5+ Kiat Tulis Format Lamaran Kerja yang Cepat Diterima!

Format lamaran kerja 5+ Kiat Tulis Format Lamaran Kerja yang Cepat Diterima!

Format lamaran kerja adalah salah satu cara paling efektif untuk melamar pekerjaan. Format ini memberikan kesempatan bagi para pelamar untuk menggambarkan informasi tentang diri mereka dan berbagai kompetensi yang mereka miliki.

Format lamaran kerja membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelamar yang tepat untuk pekerjaan yang dibutuhkan. Format lamaran kerja menyertakan informasi seperti riwayat pekerjaan, pendidikan, keahlian, dan kualifikasi lainnya.

Selain itu, format lamaran kerja juga menyertakan letter of intent dan surat referensi. Format ini membantu perusahaan mengevaluasi pelamar untuk pekerjaan yang tepat. Coba pahami beberapa materi mengenai format lamaran kerja berikut.

Bagaimana Mempersiapkan Format Lamaran Kerja yang Sempurna

Format lamaran kerja
google
  1. Persiapkan CV atau resume yang menggambarkan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, dan keahlian Anda.
  2. Sertakan surat lamaran kerja yang disusun dengan rapi dan jelas. Tuliskan tujuan Anda mencari pekerjaan ini dan bagaimana Anda dapat membantu organisasi.
  3. Sertakan referensi yang relevan yang dapat mengkonfirmasi keahlian dan kompetensi Anda.
  4. Buat daftar pengujian yang Anda lalui, individu yang memberikan pengujian, dan tanggal pengujian.
  5. Jika Anda memiliki portofolio, sertakan contoh pekerjaan terbaik Anda.
  6. Gunakan gaya penulisan resmi, jelas, dan singkat. Hindari kata-kata yang bertele-tele dan berbelit-belit.
  7. Jika memungkinkan, sertakan contoh pekerjaan yang Anda lakukan agar pihak yang menerima lamaran Anda dapat melihat apa yang Anda hasilkan.
  8. Sertakan salinan ijazah atau surat pengakuan lainnya sebagai dokumen pendukung.
  9. Simpan salinan lamaran dan dokumen pendukung lainnya untuk referensi Anda.
  10. Kirimkan lamaran kerja Anda melalui pos atau melalui email menggunakan lampiran file yang tepat dan sesuai.

Cara Menulis Format Lamaran Kerja yang Menarik

Kepada Yth,

Manajemen Perusahaan [Nama Perusahaan],

Dengan hormat,

Saya [Nama], berusia [Usia] tahun, ingin mengajukan lamaran untuk posisi [Nama Posisi] di Perusahaan [Nama Perusahaan].

Berdasarkan informasi yang saya dapat, saya yakin bahwa saya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan posisi ini. Saya memiliki pengalaman kerja yang luas dan telah berhasil menyelesaikan berbagai proyek dalam berbagai bidang. Saya yakin bahwa saya dapat membawa nilai tambah bagi Perusahaan [Nama Perusahaan] dengan kemampuan dan pengalaman saya.

Selain itu, saya suka bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dan efisien dengan budaya baru. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan saya yakin bahwa saya dapat membantu Perusahaan [Nama Perusahaan] dalam mencapai tujuannya.

Saya yakin bahwa saya dapat memenuhi persyaratan posisi ini dan mengembangkan kemampuan saya sebagai bagian dari Perusahaan [Nama Perusahaan]. Saya berharap dapat mengadakan pertemuan untuk membahas lebih lanjut tentang peluang pekerjaan ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatian Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan]
[Nama]

Kiat dan Tips Tulis Format Lamaran Kerja yang Cepat Diterima

Format lamaran kerja
google
  1. Pastikan untuk menggunakan format yang tepat. Setiap perusahaan memiliki standar format yang berbeda. Jika tersedia, ikuti format yang disarankan oleh perusahaan. Jika tidak, pastikan untuk menggunakan format yang profesional dan rapih.
  2. Berikan informasi yang relevan. Perusahaan ingin melihat informasi tertentu dari pelamar. Pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan, seperti pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan informasi kontak Anda.
  3. Jelaskan alasan Anda melamar. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan dan mengapa Anda yakin Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.
  4. Hindari bahasa yang berlebihan. Pastikan untuk menulis dengan bahasa yang sopan dan profesional. Hindari menggunakan bahasa yang berlebihan atau susah diucapkan.
  5. Beri tahu perusahaan tentang kemampuan Anda. Jelaskan bagaimana kemampuan Anda dapat membantu perusahaan mencapai tujuan mereka.
  6. Pastikan untuk memeriksa pekerjaan. Periksa pekerjaan Anda dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang profesional.
  7. Kirimkan lamaran kerja Anda tepat waktu. Perusahaan tidak akan meninjau lamaran Anda jika Anda mengirimkannya terlambat. Pastikan untuk mengirimkan lamaran kerja Anda tepat waktu agar Anda mendapatkan kesempatan untuk diterima.

Rahasia Membuat Format Lamaran Kerja yang Berkesan

  1. Carilah informasi tentang posisi yang Anda lamar. Pastikan Anda mengetahui tentang persyaratan, tugas, dan tujuan dari posisi yang sedang Anda lamar.
  2. Sesuaikan CV dan surat lamaran Anda dengan posisi yang sedang Anda lamar. Pastikan bahwa semua informasi yang Anda sertakan dalam CV dan surat lamaran Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  3. Tuliskan surat lamaran Anda dengan bahasa yang sopan dan jelas. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan posisi yang sedang Anda lamar.
  4. Gunakan kalimat yang menarik dan menarik untuk menyampaikan keyakinan Anda. Pastikan untuk menggunakan kata-kata yang berkualitas dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  5. Sertakan referensi yang Anda miliki. Referensi yang Anda tambahkan akan menunjukkan perekrut bahwa Anda adalah seseorang yang dapat dipercaya dan berpengalaman.
  6. Tambahkan sampel pekerjaan yang Anda miliki sebagai contoh dari pekerjaan yang dapat Anda lakukan. Sampel pekerjaan ini akan membantu perekrut untuk memahami kemampuan Anda secara lebih jelas.
  7. Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berdedikasi dan bersemangat. Pastikan untuk menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda adalah orang yang berdedikasi dan bersemangat untuk bekerja.
  8. Tanyakan tentang proses selanjutnya. Pastikan untuk meminta informasi tentang proses selanjutnya agar Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang proses seleksi.

Kesalahan Fatal dalam Format Lamaran Kerja

Kesalahan fatal dalam format lamaran kerja ini adalah menggunakan gaya penulisan yang informasi dan tingkah laku menulis yang terlalu resmi.

Lamaran kerja harus menggunakan gaya penulisan yang jelas dan menarik serta tingkah laku menulis yang sopan. Hal ini penting untuk menarik perhatian perekrut dan memberi mereka kesan yang baik.

Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja yang Bisa Dipilih

  1. Surat Lamaran Kerja Dengan Curriculum Vitae (CV)
  2. Surat Lamaran Kerja Terstruktur
  3. Surat Lamaran Kerja Tanpa CV
  4. Surat Lamaran Kerja Berbasis Portofolio
  5. Surat Lamaran Kerja Resume Ringkas
  6. Surat Lamaran Kerja Berbasis Video
  7. Surat Lamaran Kerja Berbasis Website Pribadi
  8. Surat Lamaran Kerja Berbasis Foto
  9. Surat Lamaran Kerja Berbasis Blog
  10. Surat Lamaran Kerja Berbasis Presentasi

Menulis Resume atau CV yang Menarik untuk Lamaran Kerja

Format lamaran kerja
google
  • Nama: Aisyah
  • Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.11, Bandung
  • Telepon: +62898989898
  • Email: [email protected]
  • Riwayat Pendidikan

2017 – Sekarang: Sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia
2013 – 2017: SMA Negeri Bandung

  • Pengalaman Kerja

2019 – Sekarang: Staf Administrasi di PT. Sumber Baru
2018 – 2019: Karyawan Administrasi di PT. Jaya Selalu

  • Keahlian

• Memahami dasar-dasar administrasi
• Menggunakan komputer dan program serta aplikasi yang berhubungan dengan administrasi
• Menguasai bahasa Inggris dengan baik (aktif dan pasif)
• Mampu bekerja di bawah tekanan
• Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik

  • Sertifikasi

• Sertifikat Kursus Komputer, Bandung, 2018
• Sertifikat Tes Bahasa Inggris, Bandung, 2017

  • Hobi dan Minat

• Menulis cerpen dan artikel
• Membaca buku
• Berolahraga
• Bermain musik

  • Referensi

Dapat ditambahkan

Cobalah membuat CV melalui aplikasi desain populer yang mudah dan gratis, yakni Free Design Tool: Presentations, Video, Social Media | Canva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *