Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya

Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya

Support system adalah salah satu istilah yang belakangan ini sering sekali digunakan oleh banyak orang. Kira kira apa sih maksud dari support system itu?

Support system adalah?

Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya
photo : google

Support system adalah sistem yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengakses informasi, menyelesaikan tugas, dan meningkatkan produktivitas. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang disediakan dengan menyediakan dukungan teknis, saran, dan informasi yang tepat. Ini juga dirancang untuk meminimalkan waktu untuk menyelesaikan tugas dan meningkatkan aktivitas yang dihasilkan. Support system adalah dukungan yang dapat mencakup sistem pendukung teknis, layanan pelanggan, dan layanan pelatihan. Dengan menggunakan support system, organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan yang disediakan.

Manfaat Support System

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari support system adalah :

1. Memiliki Kesehatan yang Lebih Baik

Dalam Journal of Clinical Psychology, penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat luar biasa jika seseorang memiliki support system. Yakni kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memiliki support system. Kehadiran support system membuat seseorang dapat hidup lebih lama dan lebih sejahtera. Teman dan orang yang Moms sayangi dapat membuat Moms lebih tangguh ketika menghadapi stres, kehilangan, atau ketidakbahagiaan dalam menjalani lika-liku hidup.

2. Membantu Melewati Perasaan Kalut, Mengidentifikasi dan Meredakan Stres

Support system memainkan peran penting ketika Moms merasa terpuruk, stres, menjalani hari yang berat, sedih, marah, dan kecewa. Support system akan membuat Moms melalui perasaan-perasaan kalut itu dengan lebih tegar, sabar, dan legowo karena mereka akan selalu ada untuk menemani dan mendengarkan keluh kesah yang Moms rasakan.

3. Membantu Mengembangkan dan Membina Hubungan Baik dengan Orang Lain

Cukup dengan mengobrol santai di warung kopi dengan teman, bicara singkat dengan rekan kerja, menelepon saudara atau suami dan anak, berkunjung ke tempat ibadah atau jadi volunteer di posko-posko bencana alam merupakan beberapa bentuk dari support system.

4. Membantu seseorang mengatasi stres

Perlu diingat bahwa stres terbukti dapat memicu berbagai dampak negatif pada tubuh. Mulai dari penurunan kekebalan tubuh, sampai peningkatan risiko penyakit jantung yang tidak dapat disepelekan. Nah, adanya dukungan sosial dari orang terdekat juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres. Sebab, dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan suportif dapat membantu seseorang melihat dirinya lebih mampu menghadapi tekanan yang ada di hidupnya.

5. Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Tak hanya memberikan dukungan, mengatasi stres, atau meningkatkan motivasi, adanya support system juga mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang. Sebab, ketika seseorang memiliki teman atau keluarga yang selalu ada untuknya, ada gelombang emosi positif yang terpancar.

Alasan Mengapa Support System Dibutuhkan?

Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya
photo : google

Kenapa sih setiap orang itu membutuhkan support system? Alasan mengapa setiap orang membutuhkan support system adalah sebagai berikut :

  1. Dukungan Sosial

    Seringkali, isolasi dapat memperburuk keadaan mental seseorang. Sungguh menakutkan bagaimana otak Anda melawan diri sendiri, bahkan di saat-saat paling rentan. Dukungan sosial menjadi kunci penting di saat-saat seperti ini. Teman terdekat Anda mungkin akan menjadi perantara bagaimana Anda akan beradaptasi kembali di dunia luar dan berinteraksi lebih baik.

  2. Adanya Bantuan Tanpa Diminta

    Ketika mengalami kondisi mental yang sangat buruk, Anda mungkin merasa tidak ingin meminta bantuan orang lain, bahkan menolak saat ada ajakan berkumpul. Orang-orang yang menghargai keputusan Anda mungkin akan membiarkan Anda memiliki waktu tersendiri.

  3. Membuat Anda merasa nyaman

    Ketika mengalami masalah, hal yang bisa Anda rasakan adalah gelisah dan sesekali susah untuk mendapat ketenangan. Hal pertama alasan harus mempunyai support system untuk kesehatan mental adalah karena keberadaan mereka bisa membuat Anda merasa lebih nyaman. Cukup dengan sedikit berbagi cerita pun bisa membuat Anda jadi lebih tenang.

  4. Meminimalisir rasa stres

    Setiap orang pasti pernah mengalami atau merasakan stres. Apalagi ketika Anda sedang berhadapan dengan suatu masalah yang cukup rumit. Apabila tidak diatasi dengan baik, kemungkinan yang bisa terjadi adalah menurunnya kekebalan tubuh, terjadi penyakit, sampai depresi.

  5. Menjadi pribadi yang tangguh

    Banyaknya hal yang Anda pikirkan akan memengaruhi kesehatan Anda. Namun, ketika Anda dapat melaluinya walaupun dengan perlahan setidaknya tidak ada lagi yang harus dihindari. Dukungan orang terdekat penting bagi Anda agar dapat menghadapi masalah yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini pula yang menjadikan Anda menjadi lebih dewasa, kuat, serta tangguh dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

 

Yang Bisa Menjadi Support System Adalah?

Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya
photo : google

Siapa saja sih yang bisa menjadi support system dalam diri? Berikut adalah beberapa orang yang bisa menjadi support system :

  1. Keluarga

    Support system pertama yang kamu miliki adalah keluargamu di rumah. Dari kecil, keluarga selalu menjadi pemberi semangat dan dukungan, apapun situasi yang kamu hadapi. Ayah, Ibu, Kakak, dan Adik senantiasa menemani kamu melewati setiap momen dalam hidup.

  2. Sahabat dan Teman

    Setelah menginjak usia anak-anak dan sering bermain keluar rumah, kamu mulai mengenal teman-teman dan sahabat. Mulai dari satu dua orang tetangga yang seumuran hingga kamu tidak bisa menghitung berapa jumlah teman yang kamu miliki.

  3. Pasangan

    Bagi sebagian orang, pasangan juga bisa jadi support system yang penting. Mungkin Grameds jadi salah satu diantaranya. Sebab, hubungan yang positif dan saling mendukung memang akan membuat kamu semakin bersemangat menjalani hidup. Dengan pasangan, kamu bisa membagikan keluh kesah, harapan, masalah, dan saling menyemangati. Lalu, bagaimana jika kamu belum menemukan pasangan saat ini?

Jenis Support System Adalah?

Support System Adalah? Kenali Pengertian Hingga Manfaatnya
photo : google

Tahukah kamu bahwa support system mempunyai berbagai jenis yang berbeda beda. Jenis support system adalah sebagai berikut :

  1. Dukungan Emosional

    Dukungan emosional merupakan dukungan yang melibatkan ekspresi rasa empati serta perhatian padamu. Dengan begitu, kamu dapat merasa nyaman, dicintai, dan diperhatikan. Dukungan emosional ini seringkali ditunjukan dengan perilaku.

  2. Dukungan Penghargaan

    Dukungan penghargaan seringkali berhubungan dengan ekspresi kompromi yang berupa pernyataan setuju maupun penilaian positif atas perasaan, performa, dan ide-ide yang kamu tunjukkan.

  3. Dukungan Instrumental

    Dukungan instrumental ditandai dengan bantuan yang langsung diberikan padamu. Contohnya seperti bantuan finansial atau bantuan untuk mengerjakan tugas sekolah maupun pekerjaan.

  4. Dukungan Informasi

    Dukungan informasi ini bentuknya bisa berupa saran, pengarahan, maupun umpan balik terhadap cara kamu memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Cara Menjaga Hubungan Dengan Support System

support system adalah
photo : google

Kamu bisa mengunakan cara berikut ini untuk bisa menjaga hubungan dengan support system adalah :

  1. Komunikasi

    Komunikasi yang dijaga dengan baik akan menjaga hubungan kamu dan orang-orang terdekat tetap langgeng. Bahkan, jika intensitasnya semakin tinggi, kalian dapat memahami satu sama lain. Hasilnya, hubungan dengan support system akan semakin bertambah kuat.

  2. Saling Mendengarkan

    Untuk menjaga agar hubungan dengan support system tetap awet, cobalah untuk saling mendengarkan. Jangan bersikap egois dan hanya ingin didengarkan saja. Apalagi dengan saling mendengarkan, kamu dan teman bisa berdiskusi, bertukar pandangan, dan saling mengoreksi jika ada kesalahan.

  3. Jangan Berkompetisi

    Sebisa mungkin jangan pernah berkompetisi dengan orang-orang terdekatmu. Soalnya, ketika kalian berkompetisi dalam hal apapun itu. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan terjadinya perpecahan cenderung terjadi. Akan lebih baik kalau kalian bekerja sama untuk mendapatkan sesuatu.

Kesimpulan

Support system adalah suatu sistem yang membantu orang dalam menyelesaikan masalah mereka dan meningkatkan produktivitas mereka. Support system adalah sebuah bentuk dapat memberikan bantuan melalui berbagai cara, seperti melalui dokumentasi, aplikasi berbasis web, layanan pelanggan, dan lainnya. Support system memiliki beberapa manfaat, seperti membuat proses penyelesaian masalah lebih mudah, membantu dalam meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi jumlah jam kerja yang dihabiskan untuk menyelesaikan masalah, dan mengurangi biaya untuk menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *