25 Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan Modal Kecil

19 min read

Peluang Bisnis RUmahan yang menjanjikan

Bekerja kantoran memang merupakan dambaan banyak kalangan. Akan tetapi, bekerja kantoran memiliki batasan waktu yang mengharuskan Anda ontime dalam bekerja bahkan ada yang mengharuskan Anda untuk befo`re ontime. Bagi Anda yang tidak suka terikat tentu akan terbebani dengan pekerjaan tersebut. Maka referensi usaha rumahan nampak lebih cocok bagi Anda.

Ide Usaha Rumahan memiliki berbagai macam keuntungan dibanding bekerja kantoran. Bekerja rumahan memberikan Anda kebebasan atau manfaat fleksibelitas bagi Anda. Selain itu, ide usaha tersebut juga bisa Anda wariskan kepada anak-anak Anda nanti. Lantas, sudahkah Anda tertarik dengan peluang usaha tersebut ?

Berikut rangkuman Jurnal Manajemen terhadap Peluang Usaha Rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil :

 

Baca Juga : 17 Bisnis Online Terpercaya dan Tips Cara Memulainya

 

25 Inspirasi Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Bagi Anda yang ingin melakukan usaha rumahan, akan tetapi bingung ingin melakukan usaha apa maka ada baiknya untuk menyimak beberapa referensi bisnis rumahan atau paket usaha rumahan sebagai berikut.

1. Inspirasi bisnis rumahan jasa menjahit

bisnis rumahan menjahit
bisnis rumahan menjahit

Percaya atau tidak, bisnis di bidang fashion terhitung sebagai bisnis yang amat menjanjikan. Bisnis di bidang fashion merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Hal ini mengingat fungsi fashion sebagai pemercantik diri serta sebagai bukti kelas sosial bagi masyarakat luas. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda membukan ide bisnis berupa jasa menjahit.

Peluang bisnis jasa menjahit memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Hal ini karena target peluang bisnis jasa menjahit dapat dimulai dari anak-anak hingga orangtua sekalipun. Di samping itu, risiko bisnis jasa menjahit juga terbilang cukup minim karena usaha tersebut dijalankan di rumah.

Selama selera fashion terus berkembang, maka bisnis atau usaha jasa menjahit masih akan tetap terus eksis dan tidak akan pernah redup.

Untuk menjalankan usaha jasa menjahit, Anda harus memiliki keterampilan menjahit terlebih dahulu. Lantas, bagaimana jika tidak bisa menjahit? Jangan khawatir. Anda bisa melakukan kursus menjahit terlebih dahulu. Hingga saat ini masih terdapat begitu banyak tempat kursus menjahit yang menyediakan slot bagi Anda. Maka dari itu, sebaiknya Anda jangan khawatir.

Setelah Anda memiliki keterampilan menjahit, ada baiknya Anda membeli mesin jahit yang bagus. Jangan ragu untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan mesin jahit yang mumpuni untuk diajak bekerjasama. Di samping itu, Anda juga harus membeli mesin obras serta perlengakapn menjahit lainnya.  Jika diperlukan, Anda juga bisa merekrut karyawan untuk diajak bekerjasama.

Jangan lupa juga untuk mencari referensi mode pakaian sebanyak-banyaknya. Terlebih lagi saat ini Anda bisa menemukan banyak referensi mode pakaian dari laman internet maupun sosial media lainnya.

Tahukah Anda bahwa keuntungan usaha di bidang jasa menjahit terbilang cukup menggiurkan. Jika diasumsikan saja bahwa harga jasa menjahit per pakaian ialah Rp.100.000,00 maka apabila dalam sebulan Anda bisa menjahit 15 pakaian, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp.1.500.000,00. Bagaimana? Sudah tertarik untuk membuka usaha di bidang menjahit?

2. Peluang bisnis makanan ringan

usaha rumahan makanan ringan
usaha rumahan makanan ringan

Siapa yang tidak suka ngemil? Hampir semua orang suka ngemil, barangkali termasuk Anda. Ada begitu banyak camilan atau makanan ringan yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha di rumah Anda. Mulai dari kerupuk, keripik hingga biskuit dapat Anda jadikan sebagai bisnis di rumah Anda.

Agar Anda dapat sukses dari bisnis makanan ringan tersebut, maka ada baiknya Anda memberikan sedikit sentuhan kreativitas bagi kemasan makanan ringan Anda. Jangan lupa untuk memberikan inovasi perihal rasa khususnya yang mampu menjerat lidah penggila makanan ringan.

Selain urusan kemasan dan rasa, urusan tempat atau lokasi bisnis juga penting Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang memiliki rumah di dekat sekolahan maupun isntutusi pendidikan lainnya maka peluang bisnis makanan ringan tersebut akan menjadi ladang uang bagi Anda. Hal ini karena anak-anak memang sangat menyukai makanan ringan.

Dengan membuka peluang bisnis makanan ringan di rumah, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga mencapai jutaan rupiah. Bahkan Anda masih tetap bisa bersantai walaupun sambil berbisnis. Apakah Anda sudah cukup berminat untuk membuka peluang bisnis tersebut?

3. Peluang bisnis usaha jasa laundry

bisnis sampingan laundry
bisnis sampingan laundry

Tahukah Anda bahwa peluang bisnis atau usaha di bidang jasa laundry bukan hanya dapat dilakukan di kota-kota besar saja. Bahkan orang-orang di desa saat ini pun membutuhkan jasa pencuci pakaian. Hal ini tentu saja berangkat dari pemikiran bahwa mencuci di laundry terbilang lebih irit dibanding mencuci pakaian sendiri di rumah.

Dengan membopong pakaian kotor ke laudry tentu akan membuat banyak ibu-ibu bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Belum lagi, jika mencuci pakaian sendiri bisa menimbulkan tagihan lsitrik melonjak apabila menggunakan mesin cuci. Jika mencuci pakaian sendiri menggunakan tangan juga bisa menimbulkan tangan Anda iritasi, terutama yang alergi terhadap sabun cuci pakaian.

Alasan lainnya yang membuat banyak para ibu memberikan pakaian kotornya kepada jasa laundry ialah jika mereka mencuci pakaian sendiri tentu akan menghabiskan banyak waktu. Belum lagi jika mesin cuci atau selang air mengalami gangguan.

Untuk membuka peluang usaha jasa laundry, Anda bisa terlebih dahulu menyiapkan mesin cuci yang mumpuni, timbangan, setrika dan kantung plastik. Anda juga mesti menyiapkan lahan yang cukup luas untuk menjemur pakaian para konsumen.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, maka Anda bisa menyediakan layanan antar jemput laudry yang semakin memudahkan konsumen Anda untuk mendapatkan segala hal yang terbaik dari jasa laundry Anda.

4. Peluang usaha warung rumahan

bisnis rumahan warung
bisnis rumahan warung

Siapa tidak setuju jika usaha warung rumahan merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang menguntungkan? Untuk mengawali bisnis di rumahan, Anda bisa membuka usaha warung rumahan. Warung yang menyediakan banyak kebutuhan sehari-hari tentu akan menjadi kunci kesuksesan bisnis di rumah Anda.

Untuk memulai usaha warung rumahan, Anda perlu pintar-pintar untuk mencari toko grosir demi mendapatkan harga grosir barang kebutuhan sehari-hari yang terbilang murah. Dengan demikian, Anda tidak akan mematok harga jual yang tinggi sehingga membuat para konsumen senang berbelanja di warung rumahan Anda.

Meskipun usaha warung rumahan tidak akan memberikan keuntungan yang sangat besar dalam waktu yang singkat, akan tetapi usaha warung rumahan bisa memberikan Anda keuntungan setiap harinya. Dengan demikian, setiap harinya Anda tidak akan mengalami kekurangan uang.

Setelah usaha warung rumahan Anda berjalan dan Anda ingin semakin mengembangkan usaha warung rumahan Anda, maka Anda bisa menciptakan sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang berbelanja di warung rumahan Anda. Terlebih lagi para konsumen Anda kebanyakan adalah para tetangga Anda sendiri.

Anda bisa memberikan bingkisan setiap hari raya atau setidaknya dalam jangka waktu satu tahun sekali agar para pelanggan Anda semakin senang berbelanja di warung rumahan Anda. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda akan mengikat para pelanggan Anda untuk senantiasa mau berbelanja di warung rumahan Anda.

5. Peluang usaha jasa sablon rumahan

usaha rumahan sablon
usaha rumahan sablon

Rekomendasi peluang usaha rumahan yang menjanjikan ialah usaha jasa sablon rumahan. Di dalam menjalankan bisnis jasa sablon khususnya kaos, adapun target pasar yang dituju tidak memiliki batasan usia. Di samping itu, usaha sablon kaos juga bisa membidik banyak target mulai dari target individual hingga kelompok masyarakat.

Anda bisa memulai usaha jasa sablon rumahan Anda secara manual yakni tanpa membutuhkan bantuan mesin dengan harga yang cukup mahal. Di samping itu, modal usaha jasa sablon rumahan juga terbilang tidak cukup besar. Anda hanya memerlukan sedikit kreativitas untuk membuat desain atau motif sablon kaos Anda.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis jasa sablon rumahan Anda, maka Anda bisa mulai merekrut karyawan. Selain itu, Anda juga bisa membuka request atau permintaan desain sablon bagi para konsumen Anda. Jadi, Anda membuat sablon kaos sesuai dengan permintaan konsumen Anda. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari para konsumen Anda.

Belum lagi, konsumen yang puas dengan hasil kerja Anda maka tidak akan ragu-ragu lagi dalam merekomendasikan bisnis usaha sablon rumahan tersebut ke teman-temannya. Dengan demikian, tentu nama Anda akan semakin dikenal oleh banyak kalangan dan bisnis Anda akan semakin berkembang epsat.

Kunci kesuksesan dalam usaha bisnis jasa sablon rumahan ialah menjaga kualitas hasil kerja atau hasil sablon serta kualitas bahan kaos yang digunakan. Hal ini penting Anda ingat karena baik dan buruknya citra yang Anda bangun bagi bisnis Anda berangkat dari kualitas produk yang Anda tawarkan kepada para konsumen Anda.

Di samping itu, ketepatan waktu juga penting Anda ingat sebagai kunci kesuksesan usaha bisnis jasa sablon Anda. Anda bisa mengusahakan kualitas hasil produksi sablon kaos yang bagus dengan ketepatan waktu proses pengerjaan yang tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika dihitung-hitung, omset bersih yang dapat Anda peroleh dari usaha bisnis jasa sablon kaos rumahan bisa mencapai 6 jutaan rupiah.

6. Peluang usaha ternak lele

bisnis lele rumahan
bisnis lele rumahan

Inspirasi usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah peluang usaha ternak lele. Budidaya atau ternak lele merupakan salah satu peluang usaha yang terbilang cukup menguntungkan yang bisa Anda terima banyak manfaatnya. Hal ini karena ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak diminati baik untuk kalangan masyarakat desa hingga masyarakat perkotaan sekalipun.

Di samping bisa mendatangkan banyak manfaat maupun keuntungan, peluang usaha ternak lele juga terbilang jenis usaha yang bisa dilakukan dalam skala rumahan yang mudah jika dibandingkan dengan ternak ikan lainnya. Tidak heran jika peluang usaha ternak lele menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi banyak orang.

Hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis atau usaha ternak lele di antaranya ialah mempersiapkan kolam lele terlebih dahulu. Anda bisa menyiapkan kolam terpal, kolam semen hingga kolam tanah sekalipun. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ukuran kolam ikan Anda besar agar mampu mengurangi risiko ikan lele yang mati karena mengalami kekurangan oksigen.

Usai proses pengisian kolam, ada baiknya Anda menunggu beberapa hari terlebih dahulu untuk menebarkan bibit ikan lele. Hal ini karena Anda harus menetralkan air kolam ikan agar tidak mudah menjadi keruh sekaligus menunggu proses pembentukan lumut dan fitoplankton.

Dalam pemilihan bibit lele, Anda juga harus jeli. Anda harus memilih bibit lele yang unggul sehingga menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Sebagai informasi bagi Anda dalam mengenali bibit ikan lele yang unggul ialah dengan melihatnya tingkah laku yang gesit dan agresif saat pemberian makanan. Bibit lele yang unggul juga bisa dilihat berdasarkan ukuran ikan lele yang sama serta memiliki warna yang cukup terang.

Ikan lele dapat dipanen ketika berusia 3 bulan semenjak bibit ikan lele tersebut disebar. Adapun pemanenan ikan lele dapat dilakukan dengan cara melakukan sortir ikan yang layak konsumsi atau telah mencapai ukuran 4 hingga 7 ekor per kilogramnya.

Adapun omset yang dapat Anda peroleh dari usaha ternak ikan lele bisa mencapai kisaran jutaan rupiah. Selain itu, usaha ternak ikan lele juga bisa mencukupi kebutuhan gizi keluarga Anda di rumah. Cukup menggiurkan, bukan?

7. Peluang usaha ternak ayam kampung

ternak ayam rumahan
ternak ayam rumahan

Opsi peluang bisnis atau usaha rumahan berikutnya ialah ternak ayam kampung. Mengapa harus ternak ayam kampung?

Tahukah Anda bahwa ayam kampung memiliki cita rasa tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh ayam potong. Adanya kualitas nutrisi serta keamanan daging ayam kampung dari serangan berbagai banyak penyakit ayam lainnya membuat ayam kampung senantiasa dijadikan sebagai menu konsumsi tetap bagi banyak kalangan masyarakat luas.

Banyaknya permintaan masyarakat luas terhadap ayam kampung menjadikan bisnis usaha ternak ayam kampung terbilang sebagai usaha yang cukup bagus. Bahkan bukan hanya dagingnya saja, telur ayam kampung juga banyak diminati karena memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat untuk penambah darah.

Omset yang dapat Anda peroleh dari usaha ternak ayam kampung terbilang cukup banyak hingga mencapai puluhan juta rupiah. Keuntungan yang cukup besar ini, nampaknya patut Anda pertimbangkan sebagai peluang bisnis di rumah Anda.

8. Peluang usaha jamur tiram

bisnis rumahan jamur tiram
bisnis rumahan jamur tiram

Referensi peluang usaha rumahan berikutnya ialah usaha jamur tiram. Usaha jamur tiram bisa memberikan pendapatan harian bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang berada di desa, usaha jamur tiram merupakan salah satu ide bisnis kunci kesuksesan Anda. Bahkan usaha jamur tiram bisa dikatakan sebagai usaha rumahan modal kecil untung besar.

Untuk membuka peluang usaha jamur tiram, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan baku yang bisa dikatakan murah meriah. Adapun media sebagai tempat tumbuh jamur tiram di antaranya ialah serbuk kayu, kapur dan dedak (makanan ayam0. Media tumbuh jamur tersebut tentu dapat dengan mudah Anda temukan.

Selain media tumbuh jamur tiram tersebut, perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dalam peluang usaha jamur tiram ialah drum bekas serta plastik. Kedua bahan tersebut dibutuhkan sebagai bahan bakar guna merebus log dengan menggunakan kayu. Bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas, maka Anda bisa meletakkan ribuan log kayu sebagai media jamur tiram tumbuh.

Keuntungan dari bisnis atau usaha budidaya jamur tiram bisa mencapai jutaan rupiah. Belum lagi, jamur tiram tersebut juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bagi keluarga Anda.

9. Peluang usaha bisnis pulsa

usaha rumahan pulsa
usaha rumahan pulsa

Jenis usaha rumahan yang bisa Anda coba berikutnya ialah peluang usaha bisnis pulsa. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, penggunaan data seluler bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer masyarakat zaman sekarang. Alasan inilah yang menjadi cikal bakal mengapa Anda harus menjalankan bisnis pulsa tersebut.

Komunikasi masyarakat luas melalui perangkat seluler dapat menjelma menjadi potensi bisnis bagi Anda. Terlebih lagi, peluang bisnis usaha pulsa bisa memberikan keuntungan yang cukup besar bagi Anda. Peluang usaha bisnis pulsa dapat dikatakan sebagai usaha rumahan modal kecil yang juga mampu memberikan keuntungan berlipat ganda bagi Anda dan keluarga.

Adapun barang yang Anda butuhkan untuk memulai usaha bisnis pulsa ialah handphone. Anda juga bisa menambahkan etalase serta beberapa paket data untuk menjawab permintaan konsumen Anda terkait data seluler.

Peluang usaha bisnis pulsa juga dinilai sebagai peluang usaha bisnis yang memiliki risiko minim. Hal ini karena Anda, hanya berperan sebagai penghubung antara konsumen dengan dealer pulsa. Maka apabila sewaktu-waktu Anda ingin menutup peluang bisnis tersebut, maka Anda pun tidak akan mengalami kerugian yang sangat signifikan.

Selain itu, peluang usaha pulsa memiliki target audience yang berasal dari semua kelas ekonomi sosial. Hal ini karena semua orang yang memiliki ponsel tentu akan sangat membutuhkan pulsa. Terlebih lagi bagi orang-orang yang sering melakukan komunikasi melalui ponsel. Barangkali salah satunya termasuk Anda.

10. Peluang usaha makanan online

usaha rumahan makanan online
usaha rumahan makanan online

Opsi peluang usaha yang dapat Anda lakukan dalam skala rumahan atau bisnis modal kecil ialah peluang usaha makanan online. Peluang usaha satu ini terbilang sebagai bisnis rumahan yang menguntungkan bagi Anda. Hal ini karena apabila Anda membuka peluang usaha makanan online, maka Anda tidak perlu menyewa tempat atau membangun toko kembali untuk berjualan makanan tersebut.

Anda bisa menemukan tema bisnis rumahan online Anda berdasarkan kriteria maupun pencarian Anda pada laman internet. Sebagai contoh adalah tema usaha makanan online berupa makanan desa. Anda bisa menjual makanan desa seperti rempeyek hingga keripik tempe. Kedua jenis makanan desa tersebut dipercaya sebagai makanan sejuta umat dan tidak mudah mengalami kadaluwarsa dalam waktu singkat.

Anda bisa memasarkan makanan-makanan tersebut secara online melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter hingga membuat vlog youtube sekalipun. Dengan demikian, Anda akan memiliki jaringan konsumen yang begitu luas hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Lantas, bagaimana dengan urusan omset?

Peluang usaha bisnis makanan online bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah. Maka dari itu, jangan khawatir lagi untuk memulai peluan usaha bisnis makanan online tersebut. Terlebih lagi, saat ini akomodasi transportasi begitu berlimpah. Fasilitas yang diberikan oleh jasa pengiriman maupun ekspedisi pun terbilang cukup bervariasi.

Peluang usaha satu ini juga bisa dikatakan sebagai usaha rumahan ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan.

 

Baca Juga : Peluang Bisnis Waralaba Makanan dan Minuman Beserta Daftar Usaha Terlaris

 

11. Peluang usaha warnet

bisnis rumahan warnet
bisnis rumahan warnet

Opsi peluang usaha yang bisa Anda kerjakan di rumah selanjutnya ialah peluang usaha warung internet atau warnet. Usaha warnet terbilang sebagai usaha ekonomis yang mampu menghasilkan keuntungan fantastis. Hal ini tidak lain karena semakin pesatnya perkembangan dunia game PC di Indonesia. Game PC tidak hanya diminati oleh anak-anak saja, melainkan orang dewasa pun juga menggemari game.

Untuk memulai bisnis atau usaha warung internet, Anda tidak perlu khawatir terkait modal. Cukup dengan 10 unit komputer second saja, Anda sudah bisa mendapatkan omset setidaknya di atas 15 juta rupiah dalam satu bulan saja. Cukup menggiurkan sekali, bukan?

Di samping unit komputer, Anda bisa menambahkan meja dan kursi warung internet, meja operator, paket pemasangan internet serta biaya penerangan dan kabel sebagai penunjang bisnis warung internet Anda. Jika dikalkulasikan, maka modal yang harus Anda keluarkan untuk membangun bisnis game online di rumah bisa mencapai setidaknya 29 juta rupiah saja.

Bayangkan jika keuntungan dalam satu bulan yang bisa Anda raup adalah 15 juta rupiah, maka hanya dalam dua bulan saja Anda sudah bisa mengembalikan modal bisnis Anda. Bagaimana? Sudah cukup tertarik dengan usaha warung internet?

Jika Anda sudah tertarik dengan usaha warung internet, maka Anda bisa memulainya dengan memilih tempat yang nyaman seperti halnya paa kriteria tempat yang strategis seperti dekat dengan jalan raya, lingkungan urban atau dekat dengan institusi pembelajaran.

Untuk pertama kali membuka usaha tersebut, ada baiknya Anda melakukan promosi awal agar menarik minat para gamer untuk mendatangi tempat bisnis warung internet Anda. Anda bisa melakukan promosi dengan cara menyebarkan informasi di sosial media hingga membagikan pamflet di pinggir jalan.

12. Peluang usaha jual beli buku anak

jual buku anak
jual buku anak

Rekomendasi peluang usaha yang bisa Anda kerjakan di rumah ialah jual beli buku anak. Ide bisnis satu ini nampaknya patut Anda pertimbangkan khususnya yang menyukai dunia literasi anak. Terlebih lagi buku anak memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai sarana komunikasi antara anak dan orangtua.

Untuk semakin mengembangkan bisnis jual beli buku anak Anda, maka Anda bisa menambahkan beberapa buku impor agar menjadikan buku-buku anak koleksi Anda semakin bervariasi. Jangan lupa untuk mendekor suasana toko buku rumah Anda dengan suasana khas anak-anak pada umumnya.

Lantas, bagaimana dengan modal usaha jual beli buku anak? Terkait modal usaha jual beli buku anak, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar 10 juta rupiah saja untuk menyulap ruangan dalam rumah Anda menjadi sebuah toko buku anak yang begitu cantik.

Dengan menjual buku-buku anak, secara tidak langsung sebenarnya Anda telah berhasil menyelamatkan anak-anak dari bahaya globalisasi di luar sana. Tentu Anda sudah tahu bahwa betapa mengerikan sekali dampak gadget bagi anak-anak di luar sana. Dengan adanya buku-buku anak, diharapkan mereka bisa mengabaikan gadget dan fokus pada media yang menyesuaikan dengan umur mereka.

13. Peluang usaha jual beli aksesoris dan cinderamata

bisnis aksesoris rumahan
bisnis aksesoris rumahan

Referensi peluang usaha atau bisnis di rumahan bagi Anda berikutnya ialah peluang usaha jual beli aksesoris dan cinderamata. Gagasan ini tentu menjadi gagasan yang amat bagus bagi Anda khususnya yang tinggal di dekat objek-objek wisata.

Peluang usaha jual beli aksesoris dan cinderamata rumahan merupakan sebuah gagasan bisnis yang amat potensial. Misalnya, Anda tinggal di daerah dekat objek wisata pantai maka Anda bisa menjual aksesoris dan cinderamata khas laut dan pantai seperti horden dari bebatuan pantai, pot bunga dari bebatuan pantai hingga tanaman hias yang berbau lautan.

Apabila Anda tinggal di dekat objek wisata candi, Anda bisa menjual aksesoris dna cinderamata berbau candi seperti kaos sablon dengan gambar candi, gelang dan kalung dengan mode bebatuan candid an sebagainya.

Apabila bisnis atau usaha rumahan Anda di bidang aksesoris dan cinderamata tersebut beruntung, maka Anda akan berkesempatan untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Jika sudah demikian, sudah berapa rupiah yang akan Anda tuai?

14. Peluang usaha jual beli baju online

usaha jual baju
usaha jual baju

Rekomendasi peluang usaha atau bisnis di rumahan untuk Anda selanjutnya ialah jual beli baju online atau yang kerap disebut sebagai olshop. Ide bisnis satu ini merupakan ide bisnis yang terbilang cukup banyak diminati oleh banyak kalangan.

Mode baju atau fashion tentu tidak akan pernah mati. Maka dari itu, ide peluang usaha jual beli baju online merupakan salah satu ide peluang usaha yang patut Anda pertimbangkan. Ketika Anda berjualan baju online, maka Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Salah satu dari sekian banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dari berjualan baju onlie ialah keuntungan praktis.

Dengan berjualan baju online, maka Anda akan mendapatkan manfaat praktis yang mana Anda tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak biaya hanya untuk membuka toko offline. Sebagai gantinya, Anda akan membuka toko online yang mana Anda hanya perlu melakukan unggahan gambar saja untuk melakukan pembaharuan terhadap produk jualan Anda. Mudah sekali, bukan?

Hingga saat ini terdapat begitu banyak platform penyedia lapak online yang dapat dengan mudah Anda lakukan pendaftaran. Adapun lapak dagang online yang umum digunakan bagi para pebisnis online di antaranya Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya.

Untuk semakin mengembangkan bisnis jual beli baju online Anda, ada baiknya Anda selalu menerapkan silaturahmi yang baik dengan para konsumen Anda. Di samping itu, Anda juga bisa melakukan promosi dengan cara melakukan give away atau bagi-bagi hadiah kepada konsumen Anda agar mereka semakin senang berbelanja baju di toko online Anda.

15. Peluang usaha bimbel privat

bisnis les privat
bisnis les privat

Peluang usaha bimbel privat merupakan salah satu ide atau gagasan bisnis di rumahan yang patut Anda coba. Usaha bimbel privat merupakan jenis usaha yang bisa Anda kerjakan di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Di awal membuka usaha bimbel privat, Anda hanya perlu melakukan promosi kepada orang-orang terkait usaha bimbel privat yang Anda buka. Promosi tersebut dapat Anda lakukan dengan menyebarkan brosur atau pamflet hingga melakukan promosi di sosial media lainnya. Anda juga bisa mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan promosi bimbel privat rumahan Anda.

Untuk mengawali bisnis bimbel privat rumahan Anda,  cukup dengan menyiapkan space ruangan yang akan Anda jadikan sebagai tempat mengajar Anda. Jika ruangan dalam rumah Anda kurang memungkinkan untuk menjadi ruangan belajar yang memadai, maka Anda bisa menggunakan ruang tamu Anda sebagai tempat Anda memberikan bimbel privat.

Anda juga bisa meminta bantuan teman-teman Anda untuk ikut mengajar bimbel privat di rumah Anda. Ajaklah teman Anda yang memiliki pengetahuan serta kesabaran tinggi dan tentunya yang memiliki trik tips khusus untuk mengajar bimbel privat anak sekolahan.

Apabila bisnis bimbel privat Anda mulai dikenal luas, Anda bisa semakin melebarkan sayap bisnis Anda dengan cara melakukan bimbel privat di rumah-rumah murid Anda. Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan bimbel klasikal di sekolah tersebut usai jam belajar mengajar usai.

16. Peluang usaha penulis lepas atau freelance content writer

bisnis rumahan content writer
bisnis rumahan content writer

Peluang usaha penulis lepas atau freelance content writer merupakan alternatif bisnis di rumahan lainnya yang perlu Anda pertimbangkan. Namun, sudahkah Anda mengetahui bagaimana atau apa yang dimaksud dengan penulis lepas atau freelance content writer tersebut?

Penulis lepas atau freelance content writer merupakan orang yang bekerja sebagai penulis bagi website dengan jam kerja yang fleksibel. Pekerjaan ini nampaknya sangat cocok bagi Anda yang tidak menyenangi adanya keterikatan waktu. Selain itu, pekerjaan ini tidak butuh kantor. Yang dibutuhkan untuk melakukan usaha ini hanyalah laptop dan koneksi internet saja.

Anda bisa menggunakan koneksi internet pada ponsel Anda untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Jadi, koneksi internet yang dibutuhkan oleh seorang penulis lepas atau content writer semata-mata adalah untuk mencari materi atau informasi yang dibutuhkan terkait tema tulisan yang dibuat.

Misalnya, Anda diminta untuk menulis tentang tanaman hias maka Anda hanya perlu mencari referensi tanaman hias di laman internet. Akan tetapi, mencari referensi pada laman internet tersebut bukan berarti melakukan copy paste atau salin dan temple saja. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka berarti Anda telah melakukan plagiarisme dan terancam tidak bisa melakukan pekerjaan sebagai penulis lepas lagi.

Lantas, bagaimana sebenarnya agar menajdi penulis lepas atau freelance content writer yang baik? Untuk menjadi penulis lepas atau freelance content writer yang baik Anda perlu membuat tulisan yang enak dibaca serta memuat pesan-pesan promotif sebagaimana yang diinginkan oleh klien atau kriteria website yang Anda buatkan kontennya tersebut.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mengikuti isu-isu maupun tren apa saja yang sedang berkembang hingga saat ini pada website tersebut.

Peluang usaha atau bisnis di rumahan sebagai penulis artikel lepas atau freelance content writer ini dapat juga dilakukan oleh Anda yang memiliki pekerjaan full time lainnya. Nah, jika Anda hendak mencari peluang usaha sampingan maka peluang usaha penulsi artikel lepas ini terbilang cukup direkomendasikan bagi Anda.

17. Peluang usaha warung angkringan

usaha angkringan rumahan
usaha angkringan rumahan

Bagi Anda yang tinggal di Jogja maupun Solo nampaknya bisa membaca peluang bisnis atau usaha warung tersebut. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang tinggal di kota lainnya untuk membuka usaha warung angkringan.

Warung angkringan merupakan salah satu usaha yang terbilang cukup menjanjikan, terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan sekolah, kantoran hingga perumahan. Sebagai tempat nongkrong yang murah meriah, maka tidak heran jika usaha warung angkringan akan menjadi peluang usaha yang cukup ramai didatangi banyak orang.

Jika Anda ingin semakin meramaikan warung angkringan Anda, maka Anda bisa menarik banyak pembeli dengan menggunakan fasilitas wifi atau internet. Zaman sekarang, siapa tidak butuh internet? Hanya dengan memberikan fasilitas internet, maka Anda akan mendatangkan banyak orang layaknya mendatangkan semut dengan menggunakan gula.

Jangan lupa untuk memberikan fasilitas tempat duduk yang tidak kalah nyaman pula bagi pengunjung warung angkringan Anda. Dengan demikian, sembari menikmati suasana angkringan maka pengunjung warung angkringan Anda juga semakin betah berada di tempat tersebut.

18. Peluang usaha katering harian

usaha catering rumahan
usaha catering rumahan

Peluang usaha atau bisnis rumaha berikutnya yang bisa Anda jadikan referensi ialah peluang usaha katering harian. Bagi Anda yang gila masak, nampaknya gagasan bisnis satu ini patut Anda pertimbangkan. Terlebih lagi mengingat seluruh orang pasti membutuhkan makan setiap harinya.

Bagi Anda yang tinggal di lingkungan padat penduduk serta kebanyakan merupakan pegawai kantoran, maka gagasan bisnis katering harian dapat menjadi rekomendasi bisnis yang bisa membawa banyak keuntungan bagi Anda. Hal ini karena pegawai kantoran tentu tidak memiliki banyak waktu bahkan untuk memasak makanannya sendiri.

Di dalam menjalankan peluang bisnis katering harian tersebut, Anda harus konsisten untuk menjaga rasa dan kualitas masakan Anda agar tetap enak dan lezat. Rasa dan kualitas amat penting bagi Anda guna menarik banyak pelanggan. Di samping itu, Anda harus senantiasa menjaga kebersihan tempat usaha Anda serta berbagai keperluan katering Anda.

Selain terkait peralatan katering dan tentunya masakan katering, Anda juga harus senantiasa ramah dan murah senyum kepada pelanggan katering Anda. Hal ini tentu dapat menyenangkan para pelangan Anda dan bisa membuat mereka akan selalu kembali memesan makanan pada Anda.

Agar lebih sukses lagi dalam menjalankan usaha bisnis kateriang harian Anda, ada baiknya agar Anda memberikan diskon khsusu bagi pelanggan yang dengan setia membeli masakan Anda. Dengan demikian, para pelanggan katering Anda tidak akan lari kepada pengusaha katering lainnya.

19. Peluang usaha pencucian motor

usaha rumahan cucian motor
usaha rumahan cucian motor

Gagasan peluang usaha berikutnya yang patut Anda coba ialah peluang usaha pencucian kendaraan bermotor. Hal ini berangkat dari betapa mudahnya kredit sepeda motor di sebagian besar dealer Indonesia. Menjamurnya keberadaan motor membuat peluang usaha tersebut terbilang cukup menjanjikan.

Peluang usaha pencucian motor yang Anda jalankan juga bisa semakin berkembang apabila Anda tinggal di wilayah kos maupun kontrakan yang kebanyakan para penghuni kos adalah mahasiswa dan pekerja kantoran. Bisa dipastikan Anda akan kebanjiran antrian setiap harinya ketika membukan usaha pencucian motor tersebut.

Untuk menjalankan usaha atau bisnis di rumahan berupa tempat pencucian motor, Anda bisa memulainya dengan menyiapkan setidaknya 2 kompresor. Tidak harus kompresor baru, Anda bisa membeli kompresor yang second atau bekas.

Jika dikalkulasikan apabila rata-rata biaya pencucian motor adalah 10 ribu rupiah per unitnya dan jika pelanggan berjumlah 10 orang maka dalam satu bulan saja Anda sudah bisa mendapatkan omset jutaan rupiah.

Apabila usaha atau bisnis rumaha berupa tempat pencucian motor tersebut semakin ramai, maka Anda bisa menggandeng teman-teman Anda untuk bekerjasama dalam menjalankan bisnis pencucian motor tersebut.

 

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil & Tips Menjalankannya

 

20. Peluang usaha budidaya ikan hias

bisnis rumahan jual ikan hias
bisnis rumahan jual ikan hias

Opsi peluang usaha atau bisnis di rumahan yang dapat Anda jadikan sebagai ide bisnis Anda ialah budidaya ikan hias. Tahukah Anda bahwa kisaran harga ikan hias di luar sana bisa di luar logika. Salah satunya adalah ikan louhan atau ikan yang dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan. Harga satu ikan tersebut bisa mencapai kisaran ratusan juta rupiah. Luar biasa sekali, bukan?

Budidaya ikan hias bisa menjadi usaha atau bisnis di rumahan yang sangat menjanjikan apabila Anda menjalankan usaha tersebut dengan sepenuh hati. Jika Anda ingin melakukan bisnis budidaya ikan hias, maka ada baiknya Anda mencari ikan hias yang memiliki harga jual cukup tinggi seperti halnya ikan gupy, ikan louhan, ikan mas koki dan ikan dicus.

Akan tetapi, jika Anda belum memiliki modal cukup banyak untuk berbisnis budidaya ikan hias dengan harga yang tinggi tersebut ada baiknya Anda memulainya dengan budidaya ikan hias seperti ikan cupang. Ikan cupan merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak dicari karena memiliki tampilan yang amat cantik serta memiliki harga jual yang terbilang cukup tinggi juga.

Untuk memulai bisnis budidaya ikan hias, Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 10 akuarium beserta perlengkapannya. Jangan lupa untuk menyiapkan makanan bagi ikan-ikan Anda agar dapat tumbuh dengan baik dan tentunya mampu memikat banyak pembeli.

21. Peluang usaha jasa service peralatan elektornik

usaha rumahan servis motor
usaha rumahan servis motor

Bagi Anda yang memiliki keterampilan di bidang perbaikan peralatan elektronik maka peluang usaha jasa service peralatan elektronik merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Jasa service peralatan elektronik merupakan salah satu jasa yang paling banyak dibutuhkan banyak orang. Hal ini karena tidak semua orang bisa melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi pada peralatan elektronik mereka.

Pekerjaan satu ini merupakan pekerjaan yang sangat cocok bagi Anda khususnya yang menggemari elektronika serta paham dengan dunia tersebut. Terutama bagi Anda yang merupakan lulusan teknik elektronika, maka pekerjaan satu ini merupakan sebuah hal yang mudah bagi Anda.

Semakin berat kerusakan peralatan elektronik yang Anda perbaiki, maka semakin besar pula upah jasa yang Anda berikan tersebut.

22. Peluang usaha air minum isi ulang

usaha rumahan galon isi ulang
usaha rumahan galon isi ulang

Gagasan usaha atau bisnis di rumahan berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuka usaha air minum isi ulang. Ide bisnis satu ini bisa dikatakan sebagai ide bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi tren masyarakat saati ini yang cenderung menyukai segala hal yang berbau praktis. Tidak heran apabila banyak masyarakat yang membutuhkan air minum isi ulang.

Peluang usaha atau bisnis air minum isi ulang merupakan salah satu peluang bisnis yang bagus Anda buka di lingkungan sekolah hingga perumahan padat penduduk lainnya. Untuk mempromosikan usaha air minum isi ulang tersebut, maka ada baiknya Anda menyebarkan pamflet maupun mengiklankannya di media sosial Anda.

Adapun omset yang dapat Anda peroleh dari usaha air minum isi ulang ini bisa mencapai kisaran jutaan rupiah. Lantas, sudah cukup berminatkah Anda dengan usaha air minum isi ulang tersebut?

23. Peluang usaha jasa salon

usaha salon rumahan
usaha salon rumahan

Ide usaha atau bisnis berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuka jasa salon. Tentu akan banyak orang yang mendatangi salon untuk keperluan potong rambut, smoothing, curly hingga totok wajah. Bagi Anda yang memiliki keterampilan di bidang salon tentu akan sangat mudah dalam membuka usaha tersebut.

Anda juga bisa menggandeng teman-teman Anda yang memiliki keterampilan di bidang make up untuk bekerjasama dalam usaha salon Anda. Dengan menyediakan layanan make up tentu akan membuat salon Anda semakin ramai pengunjung.

Bagi Anda yang tinggal di daerah padat penduduk, pilihan membuka usaha salon merupakan pilihan yang tepat karena tentunya akan banyak sekali pengunjung yang berdatangan ke salon Anda.

24. Peluang usaha pertamini

usaha pertamini
usaha pertamini

Peluang usaha berikutnya yang bisa Anda terapkan di rumah ialah dengan membuka usaha pertamini di depan rumah Anda. Pertamini adalah versi mini dari pom bensin. Peluang usaha ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang bermukim di pinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan serta terbilang cukup jauh dari pertamina.

Target bisnis Anda tentu saja adalah orang-orang yang sedang melintas di depan rumah Anda yang tengah mengalami habis bensin. Adapun keuntungan dari peluang usaha petamini bisa mencapai ksiaran jutaan rupiah per bulannya.

25. Peluang usaha roti bakar

usaha roti bakar
usaha roti bakar

Peluang usaha roti bakar terbilang cukup menarik bagi Anda terutama yang gemar berbisnis di bidang kuliner. Roti bakar adalah kuliner sejuta umat yang sangat laris manis dijual pada malam hari. Akan sangat bagus lagi apabila Anda membuka usaha roti bakar di tempat yang belum memiliki banyak pesaing.

Untuk semakin menarik minat pembeli, Anda bia mengkreasikan roti bakar Anda dengan berbagai macam toping kekinian seperti matcha dan green tea. Dengan varian rasa yang berlimpah, tentu akan menarik minat banyak orang untuk mencicipi kelezatan roti bakar buatan Anda. Usaha rumahan roti bakar akan memberikan omset jutaan rupiah bagi Anda setiap bulannya. Penasar? Silahkan mencoba!