21 Umpan Ikan Lele Harian Paling Jitu dan Cara Membuatnya

9 min read

umpan ikan lele

Ikan lele merupakan ikan yang mengandung banyak sekali manfaat dan gizi. Banyak sekali orang yang tertarik dengan ikan ini baik untuk dikonsumsi ataupun sebagai lahan bisnis. Selain karena manfaat ikan lele, orang-orang yang hobi memancing juga banyak sekali yang tertarik memancing ikan berkumis ini. Namun karena banyaknya jenis dan habitat lele, tentu juga dibutuhkan berbagai jenis umpan ikan lele.

Mungkin bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam hal memancing tentu sudah fasih sekali dengan cara memancing ikan lele ini baik dari jenis lele, umpannya, dan juga habitatnya. Namun bagi Anda yang baru ingin dan belajar memancing tidak perlu bingung untuk belajar. Berikut ini Jurnal Manajemen bagikan informasi mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui bagi Anda yang masih belajar memancing :

mancing ikan lele
mancing ikan lele | source : midwestoutdoors.com

Manfaat Memancing

  1. Olah Raga

Memancing mungkin sering dianggap sebagai kegiatan yang tidak memiliki aspek olahraga. Namun sebenarnya ketika memancing juga diperlukan kondisi tubuh yang prima dan juga kesehatan badan yang fit. Memang benar memancing bukan termasuk dalam olahraga berat yang dapat membakar kalori, namun setidaknya dengan memancing bisa meningkatkan konsentrasi dan juga ketahanan Anda.

  1. Minim Risiko Cedera

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa memancing bukanlah merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan aktivitas otot yang berat. Dengan kenyataan tersebut tentu membuat kegiatan memancing ini sangat minim mengalami cedera. Meskipun begitu, setidaknya dengan memancing Anda dapat menggerakkan anggota badan ketika menarik ikan dan berpindah lokasi memancing.

  1. Refreshing

Manfaat memancing berikutnya adalah untuk refreshing. Tentu bagi Anda yang setiap harinya dihadapkan dengan berbagai macam aktivitas yang berat sangat membutuhkan relaksasi. Dengan memancing di tempat yang asri, tenang, dan juga rindang tentu secara tidak langsung dapat menenangkan hati dan pikiran Anda menjadi fresh kembali.

  1. Menyenangkan

Mungkin bagi sebagian orang, kegiatan memancing merupakan kegiatan yang membosankan. Namun bagi orang yang benar-benar menyukainya, memancing merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Tentu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat menyehatkan badan dan juga mental Anda agar tetap stabil dan juga terjaga.

 

Baca Juga : Pedoman Lengkap Budidaya Ikan Lele Menguntungkan

 

Tips Memancing Bagi Pemula

  1. Mata dan benang pancing

Tips pertama adalah terkait dengan mata dan benang pancing. Pilihlah kail yang berukuran 8 sampai dengan 10 atau disesuaikan dengan kondisi target. Kemudian kaitkan 2 sampai 3 kail pada benang pancing Anda yang memiliki kekuatan untuk menarik ikan 3 kg. Warna benang yang digunakan sebaiknya warna yang gelap dan juga gunakanlah pelampung yang tinggi agar mudah diamati dari jauh.

  1. Lokasi

Dalam memancing, salah satu hal yang menentukan adalah lokasi. Carilah lokasi yang memiliki galian tanah pemancingan yang dalam. Hal tersebut karena ikan lele cenderung menghampiri bagian kolam yang memiliki galian yang dalam. Jika terdapat lokasi kosong di kolam satu sisi dengan keramba maka lele cenderung mendekatinya.

Sedangkan pada saat siang hari, Anda dapat mencari posisi yang lebih teduh. Perhatikanlah bagian pinggir kolam tersebut apakah terdapat lubang di pinggirnya. Dengan adanya lubang di bagian pinggir sisi kolam merupakan tanda bahwa ikan lele bersembunyi di tempat tersebut. Hal itu dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan tangkapan lele yang banyak.

  1. Selera Makan Yang berubah-ubah

Salah satu dari sifat yang dimiliki oleh ikan lele adalah selera makannya yang sering berubah-ubah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan umpan yang lebih dari 2 macam. Dengan begitu Anda dapat memvariasikan umpan Anda agar umpan dimakan oleh si ikan lele. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan kail ukuran 8-10 sebanyak 2 pada benang pancing Anda.

  1. Benang Pancing sering ditabrak

Salah satu sifat lele selain dengan selera makannya yang sering berubah adalah sering menabrakkan diri pada umpan Anda. Pada umumya ikan lele yang sudah kenyang ataupun tidak memiliki nafsu makan, ikan tersebut akan cenderung hanya bergerak melewati umpan Anda dan tidak melahapnya. Pada keadaan seperti ini Anda dapat menarik pancing Anda dengan harapan si ikan lele tersebut dapat tersangkut.

Umpan Ikan Lele Pada Siang Hari

Meskipun ikan lele merupakan hewan nokturnal tetapi ikan ini tetap bisa dipancing pada siang hari. Umpan yang digunakan dalam memancing ikan lele di malam hari dan juga di siang hari tentunya terdapat perbedaan. Spot yang biasa digunakan dalam memancing lele siang hari adalah sungai, kolam, bendungan dan sejenisnya. Berikut ini merupakan umpan ikan lele liar atau lele pemancingan di siang hari.

  1. Umpan Cacing Sutra

umpan lele cacing sutra
contoh umpan lele cacing sutra | source : umpanmancing.net

Umpan pertama yang bisa Anda gunakan adalah cacing sutra. Hewan yang satu ini merupakan jenis cacing yang biasa digunakan sebagai pakan ikan lele yang berumur 1-3 minggu. Namun ternyata umpan ini juga merupakan umpan ikan lele jitu untuk memancing di siang hari. Hal itulah yang membuat cacing sutra ini menjadi umpan yang ampuh asalkan takarannya pas.

Untuk membuat umpan cacing sutra ini dibutuhkan bahan-bahan seperti satu butir telur bebek, pelet udang, bubuk garlic setengah sendok teh, vanili setengah sendok teh, essen aquatic 5 cc, dan yang terakhir adalah cacing sutra. Cara pembuatannya Anda tinggal mencampur satu genggam cacing sutra dengan semua bahan tadi. 

Untuk mengantisipasi selera lele yang sering berubah-ubah, Anda bisa menambahkan variasi bahan seperti serangga laron, jangkrik, dan sebagainya. Pada umumnya para pemancing memang tidak mencampurkan serangga ke dalam umpannya, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tidak ada salahnya mencampurkan serangga ke dalam campuran umpan jitu ikan lele. 

  1. Umpan Daging Sapi

Umpan berikutnya adalah dengan menggunakan umpan campuran daging sapi. Bahan yang diperlukan adalah daging sapi yang telah digiling dan juga essen aquatic. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan daging sapi dengan essen aquatic. Umpan ini merupakan umpan sederhana akan tetapi dengan aroma amis daging membuat umpan ini menjadi umpan ikan lele paling jitu di siang hari.

Umpan Ikan Lele Malam Hari

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan nokturnal. Ikan nokturnal merupakan ikan yang lebih aktif pada malam hari, sedangkan pada siang hari lebih cenderung bersembunyi di tempat atau bagian yang redup di kolam ataupun sungai. Hal tersebut tentu juga berpengaruh terhadap jenis umpan yang digunakan memancing. Berikut ini merupakan umpan lele jitu untuk memancing ikan lele di malam hari.

  1. Belut bakar dan ataupun belut kukus.

Cara untuk membuat belut ini sebenarnya tidak begitu susah. Yang perlu Anda siapkan hanyalah belut ukuran apapun. Langkah berikutnya adalah Anda bisa mengukusnya ataupun membakar belut tersebut. Setelah belut dibakar atau dikukus, Anda dapat memisahkan daging dan tulang belut. Kemudian iris kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 2 cm.

  1. Berbagai macam cacing.

Seperti diketahui cacing merupakan salah satu makanan kesukaan dari ikan lele. Memancing dengan menggunakan umpan cacing merupakan cara yang paling umum dilakukan. Namun cacing yang paling disukai oleh ikan lele adalah cacing lur ataupun cacing pita. Dengan menggunakan umpan cacing lur hampir pasti ikan lele pasti akan bisa didapatkan.

  1. Daging sayap ayam yang telah dikukus.

Umpan berikutnya adalah dengan menggunakan daging ayam. Untuk membuat umpan ini, daging yang bisa Anda gunakan adalah daging ayam pada bagian sayap. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengukus daging sayap tersebut hingga matang. Daging tersebut kemudian dicampur pelet 48 yang punya aroma belut yang kuat sebagai pengeras umpan.

  1. Daging sapi giling

Umpan berikutnya adalah umpan dengan menggunakan daging sapi. Cara membuatnya adalah Anda tinggal menggiling daging sapi sampai halus. Kemudian Anda tambahkan beberapa tetes larutan essen yang beraroma kepiting ataupun aroma belut. Teteskan cairan essen tersebut untuk setiap 100 gram daging sapi giling.

  1. Gunakan jangkrik

umpan lele jangrik
contoh umpan lele jangrik | source : global.rakuten.com

Umpan selanjutnya adalah dengan menggunakan serangga. Serangga yang digunakan disini adalah jangkrik. Cara membuat umpan ini cukup mudah dan cepat. Anda tinggal mencari jangkrik. Kemudian lepaskan kaki dan juga sungut dari jangkrik. Selanjutnya Anda tinggal menggencet perutnya untuk memunculkan aroma di air nanti.

  1. Menggunakan cacing sutra

Umpan berikutnya adalah dengan menggunakan jenis cacing sutra. Cacing sutra merupakan cacing yang sering dijadikan sebagai pakan untuk ikan-ikan kecil. Namun, cacing sutra ini juga merupakan umpan yang cukup efektif untuk lele. Cara untuk membuatnya cukup dengan membungkus dengan kain perban dan mengaitkannya di kail pancing Anda.

Umpan Ikan Lele Harian

Memancing ikan lele biasanya dengan menggunakan umpan yang telah diracik dengan menambahkan bahan-bahan kepada umpan umum lele. Untuk umpan lele sendiri sebenarnya banyak sekali macam dan juga jenisnya. Namun terdapat beberapa racikan umpan yang sering digunakan untuk memancing ikan lele setiap harinya. Berikut beberapa racikan umpan ikan lele terbaik yang biasa dipakai.

  1. Racikan menggunakan bahan hewani. Bahan-bahan yang digunakan adalah Belut goreng ataupun kukus yang telah dipotong kecil, udang segar, jangkrik, ulat daun pisang, laron yang masih bersayap, berbagai jenis cacing tanah, ikan teri, daging bekicot, daging keong mas. Kemudian campurkan bahan-bahan tersebut dalam satu wadah dengan air hangat, aduk dan bentuk bulat-bulat kecil.
  2. Racikan umpan ikan lele master berikutnya yaitu dengan menggunakan bahan pelet PF 1000, kuning telur, terasi, madu asli, dan juga air secukupnya. Cara membuat racikan umpan ini adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah. Aduk semua bahan tersebut dengan merata hingga mengental. Setelah itu potong dan bentuk bulat disesuaikan dengan mata pancing.
  3. Racikan harian umpan lele berikutnya menggunakan bahan pelet udang, kuning telur, terasi, bawang putih, rebusan hati ayam, dan juga madu. Cara membuatnya adalah mencampur semua bahan tadi dengan air hangat secukupnya. Aduk semua bahan dengan rata sampai mengental. Kemudian bentuk campuran tadi menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai dengan ukuran mata pancing Anda.
  4. Racikan yang sering digunakan terakhir adalah menggunakan air hangat, bawang putih, pelet, rebusan kuning telur, dan juga terasi. Cara membuat racikan umpan ini kurang lebih sama dengan racikan sebelumnya yaitu dengan mengaduk semua bahan tadi secara merata dan mengental. Kemudian buat bulatan kecil-kecil dari bahan campuran tadi seukuran dengan mata pancing Anda.
racikan umpan ikan lele
racikan umpan ikan lele | source : youtube

Umpan Lele Galatama Umum

Dalam memancing lele galatama sebenarnya boleh memakai apapun kecuali umpan yang dilarang dipemancingan seperti kroto, dan juga dengan kapas, cacing sutra dan umpan dasar lainnya yang dilarang. Namun terdapat beberapa resep umpan jitu galatama lele yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa resep yang bisa Anda coba.

  1. Umpan galatama lele pertama merupakan umpan yang terbuat dari 2 ons daging sapi yang telah digiling dan juga 1 sendok makan wisman. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan tersebut hingga merata.
  2. Umpan terbaik berikutnya menggunakan bahan 1 genggam cacing sutra, setengah sendok teh vanili, 1 telor bebek, setengah sendok teh bubuk bawang putih, dan juga 1 pelet udang. Cara membuatnya cukup mencampurkan bahan-bahan tersebut hingga merata dan mengental. Setelah mengental potong bulat kecil-kecil dan sesuaikan ukuran dengan mata pancing.
  3. Resep umpan selanjutnya menggunakan bahan usus ayam, telur ayam, keju craft selembar, indomie di blender dahulu. Cara pembuatannya cukup dengan mengukus usus terlebih dahulu hingga matang dan kemudian di blender. Campur semua bahan dan keraskan menggunakan indomie yang telah diblender sebelumnya.
  4. Umpan selanjutnya menggunakan bahan cacing tanah dan juga kuning telur bebek. Cara pembuatannya cukup mencampurkan kuning telur bebek tadi dengan cacing dan aduk hingga semua merata. Kemudian diamkan dan tunggu hingga aromanya menyatu. Setelah itu bentuk umpan kecil-kecil disesuaikan dengan ukuran mata pancing Anda.
  5. Umpan ikan lele galatama yang terakhir menggunakan jangkrik 1 ons dan juga cuka grandong serta essen probait. Cara membuatnya, pertama bersihkan sungut dan juga kaki jangkrik. Campur cuka 60 ml dan essen probait sebanyak 30 tetes dan aduk hingga merata. Umpan galatama Anda siap digunakan untuk memancing.
racikan umpan lele
racikan umpan lele | source : youtube

Umpan Ikan Lele Galatama Bahan Alami

  1. Ulat hongkong.

Umpan lele ini yang pertama adalah dengan menggunakan ulat hongkong. Cara membuat ini sebenarnya cukup mudah dan cepat yaitu dengan merendam ulat dengan satu butir telur ayam yang telah dicampur royco sapi satu sachet. Tambahkan juga sedikit cuka dan kemudian rendam minimal 3 jam. Setelah itu umpan bisa Anda gunakan.

  1. Ayam mati.

Umpan berikutnya adalah dengan menggunakan Ayam yang mati. Cara membuat umpan ikan lele ini yaitu dengan membakar ayam tersebut setengah matang. Setelah ayam tersebut setengah matang, Anda pisahkan antara daging dengan tulangnya agar memudahkan dalam membentuk umpan. Kemudian potong dadu daging ayam tersebut dan umpat siap digunakan.

  1. Kepiting.

Umpan selanjutnya adalah dengan menggunakan umpan dari kepiting. Kepiting yang digunakan bisa dengan kepiting sawah ataupun kepiting dari laut. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan kepiting di rendaman air cuka agar empuk. Tunggu beberapa saat hingga kepiting menjadi lebih empuk. Kemudian potong kecil-kecil dan pasangkan dengan kail Anda.

  1. Darah.

Umpan mancing berikutnya adalah dengan menggunakan darah. Darah yang bisa digunakan yaitu darah sapi dan juga darah ayam. Untuk cara membuat umpan dengan darah ini Anda cukup diamkan darah sampai menggumpal. Kemudian rebus gumpalan darah tersebut sampai kenyal. Setelah itu umpan siap digunakan.

  1. Daging ayam.

Umpan berikutnya adalah menggunakan daging ayam. Untuk membuat umpan ini, Anda hanya menggunakan dagingnya saja. Kemudian Anda tinggal kukus daging ayam sampai matang. Langkah selanjutnya haluskan daging ayam yang telah matang tadi dengan cara diblender. Setelah itu daging halus tadi campurlah dengan pelet aroma belut.

      6.Udang air tawar.

Udang merupakan umpan yang cukup efektif dalam memancing ikan galatama. Cara membuatnya pun tidak terlalu susah. Pertama pilihlah udang yang berukuran kecil saja. Kemudian buang kepala udang tersebut. Setelah bersih, langkah berikutnya untuk membuat umpan ini adalah dengan memasangnya pada mata kail pancing Anda.

  1. Jangkrik.

Jangkrik merupakan salah satu makanan atau umpan favorit lele. Cara untuk membuat umpan dengan menggunakan jangkrik cukup mudah. Cara membuatnya cukup pencet perut jangkrik sampai keluar isinya. Ha tersebut supaya aroma jangkrik nanti akan tercium dengan baik oleh lele ketika dimasukan ke dalam air. Umpan sudah siap digunakan memancing.

  1. Belut.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa belum merupakan salah satu umpan terbaik untuk memancing ikan lele. Untuk memancing gunakanlah belut yang berukuran sebesar jari manis. Kemudian kukus belut tersebut selama lima menit dan kemudian bakar atau goreng belut tersebut. Kemudian potong kecil seukuran dadu dan pasang ke kail Anda.

  1. Daging sapi.

Selain daging ayam, daging sapi juga merupakan salah satu umpan ampuh untuk memancing ikan galatama ini. Cara membuatnya cukup siapkan daging sapi segar. Kemudian Anda cukup giling daging sapi tersebut hingga halus. Kemudian teteskan essen pada 1 ons daging dengan aroma belut atau aroma kesukaan lele yang lainnya. Campur dan aduklah hingga merata.

  1. Usus ayam.

Selain daging ayamnya, ternyata usus ayam juga merupakan salah satu umpan ampuh untuk memancing lele. Cara yang perlu dilakukan hanya perlu mencacah pada ujung usus ayam. Kemudian untuk menambah aroma, teteskan essen aroma tenggiri 3 sampai 4 tetes ke usus ayam. Kemudian pasang usus tersebut ke mata kail Anda dan gunakan untuk memancing.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Lele Per Kg di Pasaran Harga Bibit Ikan Lele

Umpan Ikan Lele Di Sungai

Salah satu habitat asli lele adalah di sungai. Dengan perbedaan habitat tersebut tentu juga mempengaruhi pola makan dan selera makan dari ikan lele. Hal tersebut juga membuat umpan yang digunakan untuk memancing lele di sungai berbeda dengan memancing lele di pemancingan. Berikut ini merupakan umpan digunakan untuk memancing ikan lele di sungai.

  1. Cacing tanah

umpan lele cacing tanah
umpan lele cacing tanah | source : wideopenspaces.com

Cacing tanah merupakan salah satu makanan yang disukai oleh ikan lele. Pada umumnya cacing tanah ini dijadikan campuran untuk membuat umpan mancing lele. Cacing yang bisa digunakan adalah cacing tanah kalung. Cacing ini memiliki daya tahan yang kuat dan juga memiliki ukuran panjang dan juga bobot yang sangat cocok untuk dijadikan umpan memancing.

  1. Cicak

Binatang yang satu ini merupakan binatang yang sering muncul di malam hari. Ternyata cicak ini menjadi salah satu umpan jitu lele. Cara menggunakan cicak untuk menjadi umpan lele adalah dengan membakarnya hingga keluar aroma dari cicak tersebut. Kemudian Anda tinggal mengaitkan cicak yang telah dibakar tadi pada kail pancing Anda.

  1. Katak sawah

Umpan mancing ikan lele di sungai berikutnya adalah umpan dengan menggunakan katak sawah. Katak yang digunakan untuk memancing tidak perlu terlalu besar, cukup cari yang memiliki ukuran sebesar ibu jari saja. Hal tersebut bertujuan agar umpan katak ini mudah untuk dilahap si ikan lele. Pada umumnya memancing dengan menggunakan umpan katak ini digunakan untuk mancing lele galatama.