Peluang Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman Beserta Daftar Usaha Terlaris

9 min read

waralaba

Bisnis waralaba atau disebut juga dengan bisnis franchise banyak dilirik oleh calon wirausahawan. Hal ini tidak lain karena kemudahan yang didapatkan dalam melakukan bisnis ini. Dengan menjalin mitra dengan usaha waralaba, Anda akan mendapatkan paket usaha yang disediakan. Adapun terkait penyediaan produk, konsep, dan manajemen serta strategi pemasaran sudah dilakukan oleh pemilik usaha franchise sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkannya. Oleh karena itu, jenis usaha ini sering dijadikan sebagai batu locatan bagi para calon wirausahawan untk belajar berwirausaha.

Jenis usaha yang dapat dibuka sangat beragam mulai dari waralaba modal kecil hingga waralaba dengan modal besar. Jenis usaha yang bisa dicoba untuk usaha franchise antara lain usaha retail, jasa, manufaktur, distribusi, usaha restaurant, cafe, bar, kemudian usaha makanan dan minuman kecil-kecilan yang menggunakan stand. Peluang waralaba yang paling besar dan banyak diminati yaitu waralaba makanan dan minuman. Keuntungan cepat didapat karena makanan dan minuman adalah barang yang cepat habis. Selain itu banyak waralaba makanan dan minuman yang tergolong waralaba murah dibawah 2 juta. Oleh karena itu banyak yang tertarik dikarenakan modal yang dibutuhkan kecil.

Pada kesempatan kali ini Jurnal Manajemen akan mencoba untuk mengupas tuntas pembahasan mengenai waralaba mulai dari jenisnya, keberhasilan, referensi dan juga langkah-langkah jika ingin memulai bisnis ini. Berikut ulasannya :

Jenis Bisnis Waralaba Makanan

Waralaba makanan adalah salah satu bisnis franchise dengan prospek yang bagus. Selain target pasar yang luas (semua orang butuh makanan), franchise makanan cenderung cepat balik modal. Berikut ini daftar usaha waralaba pada kategori makanan:

  • Restaurant

Bisnis restaurant sebagai bisnis franchise dapat Anda pilih karena dapat mendatangkan omset yang besar. Bisnis waralaba restaurant yang dibuka pada umumnya yaitu restaurant makanan cepat saji seperti pizza, burger, mie.

  • Franchise Distribusi Makanan

Jenis usaha waralaba ini juga membutuhkan modal yang terbilang kecil. Bisnis distribusi makanan yang banyak diminati contohnya yaitu distribusi makanan beku seperti nugget, bakso, bahan ikan, bahan cumi, dan makanan beku lainnya. Bisnis makanan beku ini pada umumnya membutuhkan modal dibawah 1 juta. Sistem kemitraannya yaitu dengan menjadi dropshipper.

  • Stand Makanan

Waralaba stand makanan tergolong waralaba makanan modal kecil yang cukup mudah untuk dibuka. Anda tidak membutuhkan bangunan atau toko yang besar. Cukup dengan menyewa tempat kecil Anda sudah bisa membuka stand makanan. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, dengan modal tersebut Anda mendapatkan paket waralaba berupa gerobak/stand produk serta peralatan penunjang.

 

Penting Dibaca : Contoh Proposal Usaha & Cara Menyusunnya

 

Jenis Bisnis Waralaba Minuman

Selain makanan, waralaba minuman juga banyak diminati. Hal ini tentu dikarenakan oleh perputaran uang yang cepat. Simak contoh usaha waralaba berikut ini:

  • Cafe

Layaknya restaurant, cafe juga menjadi salah satu usaha franchise dengan peruntungan besar. Pasalnya cafe bukan hanya dijadikan sebagai tempat minum kopi saja. Cafe sering dijadikan orang-orang untuk tempat berkumpul serta mengadakan acara. Selain minuman sekarang banyak juga cafe yang menyediakan menu makanan lengkap dengan free WIFI. Maka tak heran bila cafe ramai pengunjung terutama dari kalangan anak muda.

  • Bar

Selain cafe dan resto, ternyata ada juga usaha waralaba bar. Bar merupakan tempat yang menyediakan minuman seperti cocktail, serta berbagai jenis minuman beralkohol. Di Bar biasanya menyediakan snack kecil serta hiburan seperti musik ataupun dance. Bar sering dijadikan sebagai tempat hiburan dan untuk melepas penat. Oleh karena itu, bisnis waralaba bar juga dapat mendatangkan peruntungan yang besar.

  • Stand Minuman

Banyak franchise stand minuman yang masuk ke dalam kategori waralaba modal 1 juta. Contohnya yaitu stand minuman seperti es cokelat, es serut, es teh, dan es buah. Jenis usaha ini cocok untuk Anda yang menginginkan usaha waralaba murah. Usaha franchise minuman dengan modal murah biasanya hanya menyediakan produk serta spanduk. Jadi sebelum memutuskan bergabung tanyakan terlebih dahulu mengenai paket yang didapat untuk memudahkan Anda dalam membuka usaha tersebut.

5 Waralaba Asli Indonesia yang MenDunia

  1. Kebab Turki Baba Rafi

waralaba kebab turki baba rafi
waralaba kebab turki baba rafi

Berawal dari UKM kini bisnis Kebab Turki Baba Rafi milik Hendy Setiono mampu menembus pasar global. Mengadopsi konsep makanan khas timur tengah yaitu “kebab”, Hendy mencoba untuk mengkreasikan dan mengembangkannya sesuai dengan ide dan gagasannya.

Pada tahun 2003 bersama dengan istrinya Hendy memulai usaha ini dengan bermodalkan gerobak yang masih sangat sederhana. Kemudian pada tahun 2005, usaha Kebab Turki Baba Rafi ini mulai mengembangkan usahanya melalui sistem waralaba atau franchise. Potensi dan hasil yang menjanjikan dari usaha ini membuat banyak investor ikut terjun dalam bisnis ini sehingga pada tahun 2007, Kebab Turki Baba Rafi berkembang melebihi espektasi hingga tersebar kurang lebih 336 outlet di hampir seluruh Indonesia.

Seiring dengan perkembangan yang sangat pesat maka pada tahun 2008 diputuskan untuk memindah kantor utamanya ke Jakarta. Melalui keputusan ini tentu saja perkembangan usaha menjadi lebih maju dan berkembang lebih pesat. Terbukti pada keberjalanan usahanya, tidak lama setelah perpindahan kantor utama Kebab Turki Baba Rafi sudah memutuskan untuk GO International dengan membuka cabang di berbagai negara.

Kini kita dapat melihat cabang usaha ini di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Cina, Srilanka, Singapura, Brunei Darussalam, dan Belanda. Bahkan hingga saat ini Kebab Turki Baba Rafi memiliki 1300 cabang di seluruh Indonesia dan 9 cabang di berbagai belahan dunia.

  1. J.Co

waralaba Jco
waralaba Jco

Siapa sangka waralaba makanan dan minuman yang satu ini adalah milik pengusaha dari Indonesia. Banyak yang mengira J.Co adalah waralaba milik pengusaha asing. Padahal usaha ini dirintis oleh Johni Andrean, seorang pengusaha yang telah sukses di bisnis kecantikan (salon).

J.Co merupakan usaha yang bergerak di bidang food and beverage. Banyak menu yang ditawarkan seperti donuts, kopi, yoghurt, dan beraneka ragam makanan lainnya. Pemilihan menu tersebut hingga kini menjadi usaha makanan dan minuman raksasa paling tidak ada beberapa tahap yang telah dilakukan. Johni selaku owner melakukan rangkaian tahapan yaitu riset dan survey pasar terkait segala hal tentang donut apa yang disukai oleh masyarakat. Seteah menemukan hasil dan formulanya barulah Johni Andrean memberanikan diri untuk membuka usaha dengan brand J.Co. Oleh karena itu Donut merupakan roduk pertama dan utama dari J.Co yang banyak menarik perhatian pelanggan hingga saat ini.

Pada waktu yang hampir bersamaan setelah melakukan tahapan riset apda produk Donut, langkah serupa juga diterapkan pada produk lainnya seperti Yoghurt dan Kopi. Riset dan Survey pasar yang matang pada ketiga produk tersebut memantapkan langkah Johni untuk membuka usahanya pada tahun 2005 tepatnya pada bulan Juni. Pertama kali gerai J,Co di buka di kawasan mall di Tangerang. Pembukaan perdana sangat banyak menarik peminat khususnya pada produk Donut. Konsep yang diterapkan pada gerai J.Co juga dianggap berhasil dan sesuai dengan selera masyarakat.

Oleh karena itu kondisi tersebut tidak membuat Johni ragu untuk memperluas usahanya dengan membuka gerai di berbagai kota Besar di Indonesia. Beberapa kota pada awal persebaran J.Co seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, Makasar, dan beberapa daerah lainnya. Hingga akhirnya pada tahun 2007, J.Co mengepakkan sayapnya di dunia Internasional dengan membuka cabangnya di beberapa negara seperti Hongkong, Australia, dan Singapura.

  1. Es Teller 77

 

waralaba es teller 77
waralaba es teller 77

Sekali lagi salah satu bisnis yang memulai dari tempat sederhana berupa tenda yang berhasil menembus pasar Global adalah Es Teller 77. Usaha milik Muniati Widjaja ini menempati tempt pertamanya di daerah pertokoan yang kini sudah berubah menjadi Carefour Harmony di Jakarta Pusat.

Pada tahun 1987 atau tahun ke-6 usaha Es Teller 77 ini di kembangkan, menantu dari owner bernama Sukyanto Nugroho mengembangkan usaha dengan menerapkan konsep waralaba. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa salah satu usaha makanan dan minuman di Indonesia yang memulai bisnis dengan cara waralaba adalah Es Teller 77.

Seiring dengan perkembangan zaman maka usaha ini mulai membuka gerainya di kawasan mall. Tidak hanya menjual productmarknya yaitu Es Teller saja namun sudah berkembang ke kuliner khas Indonesia lainnya.

Tepatnya pada tahun 1998, Es Teller 77 mencoba untuk menembus pasar Global dengan mengembangkan cabang nya di Singapura. Setelah itu perkembangan usaha mulai menuju ke arah positif yaitu dengan membuka cabang di Australia (melbourne). Tercatat pada tahun 2010 saja Es Teller 77 sudah memiliki sekitar 180 cabang di Indonesia, 1 di Johor Malaysia, 3 di Singapura dan 2 di Australia.

  1. Ayam Bakar Mas Mono

 

waralaba ayam bakar mas mono
waralaba ayam bakar mas mono

Mendengar nama Ayam Bakas Mas Mono pastilah sudah tidak asing lagi. Kisah pilu dan penuh perjuangan banyak dirasakan saat mendirikan usaha ini. Secara singkat usaha ini didirkan pada tahun 2000 oleh mas Mono dengan membuka warung ayam bakar yang masih sangat sederhana di daerah Universitas Sahid. Hanya bermodalkan 5 ekor ayam yang dibagi menjadi 20 potong, mas Mono dan istrinya berusaha untuk memulai usaha.

Awal usaha tentu saja tidak selalu mulus namun seiring berjalannya waktu warung kecilnya sudah berkembang hingga memerlukan 80 ekor ayam setiap harinya. Pegawainya kian bertambah dan usaha ayam bakarnya mulai dikelola secara profesional seperti menetapkan SOP sederhana (kebersihan, seragam, penampilan dan pelayanan).

Sampai akhirnya Ayam Bakar Mas mono memiliki banyak penggemar termasuk dari kalangan artis dan dunia perTelevisian Nasional. Mas mono mulai diajak kerjasama dengan pihak stasiun TV hingga usahanya berkembang.

Tidak berhenti sampai disitu Ayam Bakar mas mono mulai menerapkan sistem waralaba dengan nilai investasi awal mulai dari 380 juta rupiah. Nilai investasi ini mencakup berbagai fasilitas seperti layanan survey (lokasi), renovasi dan desain interior lokasi usaha, bahan baku, manajemen SDM, SOP, perjanjian selama 6 tahun, paket promosi dan fasilitas lainnya. Kini cabangnya tersebar luas di seluruh Indonesia dan beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura.

  1. CFC

 

waralaba cfc
waralaba cfc

Seperti halnya J.Co, banyak yang mengira bahwa CFC merupakan usaha waralaba yang berasal dari luar Indonesia. Meski namanya hampir sama dengan usaha waralaba asal Amerika Serikat yaitu KFC namun CFC merupakan usaha yang berasal dari Indonesia. Hanya memang namanya menggunakan nama salah satu negara bagian di Amerika Serikat.

Usaha ini berdiri pada tahun 1989 ini mengangkat konsep makanan siap saji yang berusaha menyaingi kompetitor di bidang yang sama. Pada tahun 1996 CFC mulai membuka waralabanya tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri tepatnya di negara Cina atau Tiongkok. Sekitar 20 outlet di buka di negera tersebut. Menu yang ditawarkan juga tidak hanya fokus pada ayam goreng saja tetapi menyediakan makanan siap saji lainnya seperti donut, burger, dan beragam minuman.

Daftar Rekomendasi Waralaba Makanan dan Minuman Terlaris Tahun Ini

  1. AICE

waralaba aice
waralaba aice
Perusahaan AICE Ice Cream
Tipe Usaha Distributor, Agen, reseller, Gerai/Toko Es Krim
Deskripsi Menjalankan usaha dengan kerjasama sebagai distributor, agen, reseller, gerai/toko es krim Aice yang dikembangkan di Singapura
Tahun Berdiri 2016
Franchise Fee
Modal Awal Kurang Lebih Rp 500.000
Alamat Golf Lake Residence Ruko Blok Paris A No. 82-83, Jl.Kamal Outer Ring Road RT. 14 RW. 11 Cengkareng Timur, Jakarta Barat 1730.
Contact Person +62 21 2952 6366

 

  1. Nyoklat

waralaba nyoklat
waralaba nyoklat
Perusahaan Nyoklat Yuk
Tipe Usaha Booth/Gerai Minuman Cokelat (Brand-Nyoklat)
Deskripsi Menjual minuman Cokelat dari Brand Nyoklat
Tahun Berdiri 2017
Franchise Fee
Modal Awal Kurang Lebih Rp 9,8 juta
Alamat Kendal, Jawa Tengah
Contact Person 0812-1576-7606

 

  1. Candy Crepes

waralaba candy crepes
waralaba candy crepes
Perusahaan Candy Crepes
Tipe Usaha Booth/Gerai Makanan Ringan
Deskripsi Menjual makanan ringan crepes
Tahun Berdiri 2013
Franchise Fee
Modal Awal Antara Rp 6,7 juta – Rp 9,8 juta
Perkiraan BEP 1 – 2 bulan
Alamat Jl. Kenanga No. 14 Badran, Purwosari, Laweyan, Solo – 57142
Contact Person 081331546611 | [email protected]

 

  1. Tahu Gila

waralaba tahu gila
waralaba tahu gila
Perusahaan PT Raos Aneka Pangan
Tipe Usaha Booth Olahan Tahu
Deskripsi Menjual makanan ringan olahan tahu dengan konsep booth kekinian
Tahun Berdiri 2013
Franchise Fee
Modal Awal Kurang lebih Rp 5,7 juta
Pekriraan BEP 3 – 4 bulan
Alamat Yogyakata
Contact Person 082225591182

 

  1. OK Bento

waralaba ok bento
waralaba ok bento
Perusahaan OK Group Indonesia
Tipe Usaha Gerai makanan barat yang dikemas dengan konsep bento ala Jepang
Deskripsi Usaha makanan khas barat yang dipadukan dengan konsep bento khas Jepang
Tahun Berdiri 2015
Franchise Fee
Modal Awal Sekitar 75 juta (exclude sewa tempat)
Pekriraan BEP 7 Bulan
Alamat Jl. H Syukur VII Perum Graha Al Ikhlas Blok D No 5b, Sedati Gede – Sedati Sidoarjo Jawa Timur
Contact Person 082257450001

 

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil & Tips Menjalankannya

 

  1. Mr. Burger

waralaba mr burger
waralaba mr burger
Perusahaan Mr. Burger Corporation
Tipe Usaha Gerai makanan siap saji Hamburger
Deskripsi Menjual makanan siap saji khas barat dengan menu utama hamburger dan menu lainnya.
Tahun Berdiri 1995
Franchise Fee
Modal Awal >100 juta
Alamat Jalan Magelang km 4.8, Sinduadi, Malti, Sleman, Yogyakarta 55284.
Contact Person 088 683 5088 | 0811 255 222 | 081 804 399900 | misterburger.co.id

 

  1. Kingkong Sosis

waralaba kingkong sosis
waralaba kingkong sosis
Perusahaan Kingkong Sosis
Tipe Usaha Gerai/Booth Sosis Bakar
Deskripsi Menjual Sosis Bakar dengan konsep Booth ala Street Food
Tahun Berdiri 2013
Franchise Fee Paket Investasi
Modal Awal Kurang Lebih Rp 5,6 Juta
Alamat Jl. Mawar 212 A, Badran, Laweyan, Surakarta 57142
Contact Person 081227227033

 

  1. Daddys Takoyaki

waralaba daddys takoyaki
waralaba daddys takoyaki
Perusahaan Sinergi Mitra Indonesia
Tipe Usaha Makanan ringan khas Jepang “Takoyaki”
Deskripsi Menjual Makanan ringan khas Jepang dengan konsep Booth
Tahun Berdiri 2012
Franchise Fee
Modal Awal Kurang Lebih Rp 12 Juta – Rp 45 Juta
Perkiraan BEP Sekitar 4 – 7 bulan
Alamat Jl. Jati Padang Rt 006/08 no.18 pasar minggu Jakarta selatan 12540
Contact Person 0857-7815-0818 / 0812-1276-4874 | [email protected]

 

  1. Muchomania

waralaba mucho
waralaba mucho
Perusahaan PT Sandi Group
Tipe Usaha Booth Minuman Cepat Saji
Deskripsi Menjual minuman cepat saji rasa berbasis cokelat dengan varian rasa
Tahun Berdiri 2013
Franchise Fee Paket Investasi
Modal Awal Kurang Lebih Rp 7 Juta
Perkiraan BEP Sekitar 3 bulan
Alamat Kendal, Jawa Tengah
Contact Person 0813 9009 7792

 

  1. Maniak Duren

waralaba maniak duren
waralaba maniak duren
Perusahaan Kelompok Mulya Sejahtera
Tipe Usaha Gerai Durian Olahan Segar
Deskripsi Menyediakan Minuman Durian Olahan segar
Tahun Berdiri 2014
Franchise Fee
Modal Awal Kurang Lebih Rp 7 Juta
Alamat Madiun, Jawa Timur
Contact Person 087812940958 | [email protected]

Cara Bergabung dengan Usaha Waralaba

Bisnis waralaba di Indonesia semakin berkembang pesat seiring kesadaran masyarakat untuk berwirausaha. Pewaralaba menjadikan bisnis ini sebagai strategi percepatan bisnis agar bisnis cepat berkembang pesat. Dengan menjalin kemitraaan, pengusaha mitra waralaba mendapatkan hak kekayaan intelektual atas produk waralaba. Hal ini menjadikan ketertarikan tersendiri yang mana orang-orang pasti lebih memilih membuka usaha dengan menumpang pada nama usaha yang sudah terkenal sehingga keuntungan lebih cepat didapatkan. Selain mudah, bisnis ini juga tidak menyita banyak waktu dibanding membuka bisnis dari bawah. Apabila Anda tertarik untuk bergabung dengan usaha ini, berikut kiat-kiat bergabung dengan usaha waralaba:

  • Menyiapkan dokumen

Sebelum bergabung dengan usaha waralaba Indonesia siapkan dokumen seperti KTP dan KK sebagai syarat wajib yang menunjukan bahwa Anda adalah seorang warga negara Indonesia.

  • Menyiapkan modal

Modal adalah hal penting yang harus dipersiapkan. Besarnya modal bervariatif berdasarkan jenis usaha yang akan dibuka. Biasanya modal ini digunakan untuk membayar paket waralaba yang terdiri atas produk dan peralatan penunjang, biaya pembukaan gerai baru, serta biaya perawatan untuk kerusakan dan lain-lain.

  • Cari lokasi strategis

Pastikan Anda sudah memiliki tempat ataupun rencana tempat yang strategis untuk membuka usaha waralaba Anda. Tempat yang strategis bukan hanya tempat yang ramai orang. Tempat yang strategis adalah tempat dengan target pasar yang sesuai dengan jenis usaha waralaba yang akan Anda jalani. Pastikan Anda melakukan survey terlebih dahulu agar Anda memilih usaha yang tepat dengan pasar yang tepat pula.

  • Urus surat kelengkapan usaha

Apabila sudah mantap uruslah segera kelengkapan usaha yang diperlukan. Untuk usaha retail yang membutuhkan tempat untuk gerai pasti Anda membutuhkan surat izin usaha. Surat lain yang diperlukan antara lain yaitu IMB (Izin Membangun Bangunan) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Pastikan pada surat IMB tertera izin untuk tempat usaha bukan izin untuk rumah tinggal. Jenis izin sudah pasti berbeda karena peruntukan yang berbeda, izin untuk usaha biasanya merupakan izin untuk sementara. Jangan sampai Anda salah membuat perizinan karena tempat Anda dapat digusur sewaktu-waktu.

  • Segeralah mendaftar

Apabila persiapan telah mantap segeralah untuk mendaftar pada call center usaha franchise yang Anda pilih. Setelah itu pihak usaha waralaba akan melakukan survey untuk memastikan persyaratan. Apabila dibutuhkan biasanya ada tahap presentasi. Setelah semua selesai barulah Anda akan melakukan penandatanganan MOU sebagai kesepakatan atas usaha antar kedua belah pihak.

Peraturan Waralaba di Indonesia

Keberjalanan bisnis waralaba di Indonesia sudah dikenal cukup lama sejak 1950an. Seiring berjalannya waktu maka diterbitkanlah beberapa peraturan yang mengatur sistem bisnis ini. Diantaranya adalah :

  • PP No.42 Tahun 2007 Tentang Waralaba
  • Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 259/MPP/KEP/7/1997 (30 Juli 1997) tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba
  • Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba
  • Undang-Undang No.14 Tahun 2001 tentang Paten
  • Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek
  • Undang-Undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang

Just Information

Apabila Anda serius ingin bergabung dengan bisnis franchise ini, berbagai portal seperti waalabakan dan waralabaku menyediakan informasi mengenai beragam jenis usaha waralaba dengan modal bervariatif. Anda bisa memilih sesuai kategori bisnis waralaba yang Anda inginkan. Terdapat informasi beragam jenis usaha dengan peluang besar dilengkapi juga dengan informasi lisensi, peluang bisnis, serta keagenan. Pilih jenis usaha yang sesuai dan cobalah peluang usaha dengan menjadi mitra usaha waralaba. Apabila beruntung mungkin nanti giliran Anda menjadi salah satu pengusaha waralaba yang sukses.

 

Baca Juga : 25 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan Modal Kecil