Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos

Di Indonesia, ada sebuah bunga yang namanya sungguh unik yaitu bunga Wijaya Kusuma. Yuk kita kenalan lebih jauh dengan bunga ini!

Bunga Wijaya Kusuma

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos
photo : google

Selamat datang di dunia bunga wijaya kusuma! Bunga wijaya kusuma adalah salah satu tanaman yang memiliki bunga yang sangat harum dan mekar hanya dalam waktu yang sangat singkat. Biasanya Anda akan bisa melihat kuncup bunga yang mulai terbuka ketika memasuki sore hari. Bunga ini akan bermekaran dengan indahnya pada waktu malam hari yaitu mulai pada pukul 11 malam dan akan kembali layu setelah memasuki pukul 2 dini hari.

Periode mekar yang sangat singkat inilah yang membuat bunga wijaya kusuma menjadi sangat unik dan disukai oleh para pecinta tanaman. Bisa melihat bunga yang mekar pada malam hari dan memiliki waktu yang sangat singkat adalah salah satu kesempatan yang sangat luar biasa dan tidak umum ditemui oleh bunga yang lainnya.Wijayakusuma (Epiphyllum oxypetalum) merupakan bunga kaktus yang sejatinya berasal dari Meksiko. Sebagai tanaman hias, bunga ini bersifat epifit, yang artinya tumbuh di permukaan tanaman lain.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa epifit berbeda dengan parasit. Mengutip laman Succulent Plant Care, epifit berarti tanaman memperoleh nutrisi dari kelembapan lingkungan di sekitar seperti udara dan air hujan.
Wijayakusuma memiliki kelopak bunga yang berwarna putih, besar, dan begitu cantik saat mekar. Struktur daun wijayakusuma juga tak kalah menarik untuk ditengok. Daunnya memiliki tekstur yang tebal, keras, dan berbentuk zigzag.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos
photo : google

Bunga Wijaya Kusuma (Hibiscus rosa-sinensis) ialah tanaman berbunga yang populer karena keindahannya. Namun, di luar keindahannya, bunga ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat utama bunga ini adalah dapat menurunkan tekanan darah. Menurut penelitian, minum air rebusan bunga Wijaya Kusuma dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi. Selain itu, bunga ini juga dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, bunga Wijaya Kusuma juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Air rebusan dari bunga ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes.

Manfaat bunga bunga ini yang bisa Anda manfaatkan sendiri dengan mudah:

1. Mengobati Bisul

Bisul adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Anda bisa memanfaatkan bunga wijaya kusuma untuk membantu meredakan bisul yang sangat mengganggu tersebut. Caranya yaitu ambillah 10 gram bunga wijaya kusuma lalu giling sampai menjadi halus. Tambahkanlah sedikit air pada gilingan bunga tersebut sampai menjadi seperti bubur. Oleskan campuran tersebut pada bisul secara rutin hingga hilang.

2. Mengatasi Radang Tenggorokan

Apabila Anda memiliki gangguan pada tenggorokan seperti batuk ataupun radang maka Anda bisa mengobati masalah tersebut dengan mengonsumsi ramuan yang terbuat dari bunga wijaya kusuma.

3. Mengobati Nyeri Lambung

Salah satu manfaat dari bunga wijaya kusuma adalah mampu untuk mengobati nyeri lambung. Penyebab utama terjadinya nyeri lambung biasanya dikarenakan oleh mengonsumsi makanan yang mengandung asam ataupun pedas. Bunga ini memiliki rasa yang sejuk layaknya mint dan mempunyai Ph yang netral.

4. Mengobati Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu pernapasan dan membuat penderita asma akan mengalami kesulitan untuk bernapas secara normal. Gunakanlah bunga wijaya kusuma untuk menjadi air minuman infused yang mampu meredakan penyakit asma.

Bunga ini juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan gejala penyakit arthritis. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Selain itu, bunga ini juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati, mengurangi sakit kepala, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Kesimpulannya, Bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, diabetes, dan arthritis. Selain itu, bunga ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati, mengurangi sakit kepala, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma

Mengenal Bunga Wijaya Kusuma, Dari Sejarah Hingga Mitos
photo : google

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma
1. Pilihlah lokasi yang menyediakan cukup sinar matahari langsung. Bunga ini suka sinar matahari langsung setiap hari.
2. Letakkan pot bunga di lokasi yang tidak terkena angin. Angin yang kencang dapat merusak bunga ini.
3. Gunakan tanah yang tinggi kandungan kapur. Tanah biasa dengan kandungan kapur lebih tinggi akan memberikan hasil yang lebih baik.
4. Pastikan untuk menyiram bunga dengan cukup air. Bunga Wijaya Kusuma membutuhkan air yang cukup.
5. Baja bunga ini setiap bulan dengan pupuk yang khusus untuk tanaman berbunga. Pupuk ini akan membantu bunga tumbuh dan berbunga dengan indah.
6. Pemangkasan juga penting untuk menjaga bentuk bunga. Potong semua bagian yang sudah layu atau tua.
7. Jauhkan bunga ini dari hama dan serangga. Gunakan obat hama yang aman untuk tanaman jika diperlukan.

Sejarah Bunga Wijaya Kusuma

Bunga Wijaya Kusuma adalah jenis bunga yang berasal dari India. Ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani bernama William Roxburgh pada tahun 1793. Wijaya Kusuma berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “bunga berlian”. Bunga ini berwarna ungu cerah dengan kombinasi warna merah keunguan dan merah jambu. Ini memiliki aroma yang indah.

Karena warna dan aroma yang indah, bunga ini telah menjadi simbol keindahan dan romantisisme di India selama berabad-abad. Bunga ini juga diyakini sebagai simbol kebijaksanaan dan kepandaian. Dalam budaya India, bunga Wijaya Kusuma sering digunakan sebagai salah satu dari empat bunga yang menjadi bagian dari sebuah upacara pernikahan.

Bunga ini telah menjadi populer di seluruh dunia. Hal ini karena ciri-ciri yang indah dan aroma yang harum. Bunga ini juga menjadi salah satu bunga yang paling banyak dipelihara oleh penghobi bunga di seluruh dunia.

Mitos Mitos Yang Ada Pada Bunga

Bunga wijaya kusuma
photo : google
Tampaknya di Indonesia sendiri hampir seluruh tanaman yang langka dan unik memiliki banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Dilansir dari Kompasiana, bunga wijaya kusuma memiliki mitos bahwa siapa yang berhasil memiliki dan menanam bunga wijaya kusuma maka keluarganya akan mendapatkan keberuntungan.
Mitos terus juga semakin diperkuat bahwa bunga ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan raja-raja dari kerajaan Majapahit di masa lampau. Dalam budaya yang ada, seorang calon raja yang baru haruslah memetik bunga ini yang mekar sebelum naik takhta untuk mendapatkan kejayaan bagi kerajaannya di kemudian hari.
Tidak hanya itu saja, pernah ada seorang tokoh yang bernama Ki Ageng Selo yang pada sekitar tahun 1970 diberikan mandat oleh Presiden Soeharto untuk menanam bunga ini di halaman Istana Negara. Bunga wijaya kusuma tersebut juga diambil langsung dari Pulau Nusakambangan

Kesimpulan

Bunga Wijaya Kusuma adalah bunga yang sangat langka dan berharga di Indonesia, yang dianggap sebagai simbol kemakmuran dan kebijaksanaan. Bunga ini memiliki berbagai warna dan bentuk yang berbeda-beda, dengan aroma yang sangat kuat dan harum. Bunga ini sangat indah dan banyak digunakan sebagai hadiah untuk orang terkasih, sebagai simbol cinta dan kasih sayang. Bunga ini juga merupakan salah satu jenis bunga yang sering dipelihara di rumah dan di taman. Ini merupakan kesimpulan tentang Bunga Wijaya Kusuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *