Perbedaan Efektif dan Efisien : Pengertian, Cara, dan Contohnya

5 min read

perbedaan efektif dan efisien

Barangkali Anda sering mendengar pengucapan kata efektif dan efisien. Namun seringkali orang merasa kesulitan untuk membedakan penggunaan kata efektif dan efisien. Padahal perbedaan efektif dan efisien begitu kentara. Bagaimana dengan Anda sendiri?

Jika Anda masih meras kesulitan untuk mencari perbedaan efektif dan efisien, maka ada baiknya Anda menyimak perbedaan kedunya pada artikel Jurnal Manajemen berikut :

Pengertian Efektif

1. Pengertian kata efektif

Pada dasarnya efektif merupakan cara yang digunakan untuk mencapai suatu target atau tujuan tertentu dengan pemilihan cara yang tepat dari berbagai macam alternatif serta selanjutnya mengimplementasikan pekerjaan tersebut dengan tepat waktu da cepat.

2. Pengertian kata efektif menurut para ahli

Beberapa ahli juga turut serta dalam memberikan opini mereka terkait kata efektif yang mana di antaranya ialah sebagai berikut.

a. Pengertian kata efektif menurut Peter F Drucker

Ahli pertama yang ikut serta dalam mengartikan kata efektif ialah Peter F Drucker. Peter F Drucker mendefiniskan efektif sebagai suatu upaya dalam mengerjakan sesuatu yang benar dan tepat.

b. Pengertian kata efektif menurut Komaruddin

Komaruddin turut serta memberikan opininya terkait definisi efektif. Menurut Komaruddin efektif ialah suatu hal yang mana dapat menunjukkan taraf ketercapaian tujuan serta usaha, yang mana dikatakan sebagai sesuatu hal yang efektif apabila usaha tersebut berhasil mencapai tujuan.

c. Pengertian kata efektif menurut Steers

Ahli berikutnya yang ikut serta dalam mendefiniskan efektif ialah Steers. Menurut Steers efektif ialah suatu jangkauan usaha pada suatu program sebagai suatu sistem dengan adanya sumber daya beserta urusan tertentu.

d. Pengertian kata efektif menurut Abdurahmat

Seorang ahli berikutnya yakni Abdurahmat ikut serta dalam memberikan opininya terkait efektif. Menurutnya, efektif ialah suatu penempatan sumber daya maupun sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang mana secara sadar telah ditetapkan sebelumnya guna menghasilkan sejumlah pekerjaan secara tepat waktu.

e. Pengertian kata efektif menurut Hidayat

Ahli berikutnya yang ikut mendeskripsikan efektif ialah Hidayat. Hidayat mengemukakan bahwa eektif adalah suatu indikator atau ukuran yang mana untuk menyatakan seberapa jauh target telah mengalami ketercapaian.

f. Pengertian kata efektif menurut Schemerhon John R. Jr.

Ahli kenamaan dari luar negeri yaitu Schemerhon John R. Jr turut serta dalam memberikan definisi terkait efektif. Bagi Schemerhon John R. Jr efektif ialah ketercapaian terhadap suatu target output yang mana diukur dengan cara perbandingan output anggaran atau output seharusnya dengan output realisasi atau output sesungguhnya.

g. Pengertian kata efektif menurut Kamus Ilmiah Populer Kontemporer

Tahukah Anda bahwa di dalam Kamus Ilmiah Populer Kontemporer juga ikut mendefinisikan tentang efektif. Berdasarkan Kamus Ilmiah Populer Kontemporer, efektif sejatinya adalah suatu hal yang menandakan sebagai ketepatgunaan serta menunjang tujuan.


Pengertian Efisien

1. Pengertian kata efisien

Seyogyanya efisien merupakan suatu keharusan bagi seseorang guna menyelesaikan pekerjaan secara hemat, cepat, selamat dan tepat waktu yang mana juga mengharuskan seseorang bekerja secara maksimal dan optimal tanpa perlu melakukan pengeluaran dalam jumlah banyak.

2. Pengertian kata efisien menurut para ahli

Beberapa ahli ikut serta  dalam memberikan definisi efisien yang mana di antaranya ialah sebagai berikut.

a. Pengerian kata efisien menurut Mulyamah

Ahli pertama yang mengemukakan pendapatnya tentang efisien ialah Mulyamah. Menurut Mulyamah efisien adalah suatu indikator maupun ukuran dalam hal melakukan perbandingan antara rencana penggunaan input dengan realisasi penggunaan maupun perkataan lain yang sesungguhnya.

b. Pengertian kata eisien menurut SP Hasibuan

Ahli berikutnya yang ikut serta dalam mengungkapkan opininya tentang efisien ialah SP Hasibuan. Menurut SP Hasibuan efisien merupakan suatu perbandingan yang paling baik antara masukkan atau input dengan keluaran atau output seperti halnya ketercapaian hasil yang optimal dengan penggunaan sumber yang terbatas.

c. Pengertian kata efisien menurut Kamus Besar Ekonomi

Tahukah Anda bahwa Kamus Besar Ekonomi juga memuat definisi dari efisien. Menurut Kamus Besar Ekonomi, efisien ialah suatu hubungan atau perbandingan yang terjadi antara faktor keluaran barang maupun jasa dengan masukkan yang langka pada suatu unit kerja atau bisnis serta menyangkut tentang ketepatan usaha dalam melakukan sesuatu.

d. Pengertian kata efisien menurut Mulyadi

Ahli berikutnya yang ikut mendefinisikan kata efisien ialah Mulyadi. Menurut Mulyadi efisien merupakan suatu ketepatan cara dalam upaya menjalankan maupun melakukan sesuatu dengan tanpa membuang waktu, tenaga hingga biaya sekalipun.

e. Pengertian kata efisien menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Di samping pengertian kata efisien menurut Kamus Besar Ekonomi, Kamus Besar Bahasa Indonesia juga turut serta dalam mendeskripsikan makna efisien. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut, efisien ialah suatu ketapatan cara dalam upaya mengerjakan sesuatu terkait kedayagunaan, ketepatgunaan serta kemampuan untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

f. Pengertian kata efisien menurut Arif Suadi

Arif Suadi merupakan salah satu ahli berikutnya yang turut serta dalam memberikan opininya terkait pengertian apa itu efisien.

Menurut Arif Suadi dalam bukunya yang berjudul Pengendalian Manajemen menyebutkan bahwa efisien merupakan suatu bentuk perbandingan antara keluaran atau output dengan tujuan yang sudah ada sejak awal, hubungan antara keluaran atau output dengan tujuan yang hendak dicapai serta kemampuan untuk melakukan dan mengerjakan sesuatu dengan baik dan benar.

g. Pengertian kata efisien menurut Mubyarto dan Ediy Suandi Hamid

Ahli berikutnya yang ikut mengemukakan definisi efisien ialah Mubyarto dan Edy Suadi Hamd. Di dalam buku yang berjudul Meningkatkan Efisiensi Nasional, Mubyarto dan Edy Suandi Hamid menjelaskan bahwa efisien merupakan tolak ukur yang digunakan untuk berbagai macam keperluan berikut dengan perbandingan antara tiap masukkan dan pengeluaran.

h. Pengertian kata efisien menurut Yotopoulos dan Nugent

Yotopoulos dan Nugent ikut memberikan opini terkait efisien. Di dalam bukunya yang berjudul Ekonomi Manajerial karangan Aulia Tasman dan M. Hafidz Aima menyebutkan bahwa efisien adalah suatu pencapaian output maksimum dari seperangkat sumber daya, yang mana terdiri atas dua jenis efisiensi yakni efiisiensi harga dan efisiensi teknis.

Adapun efisiensi harga berkaitan dengan sejumlah pengambilan keputusan manajerial terkait alokasi atau porsi berbagai macam variasi faktor produksi yang mana salah satunya ialah input produksi dan dapat dikontrol oleh suatu perusahaan atau pebisnis.

Sementara itu efisiensi teknis berhubungan erat dengan sumber daya tetap dalam suatu perusahaan, paling kurang dalam jangka waktu pendek yang mana keberadaannya pun terbilang sebagai bagian dari lingkungan yang sudah tersedia secara eksogen.  

Sejatinya terdapat dua faktor yang menyebabkan terjadinya efisiensi yakni ketika pada input yang serupa akan menghasilkan output yang cenderung lebih besar serta ketika pada input yang kecil cenderung akan menghasilkan output yang serupa. Jadi, efisiensi sejatinya merupakan perbandingan antara output fisik dan input fisik.

Apa Perbedaan Efektif dan Efisien

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal bahwa terdapat perbedaan yang cukup jelas antara efektif dan efisien. Adapun Perbedaan-Perbedaan Efektif dan Efisien tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Cara mengerjakan sesuatu

Perbedaan antara efektif dan efisien yang cukup kentara dari efektif dan efisien dapat Anda simak berdasarkan sudut pandang atau persepsi dalam caranya untuk mengerjakan sesuatu. Perbedaan-perbedaan tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Efektif

Jika dilihat berdasarkan sudut pandang cara mengerjakan sesuatu, maka efektif mempunyai pemilihan cara yang paling cepat atau tercepat untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Efisien

Apabila ditinjau dari segi cara mengerjakan sesuatu maka efisen memiliki pemilihan bagaimana cara terhemat guna mencapai tujuan tertentu.

2. Waktu pengerjaan

Perbedaan efektif dan efisien yang cukup kentara dari efektif dan efisien berikutnya ialah terkait berapa lama waktu pengerjaan sesuatu.

  • Efektif

Jika dilihat berdasarkan berapa lama waktu pengerjaan suatu hal, maka efektif memiliki kriteria pemilihan waktu pengerjaan yang cenderung lebih singkat dibanding ketersediaan sumber daya dan sebaginya.

  • Efisien

Apabila ditinjau berdasarkan berapa lama waktu pengerjaan tehadap suatu hal, maka efisien memiliki kriteria pemilihan waktu pengerjaan yang cenderung lebih lama karena sumber daya yang telah dipangkas.

3. Biaya

Perbedaan yang terbilang cukup nampak dari efektif dan efisien ialah terkait biaya yang dikeluarkan. Adapun perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Efektif

Jika disimak berdasarkan kriteria biaya, maka efektif memiliki keluaran biaya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan efisien.

  • Efisien

Apabila ditinjau dari sisi kriteria biaya, maka efisien mempunyai keluaran biaya yang cenderung cukup hemat terutama jika dibandingkan dengan efektif.

Contoh Penggunaan Kata Efektif dan Efisien

Akan tetapi, pada hakikatnya jika menampik dari perbedaan-perbadaan yang ada di antara keduanya maka sejatinya suatu pekerjaan tidak serta merta hanya membutuhkan keefektifan atau keefisiensian saja. Suatu pekerjaan sudah seharusnya dikerjaan secara efektif dan efisien. Adapun perbandingan pekerjaan yang dilakukan dengan memuat kriteria efektif dan efisien di antaranya sebagai berikut.

1.  Pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien

Jika Anda melakukan pekerjaan dengan mengusung kriteria efektif dan efisien maka Anda akan memperoleh tujuan pekerjaan yang cepat tercapai serta mampu menghemat biaya yang hendak dikeluarkan dalam pekerjaan tersebut.

2. Pekerjaan yang dilakukan secara efektif tetapi tidak efisien

Apabila Anda melakukan pekerjaan secara efektif namun tidak efisien, maka Anda akan memperoleh tujuan pekerjaan yang dapat tercapai dengan baik dan cepat. Akan tetapi, alih-alih memperoleh ketercapaian tujuan yang baik dan cepat, Anda justru akan mengalami pembengkakan biaya yang harus Anda keluarkan demi menunjang pekerjaan Anda.

3. Pekerjaan yang dilakukan secara tidak efektif tetapi efisien

Jika Anda melakukan suatu pekerjaan tidak secara efektif akan tetapi efisien, maka Anda akan memperoleh hasil pekerjaan yang terbilang lama atau bahkan tidak bisa tercapai tujuan dari pekerjaan tersebut. Akan tetapi, biaya yang hendak Anda keluarkan demi menunjang pekerjaan tesebut menjadi lebih hemat.

4. Pekerjaan yang dilakukan tidak efektif maupun tidak efisien

Kalau Anda melakukan sebuah pekerjaan tidak secara efektif maupun efisien, maka Anda akan mendapatkan hasil pekerjaan yang jauh dari harapan. Tujuan lama Anda terkait pekerjaan tersebut tentu tidak akan pernah tercapai sama sekali. Belum lagi biaya yang hendak Anda keluarkan demi menunjang pekerjaan tersebut akan mengalami pembengkakan yang signifikan.

Dengan demikian, secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa sejatinya Anda tidak melakukan pekerjaan tersebut secara step by step atau langkah demi langkah. Anda juga disinyalir tidak bisa dalam melakukan penentuan atau perhitungan biaya terkait dengan usaha Anda tersebut.