk bekerja dengan baik. Lingkungan ini juga harus menjamin bahwa anggota tim dapat saling bekerja sama dan mendukung satu sama lain.

5. Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tim. Tim harus diberi kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal ini akan membantu tim untuk mencapai tujuan organisasi.

6. Memberikan insentif kepada anggota tim. Ini bisa berupa bonus atau reward lainnya seperti liburan atau hadiah. Ini akan membantu meningkatkan motivasi dan semangat kerja anggota tim.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, organisasi dapat membangun kultur organisasi yang berpusat pada struktur organisasi. Ini akan memastikan bahwa semua anggota tim bekerja sama, mencapai tujuan organisasi, dan menghasilkan kinerja yang optimal.

Membangun Struktur Organisasi yang Kuat dan Fleksibel

Struktur organisasi adalah
photo : google

Membangun Struktur Organisasi yang Kuat dan Fleksibel merupakan hal yang penting bagi setiap organisasi. Untuk membangun struktur organisasi yang kuat dan fleksibel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Pemahaman Kebutuhan Organisasi: Organisasi harus memahami kebutuhannya dan menyesuaikan strukturnya sesuai dengan kebutuhan tersebut.

2. Menetapkan Tugas dan Tanggung Jawab: Struktur organisasi yang kuat harus memiliki batasan tugas dan tanggung jawab yang jelas. Ini membantu untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang jelas tentang pekerjaannya dan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka.

3. Meningkatkan Kepemimpinan dan Komunikasi: Kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang lebih baik antara anggota organisasi membantu untuk membangun struktur organisasi yang kuat.

4. Pembuatan Sistem dan Proses: Organisasi harus membangun sistem dan proses yang tepat untuk mencapai tujuan mereka. Sistem dan proses ini harus dapat beradaptasi dengan situasi yang berubah.

5. Membentuk Tim: Tim yang efektif membantu meningkatkan produktivitas dan membuat organisasi lebih fleksibel. Tim yang terdiri dari orang-orang yang berbeda dapat membantu untuk meningkatkan inovasi dan mengurangi konflik di dalam organisasi.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, organisasi dapat membangun struktur organisasi yang kuat dan fleksibel. Ini akan membantu organisasi untuk mencapai tujuan dan meningkatkan produktivitas.

Kesimpulan

Struktur organisasi adalah suatu cara untuk mengorganisir dan mengelola sumber daya perusahaan agar dapat mencapai tujuan organisasi. Struktur organisasi adalah suatu cara untuk menentukan jenis hubungan kerja, tanggung jawab, wewenang, dan informasi yang diperlukan untuk memastikan bahwa setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan efisien. Struktur organisasi yang efektif akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan operasional dan strategisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *