9 Umpan Ikan Bandeng Paling Jitu di Tambak [Recommended]

4 min read

Umpan Ikan Bandeng

Ikan Bandeng atau disebut juga Milkfish merupakan jenis ikan pangan yang cukup popular dikalangan masyarakat. Meskipun ikan bandeng banyak dijual dipasaran, tetapi masih ada orang yang mencari ikan bandeng dengan cara memancing. Salah satu kunci keberhasilan memancing adalah pemilihan Umpan Ikan Bandeng yang bagus sehingga hasil tangkapan juga lebih banyak.

Ikan bandeng termasuk golongan ikan payau atau air tawar. Mereka tinggal di rawa – rawa dengan tanaman bakau berair payau, danau, hingga tambak. Ciri umum ikan bandeng yaitu tubuh memanjang agak gepeng, berwarna putih keperak – perakan sedangkan punggung agak gelap, mata ikan bandeng tertutup lapisan lemak.

Ikan bandeng memakan umpan pada kedalaman 15 cm dari permukaan, mereka hanya makan di waktu pagi hari ( jam 7 sampai jam 10) dan sore hari (jam 3 sampai jam 6 sore). Ikan bandeng sangat suka dengan klekap (semacam tumbuhan air), plankton, pucuk tanaman ganggang, dan lumut dasar.

Selain makanan diatas, Anda bisa mencoba umpan mancing ikan bandeng hasil rangkuman Jurnal Manajemen berikut ini :

Artikel Terkait Artikel Terkait
Manfaat Ikan Bandeng Karakteristik Ikan Bandeng
Budidaya Ikan Bandeng Harga Ikan Bandeng

Racikan Umpan Ikan Bandeng Paling Jitu

Para mancing mania tentunya harus memperhatikan umpan yang akan dipakai agar hasil pancingan maksimal atau mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak. Bagi Anda yang akan memancing ikan bandeng, perlu diingat bahwa Ikan Bandeng sering memberikan perlawanan dengan berenang sangat cepat dan tarikan (strike) saat memancing sangat menantang.

Anda bisa menyiasati dengan umpan jitu ikan bandeng berikut ini :

1. Lumut halus

lumut halus
gambar lumut halus | sumber : langgengpancing.com

Lumut meruapan umpan alami yang sering menjadi pilihan para pemancing untuk dijadikan umpan, termasuk untuk memancing ikan bandeng. Saat cuaca sangat panas, ikan bandeng dengan cepat akan memangsa lumut. Namun, tidak semua lumut bisa dijadikan umpan ikan bandeng paling jitu, lumut yang digunakan harus lumut bertekstur halus.

Ada solusi buat Anda para pemancing yang hanya mempunyai lumut kasar dengan memanfaatkan garam atau bumbu penyedap untuk menghaluskan tektur dari lumut. Anda bisa mencampur dengan garam dapur sekitar 2 – 5 sendok makan atau dengan bumbu penyedap seperti Royko atau dengan vanilli untuk menambah aroma umpan.

2. Cacing

cacing sutra
gambar cacing sutra | sumber : ilmubudiddaya.com

Umpan kedua yang bisa Anda gunakan adalah cacing. Cacing menjadi makanan favorit bagi berbagai macam tipe ikan air tawar. Hewan berbentuk Panjang ini sering digunakan sebagai Umpan Ikan Bandeng oleh para pemancing. Ada satu tips untuk Anda bila menggunakan cacing sebagai umpan yakni dalam pemasangan umpan cacing tidak boleh sampai putus.

Ada berbagai jenis cacing yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memancing ikan bandeng, antara lain : cacing merah, cacing susu, cacing sawah, cacing hitam, cacing laut. Biasanya jenis cacing yang paling sering digunakan adalah cacing merah. Cacing ini bewarna merah darah dan  mudah ditemukan di beberapa toko pancing atau toko pakan ternak.

3. Umpan pelet

Pelet adalah pakan ikan yang digunakan untuk memberikan nutrisi kepada hewan ikan yang dipelihara. Pelet berbentuk seperti butiran kecil yang mudah terurai dalam air. Karena sering digunakan sebagai pakan budidaya ikan, pelet tentu akan efektif bila digunakan sebagai umpan. Pelet ada berbagai macam, yaitu pelet ikan, pelet merah, dan pelet oplosan.

Ikan senang dengan makanan yang berbau amis, sehingga Anda perlu mencampur pelet dengan telur ayam. Seperti pelet oplosan yang dibuat dengan mencampurkan essense tengiri ataupun sarden. Ini buat untuk menambah daya tarik ikan bandeng terhadap umpan Anda. Bisa juga menggunakan pelet merah dengan mencampurkan kuning telur agar pelet bertektur lengket sehingga tidak mudah hancur dalam air dan memiliki aroma amis.

4. Udang kecil

udang kecil
udang kecil | sumber : pasar.bonceng.id

Sama seperti dengan cacing, udang sebagai makanan alami ikan yang terbukti ampuh sebagai umpan ikan. Ikan bandeng lebih menyukai makanan yang sama dengan di alam tempat mereka hidup, salah satunya adalah udang. Biasanya udang yang sering digunakan adalah udang rawa yang berukuran kecil dan masih memiliki bau amis.

Adapula teknik pemasangan udang yang wajib Anda ketahui. Bila Umpan udang hidup, maka Anda perlu untuk melempar ke arah yang lebih jauh, agar udang tidak mati dan tidak lepas dari mata kail. Jika Anda memancing di danau atau sungai, maka udang dimasukkan dari bagian bawah ke atas. Walaupun dengan teknik tersebut udang akan mati, tapi akan lebih menarik para ikan untuk menyambar umpan tersebut.

5. Roti Tawar

Walaupun terdengar sedikit aneh, tetapi menggunakan roti tawar sebagai umpan ikan sudah banyak dilakukan. Anda bisa mengambil bagian luar roti yang keras agar tidak mudah hancur saat masuk kedalam air. Selanjutnya, Anda juga bisa mencampurkan dengan terasi yang menambah bau amis untuk menarik ikan bandeng agar memakan umpan tersebut.

Artikel Terkait Artikel Terkait
Umpan Ikan Nila Umpan Ikan Lele
Umpan Ikan Patin Umpan Ikan Gurame
Umpan Ikan Bawal Umpan Ikan Gabus

Umpan Ikan Bandeng di Tambak

Memancing di tambak adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Bisa juga dikatakan kegiatan yang mudah dijangkau, karena Anda tidak perlu pergi ke danau, sungai, ataupun rawa untuk memancing ikan. Memancing di tambak Anda perlu mengeluarkan budget tertentu namun hasil tangkapan bisa Anda bawa pulang. Untuk itu Anda bisa menggunakan umpan ikan bandeng tambak sebagai berikut :

1. Ulat Daun

ulat daun
ulat daun | sumber : flickr.com

Jika Anda kesulitan menemukan cacing, bisa menggunakan ulat daun sebagai umpan mancing. Kandungan proterin pada ulat daun lebih tinggi dibandingkan dengan cacing, sehingga dalam air ulat daun akan mengeluarkan bau amis yang mampu menarik ikan bandeng. Selain itu, bentuk yang lebih besar bisa jadi menjadi daya tarik ikan untuk memakannya. Perlu Anda perhatikan, untuk menggunakan ulat bulu dalam keadaan hidup.

2. Meracik pelet dengan beberapa campuran

gamabr pelet
gamabr pelet

Pelet dikenal sebagai pakan ikan yang berbentuk bulat dan konsentrat yang sering digunakan untuk memberika nutrisi terhadap ikan peliharaan atau untuk budidaya. Fungsinya yang digunakan sebagai bahan makanan ikan, tidak heran bila pelet sering digunakan pula untuk umpan memancing. Namun, Anda perlu mencampur pelet agar lebih menarik bagi ikan, yakni:

a. Campur dengan kroto

Kroto merupakan telur semut yang menggelembung dan biasanya digunakan sebagai makanan burung. Anda bisa mencampurkan pelet dan kroto dengan tambahan air panas dan aduk sampai adonan bertektur kenyal.

b. Campur dengan kuning telur asin

Telur Asin memiliki bau yang sangat amis. Campurkan 2 bungkus pelet dan satu kuningan telur asin dengan tambahan air panas dan aduk hingga tercampur semua. Setelah itu, taruh di wadah atau plastik yang tertutup dan siap digunakan.

3. Lumut dengan daun pandan

Lumut bisa dijadikan makanan untuk memancing di danau hingga di tambak. Warna Selain lumut yang bertekstur halus, Anda bisa mencoba untuk mencampurkan lumut dengan daun pandan sebagai umpan ikan bandeng di Tambak. Cara membuatnya cukup sederhana. Tambahkan air dengan suhu normal pada lumut, kemudian tambahkan garam dan royko untuk menambah rasa gurih. Selanjutnya Anda juga bisa menambahkan daun pandan untuk penyedap rasa.

4. Ursal

Salah satu umpan ikan bandeng air payau ini disebut Ursal. Ursal adalah bahan organic uang digunakan untuk meningkatkan produksi ikan di tambak. Para pemancing bisa menggunakan ursal dengan mencampur pelet ikan atau lumur agar bikan bandeng mau menyambar umpan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai umpan bandeng. Lihat artikel lainnya yang terkait dengan ikan bandeng maupun ikan jenis lainnya.