Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Jelaskan pengertian pemasaran secara umum ?

Pertanyaan di atas seringkali ditanyakan di berbagai mata pelajaran atau mata kuliah yang membahas mengenai pemasaran. Apa itu pemasaran ?

Pemasaran adalah salah satu dari kegiatan Manajemen yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis atau pengusaha untuk mempertahankan usaha yang mereka miliki. Kegiatan pemasaran dilakukan agar usaha mereka berkembang dan juga bisa mendapatkan keuntungan.

Proses pemasaran sudah dimulai sebelum barang-barang yang mereka jual diproduksi. Proses ini juga tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan harus bisa memuaskan konsumen jika mereka ingin bisnisnya tetap berjalan. Konsumen juga sebaiknya bisa mendapatkan pandangan yang baik akan perusahaan tersebut. Oleh karena itu definisi atau pengertian pemasaran harus kita kuasai sebelum terjun ke dalam kegiatan pemasaran.

Terdapat beberapa pengertian pemasaran yang dapat dijabarkan. Khususnya di era modern dan serba digital ini, definisi pemasaran itu sendiri sudah berkembang pesat dibandingkan pada era pra digital. Paling tidak kita harus mengetahui definisi dasarnya terlebih dahulu sebelum lebih jauh kepada pengembangannya.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli dalam Buku

Banyak ahli yang mengemukakan beberapa definisi mengenai pemasaran itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pemasaran menurut William J Stanton merupakan sebuah sistem keseluruhan dari beberapa kegiatan usaha yang mempunyai tujuan untuk menentukan harga, merencanakan, mendistribusikan barang atau jasa, dan mempromosikan barang atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhan konsumen ataupun calon konsumen.
  2. Sedangkan Pengertian Pemasaran Menurut Philip Kotler sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sesama manusia lewat proses pertukaran. Jadi, Kotler beranggapan bahwa pemasaran adalah suatu proses managerial dan sosial. Konsep Pemasaran akan membuat individu maupun kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Pada aktivitas pemasaran akan ada penciptan serta pertukaran nilai da produk dari orang lain. Kegiatan pemasaran juga berarti suatu keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang dibuat untuk menentukan harga, merencanakan, promosi, dan juga menyalurkan barang dan jasa yang bisa memuakan kebutuhan dan keinginan konsumen dan tujuan pemasaran perusahaan.
  3. Pemasaran menurut Hasan yang merupakan ahli Ekonomi Indonesia adalah suatu proses, perbuatan, dan cara untuk memasarkan produk dagangan seperti barang atau jasa dengan cara menyebarluaskan barang atau jasa tersebut ke tengah-tengah masyarakat ataupun masyarakat umum.
  4. Adapun pengertian pemasaran menurut Downey, pemasaran merupakan suatu proses dari penyusunan komunikasi yang efektif dan mempunyai tujuan untuk memberikan informasi seputar barang atau jasa yang dijual oleh pelaku usaha. Pemasaran berkaitian dengan bagaimana pelaku usaha bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Pengertian Pemasaran Secara Umum

Dari beberapa definisi pemasaran di atas maka dapat disimpulkan beberapa arti dari pemasaran itu sendiri yaitu :

  1. Pemasaran merupakan hal yang menghubungkan kegiatan produksi dan konsumsi. Pemasaran terdiri dari berbagai aktivitas yang melibatkan konsumen, analisis pasar,penetapan harga, permintaan konsumen,penentuan posisi,periklanan,penerapan produk baru,umpan balik, review, penjualan,pendistribusian, komunikasi serta identifikasi perancangan dan pengembangan produk.
  2. Pengertian pemasaran meliputi usaha atau bisnis dari seseorang atau perusahaan yang dimulai dengan mencari apa hal yang dibutuhkan oleh konsumen agar mereka merasa puas. Pemasaran juga akan menentukan barang atau jasa apa yang ingin dijual. Selanjutnya adalah menentukan berapa harga barang atau jasa yang pas. Cara-cara promosi pun juga harus dilakukan aagr pemasaran berhasil. Yang terakhir adalah menjual barang atau jasa tersebut. Jadi, pemasaran pada dasarnya merupakan beberapa kegiatan yang saling berhubungan dan merupakan suatu sistem pula.

 

Baca Juga : Pengertian Distribusi, Saluran, Fungsi, Kegiatan dan Contohnya

Pengembangan Konsep Pemasaran

Tidak hanya berhenti sampai definisi pemasaran itu sendiri. Teori mengenai pemasaran saat ini berkembang sangat pesat seiring lingkungan dan media yang digunakan. Adapun beberapa definisi yang dapat kita ketahui mengenai pemasaran adalah sebagai berikut :

  1. Pengertian Pemasaran Produk

Untuk pemasaran produk sendiri merupakan keseluruhan proses yang dimulai dari menentukan target, memberikan barang atau jasa ke konsumen, menganalisis pasar, dan juga mendapatkan umpan balik. Proses dari pemasaran produk adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar agar pelaku usaha bisa memasarkan barang dan jasanya dengan menempatkannya sedemikian rupa agar barang atau jasa tersebut bisa mendapatkan umpan balik yang baik dari pelanggan. Pemasaran produk meliputi promosi dan juga menjual barang atau jasa ke target pasarnya seperti pelanggan tetap ataupu calon pembeli.

  1. Pengertian Pemasaran Jasa

Sedangkan pemasaran jasa merupakan suatu manfaat atau kegiatan yang ditawarkan oleh salah satu pihak kepada pihak yang lain. Karena yang dijual adalah jasa, maka produk yang dijual adalah produk yang tidak mempunyai wujud atau intangible. Jasa juga tidak akan mempengaruhi kepemilikan dari seseorang atau sesuatu.

Pada dasarnya, pemasaran jasa adalah suatu proses kegiatan yang bermanfaat bagi orang dan hal tersebut dijual, ditawarkan, dan diberikan kepada suatu pihak. Jasa merupakan sesuatu yang tidak berwujud. Jasa akan dipasarkan dengan strategi tertentu agar banyak orang mau menggunakan jasa terebut dan pihak yang memberikan jasa pun akan mendapatkan keuntungan.

  1. Pengertian Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung adalah jenis pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk mengjangkau konsumen dan juga mengirimkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa adanya pemasaran. Biasanya saluran yang dipakai adalah kios, telemarketing, surat langsung, tv interaktif, pemasaran katalog, situs web, dan juga peralatan bergerak.

  1. Pengertian Pemasaran Modern

Pemasaran modern merupakan kegaiatan pemasaran yang dilaksanakan dengan menargetkan pelanggan atau konsumen dengan cara yang modern. Jadi, pelaku usaha pun akan menggunakan beberapa asumsi seperti pelanggan jelas lebih tahu apa saja barang dan jasa yang mereka butuhkan dan inginkan sertariset pemasaran akan menentukan apa saja hla-hal yang dbituhkan dan diingkan oleh konsumen dengan tepat. Sasaran utama dari pemasaran modern adalah kebutuhan dan keinginan konsumen.

  1. Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online atau pemasaran internet merupakan segala cara yang dilakukan oleh pelaku usaha atau bisnis untuk bisa memasarkan produk atau jasanya lewat internet atau media elektronik. Karena itulah pemasaran online juga diberi nama online marketing, e-marketing, atau internet marketing. Huruf e yang dimaksud dalam e-marketing mempunyai arti ‘elektronik’. Jadi, kegiatan pemasaran tersebut dilaksanakan lewat jaringan internet atau menggunakan alat eletronik.

Apalagi dengan adanya teknologi internet, sekarang sudah ada istilah baru yang seperti e-business, e-mail, e-society, e-gov, dan lain-lain. Namun masih ada orang yang mengira bahwa pemasaran online adalah hal-hal yang berhubungan dengan mendapatkan uang lewat internet. Hal ini tentu saja tidak benar. Yang benar adalah pemasaran yang dilakukan lewat internet atau media elektronik lainnya. Bahkan endorse ke selebgram juga merupakan salah satu cara pemasaran online yang dilakukan oleh pelaku usaha.

  1. Pengertian Pemasaran Global

Pemasaran global artinya adalah pemasaran yang setingkat dunia. Semua pelaku usaha mempunyai kesempatann untuk memasarkan barang dan jasa secara global. Akan ada strategi yang berbeda dari pemasaran biasa jika pelaku usaha ingin memasarkan produk secara global. Biasanya barang atau jasa yang bisa dipasarkan secara global adalah karena perusahaan tersebut mempunyai kekuatan yang sudah melampau kebutuhan dan keinginan konsumen di pasa domestik.

  1. Pengertian Pemasaran Internasional

Pemasaran internasional merupakan kegiatan mempromosikan barang atau jasa dengan melewati satu atau lebih negara. Pemasaran internasional akan menerapkan prinsip, konsep, proses manajem, aktivitas, dan pemasaran untuk menyalurkan barang, ide, dan jasa perusahaan kepada konsumen yang ada di berbagai negara. Perusahaan yang mempunyai power bisa melebarkan sayapnya ke pasar internasional yang tentu saja lebih luas dari pasar domestik.

  1. Pengertian Pemasaran Syariah

Pemasaran syariah artinya proses transaksi yang sudah dirancang sedemikain rupa agar tidak melanggar ketentuan syariah. Semua prinsip, penawaran, penciptaan, dan perubahan nilai dalam suatu barang atau jasa sesuai dengan hukum Islam yang berlaku.

Incoming search terms:

  • pengertian pemasaran menurut para ahli
  • pemasaran menurut para ahli
  • pengertian pemasaran menurut ahli
  • pemasaran menurut buku
  • pendapat para ahli tentang pemasaran
  • Pemasaran nenurut parah ahli
  • pemasaran menurut beberapa pendapat
  • marketing menurut para ahli
  • pengertian pemasaran menurut philip kotler
  • definisi pemasaran menurut para ahli

1 thought on “Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Leave a Comment