15 Ide Undangan Pernikahan Kekinian, Unik dan Antimainstream

11 min read

6. undangan pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat sakral sehingga harus dipersiapkan secara matang. Salah satu persiapan dalam pernikahan yang harus diperhatikan dengan matang yaitu mempersiapkanundangan pernikahan. Pasalnya, pada undangan menyangkup berbagai macam informasi mulai dari tanggal, tempat dan pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Undangan untuk pernikahan juga di desain sedemikian rupa sehingga memiliki sisi menarik. Ada banyak sekali konsep undangan untuk pernikahan dengan model yang disesuaikan dengan konsep pernikahan.

Semakin berkembangnya suatu jaman, undangan untuk pernikahan semakin bervariasi. Variasi undangan juga bisa disesuaikan dengan konsep pada pernikahan. Mulai dari undangan yang unik, undangan modern, vintage hingga berbagai macam desain. Semakin unik desain undangan, semakin menarik untuk momen yang sakral tersebut.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, berikut ini adalah beberapa konsep dan desain undangan yang telah Jurnal Manajemen rangkum. Contoh undangan di bawah ini merupakan konsep undangan yang bisa menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Konsep dan Desain Undangan Pernikahan Unik Antimainstream

Mencari konsep undangan pernikahan memang sama susahnya dengan mencari konsep pernikahan. Pasalnya, kedua hal tersebut sudah menjadi satu paket. Konsep pernikahan dan konsep undangan untuk pernikahan bisa menjadi satu kesatuan. Bagi para generasi millennial maupun generasi masa kini, memiliki konsep pernikahan yang unik dan antimainstream menjadi salah satu hal yang sangat diidam-idamkan. Bagi Anda yang sedang mencari konsep atau desain pernikahan, Anda bisa memulai dengan mencari desain undangan untuk pernikahan.

  1. Undangan Pernikahan Unik

Setiap orang tentu menginginkan momen sakralnya berbeda dengan yang lainnya. Misalnya saja pada beberapa orang yang ingin membuat konsep undangan untuk pernikahan dengan desain yang sangat unik. Konsep undangan untuk pernikahan yang unik bisa didesain sedemikian rupa. Anda bisa membuat desain undangan untuk pernikahan yang berbentuk kepingan CD. Bagi Anda yang memiliki konsep pernikahan unik dan modern, undangan berbentuk kepingan CD bisa menjadi salah satu contoh desain undangan untuk pernikahan yang unik. Biasanya, konsep

6. undangan pernikahan 1
6. undangan pernikahan 1

berbentuk kotak dengan desain tulisan berupa informasi mengenai pernikahan tersebut. Namun, konsep undangan berbentuk kepingan CD masih sangat jarang untuk diterapkan di Indonesia. Sehingga konsep undangan yang satu ini cukup antimainstream. Konsep undangan ini bisa digunakan untuk para generasi muda yang hendak melangsungkan pernikahan dengan konsep yang unik.

Selain berbentuk kepingan CD, contoh konsep undangan pernikahan unik yang lainnya yaitu berbentu dream catcher. Konsep ini sangat berbeda dengan konsep-konsep yang lainnya. Konsep dream catcher bisa di desain dengan bentuk bulat yang berisikan tanggal, waktu dan informasi pernikahan. Selain itu, pada bagian bawah terdapat aksen-aksen hiasan yang mempermanis tampilan undangan. Undangan untuk pernikahan dnegan konsep dream catcher menjadi salah satu contoh undangan yang tidak biasa. Hiasan pada bagian bawah undangan bisa dihias dengan bentuk bulu ataupun menggunakan renda-renda. Sehingga undangan makin terlihat lebih unik dan berbeda.

  1. Harga Undangan Pernikahan

Selain memperhatikan konsep undangan untuk pernikahan, harga undangan juga harus diperhatikan. Harga undangan biasanya dibanderol dengan tariff yang cukup beragam. Anda bisa memilih harga undangan yang murah hingga yang mahal. Harganya ini juga disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Harga undangan untuk soft cover misalnya. Harga undangan yang terbuat dari soft cover tanpa adanya laminasi biasanya dibanderl dengan harga 3000,- rupiah per pcsnya. Sedangkan harga undangan soft cover yang dilapisi laminasi hanya berbeda 500 rupiah per pcsnya. Undangan juga ada yang terbuat dari bahan yang cukup keras dengan harga dua kali lipat dari soft cover laminasi. Harga undangan hard cover dibanderol dengan tariff Rp 7.500,- per pcsnya. Harga tersebut bukanlah harga yang tetap karena harga di tiap daerah maupun tiap tempat percetakan bisa berbeda-beda. Selain tergantung dari tempat pembuatannya, harga tersebut juga bisa berubah saat adanya pemesanan minimal 1000 pcs.

  1. Desain Undangan Pernikahan

Desain pernikahan yang unik dan menarik tidak hanya bisa membuat undangan menjadi berbeda saja tetapi desain undangan yang menarik bisa membuat momen sakral ini menjadi lebih unik dan lain dari biasanya. Contoh desain undangan yang cukup berbeda dengan biasanya yaitu desain undangan maple card. Sepintas, undangan maple card hampir sama dengan undangan pada umumnya yang mana  menggunakan amplop dan secarik kertas layaknya surat. Namun, pada undangan maple card di desain lebih anggun dengan hiasan penuh dengan bunga.

6. undangan pernikahan 3
6. undangan pernikahan 3
  1. Kartu undangan Pernikahan

Undangan pernikahan berbentuk kartu merupakan salah satu konsep undangan yang cukup simple. Undangan yang di desain kartu cukup sederhana karena tidak membutuhkan banyak kertas. Konsep kartu undangan yang modern bisa di desain dengan sederhana. Contohnya desain kartu undangan untuk pernikahan menggunakan mika. Desain kartu undangan yang menggunakan bahan mika sangatlah jarang untuk ditemui. Mika ini bisa dibentuk lembaran yang kemudian di sablon untuk menuliskan informasi pernikahannya. Desain kartu undangan menggunakan mika juga bisa menggunakan amplop maupun tidak menggunakan amplop.

6. undangan pernikahan 4
6. undangan pernikahan 4
  1. Undangan Pernikahan Murah

Bagi Anda yang sedang mencari konsep atau ide untuk membuat undangan pernikahan yang low budget, Anda bisa mencari undangan untuk pernikahan dengan harga bahan yang murah. Anda bisa menggunakan desain undangan yang umum digunakan oleh masyarakat. Biasanya undangan yang dibanderol harga murah menggunakan desain yang sederhana dan bahan soft cover. Bahan soft cover memang dibanderol dengan harga yang cukup murah. Bahan soft cover umumnya dijual dengan harga dibawah 5000 rupiah untuk pemesanan undangan dibawah 1000 pcs. Selain menggunakan soft cover, bahan hard cover juga cukup murah dengan desain sekali jadi. Bahan hard cover selain terlihat lebih bagus, ada beberapa bahan hard cover yang di banderol dengan harga yang cukup murah.

6. undangan pernikahan 5
6. undangan pernikahan 5
  1. Undangan Pernikahan Unik

Membuat undangan pernikahan dnegan desain yang sangat berbeda, unik dan lain dai biasanya sangatlah mudah saat ini. Selain menggunakan jenis undangan seperti di atas, masih ada banyak sekali jenis-jenis undangan unik lainnya yang bisa Anda contoh. Contoh undangan yang pertama yaitu undangan untuk pernikahan post card. Post card atau kartu pos merupakan kartu yang digunakan untuk bertukar pengalaman saat berada di suatu negara. Undangan dengan bentuk yang unik layaknya postcard cukup unik sehingga contoh undangan yang satu ini cukup berbeda.

6. undangan pernikahan 6
6. undangan pernikahan 6

Selain membuat undangan pernikahan dengan bentuk layaknya post card, bagi seseorang yang menyukai hal-hal vintage, konsep undangan untuk pernikahan vintage bisa menjadi salah satu contoh undangan yang cukup berbeda. Salah satu konsep undangan yang didesain untuk pernikahan besok yaitu vintage floral. Desainnya yang kuno ditambah dengan aneka macam aksen bunga pada setiap undangannya membuat desain vintage yang satu ini tidak terlalu kuno. Undangan untuk pernikahan dengan konsep vintage bisa digunakan untuk millennial yang menyukai hal-hal kuno serta berbau etnik.

  1. Harga Undangan Pernikahan

Banyaknya pasangan yang menikah membuat beberapa orang memutuskan untuk membuat bisnis jasa pembuatan undangan untuk pernikahan. Membuat kartu undangan juga tidak perlu dilakukan secara offline. Perkembangan jaman yang sudah semakin canggih membuat semua orang bisa membuat undangan secara online. Ada banyak sekali jasa pembuatan undangan untuk pernikahan secara online. Membuat undangan secara online juga sama saja dengan offline, justru jasa pembuatan secara online bisa memudahkan siapa saja terutama bagi orang-orang yang memiliki agenda cukup padat. Membuat undangan pernikahan secara online bisa dilakukan dengan memberikan data-data atau informasi terkait pernikahannya.

Data-data yang harus ada di dalam undangan yaitu nama pasangan pengantin, nama mempelai pria dan wanita, nama orang tua mempelai, tanggal, waktu dan tempat yang digunakan untuk menikah, akad nikah serta resepsi pernikahannya juga harus disebutkan. Harga desain undangan yang dibuat secara online biasanya lebih murah tergantung dengan penawaran si pembuatnya. Bahkan, tak jarang ada beberapa percetakan atau jasa pembuatan undangan online menawarkan harga mulai dari Rp 500,- per pcsnya. Namun, harga tersebut merupakan harga produksi saja dan belum termasuk harga untuk ongkos kirim undangannya. Harga tersebut juga bisa disesuaikan dengan jumlah pemesanan undangan. Harga bisa berubah-ubah sewaktu-waktu sehingga harga tersebut bukanlah harga yang paten.

  1. Desain Undangan Pernikahan

Hari pernikahan selain menjadi salah satu momen yang sakral juga menjadi momen yang paling istimewa. Sehingga semuanya harus dipersiapkan secara matang mulai dari dekorasi, konsep pernikahan hingga membuat desain undangan untuk pernikahan itu sendiri. Salah satu desain undangan pernikahan dengan konsep millennial yaitu menggunakan efek pop up. Efek pop up adalah efek yang menciptakan dimensi suatu gambar sehingga terlihat 3D. Desain undangan yang satu ini banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Pasalnya, desain undangan ini selain menciptakan kesan mewah juga cukup berbeda dengan desain-desain undangan pada umumnya.

6. undangan pernikahan 8
6. undangan pernikahan 8

Desain undangan yang unik lainnya yaitu dengan berbentuk piringan hitam. Undangan yang di desain secara apik ini merupakan salah satu undangan yang didesain oleh The Distillery. Undangan ini pada awalnya ditujukan untuk mengundang para maestro serta para desainer-desainer kondang sehingga dibuat secara apik dan unik. Desain undangan event ini bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk pernikahan Anda. Sehingga selain terlihat lebih ciamik, undangan ini juga terlihat lebih modern. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki pernikahan dengan konsep yang modern.

  1. Kartu Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan yang di desain berbentuk kartu juga bisa menjadi salah satu ide untuk momen istimewa Anda. Kartu undangan yang satu ini bisa didesain dengan unik. Contohnya yaitu dengan menggunakan desain kartu undangan yang di dominasi warna putih. Momen pernikahan merupakan salah satu momen yang paling dianggap sakral serta istimewa. Sakral dan suci banyak diidentikkan dengan warna putih. Undangan yang didesain sederhana serta di dominasi warna putih bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda yang sedang mencari ide untuk membuat undangan. Membuat undangan yang unik tidak harus menggunakan desain yang mewah. Desain yang sederhana dengan perpaduan warna putih dan merah muda bisa memberikan kesan elegan. Untuk menambahkan kesan istimewa, Anda juga bisa menambahkan foto Anda Bersama pasangan saat prewedding. Sehingga undangan Anda menjadi lebih menarik dan istimewa.

6. undangan pernikahan 9
6. undangan pernikahan 9

Kartu undangan yang di desain amplop juga bisa menjadi referensi untuk Anda. Desain amplop memang cukup jarang untuk digunakan. Pada desain ini bisa digunakan untuk Anda yang menggunakan konsep pernikahan jadul atau vintage. Desain kartu undangan mirip amplop ini bisa juga ditambahkan perangko pada bagian ujung atas kartu undangan. Desain perangko ini sendiri bisa di desain menggunakan foto prewedding. Sehingga undangan Anda menjadi lebih unik dan berbeda.

Selain menggunakan desain kartu undangan yang berbentuk amplop, Anda juga bisa membuat kartu undangan dengan desain wayang. Desain kartu undangan wayang ini sudah pernah digunakan oleh anak dari Presiden Indonesia, Joko Widodo. Desain ini sanagt cocok untuk Anda yang menggunakan tema atau konsep pernikahan adat yang cukup kental. Anda bisa menggunakan gambar gunungan dan wayang pada kartu undangan Anda. Selain lebih terlihat vintage, desain kartu undangan yang satu ini sangat kental akan ciri khas budaya Jawa Tengah. Sehingga momen pernikahan bisa terlihat etnik.

  1. Undangan Pernikahan Murah

Saat mempersiapkan pernikahan, tidak hanya mempersiapkan undangan dan konsep pernikahan yang matang, mempersiapkan pernikahan yang sesuai budget juga sangat penting. Salah satunya yaitu mempersiapkan undangan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda bisa menggunakan konsep undangan karikatur. Konsep undangan karikatur selain sangat mudah untuk dibuat, undangan yang satu ini juga bisa memberikan kesan unik serta lucu. Undangan pernikahan dengan desain karikatur bisa menggunakan foto prewedding Anda dan pasangan sehingga undangan Anda terkesan lebih bervariasi.

6. undangan pernikahan 10
6. undangan pernikahan 10

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan kartu undangan dengan budget yang terjangkau, Anda bisa menggunakan tema kartu tanda pernikahan atau KTP. Undangan yang berbentuk KTP ini masih sangat jarang sekali digunakan sehingga bisa menjadi salah satu undangan pernikahan dengan konsep unik, kreatif, kekinian dan antimainstream.

Selain menggunakan desain KTP atau Kartu Tanda Pernikahan, undangan dengan desain SIM atau Surat Ijin Menikah juga bisa menjadi salah satu ide yang antimainstream. Undangan yang didesain menyerupai SIM dengan mencantumkan berbagai macam informasi seperti adanya pasangan yang menikah, akad dan resepsi akan memberikan kesan unik dan sederhana. Pada kartu undangan SIM dan KTP, Anda bisa menggunakan jenis kertas yang cukup tebal atau Hard Cover dengan ukuran sesuai dengan selera Anda.

  1. Contoh Undangan Pernikahan dan Harganya

Bagi Anda yang sedang mencari ide untuk membuat undangan pernikahan sekaligus mencari tahu harga untuk membuat undangan tersebut, Anda bisa mencari konsep dan desain undangan tersebut. Harga undangan untuk pernikahan di tiap desain dan konsep biasanya berbeda-beda.

Harga undangan selain dibedakan dari desain, jumlah dan bahan kertas yang digunakan juga mempengaruhi harga undangan tersebut. Misalnya saja bagi Anda yang ingin membuat desain undangan dengan desain yang unik dan terbuat dari bahan kertas kraft yang cukup tebal biasanya dibanderol dengan harga Rp 1.800 per pcsnya.

Selain pada undangan dengan desain unik berbahan kertas kraft, adapula beberapa desain undangan yang dicetak menggunakan bahan soft cover. Pada undangan yang dicetak menggunakan bahan yang tipis serta dilaminasi biasanya dibanderol dengan harga kisaran Rp 3.000. Harga tersebut memang cukup murah karena dicetak menggunakan jenis kertas ivory atau art carton.

6. undangan pernikahan 11
6. undangan pernikahan 11

Selain undangan dengan desain yang sederhana, Anda juga bisa membuat undangan yang memiliki fungsi lain. Undangan beserta kalender bisa menjadi salah satu contoh undangan untuk pernikahan yang sangat unik. Undangan dan kalender ini bisa Anda pesan dengan merogoh kocek sekitar Rp 3.900. Dengan mengeluarkan kocek tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan undangan dengan model kalender.

Undangan ini terdiri daria empat lembar dengan model undangan dan kalender duduk. Selain itu, pada kalender ini juga diberikan finishing berupa penambahan binding spiral pada bagian atas yang terdiri dari 6 lubang. Sehingga undangan Anda terlihat lebih multifungsi dibandingkan undangan yang lainnya.

  1. Contoh Undangan Pernikahan Unik

Mencari ide undangan untuk pernikahan memang susah-susah gampang. Mencari contoh desain undangan bisa Anda cari di berbagai situs di internet. Bagi Anda yang ingin mencari desain undangan yang cukup sederhana dan dibanderol dengan harga yang murah, Anda bisa membuat undangan lipat dengan bentuk yang minimalis. Selain desainnya sederhana, undangan lipat yang minimalis juga terlihat lebih anggun dan elegan. Biasanya, undangan minimalis dicetak menggunakan jenis kertas ivory atau art carton. Jenis kertas ini juga dicetak dengan ditambahkan laminasi doff di dua muka.

6. undangan pernikahan 12
6. undangan pernikahan 12

Contoh undangan lainnya yang bisa menjadi referensi untuk konsep pernikahan Anda yaitu menggunakan desain pop up. Desain pop up merupakan salah satu desain yang cukup kekinian. Desain pop up ini bisa didesain menggunakan berbentuk jas dan dicetak menggunakan bahan soft cover. Pada bagian cover, kertas yang digunakan yaitu jenis kertas artcarton yang dibentuk jas. Sedangkan pada bagian isi dicetak menggunakan kertas jasmine putih. Pada bagian isi akan diberikan hiasan berupa pita satin sehingga model undangannya terlihat seperti jas atau tuxedo.

  1. Contoh Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Bagi Anda yang ingin membuat undangan untuk pernikahan dengan konsep yang sederhana, undangan dengan pemilihan warna yang kontras bisa menjadi satu referensi untuk Anda. Anda bisa membuat undangan yang simple namun tetap elegan. Misalnya, undangan dengan perpaduan warna hitam dan gold. Meskipun desain undangan yang cukup sederhana atau simple, undangan dengan perpaduan warna tersebut bisa terlihat lebih mewah, elegan dan lebih berkelas. Perpaduan warna hitam dan gold juga bisa digunakan untuk Anda yang memilih konsep pernikahan ala era 90-an. Konsep vintage nan berkelas ini bisa menjadi salah satu konsep pernikahan yang cukup jarang digunakan saat-saat ini. Pasalnya, semakin modern jaman, seseorang menginginkan konsep pernikahan yang modern pula.

6. undangan pernikahan 13
6. undangan pernikahan 13

Desain undangan pernikahan yang simpel juga bisa dibuat dengan menggunakan konsep kado. Konsep undangan kado sangatlah mudah untuk dibuat. Pasalnya, undangan nanti disajikan dalam bentuk lembaran yang berisikan informasi mengenai pernikahan Anda. Kemudian, lembaran undangan tersebut dilipat menjadi bentuk yang cukup kecil yang nantinya akan dibungkus menggunakan kertas kraft. Desain undangan kado yang satu ini terdiri dari peta serta informasi pernikahan. Setelah dibungkus, undangan diikat menggunakan tali sehingga terlihat lebih kece. Untuk membuat undangan yang satu ini menjadi lebih menarik, Anda bisa menggunakan corak warna yang berbeda-beda disetiap lapisnya.

Contoh undangan yang elegan lainnya yaitu menggunakan warna pop merah muda. Warna ini termasuk sebagai warna yang cukup menarik untuk digunakan sebagai warna undangan. Warna undangan menggunakan warna merah muda bisa divariasikan menggunakan warna yang lebih terang. Sehingga warna yang dihasilkan terlihat cukup kontras. Warna yang kontras bisa memberikan efek antusias dan menarik.

  1. Contoh Undangan Pernikahan Sederhana

Undangan untuk pernikahan yang sederhana memang banyak dicari oleh beberapa calon pasangan yang menginginkan konsep pernikahan sederhana dan tidak ribet. Mencari konsep atau desain undangan yang sederhana memang cukup banyak. Namun, mencari undangan yang sederhana serta memiliki desain yang unik tidaklah mudah. Contoh undangan pernikahan sederhana namun unik yaitu dengan membuat model kipas. Undangan model kipas memang terlihat sederhana. Namun, undangan model ini sangatlah unik serta memiliki manfaat lain. Undangan model kipas juga bisa digunakan sebagai salah satu souvenir yang menarik serta berbeda dari undangan pada umumnya.

6. undangan pernikahan 14
6. undangan pernikahan 14

Undangan untuk pernikahan dengan konsep yang sederhana serta minimalis lainnya yaitu dengan membuat undangan menggunakan perpaduan kertas putih dan kertas coklat. Anda bisa menggunakan kertas putih sebagai isi dimana memberikan berbagai macam informasi mengenai pernikahan Anda. Sedangkan kertas warna coklat bisa digunakan sebagai amplop. Biasanya, undangan ini dicetak menggunakan kertas hard cover sehingga cukup bagus. Untuk mempercantik tampilan undangan, Anda juga bisa menambahkan tali coklat pada amplop sehingga undangan terlihat lebih elegan.

  1. Contoh Undangan Pernikahan Islami

Saat ini, terdapat banyak sekali contoh undangan pernikahan islami yang populer di awal tahun 2019. Contoh surat undangan untuk pernikahan dengan konsep islami yaitu dengan adanya penambahan tulisan kaligrafi pada isi undangan. Penambahan tulisan kaligrafi ini bisa berupa kalimat pembuka berupa basmallah atau salam pada undangan. Selain itu, pada undangan yang dikonsep islami juga bisa ditambahkan do’a-do’a atas tercapainya penikahan Anda. Tak hanya itu saja, konsep islami yang sering ada pada undangan yaitu adanya penambahan penggalan ayat suci Al-Qur’an. Penggalan ayat suci Al-Qur’an banyak digunakan diberbagai undangan yang memiliki konsep islami.

6. undangan pernikahan 15
6. undangan pernikahan 15

Desain undangan untuk pernikahan islami juga ada yang ditambahkan paper cutting. Aksen paper cutting ini selain bisa mempercantik undangan sehingga tidak terlihat terlalu polos juga bisa memperindah tampilan undangan. Undangan pernikahan islami tidak melulu identic dengan kaligrafi dan seni Arab lainnya. Perpaduan budaya Islam dan budaya luar seperti bahas juga bisa diterapkan pada undangan yang satu ini. Meskipun secara keseluruhan dikonsep Islam, undangan Anda juga bisa diberikan variasi berupa bahasa Inggris seperti menambahkan kata-kata “we are inviting you”. Penggunaan bahasa Inggris pada undangan Islami bisa membuat undangan tersebut terlihat lebih menarik.

Kreasikan Undanganmu !!!

Nah, itulah beberapa contoh dan desain undangan untuk pernikahan yang bisa menjadi referensi Anda. Undangan tidak hanya digunakan sebagai salah satu media informasi yang memberitahukan kepada para undangan mengenai acara istimewa Anda saja tetapi ada banyak sekali manfaat yang ada pada undangan.

Pada undangan yang di desain lebih kece, unik dan menarik juga bisa memikat para tamu undangan untuk menghadiri acara tersebut. Undangan juga bisa digunakan sebagai salah satu pengingat untuk para tamu undangan. Sehingga tamu undangan bisa menghadiri acara Anda tepat waktu. Undangan yang dibuat dengan konsep yang menarik bahkan memiliki fungsi yang lain seperti dibentuk kipas maupun kalender bisa membuat undangan tersebut menjadi lebih fungsional. Momen yang berharga memang harus dibuat dan dikonsep lebih istimewa. Selain dari konsep pernikahan dan dekorasi di acara nikahan, konsep serta desain undangan pernikahan juga turut menjadi salah satu cara membuat momen sakral nan berharga Anda menjadi lebih berwarna.