Rahasia Umpan Ikan Gurame Paling Jitu Bagi Pemancing

4 min read

Indonesia dapat dikatakan sebagai surga bagi para pemancing. Ya, disini Anda bisa memancing berbagai macam jenis ikan. Baik itu di parit-parit persawahan, rawa, danau, sungai hingga laut. Salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diburu oleh para pemancing adalah Gurame. Bagi Anda yang ingin sukses memancing jenis ikan ini, disarankan untuk menggunakan umpan ikan Gurame berikut.

Deskripsi singkat mengenai ikan Gurame

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat. Manfaat ikan gurame bagi kesehatan dan rasanya yang enak menjadi daya tarik tersendiri. Pada umumnya, ikan berukuran jumbo ini banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai kuliner lezat. Alasan penggunaan Gurame sebagai bahan masakan adalah karena tekstur dagingnya yang lembut serta kaya akan protein dan gizi.

Dewasa ini, di Indonesia sendiri sudah banyak pelaku budidaya ikan Gurame. Baik itu, mereka yang menggunakan kolam tanah maupun terpal. Selain dibudidayakan, jenis ikan yang satu ini juga dapat Anda temukan hidup liar di beberapa lokasi yaitu kolam, rawa, danau hingga sungai. Memancing Gurame tidaklah mudah sebab Anda perlu mengetahui jenis umpan apa yang disukai olah ikan ini.

Umpan ikan Gurame di kolam

umpan ikan gurame paling jitu
umpan ikan gurame paling jitu | source : ig @damarbagus05

Sebelum menikmati kelezatan dagingnya, Anda mesti terlebih dulu melalui beratnya sensasi strike ikan Gurame karena ukurannya yang jumbo. Saat ini, terdapat banyak sekali pelaku usaha kolam pemancingan yang menjadikan Gurame sebagai target para pemancing. Oleh karena itu, agar Anda bisa membawa pulang ikan yang berukuran besar, maka pemilihan jenis umpan pun harus tepat.

Proses memancing ikan Gurame di kolam memang tidak sesulit di rawa, danau dan sungai. Sebab ukuran kolam lebih kecil dibandingkan habitat Gurame yang lainnya sehingga ruang geraknya  cenderung terbatas. Meski terkesan mudah, penggunaan umpan saat memancing harus disesuaikan dengan pakan sehari-hari. Berikut ini adalah umpan untuk memancing ikan Gurame di kolam.

Bahan pelet ikan Gurame kolam

1.   Setengah gelas pelet jenis PF-1000
2.   Setengah gelas pelet jenis 781-2 SP
3.   1 butir telur rebus, ambil kuningya saja
4.   2 sendok teh cairan madu asli
5.   Air dalam jumlah secukupnya

Cara pembuatan umpan ikan Gurame kolam

Langkah pertama yang harus Anda terapkan adalah mencampurkan kelima bahan tersebut ke dalam satu wadah. Selanjutnya, aduk semua adonan campuran bahan tersebut menjadi rata dan bertekstur kenyal. Agar ikan Gurame lahap menyambar umpan Anda, maka berikan tambahan pewangi Vanili. Setelah selesai diaduk, maka diamkan adonan selama beberapa jam sebelum digunakan.

Umpan ikan Gurame di habitat liar

Memancing ikan Gurame di habitat aslinya merupakan aktivitas yang sangat menantang bagi Anda pegiat olahraga memancing. Beberapa habitat asli Gurame yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi memancing adalah danau, rawa dan sungai. Proses memancing jenis ikan berukuran super ini di habitat aslinya tentu tidak semudah ketika Anda melakukannya di kolam.

Ya, ikan Gurame yang hidup di habitat aslinya masih tergolong liar. Dengan demikian, pakan yang akan Anda jadikan sebagai umpan dalam memancing juga harus disesuaikan. Biasanya, spesies Gurame yang hidup di rawa, danau maupun sungai mengkonsumsi dedaunan, serangga hingga cacing. Jadi, saat memancing Gurame liar Anda perlu menggunakan ketiga jenis umpan tersebut

Umpan ikan Gurame liar

1.   Daun Talas
2.   Daun Singkong
3.   Daun Bayam
4.   Jangkrik
5.   Kecoa
6.   Ulat daun pisang

Cara pembuatan umpan Gurame liar

Walau proses memancingnya tidak semudah di kolam, tetapi pembuatan umpan Gurame liar relatif lebih mudah. Proses pembuatan umpan hanya perlu Anda lakukan dengan menghaluskan berbagai bahan tersebut. Ketika adonan sudah halus, Anda bisa menggunakannya untuk memancing. Caranya adalah dengan mengaitkan adonan tersebut pada ujung mata pancing Anda.

Tips memancing ikan Gurame liar

Selain persoalan pakannya, ada beberapa tips lain yang juga perlu diperhatikan saat memancing ikan Gurame liar. Diantaranya memperkirakan kapan waktu ikan Gurame menjadi lebih agresif sehingga baik bagi Anda untuk melakukan strike. Selain itu, gunakanlah pelampung agar proses memancing lebih efektif. Terakhir, pilih tempat yang lebih sejuk dan teduh di lokasi memancing Anda.

Umpan ikan Gurame di Danau

Jenis ikan air tawar berukuran jumbo ini juga bisa Anda temukan di daerah perairan berarus tenang misalnya danau dan rawa. Jadi, selain sungai Anda juga bisa menjadikan danau sebagai lokasi tepat untuk memancing ikan Gurame. Dalam memancing Gurame di danau, terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Salah satu aspek yang paling utama adalah memilih pakan yang tepat.

Seperti Kita ketahui bahwa ikan Gurame yang hidup di habitat aslinya tentu tidak mengkonsumsi pelet. Dengan demikian, penggunaan jenis pakan ini saat Anda memancing di danau tentu memiliki tingkat keberhasilan yang kecil. Lalu, apa jenis pakan terbaik yang dapat Anda pergunakan sebagai umpan? Berikut ini adalah umpan yang direkomendasikan untuk memancing Gurame di danau.

Umpan ikan Gurame danau

1.   Cacing Kristal
2.   Cacing Merah
3.   Ulat daun pisang
4.   Daun Talas
5.   Daun Kangkung
6.   Rebusan Ubi

Cara membuat umpan Gurame danau

Pembuatan umpan untuk memancing ikan Gurame di danau tidak jauh berbeda dengan apa yang Anda terapkan ketika melakukannya di alam liar. Ya, dalam proses pembuatannya Anda hanya perlu menghaluskan berbagai bahan pakan yang dibutuhkan. Apabila telah selesai dihaluskan, Anda bisa memadatkan adonan pakan tersebut menjadi bulatan kecil kemudian dipasang di mata pancing.

Umpan ikan Gurame sungai

Satu lagi habitat liar ikan Gurame yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi pemancingan adalah sungai. Ketika memutuskan memancing disini, maka pemilihan umpan juga perlu Anda sesuaikan dengan pakan asli Gurame. Umumnya, Gurame yang hidup di sungai terbiasa untuk mengkonsumsi sayuran, cacing hingga serangga. Berikut adalah beberapa umpan yang bisa Anda gunakan.

Umpan ikan Gurame Sungai

1.   Daun Kangkung
2.   Cacing Tanah
3.   Laron
4.   Belalang
5.   Tempe
6.   Jangkrik

Cara membuat umpan Gurame sungai

Ikan Gurame yang hidup di sungai cenderung lebih liar dibandingkan dengan di kolam maupun danau. Disamping liar, pakan yang dikonsumsi jenis ikan air tawar ini pun masih bersifat alami. Beberapa jenis pakan di atas, dapat Anda gunakan saat memancing Gurame di sungai. Kemudian, untuk proses pembuatannya Anda bisa terlebih dahulu menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Apabila sudah dihaluskan, Anda bisa membiarkan sejenak campuran adonan tersebut agar benar-benar padat dan rata. Setelah itu, buatlah adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil dan kaitkan pada ujung mata pancing Anda. Kemudian, arahkan pancing Anda ke sungai dan tunggulah dengan sabar sampai Gurame menyambar pakan tersebut.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Harga Ikan Gurame Per Kilo di Pasaran Harga Bibit Ikan Gurame Per Ekor

Umpan ikan Gurame paling jitu untuk perlombaan

umpan ikan gurame kolam
umpan ikan gurame kolam | source : ig @silviana.gunawan

Tak dapat dipungkiri bahwa memancing adalah olahraga yang digemari oleh berbagai kalangan. Dengan demikian, tidaklah mengherankan jika para pelaku usaha kolam pemancingan seringkali mengadakan perlombaan memancing. Salah satu jenis ikan yang biasa digunakan sebagai target para peserta lomba memancing adalah Gurame.

Penggunaan ikan Gurame sebagai target peserta lomba memancing tentu beralasan kuat. Alasan utamanya adalah karena jenis ikan ini termasuk kategori berukuran jumbo. Selain itu, daging Gurame juga tergolong cukup lembut sehingga cocok untuk diolah menjadi kuliner lezat. Agar Anda bisa meraih sukses dalam perlombaan memancing, maka harus menggunakan umpan paling jitu. 

Umpan Gurame paling jitu I  

1.   Setengah gelas pelet jenis 781-2 SP
2.   1 butir telur, ambi bagian kuningnya
3.   Cairan madu asli
4.   Air secukupnya

Cara pembuatan umpan ikan Gurame paling jitu I

Keempat bahan tersebut bisa Anda gunakan untuk memancing ikan Gurame di kolam saat mengikuti perlombaan. Cara pembuatan pakan tersebut pun tergolong cukup mudah untuk Anda terapkan. Langkah pertama, tuangkan setengah gelas pelet jenis 781-2 SP ke dalam wadah. Setelah dituang, Anda bisa mencampur pelet dengan kuning telur.

Selanjutnya, aduk kedua adonan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Jika sudah dirasa rata, Anda bisa menambahkan cairan berupa madu asli dan juga air secukupnya. Kemudian, biarkanlah beberapa jam sampai adonan tersebut memadat dan tercampur rata. Jika dirasa cukup, Anda dapat menggunakannya dengan membentuknya menjadi bulatan kecil yang dikaitkan ke mata pancing.

Umpan Gurame paling jitu II

1.   Rebusan Ubi Jalar
2.   1 butir telur, ambi bagian kuningnya
3.   Cairan madu asli
4.   Air secukupnya

Cara membuat umpan ikan Gurame paling jitu II

Disamping pelet, dalam memancing ikan Gurame Anda juga bisa menggunakan pakan alami berupa ubi jalar sebagai umpan. Penggunaan jenis pakan ini akan sangat efektif apabila Anda terapkan pada waktu mengikuti perlombaan. Cara pembuatannya pun tak jauh berbeda dibandingkan dengan jenis pakan Gurame pada umumnya.

Ya, pertama Anda bisa terlebih dulu menghaluskan ubi jalar yang sudah direbus. Setelah itu, ambil satu butir telur kemudian campurkan bagian kuningnya saja. Tahap berikutnya, Anda bisa mengaduk adonan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Apabila dirasa sudah cukup rata, tambahkan madu asli dan air secukupnya. Kini, umpan Gurame tersebut sudah siap untuk Anda gunakan.

Demikian artikel Jurnal Manajemen mengenai umpan ikan gurame. Semoga artikel ini bermanfaar=t dan jangan lupa bagikan di laman sosial media anda.