By | July 16, 2018
segmentasi pasar

Dalam materi strategi pemasaran dalam ilmu Manajemen, istilah segmentasi pasar pasti pernah kita dengar. Istilah segmentasi pasar ini sekaligus menjadi instrumen penting dan sangat perlu untuk dipahami dalam ilmu ekonomi. Terutama sekali adalah pada pemasaran, karena dengannya maka strategi pemasaran akan menjadi lebih sukses. Penjualan serta laba yang diperoleh perusahaan juga akan semakin tinggi. Berikut adalah pengertian, manfaat serta contoh dari segmentasi pasar.

Baca Juga : Pengertian Riset Pasar : Jenis-Jenis dan Contoh Riset Pasar

 

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar ialah pembagian suatu pasar heterogen dalam satuan pembeli yang bersifat homogen, di mana tiap satuan pembeli akan dijadikan sasaran pasar yang dapat dicapai menggunakan strategi tersendiri. Dapat dipahami juga bahwa pasar awalnya sangat luas, kemudian dibagi-bagi atau istilahnya disegmentasikan oleh pemasar menjadi bagian-bagian pasar yang sifatnya lebih homogen. Kaitannya dengan homogenitas pasar, pihak pemasar nantinya akan dapat menentukan sendiri berdasarkan kebutuhannya.

Segmentasi pasar adalah bagian dari strategi perusahaan dan semata-mata tidak dilakukan dengan membedakan produk ataupun menciptakan sebuah produk baru, melainkan dilakukan sesuai perbedaan minat serta kebutuhan konsumen. Segmentasi ini juga menjadi bagian falsafah pemasaran produk yang nantinya akan berargumen pada konsumen atau pembelinya. Segmentasi ini juga penting dilakukan agar pemasaran produk dapat meningkat serta lebih terarah. Sumber daya yang dimiliki perusahaanjuga dapat digunakan secara lebih efektif serta efisien.

Tujuan Segmentasi Pasar

Perusahaan tentu memiliki tujuan tertentu dari dilaksanakannya segmentasi pasar. Berikut adalah beberapa tujuan segmentasi pasar dari sebuah perusahaan.

  1. Pasar akan menjadi lebih mudah untuk dibedakan. Apalagi karena tiap konsumen akan memiliki selera serta jenis produk kesukaan yang berbeda satu sama lain. Satu perusahaan saja tidak akan dapat memenuhi semua keinginan konsumen. Perusahaan akan memilih satu saja kelompok konsumen yang sifatnya homogen. Kelompok konsumen ini akan lebih mudah dalam dipahami serta dipenuhi seleranya.
  2. Perusahaan juga akan memberikan pelayanan terbaik kepada pembelinya. Dalam memenuhi kebutuhannya, konsumen akan menginginkan kualitas produk yang bagus, harga terjangkau dan pelayanan yang baik termasuk ketepatan waktu. Keinginan konsumen harus dipahami perusahaan terutama terkait pelayanan. Pelayanan dapat menjadi daya tarik tersendiri dan akan bisa dimaksimalkan apabila perusahaan telah memahami keinginan konsumen berdasarkan segmen yang hendak ditujunya.
  3. Manfaat segmentasi pasar berikutnya terutama untuk perusahaan adalah strategi pemasaran yang dilakukan akan menjadi lebih terarah. Hal ini terutama karena perusahaan akan melayani konsumen heterogen serta luas. Melalui segmentasi pasar, perusahaan akan lebih terarah dalam melayani konsumen homogen. Strategi pemasaran nantinya akan menjadi lebih terarah. Pihak manajemen dana juga akan lebih terbantu dalam mengarahkan dana ke pasar yang potensial serta dianggap paling menguntungkan. Sasaran yang jelas akan membuat perencanaan produk yang memenuhi permintaan pasar dan disertai cara-cara promosi paling tepat.

pengertian segmentasi pasar

Syarat Pada Penerapan Segmentasi Pasar

Strategi segmentasi pasar yang diterapkan juga harus memenuhi aneka syarat. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar bisa berjalan efektif serta efisien.

  1. Segmentasi pasar haruslah measurable atau dapat diukur, baik dari segi besar maupun luasnya. Contoh segmentasi pasar yang terukur ini adalah konsumen yang membeli produk fashion tertentu karena tertarik dengan model ataupun desainnya.
  2. Actionable atau dapat dilaksanakan, di mana tiap program pemasaran yang disusun haruslah bisa dijalankan serta melayani segmen pasar dengan efektif serta efisien
  3. Accesible atau dapat dicapai. Ini artinya segmentasi pasar yang dibuat perusahaan dapat dijadikan pasar sasaran atau target market.
  4. Substansial atau cukup luas. Segmentasi pasar memang bertujuan untuk membuat pasar yang tadinya luas menjadi sempit. Akan tetapi, hal ini bukan berarti kelompok pasar menjadi sangat sempit. Pasar homogen harustetap cukup luas sehingga perusahaan akan dapat diuntungkan saat kelompok tersebut dilayani oleh perusahaan. Persyaratan ini haruslah membantu perusahaan dalam menilai kelayakan pasar dari produk tertentu untuk bisa disegmentasikan atau tidak.
Artikel TerkaitArtikel Terkait
Pengertian Distribusi, Saluran, Fungsi, Kegiatan dan ContohnyaPengertian Penjualan Beserta Jenis dan Macam Transaksinya
10 Perencanaan Strategi Pemasaran Produk BaruStrategi Promosi Penjualan Produk Beserta Tujuan dan Klasifikasi

Diferensiasi Produk Dalam Segmentasi Pasar

Yang harus dipahami selanjutnya dalam makalah segmentasi pasar ialah diferensiasi produk. Diferensiasi produk ialah salah satu poin penting serta dapat dilakukan melalui berbagai cara. Menurut Philip Kothler, diferensiasi produk terdiri dari beberapa hal berikut.

  1. Produk dapat mencakup fitur, warna, spesifikasi, desain, dan lain-lain.
  2. Servis mencakup kecepatan, empati, kemudahan, layanan pesan antar dan lain sebagainya.
  3. Saluran distribusi mencakup keluasan distribusi, bentuk saluran distribusi, kemampuan penjual dan lain-lain
  4. Sumber daya manusia mencakup skill, budaya kerja dan lain-lain
  5. Citra perusahaan mencakup logo, merk, asosiasi karakter dan lain-lain

Selain menurut Philip Kothler, Rosabeth Moss Kanter juga memiliki pendapatnya terkait usaha diferensiasi produk. Langkah diferensiasi produk menurut Rosabeth Moss Kanter dilakukan dengan tiga aset utama perusahaan, yaitu konsep, kompetensi serta koneksi.

  1. Konsep ialah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan ide serta inovasi melalui upaya inovasi berkelanjutan.
  2. Kompetensi ialah kemampuan melakukan proses pemberiannilai kepada pelanggan dengan cara menghasilkan standar kompetensi tertentu yang kian meningkat.
  3. Koneksi ialah kemampuan perusahaan dalam menjalin kerjasama dengan asosiasi atau rekanan.

 

Dasar-Dasar Segmentasi Pasar

Dasar dasar segmentasi pasar juga harus kita pahami. Hal ini bertujuan agar segmentasi pasar yang dilakukan dapat semakin maksimal serta tentunya berhasil guna. Terdapat tiga dasar dalam melakukan segmentasi pasar, yaitu demografis, geografis dan psikografis.

  1. Dasar pengelompokan pasar sesuai demografisnya ialah yang berkaitan dengan kependudukan. Demografis terutama menjadi dasar segmentasi karena data kependudukan akan dapat dengan mudah diukur serta kebutuhan konsumen akan berhubungan dengan variabel kependudukan. Termasuk dalam data demografis ini adalah usia, jenis kelamin, agama, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, tipe keluarga dan lain-lain.
  2. Kedua adalah geografis. Segmentasi berdasarkan geografis berarti pengelompokan dilakukan berdasarkan aspek tempat tinggal, daerah serta lokasi. Segmentasi akan dapat dikembangkan menjadi beragam bagian seperti daerah kepadatan penduduk, wilayah serta iklim.
  3. Dasar segmentasi pasar yang terakhir ialah psikografis. Pengelompokan pasar akan dilakukan dengan didasarkan pada ciri-ciri kepribadian. Termasuk di antaranya adalah kelas sosial serta gaya hidup.

Contoh Kasus Dalam Penerapan Segmentasi Pasar

Contoh kasus segmentasi pasar ini sangat beragam di sekitar kita. Sebagai contoh adalah produk ponsel. Vendor ponsel tentu mengeluarkan aneka varian dan tipe yang beraneka macam. Pasar ponsel juga sangat luas. Untuk itu, vendor melakukan segmentasi di mana ponsel low end dengan harga terjangkau serta fitur yang terbatas ditujukan untuk kelas menengah ke bawah atau mereka yang baru pertama kali memiliki ponsel. Sementara ponsel jenis flagship dengan fitur lengkap serta harga yang cukup tinggi akan ditujukan khusus untuk mereka yang berada di kelas menengah ke atas.

Dalam hal ini, perusahaan ponsel membagi pasar konsumen ponsel yang heterogen menjadi pasar homogen. Promosi yang dilakukan tentu berbeda tergantung dari produk serta konsumen yang hendak dituju. Demikian uraian tentang apa itu segmentasi pasar, manfaatnya, dasar-dasarnya hingga contoh kasusnya. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Incoming search terms:

  • contoh segmentasi pasar
  • segmentasi pasar
  • segmentasi pasar dan contohnya
  • segmen pasar
  • contoh segmentasi substansial
  • contoh segmentasi pemasaran produk hetrogwn dan homogen
  • segmentasu pasar
  • comtohbsegmen pasar
  • bagaimana cara segmentasi pasar konsumen dan contoh riil
  • apa itu segmentasi pasar?

2 Replies to “Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Manfaat dan Contohnya”

  1. Pingback: Pengertian Periklanan dan Fungsi Periklanan Dalam Manajemen

  2. Pingback: Mengupas Secara Lengkap Mengenai Perilaku Konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *