By | September 6, 2018

Peran Penting Deviden

Deviden Adalah – Bagi investor yang ingin menanamkan sahamnya pada perusahaan tertentu pasti memikirkan mengenai deviden. Apa itu deviden ? deviden adalah salah satu bagian dari kebijakan khususnya pada Manajemen keuangan suatu perusahaan yang berkaitan dengan pemegang saham. Anggapan mengenai deviden dapat dikatakan sebagai sumber modal peruahaan.

deviden adalahDeviden menjadi salah satu hal penting bagi investor/pemegang saham karena saat melakukan investasi dana ke instrumen saham perusahaan pasti akan mengharapkan return yang setinggi-tingginya. Hal inilah yang disebut deviden.

Return dari saham dapat diperoleh selain dari deviden yaitu berasal dari capital gain. Biasanya investor lebih menyukai deviden disebabkan dianggap memiliki kepastian yang lebih baik daripada capital gain. Sedangkan apabila dihubungkan dengan pajak maka investor akan condong ke capital gain. Hal tesebut dikarenakan pajak deviden atau pph deviden lebih tinggi.

Deviden memiliki peranan yang sangat penting sehingga banyak perusahaan yang tidak mau memotong besaran deviden yang akan dishare. Langkah ini dilatarbelakangi karena adanya signaling effect. Bagi perusahaan yang memangkas besaran deviden akan memberikan pertanda buruk bagi pemegang saham. Perusahaan dapat dicap sedang mengalami kondisi yang kurang baik sehingga market demand pada perusahaan akan turun dan ini yang akan menjadi penyebab investor enggan menanamkan sahamnya ke perusahaan.

Sebaliknya apabila perusahaan meningkatkan jumlah pembagian deviden maka akan memberikan kesan baik bagi para investor yang akan menanamkan sahamnya di perusahaan. Investor menganggap dengan peningkatan jumlah deviden berarti performa perusahaan sedang baik dan deviden memiliki kemungkinan akan semakin meningkat.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian deviden, jenis deviden, dan cara menghitungnya. Diharapkan dengan penjelasan yang akan dipaparkan akan memberi pemahaman mengenai deviden secara terperinci dan dapat menjawab contoh soal deviden yang diberikan di proses pembelajaran.

 

Baca Juga : Pengertian Biaya Peluang dan Cara Menghitungnya

 

Pengertian Deviden

  1. Secara Umum

Terdapat beberapa Pengertian Deviden yang dikemukakan para ahli maupun secara umum.

Stice et al (2004), deviden adalah pembagian yang berasal dari perusahaan dengan proporsional yang diberikan kepada pemilik saham dengan jumlah saham yang dimiliki tiap-tiap investor.

Skousen et al (2001) mengemukakan deviden adalah proses distribusi laba perusahaan secara proporsional kepada pemilik saham yang disesuaikan dengan kepemilikan jumlah saham.

Pengertian lain secara umum mengenai deviden adalah keuntungan perusahaan yang ditentukan oleh direksi yang kemudian dibagikan pada pemilik saham dimana pembayaran deviden ditentukan sesuai dengan jenis saham yang dimiliki.

 

  1. Definisi Khusus

 Selain memiliki pengertian secara umum, deviden memiliki banyak definsisi secara khusus. Berikut beberapa pengertian deviden yang harus diketahui :

  • Deviden adalah hasil bagi pendapatan perusahaan secara langsung ataupun tidak dengan bentuk dan nama apapun.
  • Pengertian deviden adalah payback yang disebabkan jumlah likuidasi lebih besar dibanding jumlah modal yang ditanamkan.
  • Definisi deviden adalah pembagian kelebihan atas saham (bonus) yang dijalankan tanpa melalui setoran. Contoh saham bonus yaitu dari kapitalisasi agio saham.
  • Arti deviden adalah pembagian pendapatan dengan bentuk saham.
  • Proses pencatatan adanya peningkatan modal yang dilakukan tanpa adanya penanaman modal tambahan.
  • Adanya jumlah saham yang lebih besar dibanding jumlah penanaman sahamnya yang kemudian dimiliki pemilik saham disebabkan pembelian kembali akan saham tersebut.
  • Payback yang dilakukan perusahaan kepada investor dari modal yang ditanamkan apabila terdapat keuntungan perusahaan. Tidak termasuk deviden bila payback dapat terjadi bila dilakukan pengurangan modal utama yang diberlakukan secara sah.
  • Pembayaran dari perusahaan yang berkaitan dengan tanda-tanda pendapatan yang diperoleh. Selain itu deviden juga termasuk yang diperoleh dari penebusan tanda pendapatan tersebut.
  • Bagian keuntungan yang berkaitan dengan kepemilikan obligasi.
  • Bagian keuntungan yang diperoleh pemegang polis.
  • Profit Sharing atau SHU yang diterima setiap anggota (bila berbentuk koperasi)
  • Pengeluaran perusahaan yang dipergunakan untuk pemilik saham dan dibebankan menjadi biaya perusahaan.

 

Baca Juga : Penjelasan Hutang Jangka Panjang : Pengertian, Contoh, dan Jenis

 

Jenis Jenis Deviden

Pembagian deviden kepada pemilik saham akan disesuaikan berdasarkan jenis deviden yang dimiliki. Oleh karena itu perlu diketahui bahwa deviden memiliki berbagai jenis. Jenis jenis deviden (Siswi N, 2007) diantaranya :

  1. Deviden Kas. Secara umum deviden diberika oleh perusahaan dalam bentuk kas. Hal yang harus dicermati bagi pimpinan perusahaan terkait deviden kas adalah mengenai jumlah ketersediaan kas perusahaan apabila akan ada pembagian deviden kas.
  2. Deviden Aktiva Selain Kas (Property Devidend). Selain deviden kas, deviden aktiva yang dapat dishare kepada pemilik saham dapat berbentuk surat berharga perusahaan lain namun dipegang perusahaan, produk dagang dan berbagai macam aktiva lainnya.
  3. Deviden Hutang. Deviden ini terjadi karena keuntungan tidak dibagi secara kas. Hal ini disebabkan saldo kas perusahaan tidak mencukupi apabila digunakan untuk pembagian deviden kas. Perusahaan akan memberikan scrip Devidend atau perjanjian hitam di atas putih mengenai perjanjian untuk memberikan jumlah deviden tertentu pada waktu mendatang.
  4. Deviden Likuidasi. Pembagian deviden dimana sebagiannya adalah pengembalian modal saham. Pembagian deviden likuidasi kepada pemilik saham harus disertai informasi tentang jumlah pembagian keuntungan dan jumlah pengembalian modalnya sehingga pemilik saham dapat mengetahui perhitungan investasinya secara pasti.
  5. Deviden Saham. Deviden saham merupakan pembagian saham tambahan meskipun tidak melakukan penambahan modal. Pembagian deviden saham memiliki nilai yang sama dengan saham yang dimiliki sebelumnya meski jenis sahamnya bisa sama ataupun berbeda.

pengertian deviden adalah

 

Cara Menghitung Deviden

Perhitungan deviden sangat tergantung dengan performa perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Paling tidak dalam mengitung deviden terdapat data yang harus diketahui terlebih dahulu yaitu :

  1. Laba Bersih/Saham (EPS)
  2. DPR atau Devidend Payout Ratio
  3. Jumlah/Besaran saham yang beredar (apabila perusahaan belum go public)

Apabila data-data tersebut telah diperoleh maka dapat dihitung berapa jumlah deviden yang harus dibagi. Berikut contoh dalam perhitungan jumlah deviden :

Perusahaan XYZ mempunyai 10.000.000 lembar saham. Perusahaan ini berhasil menghasilkan laba bersih sebesar Rp 1.600.000.000,-. Kebijakan pembagian deviden atau Devidend  Payout Ratio adalah 40% dari laba bersih yang dihasilkan perusahaan. Melalui data tersebut maka cara menghitung deviden pada perusahaan XYZ adalah :

  1. Deviden                        = Laba bersih x Devidend  Payout Ratio

                                                 = Rp 1.600.000.000 x 40%

                                                 = Rp 640.000.000

  1. Deviden/saham beredar = Rp 640.000.000/10.000.000 lembar saham

                                                        = Rp 64 per lembar saham

 

 

Baca Juga : Pengertian Manajemen Kas dan Penjelasannya Lengkap

 

Kesimpulan

Berdasarkan pengertian deviden secara umum maupun khusus pada intinya deviden memiliki makna yang sama. Dapat disimpulkan bahwa definisi deviden adalah pembagian laba kepada pemiliki saham suatu perusahaan yang disesuaikan dengan jumlah lembar saham yang dimiliki.

Pembagian deviden pada umumnya dibagikan pada waktu yang ditetapkan meski dalam kondisi tertentu deviden dapat dibagi sewaktu-waktu. Deviden dapat dierikan kepada pemilik saham jika perusahaan memperoleh laba untuk dibagikan sebagai deviden. Penentu besaran deviden adalah dewan direksi dan disahkan oleh RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Meski deviden adalah hak bagi pemilik saham, penentuan pembagian deviden melalui banyak pertimbangan begitu pula apakah laba layak dibagi menjadi deviden atau lebih tepat untuk biaya operasional perusahaan kembali. Jumlah deviden yang dibagi akan sama bagi pemiliksaham biasa namun pembagian deviden akan lebih mengutamakan pemilik saham preferen.

 

Incoming search terms:

  • deviden
  • deviden adalah
  • menghitung besarnya dividen yang diterima oleh para pemegang saham
  • pengertian deviden
  • apa itu deviden
  • Utang Deviden
  • hutang deviden adalah
  • definisi deviden
  • contoh soal dividen saham
  • contoh perhitungan kebijakan deviden

6 Replies to “Pengertian Deviden, Jenis, dan Cara Menghitung”

  1. Pingback: Pengertian Audit Internal : Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup

  2. Pingback: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

  3. Pingback: Perbedaan Saham dan Obligasi Beserta Contoh Lengkap

  4. Pingback: Langkah Mudah Memulai Perencanaan Keuangan Pribadi

  5. Pingback: Pengertian Akuntansi dan Jenis-Jenis Akuntansi Terlengkap

  6. pokerkiu

    If you are going for finest contents like I do, simply go to
    see this web page every day for the reason that it provides feature contents,
    thanks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *