By | September 3, 2018

Pemahaman Pengertian Penjualan di Masyarakat

Penjualan merupakan bagian dari manajemen pemasaran. Pengertian penjualan seringkali diartikan sebagai kegiatan menawarkan produk baik barang dan jasa kepada konsumen yang menghasilkan laba. Langkah seperti memilih tempat penjualan ataupun melakukan penjualan online dianggap sebagai usaha dalam menghasilkan sumber kehidupan bagi perusahaan atau pelaku usaha.

Secara umum pengertian penjualan dipahami sebagai tujuan perusahaan nirlaba dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk. Namun pertanyaannya apa itu pengertian penjualan yang sebenarnya ? bagaimana mengetahui perbedaan penjualan dan pemasaran ?

.

Baca Juga : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

 

Apa yang di maksud dengan pengertian penjualan ?

Kadang kadang orang mempunyai salah presepsi tentang pengertian penjualan yang di anggap sama dengan istilah pemasaran. Misalnya seorang wiraniaga atau manajer penjualan membicarakan pemasaran, tetapi sebenarnya masalah yang di bicarakan adalah penjualan. Kedua istilah tersebut mempunyai ruang lingkup yang berbeda. Pengertian pemasaran meliputi kegiatan yang luas, sedangkan pengertian penjualan hanyalah meruapakan suatu kegiatan saja di dalam pemasaran. Di bawah ini akan di jelaskan perbedaan pemasaran dan penjualan dengan membandingkan pengertian pemasaran dan penjelasan detail tentang pengertian penjualan.

 pengertian penjualan menurut para ahli

Sekilas Tentang Pemasaran

Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi.

Dari definisi tersebut kita dapat melihat bahwa proses pemasaran di mulai dari jauh sejak sebelum barang barang di prokduksi, tidak di mulai pada saat produksi selesai, juga tidak berakhir dengan penjualan.

Semua keputusan yang di ambil di bidang pemasaran harus menitikberatkan pada penentuan produk dan pemasarannya, harga, serta promosinya. Yang tepenting, pengusaha harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usaha berjalan terus, dengan membuat konsumen mempunyai pandangan yang baik atas barang dan jasa baik sebelum atau sesudak dilakukan penjualan.

Hal-hal tersebutlah yang nantinya menjadi dasar perbedaan antara pengertian pemasaran dan pengertian penjualan.

 

Baca Juga : 10 Perencanaan Strategi Pemasaran Produk Baru

 

 

Pengertian Penjualan

Pembahasan mengenai Pengertian Penjualan akan dibagi menjadi dua penjabaran yaitu pengertian penjualan secara umum dan pengertian penjualan menurut para ahli. Penjelasan mengenai pengertian penjualan akan berbeda-beda baik secara umum maupun menurut para ahli namun pada intinya memiliki makna yang sama. Oleh karena itu artikel ini mencoba menyajikan pengertian penjualan dari berbagai sumber untuk dapat dipahami dengan membandingkan pengertian penjualan yang satu dengan yang lainnya.

  1. Secara Umum

Definisi ataupun pengertian penjualan adalah aktivitas terpadu dalam pengembangan berbagai perencanaan strategis yang ditujukan pada upaya pemenuhan kebutuhan dan kepuasan konsumen yang berakhir pada transaksi penjualan dengan memperoleh laba.

Penjelasan lain tentang pengertian penjualan adalah aktivitas transaksi jual beli yang dilaksanakan oleh dua pihak atau lebih menggunakan alat pembayaran yang sah.

Pengertian penjualan memiliki arti sebagai upaya maupun tindakan kongkrit yang dijalankan dalam mendistribusikan suatu produk baik barang maupun jasa yang berasal dari produsen ke konsumen dengan atau tanpa melalui perantara.

 

  1. Menurut Para Ahli

Para ahli juga mengemukakan tentang pengertian penjualan. Berikut pemaparannya :

  • Kotler : Pengertian penjualan adalah proses ketika kebutuhan konsumen/pembeli dan keinginan penjual/produsen terpenuhi melalui tukar menukar informasi dan kepentingan.
  • Reeve, Warren, dan Duchac : Penjualan adalah nilai keseluruhan yang ditanggung oleh pembeli/konsumen untuk barang yang dijual meliputi penjualan tunai maupun kredit.
  • Zimmerer : Menurut zimmerer penjualan adalah sumber pokok dari arus kas yang diperoleh perusahaan.
  • Jill Griffin : Griffin mengartikan penjualan sebagai suatu awalan dalam menjalin hubungan dengan customer.
  • Robert Ashton : Ashton mengatakan bahwa pengertian penjualan adalah proses ketika suatu pihak membantu pihak lainnya adalam menetapkan keputusan pembelian.

 

Tujuan Penjualan

Setelah memahami pengertian penjualan tentunya dapat mengetahui tentang tujuan penjualan. Tujuan penjualan pada intinya adalah memperoleh laba atau keuntungan sebesar-besarnya dari transaksi penjualan akan produk yang dihasilkan.

Dalam mewujudkan tujuan penjualan ini tidak lupa harus memperhatikan kinerja para penyalur produk seperti distributor, agen dan lembaga pemasaran lainnya. Peningkatan performa kerja dari lembaga pemasaran tersebut dalam hal menjaga kualitas barang atau jasa sangat menentukan penjualan akhir.

 pengertian penjualan adalah

Jenis-Jenis Penjualan

Upaya meraih tujuan penjualan harus dilakukan dengan melakukan teknik penjualan yang jitu. Adapun terdapat jenis-jenis penjualan yang ada dan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi usaha. Berikut jenis-jenis penjualan :

  1. Trade Selling adalah jenis kegiatan penjualan yang dilaksanakan oleh trader atau pedagang kepada pembeli grosirnya atau pedagang lain yang akan menjual kembali produk tersebut.
  2. Technical Selling. Jenis penjualan ini mencoba untuk melakukan pendekatan persuasif kepada konsumennya. Pedagang berusaha memberikan penjelasan/tips-tips kepada pelanggan/konsumen terkait dengan produk yang dijualnya. Pedagang memiliki pekerjaan dalam menganalisa kendala-kendala yang dihadapi konsumen kemudian menjelaskan tentang produk yang dijual akan mampu menjadi problem solver dari kendala tersebut.
  3. Missionary Selling. Usaha penjualan yang dilakukan si penjual untuk meningkatkan volume penjualannya. Pengertian volume penjualan adalah jumlah produk yang berhasil dijual oleh pedagang kepada pembeli. Cara meningkatkan volume penjualan pada missionary selling adalah dengan pedagang mempunyai saluran pemasaran tersendiri yang akan mendistribusikan produk miliknya kepada konsumen.
  4. New Business. Aktivitas dalam menciptakan berbagai transaksi baru melalui merubah calon konsumen menjadi pelanggan setia.

 

Baca Juga : Strategi Promosi Penjualan Produk Beserta Tujuan dan Klasifikasi

 

Macam-Macam Transaksi Penjualan

Selain terdapat jenis-jenis penjualan yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha ataupun perusahaan, terdapat berbagai macam transaksi penjualan yang harus dipahami. Transaksi penjualan ini banyak ditemui di berbagai jenis penjualan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada termasuk penyesuaian produk yang dijual.

Adapun macam-macam transaksi penjualan adalah sebagai berikut :

  1. Penjualan Tunai. Transaski penjualan ini memiliki sifat cash dan carry. Secara umum transaski penjualan ini dilakukan secara kontan ataupun memilki jangka tertentu yang dianggap kontan (umumnya satu bulan). Suatu usaha dapat melakukan transaksi penjualan tunai kemudian menginputnya pada catatan kas ataupun rekening.
  2. Kredit. Penjualan dengan cara kredit merupakan transaksi penjualan yang pembayarannya memiliki tenggang waktu yang biasanya dilakukan lebih dari satu bulan. Suatu usaha menerapkan transaksi penjualan kredit dengan mencatatnya pada piutang usaha pada sisi debet dan nilai produk yang dijual pada sisi kredit.
  3. Tender. Penjualan dengan tender adalah penjualan yang dilakukan dengan berbagai prosedur dan aturan tender. Pedagang/pengusaha/perusahaan mengajukan spesifikasi produk dan harga jualnya untuk diikutkan pada tender kemudian calon konsumen akan memilih dari berbagai produk yang ditenderkan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  4. Ekspor. Aktivitas penjualan suatu produk dari dalam negeri ke luar negeri. Transaksi penjualan ini didorong dengan adanya permintaan dari pembeli di luar negeri yang mengimpor produk yang dibutuhkan.
  5. Kongsinasi. Kegiatan penjualan yang dilaksanakan dengan memberikan hak jual kepada pembeli yang sekaligus sebagai penjual. Sebagai contoh penjual A menjual produk kepada pembeli sekaligus penjual B namun produk tersebut dibayar ketika penjual B mampu menjual kembali barang tersebut dengan sebutan bagi hasil/bonus penjualan. Penjual B disini dapat disebut sebagai makelar.
  6. Grosir. Produk yang dijual tidak dilakukan secara langsung dari penjual ke pembeli namun melalui lembaga pemasaran seperti pedagang grosir atau eceran. Pedagang grosir biasanya memiliki modal lebih banyak dibanding konsumen akhir sehingga dapat melakukan penjualan dengan volume produk yang lebih banyak untuk dijual kembali.

 

Artikel TerkaitArtikel terkait
Pengertian Distribusi, Saluran, Fungsi, Kegiatan dan ContohnyaAspek Pemasaran dalam Pengelolaan Usaha
10 Manfaat Manajemen Logistik Beserta Tujuan, Fungsi, dan Manfaat3 Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Perusahaan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan mengenai pengertian penjualan beserta tujuan, jenis penjualan dan macam-macam transaksi penjualan maka dapat dipahami perbedaan pemasaran dan penjualan.

Kegiatan pemasaran lebih kompleks daripada pengertian penjualan yang telah dijelaskan. Pemasaran meliputi kegiatan sebelum barang dan jasa diproduksi dan tidak berhenti pada proses penjualan.

Sedangkan berdasarkan pengertian penjualan, maka penjualan lebih menitikberatkan pada transaksi pemindahan suatu produk dari penjual ke pembeli dengan tujuan memperoleh laba sebesar-besarnya.

Setelah memahami pengertian penjualan dan sebagainya alangkah baiknya seorang pengusaha ataupun perusahaan mulai merumuskan strategi penjualan yang ada dengan memilih jenis dan macam transaksi yang akan digunakan. Selain itu pencatatan terkait data penjualan harus direkap dengan baik untuk dikembangkan menjadi strategi pemasaran pasca penjualan. Lebih lanjut pajak penjualan juga wajib diperhitungkan sebagai pertimbangan kebijakan penjualan berikutnya.

Semoga artikel ini bermanfaat sebagai refrensi pada artikel ataupun jurnal penjualan^^

 

Incoming search terms:

  • salah satu jenis cara penjualan
  • salah satu jenis penjualan
  • macam macam penjualan
  • jenis cara penjualan
  • transaksi penjualan adalah
  • transaksi penjualan
  • jenis jenis penjualan
  • pengertian penjualan
  • macam macam sistem penjualan
  • macam macam transaksi penjualan

2 Replies to “Pengertian Penjualan Beserta Jenis dan Macam Transaksinya”

  1. Pingback: Pengertian Riset Pasar : Jenis-Jenis dan Contoh Riset Pasar

  2. Pingback: Pengertian Periklanan dan Fungsi Periklanan Dalam Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *