Berbagai Tujuan Pemasaran Terlengkap

Pertanyaan mengenai tujuan dari pemasaran telah banyak digaungkan di berbagai tempat baik di dunia usaha maupun di dunia pendidikan. Kita sering dihadapkan pada pertanyaan seperti “sebutkan tujuan pemasaran ?” atau “apa sajakah tujuan dari pemasaran ?”

Dalam menanggapi berbagai pertanyaan seperti di atas dan sejenisnya maka kita perlu mengetahui esensi dari tujuan pemasaran itu sendiri.

Tujuan Pemasaran Menurut Para Ahli

Menurut Willian J Stantin, tujuan pemasaran adalah membuat barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar. Sanagt penting bagi suatu perusahaan untuk mampu membuat barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Seolah barang dan jasa tersebut memang diciptakan khusus untuk pra konsumennya sendiri.

Hasil dari penelitian yang dilakukan di pasar dan juga strategi pemasaran yang digunakan akan sangat berdampak pada keberhasilan tujuan dari pemasara itu sendiri. Dari pemahaman inilah maka pemasaran akan membantu para pelaku usaha dan juga pihak bagian produksi dan perancangan produk untuk bisa menghasilaj produk yang pas dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Adapun tujuan pemasaran menurut Philip Kotler adalah bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan saja tapi juga untuk mengetahui dan memahami pasar dan pelanggan. Sehingga barang dan jasa tetap cocok dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Jadi orientasi dari tujuan pemasaran bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungnan saja namun juga paham akan kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Tujuan Pemasaran Secara Umum

Secara umum tujuan pemasaran Produk yang paling utama adalah memahami konsumen dan pasar. Tujuan ini harus dicapai oleh pelaku usaha yang melakukan pemasaran. Mereka harus paham lebih dalam akan konsumen dan pasar yang menjadi target potensial mereka.

Sehingga disimpulkan bahwa Tujuan Pemasaran adalah memahami kebutuhan, memahami peta persaingan, memahami apa saja trend yang sedang muncul di pasaran, memahami keinginan pasar, memahami selera pasar, dan juga memahami kondisi pasar seperti keterbatasan, daya beli, dan ketertatikan yang bisa mempengaruhi konsumen dalam memutuskan apakah ingin membeli barang dan jasa atau tidak.

Apabila dijabarkan maka terdapat beberapa tujuan pemasaran. Salah satunya adalah membangun image yang positif dari suatu barang atau jasa. Tujuan utama dari pemasaran adalah agar barang dan jasa yang pelaku usaha jual bisa populer alias lebih dikenal di pasar. Saat produk sudah populer, maka pasar agar terdorong dengan sendirinya untuk membeli barang atau menggunakan jasa tersebut.

Cara membuat barang dan jasa tersebut menjadi terkenal bisa dilakukan dengan berbagai. Cara yang paling klasik adalah dengan memasang iklan. Namun ada juga cara-cara lain yang tak kalah efekftif seperti mengadakan acara khusus, membuat konten, dan berbagai cara lain yang bisa membuat barnag dan jasa tersebut dekat dengan konsumen yang menajdi target pasar utama.

Dari penjelasan di atas banyak dijabarkan mengenai tujuan dari pemasaran khususnya ketika masuk dalam indikator dalam sebuah Manajemen. Ada beberapa tujuan pemasaran yang memang harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan dan tidak bisa dijabarkan tersendiri. Namun sebelum itu perlu diketahui kategori dari tujuan pemasaran berdasarkan waktunya.

Tujuan Pemasaran Berdasarkan Waktu

Terdapat 3 kategori tujuan pemasaran berdasarkan waktu yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Berikut Penjelasannya :

  1. Jangka pendek

Tujuan jangka pendek dari pemasaran adalah agar perusahaan mendapakan untuk secepat mungkin. Jadi, pemasaran dilakukan agar perusahaan bsa menutup semua biaya produksi yang digunakan untuk barang dan jasa yang mereka jual. Jika ternyata lebih, maka itulah yang dinamakan untung.

  1. Jangka menengah

Tujuan jangka menengah dari pemasaran adalah berusaha untuk mencapai titik impas dari total volume penjualan dan total biaya produksi yang merea keluarkan. Jadi, dengan pemasaran yang luas, maka mereka juga berusahan untuk mendapatkan untung yang banyak dengan meningkatkan volume penjualan.

  1. Jangka panjang

Tujuan jangka panjang dari pemasaran adalah agar perusahan terseut dapat bertahan dengan pelanggan yang setiap dengan barang dan jasa yang mereka jual. Karena itulah perusahaan juga ahrus inovatif, memberikan potongan harga khusus, dan juga membuat barang dan jasa yang kreatif.

Beberapa Tujuan Pemasaran Kontemporer

Seiring dengan perkembangan zaman munculah berbagai teori baru tentang pemasaran baik dari konsep pemasaran hingga tujuan pemasaran itu sendiri. Oleh karena itu perlu diketahui masing-masing tujuan pemasaran di berbagai kondisi yang berbeda. Beberapa tujuan pemasaran diantaranya :

  1. Tujuan Pemasaran Online

Tujuan pemasaran yang satu ini adalah untuk mendapatkan citra yang ingin dibentuk oleh pelaku usaha. Contohnya produk kecantikan tentu saja wajib mencitrakan kecantikan karena itulah pelaku usaha yang menjual produk kecantikan akan endorse barang dagangannya ke artis atau selebgram yang cantik.

Produk hijab harus dipromosikan kepada artis atau selebgram yang menggunakan hijab dan masih banyak lagi cara untuk menciptakan citra pada suatu baran atau jasa lewat pemasaran online. Cara membentuk pencitraan ini adalah dengan menggunakan artis maupun tokoh idola sebagai brand image.

Pelaku usaha juga bisa melakukan propaganda lewat iklan, event, dan juga konten. Kadang pencitraan suatu barang atau jasa juga bisa dilakukan secara maksimal lewat pelayanan pasca penjualan yang sudah mencapai target.

  1. Tujuan Pemasaran Bank

Pemasaran bank adalah proses untuk menciptakan lalu menukarkan produk atau jasa dari bank dengan tujuan memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah agar mereka puas. Tujuan dari pemasaran bank adalah untuk merangsang dan memudahkan konsumen sehingga mereka akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh bank.

Pemasaran ini juga bisa memberikan kepuasaan pelanggan yang maksimal lewat berbagai pelayanan dan produk yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya. Mutu hidup juga bisa dikmaksimalkan dengan pemasaran bank karena bank memberikan berbagai macam kemudahan kepada nasabahnya serta bisa membuat iklim yang bagus. Tujuan yang terakhir adalah untuk memaksimalkan ragam produk yang ada pada suatu bank agar nasabah juga bisa mendapatkan berbagai pilihan.

  1. Tujuan Pemasaran Global

Pemasaran global adalah pemasaran dengan tingkat global yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa itu sendiri secara global. Memang target utama dari pemasaran global adalah untuk meningkatkan penjualan.

Setiap bagian dari komponen pemasaran global yang bergerak secara berkesinambungan dan bersama-sama memang bisa meningkatkan tingkat penjualan dari suatu perusahaan yang bergerak secara global. Jadi, perusahaan akan menentukan sendiri target penjualan untuk tahun itu. Lalu ada juga target yang lain seperti total permintaan dari total pasar global dan juga target pemasukan dari penjualan global. Target-target ini pun akan menjadi satu hal yang merujuk dalam pencapaikan bagian pemasaran global selama tahun ini.

  1. Tujuan Pemasaran Sosial

Kepuasaan konsumen merupakan tujuan dari pemasaran sosial. Penjual memang akan menguntungkan. Namun untung itu hanya dirasakan seseat jika konsumen tidak puas. Jadi, pada tiap penjualan maka perusahaan pun mengharapkan adanya feedback dari konsumen agar mereka mendapatkan nilai lebih dari penjualan. Baik itu review atau testimony, semuanya akan mendorong penjualan lain dari konsumen lainnya maupun masih dari konsumen yang sama. Karena pencapaian tertinggi dari suatu pemasaran adalah pada saat konsumen merasa puas dengan barang atau jasa yang mereka dapatkan. Selain itu konsumen yang loyal terhadap suatu barang dan jasa lalu tidak berpindah ke lain barang dan jasa pun juga memberikan kepuasan tersendiri bagi perusahaan.

  1. Tujuan Pemasaran Internasional

Pemasaran internasional berarti mempromosikan barang atau jasa ke satu atau lebih negara. Tentu saja tujuan dari pemasaran internasional adalah untuk memberikan promosi agar negara yang dijadikan target akan tahu barang dan jasa tersebut. Perusahaan akan menawarkan barang atau jasa agar para calon konsumen di negara target menjadi tertarik sampai membelinya. Dengan adanya pemasaran internasional, maka diharapkan tingkat penjualan pun akan naik melebihi pasar domestik juga. Pemasaran internasional juga mempunyai tujuan untuk menciptakan pembelian dan pembelian ulang jika konsumen merasa puas akan barang dan jasa yang mereka beli.

Incoming search terms:

  • tujuan pemasaran
  • https://jurnalmanajemen com/tujuan-pemasaran/
  • cara untuk mencapai tujuan jangka pendek dalam tujuan pemasaran

3 thoughts on “Berbagai Tujuan Pemasaran Terlengkap

Leave a Comment