Contoh Proposal Usaha Lengkap Beserta Cara Menyusunnya

9 min read

Menjadi pemula di dunia bisnis dengan cara mengajukan proposal usaha atau bisnis plan pastilah sudah tidak asing lagi. Proposal usaha yang nantinya ditujukan kepada calon investor dituntut untuk dapat meyakinkan mereka bahwa usaha kita akan benar-benar berhasil.

Kemudian banyak sekali orang bertanya :

Apa yang dimaksud bisnis plan ? dan bagaimana cara membuat bisnis plan ?

Sebelum membahas mengenai hal tersebut alangkah lebih baiknya kita mengetahui secara umum dari proposal usaha atau bisnis plan ini.

Perhatian untuk kita semua !!! bahwa setidaknya ada 3 aspek yang harus diberikan pada proposal usaha agar calon investor benar-benar percaya dan mau mendanai proposal usaha kita.

Hal Pertama adalah dilihat dari judul usaha. Pastikan judul usaha menggambarkan keseluruhan bentuk usaha dan memuat keunikan serta kebaruan di dalam usaha tersebut. Gunakan pula kata-kata yang menjual agar menarik perhatian. Sebagai contoh :

Usaha Pembuatan “DONSUS 88” (Donat Suweg Suji) Sebagai Inovasi Makanan K aya akan Klorofil dan Sebagai Upaya dalam Mengoptimalkan Hasil dari Tanaman Jenis Umbi-Umbian

Kedua, berikan kesan rapih secara administrarif. Maksudnya adalah penuhi semua komponen yang diminta oleh calon investor seperti yang akan di bahas pada unsur-unsur proposal usaha di artikel ini. Pastikan penulisan disajikan secara rapih agar menarik di baca.

Ketiga, buatlah kesan bahwa usaha yang diajukan telah siap dijalankan dan bukan sekedar wacana. Caranya adalah berikan penjelasan sedetail mungkin terkait lokasi usaha, siapa yang menjalankan, kesiapan usaha, logo usaha, bentuk produk dan kemasan, dan lain sebagainya.

Kesan ini diberikan agar calon investor yakin bahwa kekurangan dari usaha yang diajukan hanyalah masalah dana. Sehingga dengan demikian proposal usaha dapat di ACC.

Untuk penjelasan selengkapnya, mari lihat pembahasan artikel Jurnal Manajemen di bawah ini :

Pengertian Proposal Usaha

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proposal usaha ?

Proposal usaha adalah sebuah rencana ataupun bisnis plan yang dibuat dan dituangkan secara tertulis di dokumen dengan susunan yang rapi dan struktur serta jelas maksud yang dituju dari isi proposal tersebut.

Intinya, pengertian proposal usaha adalah sebuah rencana bisnis. Sebelum Anda memulai bisnis, ada baiknya untuk membuat proposal tersebut agr bisa mengetahui arah dan tujuan Anda dalam membuka bisnis tersebut. Kita semua pasti tidak ingin jika usaha kita gagal dengan waktu yang cepat, untuk itulah segalanya harus direncanakan dengan baik dan sematang mungkin untuk bisa menghadapi masalah-masalah pada awal pembukaan usaha tersebut.

Manfaat Proposal Usaha

Ada banyak jenis usaha yang kini berkembang di Indonesia baik jasa dan barang. Semuanya berlomba-lomba untuk bisa mendirikan usaha yang sukses. Untuk itulah, agar bisa mengawalinya, harus bisa membuat proposal usaha terlebih dahulu. Mungkin bagi seorang pemula, banyak yang kurang tahu tujuan dibuatnya proposal tersebut. Padahal pembuatan proposal ini memiliki manfaat yang cukup besar. Manfaat proposal usaha, yaitu :

  1. Sebagai alat komunikasi yang nantinya menjadi pedoman untuk menyampaikan gagasan kepada pihak lain untuk bisa menarik investor untuk masuk ke perusahaan Anda.
  2. Membantu para wisausaha untuk bisa berpikir dengan kritis dalam memasuki bisang tersebut.
  3. Proposal juga mampu membandingkan antara perkiraan dan hasil nyata yang ada di lapangan.
  4. Proposal dapat membuktikan dana yang telah masuk dengan sumber yang jelas dan ditulis secara rinci dan teliti.
  5. Dapat memberikan gambaran kepada wirausahawan sekaligus menguji kewajibannya sebagai pengelola usaha tersebut.
  6. Dapat mempermudah perizinan tempat jika Anda ingin menyewa sebuah tempat untuk membuka usaha Anda.

Dari manfaat-manfaat tersebut, kita jadi tahu bahwa sebuah proposal pembuatan usaha itu sangat berguna untuk disusun. Akan sangat susah jika kita tidak mempunyai proposal tersebut. Pastinya jika ingin mengajak orang untuk bisa bekerjasama akan sulit karena tidak ada gambaran usahanya seperti apa. Jika Anda memang belum memahami cara pembuatan proposal tersebut, ada beberapa contoh proposal usaha lengkap yang bisa Anda pelajari.

Cara Membuat Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Cara membuat proposal usaha sebenarnya cukup mudah. Tapi dalam menyusun kata-katanya harus baik dan benar sesuai dengan EYD yang berlaku. Jangan sampai Anda memberikan proposal ke orang lain dengan keadaan yang acak-acakan sehingga orang yang diajak bekerjasama akan ragu-ragu untuk bergabung ke perusahaan Anda.

Membuat sebuah proposal jenis usaha harus memuat tujuan dari usaha Anda. Ingatlah jika tujuan adanya proposal yang paling utama adalah meminta bantuan dana dan mengajak investor untuk mau bekerjasama dengan Anda. Jadi, buatlah proposal Anda dengan sebaik mungkin jangan sampai salah. Adapun unsur-unsur yang harus ada pada setiap pembuatan sebuah proposal usaha. Unsur-unsur tersebut tidak boleh ada yang hilang agar tujuan Anda tercapai.

Unsur-Unsur Proposal Usaha

Proposal usaha adalah dokumen rancangan usaha yang bersifat resmi dan memiliki manfaat yang cukup besar untuk kelangsungan usaha Anda pada saat ini dan masa yang akan tiba. Untuk itulah, sebagai wirausahawan yang cerdas, Anda harus membuat proposal sebaik mungkin dengan memasukkan unsur-unsur proposal secara lengkap, yaitu :

  1. Untuk yang pertama adalah bab pendahuluan yang terdiri dari : Latar belakang dan motivasi melakukan usaha, perumusan masalah, tujuan program, justifikasi obyek usaha, luaran yang diharapkan dan kegunaan program.
  2. Setelah mengetahui latar belakang kemudian dilanjutkan dengan analisis produk. Pada bagian ini memaparkan mengenai jenis, nama produk, dan karakteristiknya, Keunggulan hingga keterkaitan dengan produk lain.
  3. Selanjutnya bagian analisa pasar : gambaran umum rencana usaha, profil konsumen, potensi dan segmentasi pasar, analisa pesaing & peluang pasar, metode pemasaran, target penjualan dan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Pada bagian ini pastikan bahwa produk yang ingin dijual akan banyak laku terjual.
  4. Bagian terpenting yang menjadi sorotan bagi investor adalah Laporan keuangan. Anda harus menuliskannya dengan rinci dan jelas. Unsur yang masuk ke dalam komponen keuangan biasanya : Total Biaya (Biaya tetap + biaya variabel), Harga Pokok Penjualan (HPP), Analisa Keuntungan, Pay Back Period (PBP), dan Return On Investment.
  5. Penutup yang berisi tentang permohonan maaf dan harapan-harapan.
  6. Lampiran-lampiran. Lampiran bisa berisi tentang biodata pemilik usaha, struktur organisasi serta surat perjanjian jika memang ingin mencapai kesepakatan dengan investor yang Anda tuju.

Nah, kesembilan unsur tersebut berlaku untuk semua jenis usaha termasuk proposal usaha makanan. Improvisasi terhadap format proposal usaha sah-sah saja dilakukan asalkan masih relevan terhadap pembahasan yang terkait. Sebagai contoh pencantuman visi misi, latar belakang berdirinya perusahaan, tugas masing-masing bidang, dan lain sebagainya.

 

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan

Sekarang ini, jenis usaha yang menjadi banyak incaran adalah usaha makanan termasuk makanan ringan. Makanan ringan memang mudah dipasarkan karema memiliki keunggulan. Yaitu makanan ringan harganya murah sehingga target pasarnya bisa untuk semua umur dan kalangan, menjual makanan ringan juga kerugiannya sedikit karena ada jenis makanan ringan yang bisa bertahan lama. Sehingga jika tidak terjual semua, bisa disimpan untuk waktu yang lain. Berikut adalah contoh proposal usaha makanan ringan :

Judul :

Usaha Pembuatan “NOBITA” (Nikmatnya Bakso Pomacea canaliculata) Sebagai Upaya Diversifikasi Pangan Berbahan Baku Keong Mas (Pomacea canaliculata)

A. Pendahuluan

Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha

Keong mas (Pomacea canaliculata) merupakan salah satu hama utama, terutama pada areal sawah beririgasi. Tingkat serangan hama keong emas tersebut tergolong cukup tinggi. Serangan terberat umumnya terjadi di persemaian sampai tanaman berumur dibawah 4 MST. Hal ini tentunya menimbulkan kerugian bagi para petani akibat rusaknya tanaman padi yang menyebabkan gagal panen.

Keong mas sangat menyukai lingkungan yang jernih, mempunyai suhu air antara 10 – 35 °C. Dengan demikian mudah ditemukan di daerah sawah, waduk, situ, rawa dan genangan air. Keong mas bersifat herbivor yang pemakan segala dan sangat rakus, tanaman yang disukai adalah tanaman yang masih muda dan lunak seperti bibit padi, tanaman sayuran, dan enceng gondok.

Selama ini pengendalian hama keong emas yang dilakukan petani yaitu dengan menggunakan pestisida. Tetapi penggunaan pestisida yang tidak tepat justru banyak menimbulkan dampak yang merusak lingkungan bahkan terjadinya resurgensi dalam suatu sistem ekologi. Penggunaan pestisida tentunya juga akan menambah biaya pengeluaran petani. Padahal keong emas

jika dikelola dengan baik merupakan komoditas prospektif untuk menambah penghasilan petani dan meningkatkan gizi masyarakat. Keong mas juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat, obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan gatal-gatal. Dengan potensi tersebut, keong mas seharusnya dapat dikelola untuk dimanfaatkan dan dibudidayakan.

Peluang Usaha Berdasarkan Produk

Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu daerah yang menjadi lumbung padi di Indonesia dimana memiliki areal persawahan yang cukup luas. Keong mas banyak terdapat di areal persawahan tersebut yang menjadi permasalahan bagi para petani. Kondisi itu belum mampu dimanfaatkan oleh masyarakat di Sukoharjo. Padahal keong mas memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga jika akan sangat tepat jika keong mas tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan bergizi tinggi.

Pemanfaatan keong mas sebagai bahan olahan makanan, selama ini hanya diolah menjadi sate keong. Pemilihan pengolahan keong mas menjadi bakso karena bakso banyak digemari masyarakat. Pengolahan keong mas menjadi bakso dapat menjadi salah satu alternatif bahan pangan dalam kaitannya dengan usaha diversifikasi pangan sehingga dapat meningkatkan nilai jual keong mas tersebut yang sekaligus sebagai usaha produktif yang dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu dapat menjadi upaya pengendalian hama yang sifatnya tidak merusak lingkungan.

Perumusan masalah

Pemilihan usaha pembuatan “NOBITA” (Nikmatnya Bakso Pomacea canaliculata).ini didasarkan pada seringnya dijumpai hama padi keong mas di daerah areal persawahan sekitar Kabupaten Sukoharjo. Sayangnya, binatang mollusca ini tidak diolah secara optimal. Padahal keong emas memiliki kandungan protein yang tinggi untuk dijadikan bahan olahan makanan yang bergizi.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pangan serta berubahnya selera konsumen maka perlu adanya suatu terobosan untuk  membuat makanan olahan berbahan dasar keong mas namun dengan bentuk yang lebih variatif, rasa enak, nilai gizi tinggi, harga yang kompetitif dibanding produk competitor, bebas bahan pengawet, serta tidak mengurangi kandungan gizi dari keong mas  itu  sendiri. Dengan asumsi tersebut, maka usaha pembuatan bakso keong mas diharapkan dapat menjadi suatu usaha yang menguntungkan.

Tujuan program

Tujuan dari program ini, antara lain :

  1. Membuat suatu unit usaha yang menghasilkan keuntungan.
  2. Mengembangkan keong mas sebagai bahan pangan produk olahan berprotein tinggi yang menarik dan bermutu.
  3. Mewujudkan diversifikasi pangan baru berupa bakso yang berbahan dasar keong mas.
  4. Meningkatkan nilai ekonomis dari keong mas sebagai bahan pangan.
  5. Mengembangkan pengendalian hama keong emas yang ramah lingkungan.
  6. Meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam suatu kegiatan kewirausahaan dan meningkatkan kepekaan terhadap adanya suatu peluang usaha.

Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha

  1. Merupakan binatang yang sudah dikenal oleh setiap orang dan dapat ditemukan di berbagai areal persawahan.
  2. Keong mas merupakan binatang yang mengandung nilai gizi yang cukup tinggi sehingga dapat memberi manfaat bagi kesehatan.
  3. Mahasiswa umumnya telah menguasai penggunaan teknologi yang digunakan untuk membuat produk bakso keong mas.

Luaran yang diharapkan

Luaran yang diharapkan dari program ini adalah :

  1. Produk bakso keong mas yang berkualitas dan menarik konsumen.
  2. Membuat terobosan baru produk makanan berbahan dasar hama yang memiliki cita rasa enak dan bergizi dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat luas serta dengan ditunjang sistem pemasaran yang efektif.
  3. Menciptakan unit usaha bakso berbahan baku keong mas.
  4. Terjalinnya kemitraan unit usaha bakso keong mas dengan para petani.

Kegunaan program

  1. Pemanfaatan hama keong emas dalam bentuk makanan olahan yang bergizi tinggi.
  2. Meningkatkan nilai ekonomi dari keong mas.
  3. Mengurangi jumlah populasi hama keong emas pada budidaya tanaman pertanian.
  4. Menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri mahasiswa yang sejalan dengan kreativitas dan keterampilannya dalam bentuk wirausaha bakso.

B. Analisis Produk

Jenis dan Nama Produk, Karakteristik Produk

  • Jenis :  Makanan olahan berprotein tinggi
  • Nama Produk :  NOBITA (Nikmatnya Bakso Pomacea canaliculata)
  • Karakteristik : :  Merupakan produk makanan olahan berbahan baku   

dari hama keong mas, dimana keong emas memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga merupakan makanan yang bergizi untuk kesehatan.

  • Logo :
proposal usaha makanan ringan
proposal usaha makanan ringan

Keunggulan

  • Bakso keong mas memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga menjadi makanan yang menyehatkan serta sebagai obat bagi penderita penyakit liver.
  • Produk Bakso keong mas memiliki kadar lemak yang rendah sehingga dapat digunakan sebagai pangan alternatif untuk penderita kolesterol tinggi.
  • Makanan Bakso keong mas memiliki kualitas produk yang unggul serta memiliki harga jual yang lebih murah jika dibandingkan dengan bakso lainnya dengan kandungan gizi yang tidak kalah tinggi.

 Keterkaitan dengan Produk Lain (Bahan Baku)

proposal usaha nobita
proposal usaha nobita

Keong mas memiliki kandungan gizi yang baik dan hampir setara dengan daging sapi dan daging ayam. Oleh karena itu keong mas memiliki potensi besar sebagai bahan pangan alternatif.

C. Analisis Pasar

Gambaran umum usaha

Gagasan timbulnya rencana usaha pembuatan bakso keong mas dikarenakan banyaknya populasi keong mas yang merupakan hama bagi tanaman sawah, sehingga perlu adanya pengendalian terhadap populasi keong emas. Keong mas sangat mudah didapatkan, terutama di daerah persawahan. Karena keong mas memiliki nilai gizi protein yang sangat tinggi sehingga muncul gagasan untuk memanfaatkan keong mas menjadi bahan pangan olahan yang bergizi. Pengolahan keong mas menjadi bakso dimaksudkan karena bakso merupakan jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat dari yang masih muda sampai orang tua. Bakso yang ada di pasaran pada umumnya berbahan dasar daging sapi sehingga harganya cukup mahal. Tetapi bakso yang berbahan dasar keong mas ini harganya lebih murah sebab pada dasarnya keong emas tidak memiliki nilai ekonomis. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik konsumen karena selain harganya murah bakso keong ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan cita rasa yang tidak kalah enak dengan bakso daging sapi.

Profil Konsumen

1. Masyarakat kota Surakarta

2. Penjual bakso

Potensi dan Segmentasi Pasar

1. Pasar tradisional

2. Penjual bakso

3. Sentra kuliner

4. Supermarket

Pesaing dan Peluang Pasar

Pesaing :    Adanya produk bakso daging sapi yang sudah memasyarakat.

Peluang Pasar : Masyarakat kini sudah mulai berpikir untuk mengkonsumsi makanan yang enak dan bergizi dengan harga terjangkau seiring dengan meningkatnya harga-harga kebutuhan yang lain. Bakso keong mas merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Selain itu masyarakat Kota Surakarta banyak yang gemar makan bakso.

Media Promosi yang akan digunakan

1. Media Cetak : Pamflet

2. Media Elektronik : Radio kampus, facebook

3. Media Lainnya : Mengikuti berbagai macam pameran, pemberian  voucher potongan harga

Target/ rencana penjualan 5 bulan : 337.500 butir

Strategi Pemasaran yang akan digunakan

1. Kemasan yang menarik

2. Distribusi yang luas dan mudah didapatkan

3. Harga terjangkau

4. Promosi

5. Produk yang unik dan menyehatkan

Analisis Keuangan

Analisis biaya

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

proposal usaha analisa keuntungan
proposal usaha HPP
analisa keuntungan proposal usaha
analisa keuntungan proposal usaha
proposal usaha PBP & ROI
proposal usaha PBP & ROI

D. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

Metode yang ditempuh dalam pembuatan bakso hingga akhirnya bakso keong mas sampai ke konsumen yaitu :

Persiapan Lokasi

Penyiapan lokasi dan ruang produksi. Rencana lokasi pelaksanaan usaha ini terletak di Gulon RT 01/V, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Persiapan peralatan

Pembelian peralatan dan penataan peralatan serta sarana prasarana.

Alat :

1.      Kompor gas

2.      Panci besar

3.      Timbangan

4.      Baskom

5.      Sendok makan

6.      Alat perajang (telenan)

7.      Pisau

8.      Kain bersih

9.      Penggiling

 

 

Persiapan bahan baku

Pembelian keong mas langsung dari petani, sedangkan  alat dan bahan lainnya dibeli di toko swalayan di daerah Surakarta.

Bahan baku :

1. Daging sapi

2. Daging keong mas

3. Tepung sagu

4. Garam

5. Merica

6. Bawang putih

7. Daun salam

8. Daun pandan

9. Daun jeruk

10. Penyedap rasa

 

Produksi

Pembuatan bakso keong mas. Cara pembuatan bakso keong mas, yaitu :

  1. Mencuci keong mas.
  2. Membersihkan bagian daging keong yang menyebabkan racun.
  3. Merebus daging keong mas dengan daun salam, daun jeruk, dan daun pandan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Mencincang daging keong mas.
  5. Membuat adonan bakso dengan cara memcampurkan semua bahan ditambah dengan daging sapi gilingan.
  6. Membentuk adonan menjadi bulat-bulat lalu merebusnya selama 5-10 menit.

Pengemasan

Pada proses pengemasan, per bungkus terdiri dari 10 butir  bakso keong mas.

Pemasaran produk

Produk dipasarkan dengan cara dijual di pasar, warung makan, supermarket, dan toko di sekitar tempat produksi.

Promosi

Promosi dilakukan dengan membuat brosur, leaflet, spanduk dll.

 

E. JADWAL KEGIATAN PROGRAM

jadwal kegiatan proposal usaha
jadwal kegiatan proposal usaha

F. Rancangan Biaya

rancangan biaya proposal usaha
rancangan biaya proposal usaha

Cara Menilai Proposal Usaha

Setelah mengetahui secara keseluruhan mengenai kerangka proposal usaha maka terdapat satu hal lagi yang mesti anda perhatikan. Agar proposal Anda ingin diterima oleh pihak investor, cobalah teliti lagi penyusunan proposal tersebut. Anda bisa menelitinya dengan :

  1. Apakah penyusunan proposal Anda tersebut mampu memberikan gambaran usaha yang Anda bukan? Anda bisa membacanya pada bab pendahuluan. Jika Anda kata-kata yang tidak terlalu penting, lebih baik direvisi dan dibuat dengan kata-kata efektif.
  2. Kamudian, bacalah kembali pada bagian target pasar apakah bisa memberikan informasi mengenai potensi pasar dan maket share yang kemungkinan bisa diraih dengan strategi yang Anda tulis di proposal. Jangan membuatnya seperti tak masuk akal karena investor atau pihak promotor tidak akan percaya.
  3. Hal yang paling penting, cobalah untuk cek pada bagian laporan keuangan. Apakah sudah benar sumber-sumber dana yang masuk serta rincian finansial dalam pendirian usaha Anda. Jangan sampai membuat laporan keuangan palsu karena bisa berdampak sangat fatal.
  4. Nah, pada bagian lampiran terdapat biodata pemilik perusahaan. Di sana juga Anda sebagai wirausahawan untuk bisa memperkenalkan diri secara tertulis dengan baik dan benar. Jelaskan potensi Anda sebagai pemilik usaha agar orang yang membacanya tertarik untuk bergabung.

Hal-hal di atas memang bagian terpenting yang bisa membawa target Anda berhasil dan mampu menarik para usahawan lain yang mau bekerjasama dan memberikan promosi bagi usaha Anda tersebut. Pelajarilah bagaimana membuat proposal yang baik dan benar, Anda bisa menanyakannya kepada orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sebagai rekomendasi dan gambaran, berikut adalah contoh proposal usaha yang bisa Anda tiru dan menyusunnya lebih baik lagi.

2 Replies to “Contoh Proposal Usaha Lengkap Beserta Cara Menyusunnya”

    1. Silahkan ^^ jangan lupa untuk share supaya banyak yg mempelajarinya dan banyak masukan untuk kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *