10+ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Berbagai Format

12 min read

8. contoh surat izin tidak masuk sekolah

Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi kini, semakin jarang juga penggunaan surat sebagai media komunikasi dan penyampai informasi. Terlebih lagi untuk urusan pribadi. Kebanyakan orang kini lebih memilih berkomunikasi menggunakan media yang lebih instan dengan memanfaatkan teknologi, ketimbang harus menulis tangan dan mengirimkannya secara manual. Kini, beragam media komunikasi disediakan untuk mempermudah seseorang berkomunikasi dengan khalayak, ada telepon, SMS, email, hinggaaplikasi instant messaging (seperti Whatsapp, Line, dan sebagainya).

Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk komunikasi pereorangan atau individu ke individu. Sementara, untuk berhubungan dengan suatu perusahaan, organisasi, lembaga, maupun instansi, seperti instansi pendidikan, secara resmi haruslah menggunakan media surat. Surat yang digunakan juga bisa ditujukan ke perseorangan di dalam instansi, seperti yang biasa dilakukan untuk menyatakan ketidakhadiran siswa di sekolah.

Bagi Anda yang masih berurusan dengan sekolah, misalnya masih menjadi anak sekolah atau merupakan orang tua yang memiliki anak yang masih sekolah, tentu surat masih menjadi media komunikasi atau penyampai informasi secara resmi. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan surat izin. Mau tidak mau, surat yang biasa dibuat dari orang tua/wali atau murid kepada pihak sekolah memang surat izin.

Surat izin berfungsi sebagai sarana pemberitahuan dan perizinan, bahwa orang yang menulis surat memiliki suatu kepentingan lain atau sedang tidak dapat melakukan suatu hal. Di lingkup sekolah, surat izin biasanya digunakan untuk murid yang tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar pada waktu tertentu karena berbagai alasan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat surat, sekalipun yang diperlukan hanyalah surat izin dan bukan surat resmi. Karenanya, Jurnal Manajemen akan mencoba menjelaskan cara membuat dan contoh surat izin tidak masuk sekolah sebagai referensi Anda. Contoh in akan kami buat beragam, agar nantinya bisa dijadikan referensi Anda dalam membuat surt izin tidak masuk sekolah.

Pentingnya Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap sekolah tentu memiikii aturan yang sudah ditetapkan dan wajib ditaati oleh seluruh pihak sekolah, baik itu murid maupun guru yang mengajar, serta karyawan. Khusus utnuk murid, salah satu peraturan yang selalu ada di setiap sekolah ada harus menyerahkan surat izin tidak masuk sekolah ketika Anda tidak bisa mengikuti proses belakar mengajar di sekolah seperti biasanya. Tentu saja izin yang dilakukan bukan untuk hal yang tidak penting, melainkan untuk alasan yang masuk akal, sehingga pihak sekolah tidak akan khawatir jika yang bersangkutan absen.

Sebagai seorang murid, Anda tentu harus mentaati peraturan sekolah yang satu ini. Jika tidak, maka ketidakhadiran Anda ini akan dianggap alpha atau tidak mengikuti kelas tanpa izin. Dengan kata lain, Anda dianggap bolos sekolah yang tentu saja akan mengurangi poin di sekolah. Ya, sekolah biasanya menerapkan sistem poin pada siapa saja yang melakukan pelanggaran. Saat poin tersebut sudah melewati batas yang ditentukan, Anda sebagai siswa berhak menerima sanksi yang juga sudah ditentukan sekolah.

Seiring berjalannya proses belajar mengajar, banyak murid yang menyepelekan masalah poin dan ketidakhadiran proses belajar mengajar tersebut. Karenanya, untuk beberapa surat izin yang diberikan untuk pihak sekolah, wajib disertai dengan tanda tangan orang tua atau wali murid yang bertanggung jawab atas Anda. Dengan demikian, pihak sekolah akan mengetahui bahwa ketidakhadiran Anda disekolah memang karena alasan yang masuk akal.

Sayangnya, sebagain dari Anda mungkin tidak paham cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang harus diserahkan pada pihak sekolah saat Anda tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar. Karena itulah, penting bagi Anda mencari referensi atau contoh surat izin tidak masuk sekolah buatan sendiri dari berbagai sumber, seperti buku atau internet.

Meski tidak ada aturan baku untuk menulis surat izin tidak masuk sekolah, namun tentu saja penulisannya harus sesopan mungkin karena Anda sedang berhadapan dengan instansi pendidikan formal. Karenanya, kata-kata yang dipilah juga harus seformal mungkin dan mengikuti struktur pembuatan surat izin sesuai dengan unsur-unsur yang harus ada di dalamnya.

Unsur Penting Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar, jangan khawatir sebab kami akan mencoba membantu menjelaskan satu per satu kepada Anda caranya. Anda tentu akan mudah menerapkannya, karena membuat surat izin tidak masuk sekolah bukanlah perkara sulit. Namun, perlu diingat beberapa unsur yang harus ada dalam surat. Apa saja hal penting atau unsur-unsur penting pembuatan surat izin tidak masuk sekolah? Perhatikan yang berikut ini:

  1. Tempat dan tanggal dibuatnya surat

Hal ini tentu sangat penting dimuat dalam surat izin tidak masuk sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai tempat dan tanggal penulisan surat izin tersebut. Selain itu, biasanya pihak penerima juga membutuhkan informasi ini untuk pendataan kapan masuknya surat.

  1. Perihal pembuatan surat

Surat izin tidak masuk sekolah tidak perlu mencantumkan nomo surat seperti surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi. Namun, Anda sebaiknya mencantumkan tujuan pengiriman surat, meski hal ini tidak wajib dilakukan. Tujuan pencantumannya adalah untuk mempermudah penerima surat mendata surat yang masuk.

  1. Lampiran

Bagian lampiran sebetulnya antara perlu dan tidak perlu dicantumkan. Sesuai kebutuhan saja, jika memang ada lampiran yang disertakan, maka bagian ini harus disertakan dalam surat izin. Tujuannya adalah untuk memperjelas informasi yang diberikan, bahwa ada sejumlah berkas atau dokumen yang disertakan dalam surat izin tersebut. Misalnya, surat izin tidak masuk karena sakit yang disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter, maka bagian ini wajib dicantumkan. Jika tidak ada, maka bagian lampiran tidak perlu dicantumkan dalam surat izin.

  1. Penerima

Sebelum masuk pada inti dari surat izin, yaitu alasan izin tidak masuk sekolah, Anda harus terlebih dahulu menuliskan kepada siapa surat akan ditujukan. Misalnya, kepada kepala sekolahkah, wali kelaskah, dan sebagainya.

  1. Pengirim

Setelah itu, wajib bagi Anda untuk memberikan informasi tentang siap ayang membuat surat izin tersebut. Sebab, umumnya sebuah surat izin tidak masuk sekolah tidak dibuat oleh orang yang bersangkutan atau dibuat oleh orang lain. Misalnya, jika Anda sedang sakit dan tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar, maka yang membuatkan surat adalah orang lain, seperti kakak atau orang tua/wali murid. Meskipun Anda sendiri yang membuat suratnya, unsur ini wajib dipenuhi sebagai legalitas surat.

  1. Salam pembuka

Unsur yang satu ini berfungsi sebagai sapaan dalam surat agar terlihat sopan. Salam pembuka ditulisa dengan huruf capital di awal dan di akhiri dengan tanda koma. Dalam peulisan surat izin tidak masuk sekolah, salam pembuka tidak perlu dibuat seformal mungkin seperti surat resmi yang dibuka dengan muqadimah panjang. Biasanya, salam pembuka pada surat izin tidak masuk sekolah hanya berupa salam biasa, seperti berikut:

Dengan hormat,

Salam sejahtera,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Salam hormat,

  1. Isi beserta alasan

Masuk ke bagian isi surat, Anda wajib memberikan informasi selengkapnya. Meskipun surat yang Anda buat singkat, tapi tetap inti dan alasannya harus masuk dalam format isi surat izin. Bagian ini merupakan bagian inti atau maksud dari dibuatnya surat izin. Jika Anda izin karena sakit, maka jelaskan tanggal berapa Anda tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar, berapa hari Anda tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar, dan tentu saja alasan jelasnya. Ketika Anda sakit dan sudah berobat ke dokter, Anda juga wajib menyertakan surat keterangan sakit dari dokter tempat Anda periksa, sehingga Anda tidak perlu menjalaskan panjang lebar berapa hari Anda harus istirahat dari kegiatan di sekolah. Demikian juga halnya, jika Anda izin tidak masuk sekolah karena ada kegiatan atau urusan keluarga penting yang menuntut Anda untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Intinya, pada bagian ini Anda harus memberikan sejelas-jelasnya alasan dan semasuk akal mungkin.

  1. Penutup

Sebuah surat, apapun jenisnya, wajib menyertakan penutup setelah isi. Ini adalah unsur penting selain nama penerima dan salam pembuka. Salam penutup juga merupakan tata karma dala sebuah surat. Sama seperti salam pembuka, salam penutup harus di awali dengan huruf capital dan di akhiri dengan tanda koma. Letak salam penutup biasanya ada di bagian kanan surat, jika dia adalah yang menulis surat tersebut. Salam penutup dalam surat izin tidak masuk sekolah biasanya menggunakan kata:

Hormat kami,

Wassalam,

  1. Tanda tangan pembuat surat

Seperti yang kita ketahui bersama, tanda tangan merupakan salah satu bentuk pengesahan atau legalitas suatu surat. Apapun jenis suratnya, tanda tangan merupakan sebuah unsur penting dalam sebuah surat dan paling diperhatikan, karena sebagai penanda keaslian atau keabsahan sebuah surat. Palsu atau tidaknya sebuah surat, salah satunya bisa dikenali dengan tanda tangan di pembuat surat. Untuk surat izin tidak masuk sekolah, biasanya jika dibuat oleh murid yang bersangkutan, maka sebaiknya disertakan pula tanda tangan orang tua/wali murid.

  1. Nama jelas

Setelah diimbuhkan tanda tangan, penting bagi Anda untuk membubuhkan nama jelas. Hal ini agar semakin jelas legalitas dari surat yang dibuat.

Penting dijadikan catatan dan selalu diingat, bahwa surat izin ini bukan merupakan surat resmi dari sebuah instansi atau lembaga dan biasanya memang dibuat dan ditujukan pada per seorangan. Karenanya, surat izin tidak masuk sekolah tidak memerlukan nomor surat, apalagi kop surat.

Anda juga bisa mencari contoh surat izin tidak masuk sekolah di Internet, misalnya saja contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, izin absen sekolah karena keperluan mendadak, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus jeli melihat mana contoh surat izin yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai siswa. Jika Anda ingin izin karena sakit, maka harus melihat contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Begitupun, jika Anda izin karena ada urusan keluarga, maka Anda harus mencari contoh surat izin karena urusan keluarga, begitu seterusnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Setelah memahami apa itu surat izin, tujuan, hingga unsur-unsurnya, maka berikut ini akan kami berikan beberapa referensi atau contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa Anda jadikan referensi. Yuk, kita simak bersama!


  1. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Ada kalanya Anda sebagai siswa tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah pada hari tertentu karena sakit. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, Anda harus menjelaskan kepada pihak sekolah, bahwa Anda tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari tersebut karena sakit. Nah, menulis surat izin sekolah tidak selamanya harus dibuat panjang dan disampaikan secara bertele-tele. Surat izin boleh dibuat secara singkat, padat, dan jelas yang paling penting adalah inti yang ingin disampaikan tertulis dengan jelas. Begini contoh surat izin tidak masuk sekolah yang dibuat secara singkat:

Jakarta, 18 Januari 2019

Hal: Surat Izin

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1

di SMA N 3 Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini adalah orang tua/wali murid dari:

Nama       : Laura Cantika

Kelas        :  XII IPA 1

NIS           : 12733445

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru wali kelas XI IPA 1, bahwa pada hari Jumat tanggal 18 Januari 2019 anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di sekolah karena sedang sakit flu dan batuk.

Demikian surat izin ini saya sampaikan mewakili yang bersangkutan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas XII  IPA 1, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua siswa,

[tanda tangan]

Candra Sutikno


  1. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Buatan Sendiri

Surat izin tidak masuk sekolah memang sebaiknya ditandatangani oleh orang tua atau wali murid. Namun, jika Anda tinggal jauh dengan orang tua dan tinggal sendiri di kost, sementara Bapak/Ibu kost Anda yang bisa dijadikan wali tidak tinggal bersama di kost, maka Anda bisa mengirimkan surat izin sendiri. Penandatangannya pun dilakukan sendiri. Hal ini menandakan, bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas diri sendiri. Begini contoh surat izin tidak masuk sekolah yang dibuat sendiri:

Bandung, 29 Januari 2019

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 1

SMA N 4 Bandung

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Euis Cemara

Kelas        :  XI IPA 1

Alamat      : Jalan Antapani No 22, Bandung

NIS           : 12343445

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru wali kelas XI IPA 1, bahwa saya tidak bisa hadir untuk mengikuti kelas seperti biasa pada hari, Kamis 31 Januari 2019 karena sedang dalam kondisi sakit. Adapun Pekerjaan Rumah yang harus dikumpulkan pada hari tersebut akan saya kumpulkan di kemudian hari saat kembali masuk kelas seperti sediakala.

Demikian yang dapat saya sampaikan, saya harapkan Bapak/Ibu guru memaklumi ketidakhadiran saya. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas XI IPA 1 saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[tanda tangan]

Euis Cemara


  1. Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Dalam menjalani hidup pasti ada saja sesekali kejadian tak terduga yang hadir secara mendadak, misalnya saja kecelakaan. Kecelakaan memang sebisa mungkin dihindari setiap orang, namun kita sebagai manusia tentu tidak bisa mengetahui kapan bahaya akan menghampiri kita. Nah, jika Anda mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan di rumah sakit sementara waktu, maka Anda bisa meminta orang tua/wali untuk membuat dan mengirimkan surat izin tidak mengikuti pelajaran kepada pihak sekolah. Berikut ini kami berikan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa Anda jadikan referensi:

Bandung, 12 Desember 2018

Hal    : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPS 2

SMA N 21 Bandung

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan orang tua/wali dari:

Nama       : Leo Pakusadewo

Kelas        : XI IPS 2

NISN        : 111222333

Alamat      : Gang Kenari 2, No. 12 RT 02/RW 02, Bandung

Bermaksud memberitahukan kepada Bapak/Ibu guru wali kelas XI IPS 2, bahwa anak kami dengan nama tersebut di atas baru saja mengalami kecelakaan kemarin pagi, Selasa 11 Desember 2018. Atas saran dari dokter, anak kami pun harus menjalani perawatan intensif di RS. Bandung selama 2 hari dan bed rest di rumah selama 3 hari hingga kondisinya pulih. Bersama dengan ini, kami juga melampirkan laporan hasil pemeriksaan dari dokter.

Demikian surat izin ini kami sampaikan kepada Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua/Wali Siswa

[tanda tangan]

Bio Pakusadewo


  1. Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Seorang murid Sekolah Dasar (SD), tentu belum bisa membuat surat izin tidak masuk sekolah sendiri dengan baik. Karena itulah, Anda sebagai orang tua/wali atau saudara dari siswa yang bersangkutan yang lebih tua harus membuatkan surat tidak masuk sekolah dan mengirimkanya pada pihak sekolah. Sebab, surat izin tidak masuk ini sungguh penting bagi kedua belah pihak. Jika Anda tidak tahu cara membuatnya, kami akan berikan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa Anda jadikan referensi. Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah mewakili siswa SD:

Surabaya, 14 Februari 2019

Hal    : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Lampiran  : 1 lembar

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 4-A

SD N 2 Surabaya

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku orang tua/wali dari:

Nama       : Nagita Muria

Kelas        :  4-A

Alamat      : Komplek Buana Indah, Jalan Perkutut No. 2, Surabaya

Bermaksud memberitahukan, bahwa anak kami tersebut saat ini sedang dalam kondisi sakit dan melakukan perawatan intensif di RS. Surabaya, sehingga anak kami tidak bisa mengikuti kegiatan belajar. Menurut keterangan dokter, anak kami harus menjalani rawat inap selama 4 hari dan bed rest di rumah selama 3 hari. Total 7 hari anak kami tidak bisa mengikuti kegiatan belajar, terhitung mulai hari ini, Senin, 7 Januari 2019. Bersama dengan ini kami juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin ini saya sampaikan mewakili yang bersangkutan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas 4-A, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua/wali siswa,

[tanda tangan]

Muria Hendrawan


  1. Contoh Surat Izin Orang Tua

Ada beberapa hal yang mungkin membuat Anda tidak bisa masuk sekolah. Untuk meminta izin pada pihak sekolah, selain membuat surat sendiri, Anda juga bisa meminta orang tua membuatkannya untuk Anda. Hal ini tentu saja akan membuat pihak sekolah yakin, bahwa orang tua pun tahu akan ketidakhadiran Anda di kelas. Anda bisa mencantumkan tanda tangan Anda dan orang tua pada surat tersebut agar lebih meyakinkan. Berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah dari orang tua:

Jakarta, 3 Februari 2019

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPS 2

SMA N 44 Jakarta

di Tempat

Dengan hormat,

Saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama       : Keanu Ramadhan

Kelas        :  XII IPS 2

Alamat      : Jalan Kalisari No. 22, Jakarta Selatan

NIS           : 12345678

Memberitahukan, bahwa hari ini, Rabu 4 Februari 2019, anak saya yang tersebut di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, bersama dengan surat ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu guru wali kelas XII IPS 2 agar bisa memaklumi keadaan tersebut dan memberikan izin untuk anak saya istirahat di rumah.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas XII IPS 2 kai ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Orang tua/wali murid,

[tanda tangan]

Bahran Ramadhan


  1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Mungkin di antara Anda sekalian ada yang menempuh pendidikan di luar kota dan jauh dari orang tua. Hal ini tentu akan menyusahkan Anda ketika sakit, karena tidak ada orang tua yang membuatkan dan menandatangani surat izin tidak masuk sekolah. Namun, jika Anda mungkin tinggal bersama kakak atau adik, Anda bisa meminta mereka untuk membuatkan surat izin. Sebab, yang terpenting tanggung jawab Anda kepada pihak sekolah untuk menyampaikan alasan tidak masuk sekolah tersampaikan dengan baik. Begini contoh surat izin tidak masuk sekolah yang bisa dibuat oleh kakak atau adik:

Jakarta, 4 Februari 2019

Hal            : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Lapiran     : 1 lembar

Yth.

Bapak/Ibu Guru SMK N 68 Jakarta

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku wali (kakak kandung/adik kandung) dari:

Nama       : Marini Zumarnis

Kelas        :  XI Akuntansi 1

Alamat      : Komplek Nuansa Bening, Jalan Air Tawar No. 24, Jakarta Selatan

NIS           : 1234456

Menyampaikan kepada Bapak/Ibu guru wali kelas XI Akuntansi 1, bahwa pada hari ini, Senin 4 Februari 2019, adik saya yang tersebut di atas tidak dapat mengikuti kegiatan belajar di kelas hingga 2 hari ke depan karena sakit mata. Dikhawatirkan, apabila masuk sekolah akan menular pada murid lainnya. Bersama dengan ini, kami juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter klinik.

Demikian surat izin ini saya sampaikan mewakili yang bersangkutan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas XI Akuntansi 1, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Wali siswa,

[tanda tangan]

Marina Zumarnis


  1. Contoh Surat Izin Sakit

Di antara Anda mungkin ada yang sedang menempuh pendidikan di luar kota dan harus tinggal di kost. Hal ini tentunya membuat Anda sedikit kerepotan ketika Anda sakit dan harus izin tidak masuk sekolah. Sementara, keadaannya Anda jauh dari orang tua, maupun anggota keluarga lainnya. Lantas, siapa yang akan menandatangani surat izin tidak masuk sekolah? Jangan khawatir, Anda bisa meminta tolong pada Bapak/ibu kost untuk menandatangani surat izin tersebut. Jika Anda tidak paham bagaimana contoh surat izin tidak masuk sekolah yang ditandatangani wali, berikut ini kami berikan contoh surat izin tidak masuk sekolah sebagai referensi Anda:

Bandung, 22 Januari 2019

Hal    : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-2

SMA N 4 Bandung

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini merupakan Wali/Ibu Kost dari:

Nama       : Marin Salami

Kelas        : X-2

NIS           : 111222333

Alamat      : Kost Puteri Atiqah, Komplek Buana Indah, Jalan Buana Raya No. 24-27, Bandung

Bermaksud memberitahukan, bahwa siswi tersebut di atas tidak bisa mengikuti kegiatan belajar pada hari Rabu 23 Januari 2019, karena dalam keadaan sakit. Sehubungan dengan kondisi tersebut, kami ingin memohon izin atas ketidakhadiran siswi tersebut di dalam kelas untuk proses pemeriksaan ke dokter. Dikarenakan yang bersangkutan belum memeriksakan kesehatannya ke dokter, surat keterangan dokter akan menyusul diberikan.

Demikian surat izin ini kami sampaikan untuk mewakili yang bersangkutan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas X-2, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Wali siswa/Ibu Kost,

[tanda tangan]

Atiqah Mulia


  1. Cara Buat Surat Izin Sekolah

Di antara Anda mungkin merupakan anak sekolah yang pergi ke sekolah dengan membawa motor atau bahkan mobil. Nahas, di jalan menuju sekolah Anda terkena tilang karena belum memilki dan belum cukup umur untuk berkendara. Karenanya, pihak kepolisian lalu lintas meminta Anda untuk mengambil surat-surat yang ditahan ke kepolisian setempat. Jika hari itu tepat di hari sekolah, maka Anda terpaksa harus membuat surat izin untuk pihak sekolah untuk tidak mengikuti pelajaran. Nah, berikut ini contoh surat izin tidak masuk sekolah karena keperluan penting. Contoh surat izin tidak masuk sekolah ini juga bisa digunakan untuk keperluan penting lainnya hanya tinggal menggubah perihal saja:

Jakarta, 24 Januari 2019

Hal    : Permohonan izin tidak masuk sekolah

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-C

SMP N 200 Jakarta

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini::

Nama       : Rian Widi Hendrawan

Kelas        : IX-C

NISN        : 111222333

Bermaksud memohon izin tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar pada hari ini, Jumat 25 Januari 2019 karena ada keperluan penting mendadak dan tidak dapat ditinggalkan. Kiranya Bapak/ibu berkenan memberikan izin kepada saya. Pekerjaan Rumah yang harus dikumpulkan pada tanggal tersebut, sudah saya titipkan kepada ketua kelas IX-C.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dan dibuat dengan sebenar-benarnya. Atas kebijaksanaan dan izin yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru wali kelas IX-C, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui,                                                                                 Hormat saya,

Orang tua/Wali Siswa                                                                  Yang bersangkutan,   

[tanda tangan]                                                                              [tanda tangan]

Hendra Gunawan                                                                        Rian W. Hendrawan


  1. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Urusan Keluarga

Terkadang urusan keluarga yang tidak bisa ditunda hadir pada saat hari libur, misalnya ada keluarga yang meninggal, ada acara keluarga yang mengharuskan Anda sebagai siswa ikut menghadirinya, atau mungkin urusan lainnya yang harus melibatkan seluruh keluarga. Kondisi seperti ini otomatis mengharuskan Anda izin kepada pihak sekolah untuk tidak mengikuti pelajaran pada hari tersebut, karena Anda tidak bisa memandang rendah pendidikan begitu saja. Untuk Anda yang baru pertama kali melakukan izin karena urusan keluarga, berikut ini kami berikan contoh surat izin tidak masuk sekolah untuk urusan keluarga:

Jakarta, 11 Januari 2019

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-2

SMP N 2 Jakarta

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama       : Kiki Fatmala

Kelas        :  IX-2

Alamat      : Jalan Kalimati No. 22, Jakarta Selatan

NIS           : 112233445

Memohon izin kepada Bapak/Ibu guru wali kelas IX-2, bahwa pada hari Selasa 12 Januari 2019 s/d Rabu 13 Januari 2019, saya tidak bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah, karena ada keperluan keluarga di luar kota yang sangat penting dan tidak dapat ditinggalkan. Adapun tugas sekolah yang harus dikumpulkan pada hari tersebut, telah saya kerjakan dan titipkan pada ketua kelas.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian dan pengertian Bapak/Ibu guru wali kelas IX-2 saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui,                                                                                 Hormat saya,

[tanda tangan]                                                                              [tanda tangan]

Markus Fatihah                                                                            Kiki Fatmala


Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal tentang pembuatan surat izin tidak masuk sekolah. Informasi lengkap yang kami berikan, mulai dari tujuan pembuatan, unsur-unsur yang wajib harus ada pada surat izin, hingga contoh pembuatan surat izin tidak masuk sekolah. Contoh-contoh yang dicantumkan tersebut merupakan contoh membuat surat izin tidak masuk sekolah dan tentu saja akan berbeda dengan pembuatan surat izin dan surat lainnya. Contoh lainnya terkait pembuatan surat izin tidak masuk sekolah bisa Anda cari sebanyak-banyaknya di internet sesuai dengan kebutuhan izin Anda. Ada baiknya, surat izin tidak masuk sekolah dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan tidak untuk disalahgunakan.