9 Contoh Surat Keterangan Kerja Dengan Berbagai Format

8 min read

11. surat keterangan kerja

Pasti Anda sudah tidak asing lagi bukan, dengan yang namanya surat keterangan kerja? Surat ini sudah menjadi hal yang sering ditemui oleh para karyawan swasta yang ingin melakukan sesuatu dengan syarat harus melampirkan surat tersebut. Bila Anda kurang tau, surat keterangan kerja adalah sebuah dokumen yang menjadi hak para karyawan swasta. Dokumen tersebut bisa menjadi sangat penting bila memang menjadi suatu syarat administrasi suatu hal. Sebenarnya, surat keterangan kerja itu biasa disebut dengan surat pengalaman kerja. Anda pun bisa membuat sendiri tanpa meminta dari kantor Anda sendiri. Namun, Anda bisa melampirkan piagam penghargaan dari tempat kerja Anda bila memang dibutuhkan.

Pada artikel Jurnal Manajemen kali ini akan mengupas tuntas tentang surat keterangan kerja dengan berbagai contohnya. Berikut ulasannya :

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja juga memiliki fungsi tersendiri. Untuk itulah, surat ini memiliki peran penting untuk para karyawan swasta. Jika Anda belum terjun ke dunia kerja, Anda harus tahu perihal hal ini agar saat sudah menjadi karyawan swasta, Anda bisa tahu fungsi dan tujuan pembuatan surat keterangan kerja ini. Berikut adalah beberapa fungsi surat keterangan kerja yang perlu Anda ketahui :

  1. Surat keterangan kerja sangat penting ketika Anda hendak melamar pekerjaan yang baru. Biasanya perusahaan yang membuka lowongan untuk supervisor ke atas sangat membutuhkan surat tersebut untuk para pelamar agar bisa mempertimbangkannya dengan melihat pengalaman kerja dan rekam jejak si pelamar di dunia kerja.
  2. Jika Anda ingin meminjam uang bank, entah untuk kredit motor, kredit rumah ataupun mobil, pasti ditanyakan pula seputar surat keterangan kerja. Hal itu untuk memastikan apakah sang kreditur bekerja atau tidak agar bisa membayar kredit yang diajukan. Karena jika telat membayar, bank juga tidak mau memberikan kredit yang jumlahnya cukup besar.
  3. Surat keterangan kerja juga sangat berguna untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua BPJS sebesar 10 hingga 30 persen. Meski statusnya masih aktif sebagai pegawai swasta, namun bisa mencairkan uang tersebut dengan surat itu. Anda juga harus melampirkan syarat- syarat lainnya agar bisa mencairkannya.

Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja

Mungkin di sini masih belum mengetahui cara membuat surat keterangan kerja yang baik dan benar. Maka dai itulah, berikut ada beberapa contoh surat keterangan kerja yang benar dan Anda pun bisa menirunya.


  1. Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Surat keterangan pengalaman kerja adalah surat yang berisi rekam jejak Anda sebagai pegawai di suatu perusahaan ataupun perusahaan-perusahaan yang lain yang pernah Anda masuki sebagai pegawai. Tiap perusahaan ada yang mengeluarkan surat pengalaman secara resmi, ada pula yang dibuat sendiri kemudian mendapat tanda tangan dari perusahaan tersebut.  Berikut ada contoh surat keterangan kerja yang berkaitan dengan pengalaman Anda sebagai pegawai :

SURAT PENGALAMAN KERJA
Certificate of Employment
No : 245/SKP-HM/VI/2019

Hal : Surat Pengalaman kerja

Kepada Yth. Bapak/Ibu…..

Dengan surat ini, kami dari PT. AMAN SENTOSA menyatakan bahwa :

Nama              : Waikanda

Alamat             : Jl. Cempaka No. 34 Jakarta

Jabatan                       : Supervisor

Dengan sebenar-benarnya telah bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu :
26 Maret 2012 sampai dengan 8 Februari 2019.

Saudara Waikanda telah memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan selama menjadi karyawan kami dan tidak pernah melakukan perbuatan yang bisa merugikan perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan atas.

Kami selaku pihak perusahaan mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah diberikan selama ini dan semoga yang bersangkutan dapat menjumpai kesuksesan yang lebih optimal dimasa mendatang.

Jakarta, 28 Februari 2019,

Direktur PT. AMAN SENTOSA


  1. Surat Keterangan Kerja

Pada surat keterangan kerja seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah dokumen yang menyatakan bahwa pegawai tersebut masih aktif bekerja di suatu perusahaan sebagai karyawan yang tetap. Surat keterangan kerja biasanya diterbitkan oleh perusahaan dan Anda disuruh untuk membuat sendiri. Berikut adalah contoh surat keterangan kerja :

SURAT KETERANGAN KERJA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan bahwa

Nama              : Maemunah Nur Khasanah

Jabatan            : Staff Administrasi

Alamat            : Jl Putaran V, RT 05/06 Bandung

Menerangkan bahwa nama di atas adalah benar bekerja pada PT Bakti Maju sebagai Staff Administrasi dan masih aktif hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini saya buat dengan sebenar benarnya, agar digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                             Bandung, 27 November 2018

                                                                               (Maemunah Nur Khasanah)


  1. Surat Keterangan Bekerja Model Lainnya

Tidak hanya satu model untuk surat keterangan kerja, namun ada beberapa model yang lain dan bisa Anda tiru. Anda bisa mencobanya dengan model apapun asal surat yang Anda buat memenuhi syarat yang berlaku dan masih terbilang sopan. Berikut Adalah contoh surat keterangan kerja model berbeda.


SURAT KETERANGAN KERJA

No. 123/SK2/HRD/X/2018

Kami atas nama PT Jaya Abadi dengan ini menyatakan :

Nama              : Syakhrul Gunawan

Jabatan            : Staff Admin Gudang

Alamat            : Jl Kemiri No. 134 RT 005/007 Pekalongan, Jawa Tengah

Adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di PT Elektronik sejak tanggal 9 Juni 2010 hingga sekarang.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat untuk kepentingan pengajuan kredit.

Cilacap, 3 Maret 2018

Hormat kami,

Bambang Hasim

Manajer PT Jaya Abadi


  1. Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

Sementara itu, ternyata ada surat keterangan kerja yang dimaksudkan untuk membuat visa. Misalnya, Anda memang ingin bekerja di Korea atau di Taiwan, maka Anda harus membuat visa sebagai ijin bekerja di suatu negara tertentu secara legal. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh jika Anda membuat surat keterangan kerja untuk visa. Anda nantinya akan mendapat perlindungan khusus dari kedutaan besar negara Indonesia jika bekerja di luar negeri dengan ijin yang legal. Untuk membuat surat keterangan kerja yang dimaksudkan untuk visa ini, harus menggunakan bahasa Inggris. Perlu Anda ketahui, dalam pembuatan surat keterangan kerja yang digunakan untuk visa dan bekerja di luar negeri ini memang memiliki beberapa syarat, seperti :

  1. Seperti yang sudah disebutkan tadi, surat keterangan kerja ditulis dalam bentuk bahasa Inggris.
  2. Kemudian, tuliskan untuk siapa surat itu ditujukan. Tentu saja, surat tersebut ditujukan untuk wakil kedutaan besar yang Anda tuju. Misalnya Anda akan bekerja di Malaysia, tentu yang dituju adalah kedutaan besar yang ada di Malaysia.
  3. Surat keterangan kerja ini harus diisi dengan biodata yang lengkap seperti nama, tanggal lahir, jabatan dan sebagainya. Jangan sampai Anda terlewat satupun. Ingat, surat ini ditujukan pada orang penting, jadi Anda jangan main-main.
  4. Surat keterangan kerja yang Anda buat sudah harus dicetak menggunakan kertas kop perusahaan yang sah dan terbaru sesuai dengan contoh yang nanti ada di bawah.
  5. Di akhir surat, terdapat tanda tangan atasan/ admin personalia tempat Anda bekerja sebagai keabsahan dari surat tersebut.

Karena mengurusnya juga merepotkan, Anda harus membuatnya jauh-jauh hari sebelum hari H. oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan segalanya. Jangan mendadak karena Anda akan menujun ke negara lain yang juga penu prosedur administrasi untuk bisa masuk ke negara tersebut.


  1. Surat Keterangan Kerja Untuk Bank

Nah, apabila Anda ingin meminjam uang di bank untuk kredit rumah, kendaraan dan modal usaha juga harus menunjukkan surat keterangan kerja. Jika tidak ada surat keterangan kerja untuk bank tersebut, Anda juga tidak bisa mengambil uang kredit tersebut. Berikut adalah contohnya :

SURAT KETERANGAN KERJA

No.       : 123/HRD/VXI/2019
Hal        : Surat Keterangan Kerja guna Peminjaman uang di Bank….
Lamp.   : –

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : Surmaniago, S.E
Jabatan               : HRD

Menyatakan bahwa

Nama                    : Sulaiman Wahyu Cahyadi
No. KTP                 : 12345678789000004
Alamat                    : Jl. Cahaya Bulan, RT 9/6, Purwakarta

adalah benar karyawan PT. Lagi Maju sejak tahun 2011 dan saat ini menduduki posisi sebagai Staf Keuangan

Demikian Surat Keterangan Kerja ini kami buat guna keperluan pembukaan rekening di (nama bank dan nama cabang} agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Purwakarta, 2 Maret 2018
     

Surmaniago, S.E
HRD PT. Lagi Maju


  1. Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah

Bagi karyawan/karyawati yang masih berkuliah dan tidak bisa mengikuti perkuliahan karena ada masalah penting di pekerjaan, maka adapun surat keterangan kerja untuk kuliah . nantinya surat keterangan kerja ini bisa diserahkan dengan dosen mata kuliah yang bersangkutan atau ketua acara dari kampus bila yang tidak Anda ikuti adalah sebuah acara wajib di kampus.

Dan perlu Anda ketahui, dengan surat keterangan kerja, Anda juga bisa mendapatkan uang pendidikan yang bagus. Sekarang tidak hanya seorang pendidik saja yang membutuhkan pendidikan yang tinggi. Tapi untuk karyawan pun juga membutuhkan pendidikan yang tinggi untuk menjaga dan meningkatkan kualitasnya dalam bekerja. Untuk itu, Anda harus bisa membuat dan mendapatkan

Bagi Anda yang memang belum tahu bagaimana membuat surat keterangan kerja yang untuk kuliah, Berikut adalah contoh pembuatan surat keterangan kerja tersebut.

JANJI SUKSES

Jl. Dr. Jayadi No 25-26 Jakarta-Indonesia 

Telp/Fax : 021-3456777 / 021-7778125 Email : [email protected] 

===================================================

SURAT KETERANGAN KERJA 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                          : Syahila Maryama
Jabatan                                   : Direktur
Perusahaan                 : PT. Janji Sukses
Alamat Perusahaan    : Jl. Dr. Jayadi No 25-26 Jakarta-Indonesia 

Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama               : Fasya Ramah
Jabatan            : Sekretaris
Perusahaan     : PT. Janji Sukses
Alamat             : Perumahan Pasar Senen, no. 21, Jakarta

Yang bersangkutan adalah benar merupakan karyawati PT. Janji Sukses sejak 6 Juni 2016 sampai dengan sekarang.

Dengan ini kami menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti jadwal kegiatan di kampus di Universitas Bakti Nusa pada tanggal 19-20 Desember 2016 dikarenakan masih  bekerja pada saat itu.

Demikian surat ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 14 Desember 2016

TTD & Materai


  1. Contoh Surat Keterangan kerja Untuk KPR

KPR adalah sistem kredit yang diberlakukan bank untuk nasabah yang ingin membangun rumah, dengan kredit ini, nasabah bisa membangun rumah impiannya dengan cepat dan mudah. Karena yang dikreditkan jumlah uangnya cukup banyak, jadi bagi Anda diharuskan melampirkan contoh surat keterangan kerja untuk KPR. Surat keterangan kerja ini bisa menjadi bahan pertimbangan bank, mau memberikan kredit itu atau tidak karena melihat potensi Anda dalam bekerja. Berikut adala contoh surat keterangan kerja yang dimaksudkan untuk pengajuan KPR :

Makmur Jaya

Jl. Teratai Cinta, No. 35 Purwokerto 

Telp/Fax : 0281-456879 / 0281-7468125 Email : [email protected] 

===================================================

Surat Keterangan Kerja
Nomor : 134/HRD/VX/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, Pimpinan Divisi Sumber Daya Manusia PT. Makmur Jaya, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama                 : Raynand Hari
NIK                    : 2011-345
Jabatan/Divisi   : Staff / Customer Service
Alamat               : Jl. Sunan Ampel, Berkoh, Purwokerto

Adalah karyawan PT. Makmur Jaya yang telah bekerja sejak tanggal 01 Februari 2011 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan ini dibuat sebagai dokumen pendukung untuk mengajukan permohonan pengajuan KPR.

Purwokerto, 13 Januari 2019

Raynand Hari  


  1. Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

Seperti yang kita ketahui, dalam pembuatan contoh surat keterangan kerja untuk visa memang tidak boleh sembarangan karena ini sangat penting dan berkaitan dengan negara lain. Berikut adalah contoh dari surat keterangan kerja yang dikhususkan untuk pembuatan visa bekerja di luar negeri. Pembuatan surat keterangan kerja yang ini memang sedikit ribet. Perlu perizinan sana dan ke sini hingga surat tersebut berhasil diterbitkan. Untuk itu, Anda jika ingin ke luar negeri menggunakan surat keterangan kerja, ada baiknya untuk mempersiapkannya secara matang sejak jau-jauh hari.

BAKTI JAYA MUDA

To :

Visa Section of

Embassy of United State Of America

Yogyakarta

Dear Sir/Madam,

With this letter, I would like to inform you, I, the undersigned:

Name                           : Yusuf Al-Ma’ruf

Position                       : Head Manager

Certify that,

Name                           : Mariana Hendry Tarigan

Position                       : Financial Department

DOB                           : March, 13th 1989

Working Since            : 2009

Is planning to have vacation to America, on August, 25th 2017 until January, 11th 2019.

I acknowledge and guarantee that he is really an Employee in our company with average monthly THP is IDR 20.500.000. He will not seek any employment or permanent stay into your country, and will return to Indonesia soon after his holiday trip is completed. All kind of expenses during this trip will be fully covered by his personal account.

Kindly grant his the necessary entry visa to your country. Your kind assistance will be very highly appreciated.

Sincerely yours,

Yusuf Al-Ma’ruf

Yogyakarta, May, 24th 2017


  1. Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja memang sangat penting bagi karyawan yang masih terikat kontrak dengan perusahaan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi-fungsi dari surat keterangan kerja memang sangat penting bagi Anda. apalagi dikeluarkan langsung oleh perusahaan sendiri. Cara membuat surat keterangan kerja sebenarnya mudah. Anda bisa membuatnya sendiri jika memang berniat untuk memahaminya.

Maka dari itu, kadang ada perusahaan yang menyuruh karyawannya sendiri untuk membuat surat keterangan kerja sendiri, kemudian para atasan yang tinggal mendatanginya. Itu sah-sah saja jika memenuhi syarat dalam pembuatan surat keterangan kerja.


Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Penyusunan Surat Keterangan Kerja

Setelah Anda membaca itu semua, apakah sudah memahami perihal surat keterangan kerja? Jadi, memang surat tersebut sangat penting demi keberlangsungan karir Anda dan memenuhi kebutuhan Anda di luar perusahaan. Bahkan surat keterangan kerja bisa digunakan sebagai jaminan yang kuat bagi beberapa bank agar bisa mengerti bahwa Anda masih bekerja dan sanggup untuk membayar semua kredit yang Anda ajukan. Dari semua penjelasan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa surat keterangan kerja terdiri dari :

  1. Kop surat perusahaan atau yang disebut dengan kepala surat. Kop surat di surat keterangan kerja berguna untuk mengetahui, dari mana surat itu berasal dan yang berarti juga, surat tersebut resmi diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya yang membutuhkan surat keterangan kerja.
  2. Kemudian ada juga bagian perihal. Di dalam surat keterangan kerja, perihal berguna untuk memberikan keterangan jika surat ini diterbitkan guna untuk apa, bertujuan untuk apa. Sehingga orang yang menerima surat keterangan kerja dari Anda sudah langsung mengetahuinya.
  3. Kemudian ada isi surat. Isi surat keterangan kerja ini berisi tentang biodata orang pemilik surat dan juga keterangan perihal maksud dibuatnya surat tersebut. Anda harus menuliskannya secara jelas, singkat dan sopan dalam pemilihan katanya.
  4. Lalu ada penutup yang berisi kesimpulan dan salam penutup.
  5. Tanda tangan. Biasanya diberi materai.

Itulah bagian-bagian surat keterangan kerja yang perlu Anda ketahui. Jika ada salah satu bagian yang tidak ada, tentu akan terasa aneh dan seperti bukan surat keterangan kerja. Maka dari itu, bila perusahaan Anda menganut sistem pembuatan surat keterangan kerja sendiri, Anda harus membuat kerangkanya terlebih dahulu dan mintalah agar pemimpin perusahaan atau bagian personalia mengecek kembali kebenaran dari surat yang Anda buat. Barulah jika memang sudah sangat benar, Anda bisa langsung meminta tanda tangan di atas materai kepada pimpinan ataupun bagian personalia.

Perbedaan Surat Keterangan Kerja dan Surat Pengalaman Kerja

Surat keterangan kerja dan surat pengalaman kerja adalah 2 hal yang berbeda. Jika surat keterangan kerja dibuat ketika Anda masih berada di perusahaan tersebut, sementara surat pengalaman kerja dibuat setelah Anda keluar dari perusahaan tersebut. Biasanya surat pengalaman kerja dibutuhkan ketika Anda ingin bekerja di perusahaan lain sebagai bahan pertimbangan bagian personalia untuk menerima Anda. Dengan adanya surat pengalaman kerja juga membuktikan kualitas dan pengalaman Anda di dunia kerja.

Untuk itulah, ketika Anda keluar dari perusahaan lama Anda, Anda harus meminta surat keterangan kerja tersebut untuk bisa melamar kembali ke perusahaan yang lain. Di surat pengalaman kerja, yang harus ada dan tidak boleh terlewat adalah biodata, nama perusahaan terdahulu dan juga jabatan Anda di perusahaan yang dulu. Itu semua harus ada karena sebagai pertimbangan pihak personalia. Berbeda jika Anda membuat surat keterangan kerja yang notabene masih menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Saat membuat surat keterangan kerja, Anda harus tahu bahwa isi dari surat tersebut harus ditulis dengan benar karena menerangkan keprofesionalan Anda dalam bekerja. Kenapa demikian? Hal itu dikarenakan terdapat posisi atau jabatan serta lama waktu Anda menjabat di perusahaan tersebut. Jika Anda jabatannya tinggi dan sudah mengemban amanah tersebut lebih dari 5 tahun, tentu orang-orang akan percaya dengan keahlian Anda serta kematangan Anda dalam menjabat posisi tersebut. Maka dari itu, selalu perhatikan pembuatan surat keterangan kerja agar tidak salah dalam mengeluarkannya.